Gaji Outsourcing 2022: Ini Peraturan Menurut Undang-Undang

gaji outsourching 2022

Kata “outsourcing” mungkin tidak asing bagi banyak bisnis. Outsourcing ini menjadi pilihan terbaik selain menjadi karyawan karena pertimbangan gaji outsourcing 2022.

Dengan outsourcing, bisnis sekarang dengan benar dapat mempercepat alur kerja dan meningkatkan produk atau layanan mereka. Di blog ini, kami akan memberi Anda pandangan dan pemahaman yang lebih dalam tentang outsourcing dan juga besaran gaji oursourcing 2022.

Selain itu, Anda juga akan mempelajari beberapa tips untuk memilih penyedia outsourcing yang tepat untuk bisnis Anda guna mengembangkan bisnis inti Anda. Yuk simak penjelasan mengenai gaji oursourcing di bawah ini:

Pengertian Oursourcing

Outsourcing jadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari dunia kerja. Outsourcing adalah tenaga kerja yang didapatkan dari pihak ketiga.

Outsourcing ini dipilih untuk memangkas biaya operasional perusahaan. Pekerjaan-pekerjaan outsourcing antara lain customer service, administrasi, hingga pekerjaan manufaktur lainnya.

Baca Juga: Siklus Rekrutmen: Pengertian Lengkap dan Tahapannya

Beberapa Contoh Outsourcing

gaji outsourching 2022

Outsourcing mungkin lebih menonjol di bidang bisnis manufaktur. Banyak perusahaan memiliki ide bagus tentang produk baru mereka. Namun, waktu dan uang yang harus mereka keluarkan untuk eksperimen, membeli mesin, komponen, dan mempekerjakan lebih banyak pekerja cukup besar.

Terkadang, itu bisa menjadi teknologi terbaru dan paling tepercaya yang perlu mereka beli untuk membuat produk itu. Dalam hal ini, perusahaan outsourcing manufaktur adalah solusi terbaik.

Contoh penting lainnya adalah pembukuan. Beberapa perusahaan kecil, terutama pemula, biasanya tidak memiliki cukup uang dan karyawan untuk membangun tim dokumen profesional.

Oleh karena itu, mereka akan menyewa perusahaan akuntansi untuk menangani angka keuangan mereka dan mengirimkan laporan bulanan kepada mereka. Terkadang mereka akan mengalihdayakan departemen sumber daya manusia dengan meminta perusahaan lain mengambil rekrutmen dan bahkan pelatihan mereka.

Baca Juga: Apa Itu Payroll Service? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Manfaat Outsourcing

Keputusan untuk memberikan fungsi tertentu kepada penyedia layanan luar tidak boleh dianggap enteng. Setelah tugas-tugas dialihdayakan, mengintegrasikannya kembali ke dalam perusahaan bisa menjadi sesuatu yang tidak mudah.

Selain itu, Anda harus selalu terlebih dahulu sangat memahami ” apa itu outsourcing ”, tetapi juga memeriksa manfaat bagi perusahaan Anda sebelum memilih outsourcing

1. Penilaian Ahli

Outsourcing global memberi Anda penilaian terhadap banyak sumber tenaga kerja bersertifikat lainnya. Itu bisa membawa banyak nilai ke perusahaan Anda, dan terkadang, Anda bisa menganggapnya sebagai kesempatan untuk mengundang lebih banyak talenta untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda.

Oleh karena itu, pemandangan paling cerah adalah ketika perusahaan bersiap untuk meluncurkan produk baru ke pasar baru. Perusahaan dapat memiliki banyak ahli lokal yang sangat memahami kebutuhan dan dapat memberikan rencana strategis dengan outsourcing.

2. Menyelesaikan Pekerjaan dengan Cepat

Dengan melakukan outsourcing tugas ke perusahaan, agensi, atau pekerja lepas lain, perusahaan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sangat profesional dan cepat tanpa membayar terlalu banyak uang untuk karyawan dan fasilitas.

Setiap perusahaan atau agensi selalu fokus pada bidang ini dan memiliki pengalaman hebat dalam satu bidang tertentu. Oleh karena itu bisa menjadi hal yang mudah bagi mereka untuk menangani satu proyek, tetapi itu bisa menjadi tantangan besar bagi kita untuk mengambilnya.

3. Kurangi Biaya

Seperti yang diharapkan, outsourcing pekerjaan terfragmentasi hampir selalu lebih murah daripada mempekerjakan karyawan penuh waktu. Anda tidak hanya akan menghemat waktu dan uang untuk perekrutan, tetapi Anda juga akan meningkatkan margin keuntungan Anda karena biaya overhead yang lebih rendah.

Saat Anda melakukan outsourcing, Anda mengubah biaya tenaga kerja tetap menjadi biaya tenaga kerja variabel, yang berarti Anda hanya membayar untuk layanan yang Anda butuhkan sambil tetap mempertahankan keandalan karyawan yang berdedikasi. Ini memberi Anda fleksibilitas personel yang tidak dimiliki karyawan internal.

4. Fokus pada Area Inti

Ada berbagai macam fungsi bisnis dalam sebuah perusahaan. Misalnya, TI, sumber daya manusia, manufaktur, akuntansi, penggajian, keuangan, transportasi, keamanan dan logistik, penjualan, hingga pemasaran.

Sebagian besar perusahaan hanya menginvestasikan sumber daya dan upaya mereka dalam beberapa fungsi bisnis ini. Sebuah “inti” menawarkan keunggulan kompetitif perusahaan untuk memenangkan pertempuran atas para pesaingnya di industri yang sama.

Jika perusahaan melakukan outsourcing beberapa fungsi, yang bukan “inti” mereka, mereka akan memiliki lebih banyak waktu dan tenaga kerja untuk mengembangkan kekuatan mereka dan tetap kompetitif.

Baca uga: Kuesiner Kinerja Karyawan: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tahapannya

Jenis Layanan Outsourcing

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu outsourcing dan kelebihannya, saatnya memutuskan kegiatan bisnis apa yang ingin Anda outsourcing. Ada banyak jenis berbeda yang dapat meningkatkan produktivitas bisnis dan mengurangi biaya.

Mari kita lihat berbagai jenis layanan outsourcing!

1. Pengalihdayaan TI

Pengalihdayaan TI (Teknologi Informasi), salah satu layanan paling populer saat ini, termasuk mensubkontrakkan perusahaan luar untuk mengurus semua atau sebagian kebutuhan TI bisnis, yang dapat bervariasi mulai dari pengembangan perangkat lunak hingga pemeliharaan dan dukungan.

Tim manajemen TI pihak ketiga seringkali lebih murah daripada membangun satu tim internal untuk banyak bisnis. Untuk menyimpan dan mengelola data mereka, organisasi biasanya beralih ke layanan outsourcing TI untuk mendapatkan dukungan.

Mencari bakat dapat mengharuskan Anda untuk mencari perusahaan di India, Ukraina, Rusia, Vietnam atau untuk menemukan pengembang yang berspesialisasi dalam TI.

2. Pengalihdayaan Khusus Proses

Saat ini, sangat umum untuk mengalihdayakan komponen operasional tertentu ke perusahaan atau unit lain yang berspesialisasi dalam fungsi tertentu. Selain itu, Outsourcing layanan sektor publik, seperti pemadam kebakaran, polisi, dan angkatan bersenjata, ke bisnis yang mencari keuntungan terkadang juga disebut outsourcing proses.

Misalnya, seorang makelar menyewa asisten virtual untuk membantu mereka menjadwalkan janji temu klien dan menanggapi email tentang pertanyaan pelanggan, atau bisnis kecil dapat mengalihdayakan generasi pemimpin untuk mengumpulkan lebih banyak pelanggan lokal dan luar negeri.

3. Pengalihdayaan Profesional

Terkadang, pengusaha dan tim kecil mereka tidak dapat menangani beberapa pekerjaan yang rumit. Mereka mungkin memerlukan lisensi profesional atau pelatihan lebih lanjut untuk melakukan tugas ini.

Mempekerjakan tenaga kerja lokal mungkin mahal karena permintaan yang langka. Dalam kasus ini, outsourcing profesional mungkin menjadi pilihan yang layak. Ini memungkinkan mereka menghemat uang sambil tetap menerima karyawan berkualitas tinggi.

Ada tiga jenis outsourcing proses khusus: Knowledge Process Outsourcing (KPO); Law Prosess Outsourcing (LPO), dan Recruitment Prosess Outsourcing (RPO).

Perusahaan teratas untuk outsourcing profesional: Upwork, FlexJobs, Remote Work Hub, RemoteJobs.

4. Pengalihdayaan Produsen

Ini bisa sangat mahal jika Anda memutuskan untuk memproduksi produk Anda sendiri. Selain biaya bahan baku yang tinggi, biaya karyawan industri, serta modal yang dibutuhkan untuk infrastruktur dan peralatan, bisa sangat tinggi.

Namun, dengan outsourcing proses manufaktur, Anda dapat mengurangi biaya secara signifikan karena Anda tidak perlu khawatir tentang infrastruktur dan peralatan, serta biaya tenaga kerja. Juga, manufaktur masih berjalan lancar dan barang dikirim sesuai jadwal.

Misalnya, biaya produksi pakaian di Amerika Serikat mahal bagi banyak perusahaan mode. Akibatnya, mereka sering memilih Asia sebagai sumber produksi. Setelah pembuatan selesai, pakaian tersebut kemudian dikirim ke Amerika Serikat.

5.  Pengalihdayaan Proyek

Dalam beberapa kasus, kurangnya orang yang tersedia untuk melakukan dan menyelesaikan tugas atau kurangnya keterampilan untuk pekerjaan itu dapat menyebabkan harga lebih mahal untuk menyelesaikan proyek secara internal daripada outsourcing.

Jauh lebih murah untuk menyewa pekerja jarak jauh untuk menyelesaikan sebuah proyek. Dengan mengalihdayakan mereka, Anda akan membayar jumlah yang tetap kepada manajer proyek untuk menyelesaikan proyek dan pada saat yang sama menjaga staf Anda saat ini tersedia untuk tugas internal.

Misalnya, mereka mungkin perlu mendesain ulang situs web mereka, menulis eBook, atau mendapatkan bantuan untuk mengelola kampanye penelusuran berbayar.

Baca Juga: 14 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

Bagaimana Memilih Portofolio Penyedia Outsourcing yang Tepat?

Setelah mengetahui semua aspek outsourcing dan tantangan outsourcing, saatnya Anda memilih portofolio penyedia outsourcing yang tepat. Tapi, Bagaimana menemukan yang tepat yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda selalu menjadi pertanyaan yang menantang. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda:

Tips pertama akan selalu mengetahui apa yang Anda butuhkan untuk mencari mitra dan layanan yang cocok. Memiliki persyaratan terperinci juga dapat membantu Anda menyingkirkan biaya yang tidak perlu.

Tips berikutnya adalah dengan hati-hati mendiskusikan syarat dan ketentuan sebelum menandatangani kontrak. Syaratnya bisa soal harga atau kualitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk melalui semua hal sebelum menjalin kerja sama.

Tips ketiga juga merupakan kunci dari proses outsourcing. Ini komunikasi dan manajemen. Ingatlah bahwa ketika menjalankan proyek dengan perusahaan ini, komunikasi yang tepat waktu dan setiap hari merupakan elemen penting dalam mengelola kualitas. Jadi, atur jadwal untuk memeriksa kemajuan mitra dengan proyek Anda untuk memastikan mereka berada dalam kondisi yang tepat.

gajihub 5

Cara Menghitung Gaji Outsourcing 2022

Membahas tentang outsourcing tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang gaji outsourcing 2022. Seperti yang diketahui, dalam penetapan gaji perusahaan akan membuat kesepakatan dengan karyawan.

Ketentuan mengenai gaji atau upah karyawan telah dibahas dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 pada pasal 1 yakni berbunyi upah atau gaji dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha kepada pekerja.

Sedangkan untuk peraturan gaji outsourcing diatur dalam pertimbangan hukum Mahkamah Konstitusi dalam keputusan Nomor 27/PUU-IX/2011 pekerja yang bekerja pada perusahaan pada perusahaan outsourcing sesuai dengan perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerjasama memperoleh hak yang sama atas perlindungan upah dan kesejahteraan, syarat-syarat kerja, serta perselisihan yang timbul yang timbul dengan pekerjaan di perusahaan pemberi kerja.

Ada rumus hitung tersendiri yang digunakan oleh perusahaan penyedia outsourcing yakni 1,8 x gaji karyawan outsourcing. Jadi, jika karyawan outsourcing mendapatkan gaji sebesar Rp 3.000.000,00 maka perusahaan pengguna jasa outsourcing harus membayar Rp5.400.000,00 kepada perusahaan penyedia outsourcing.

Dari penjelasan di atas, terdapat selisih yakni Rp2.400.000,00 yang diterima oleh perusahaan penyedia outsourcing. Nah, dari selisih ini nantinya oleh perusahaan akan digunakan untuk iuran BPJS, pemberian tunjangan, hingga untuk membayar THR.

Meskipun gaji oursourcing 2022 telah diatur secara jelas di sana, namun perusahaan bisa menggunakan cara lain untuk menghitung gaji outsourcing 2022 ini. Sebagai contoh dengan memberikan gaji sesuai dengan UMK atau UMP.

Jadi, sebaiknya karyawan membaca dan memahami kontrak kerja sebelum menandatanganinya.

Baca Juga: Analisis Jabatan: Pengertian, Metode, dan Manfaatnya

Outsourcing Berdasarkan Undang-Undang

Peraturan mengenai outsourcing awalnya diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan dan diperbarui dalam Undang-Undang Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020 dan diperbarui kembali dalam Peraturan Turunan Undang-Undang Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020.

Untuk lebih jelasnya mengenai hukum outsourcing ini, Anda bisa menyimaknya di bawah ini:

Outsourcing dalam Undang-Undang Ketenagakeraan

Outsourcing pertama kalinya dibahas dalam Pasal 64 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dimana menjelaskan bahwa outsourcing atau alih daya adalah kondisi dimana perusahaan menyerahkan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lainnya melalui perjanjian pemborongan pekerjaan atau penyedia jasa pekerja/buruh dengan perjanjian tertulis.

Outsourcing dalam UU Cipta Kerja

Peraturan mengenai outsourcing yang tertuang dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan Tahun 2003 tersebut kemudian dicabut oleh UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja jo. Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja (PP 35/2021) yang menyebut alih daya adalah pengalihan pekerjaan tertentu berdasarkan perjanjian yang disepakati antara perusahaan alih daya dengan Perusahaan pemberi pekerjaan.

Dalam Pasal 81 No. 20 UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020 (penghapusan Pasal 64 dan 65) dijelaskan bahwa:

  1. Hubungan kerja antara perusahaan alih daya dengan pekerja/buruh yang dipekerjakannya didasarkan pada perjanjian kerja yang dibuat secara tertulis, baik perjanjian waktu kerja tertentu maupun perjanjian kerja waktu tidak tertentu;
  2. Perlindungan pekerja/buruh, upah dan kesejahteraan, syarat-syarat kerja, serta perselisihan yang timbul dilaksanakan sekurang-kurangnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan menjadi tanggung jawab perusahaan alih daya;
  3. Dalam hal perusahaan alih daya mempekerjakan pekerja/buruh berdasarkan perjanjian kerja waktu tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (1), perjanjian kerja tersebut harus, mensyaratkan pengalihan perlindungan hak-hak bagi pekerja/buruh apabila terjadi pergantian perusahaan alih daya dan sepanjang objek pekerjaannya tetap ada;
  4. Perusahaan alih daya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berbentuk badan hukum dan wajib memenuhi Perizinan Berusaha yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat;
  5. Perizinan Berusaha seperti yang disebutkan dalam ayat (4) harus memenuhi norma, standar, prosedur, dan kriteria yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat;
  6. Ketentuan lebih lanjut mengenai perlindungan pekerja/buruh sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan Perizinan Berusaha bagaimana dimaksud pada ayat (2) dan Perizinan Berusaha sebagaimana dimaksud pada ayat (4) diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Peraturan Turunan UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020

Dalam PP 35/2021 Pasal 18 dijelaskan sebagai berikut:

  1. Hubungan kerja antara Perusahaan Alih Daya dengan Pekerja/Buruh yang dipekerjakan berdasarkan pada PKWT atau PKWTT;
  2. PKWT atau PKWTT sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus dibuat secara tertulis;
  3. Perlindungan Pekerja/Buruh, upah, kesejahteraan, syarat kerja, serta perselisihan yang timbul dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan menjadi tanggung jawab Perusahaan Alih Daya;
  4. Perlindungan Pekerja/Buruh, upah, kesejahteraan, syarat kerja, dan perselisihan yang timbul sebagaimana dimaksud dalam ayat (3) diatur dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama.

Sedangkan dalam Pasal 19 dijelaskan sebagai berikut:

  1. Dalam hal Perusahaan Alih Daya mempekerjakan Pekerja/Buruh berdasarkan PKWT maka Perjanjian Kerja tersebut harus mensyaratkan pengalihan pengalihan perlindungan hak bagi Pekerja/Buruh apabila terjadi pergantian Perusahaan Alih Daya dan sepanjang objek pekerjaannya tetap ada;
  2. Persyaratan peralihan perlindungan hak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan jaminan atas kelangsungan bekerja Pekerja/Buruh yang hubungan kerjanya berdasarkan PKWT dalam Perusahaan Alih Daya;
  3. Dalam hal Pekerja/Buruh tidak memperoleh jaminan atas kelangsungan bekerja sebagaimana dimaksud pada ayat (2). Perusahaan Alih Daya bertanggung jawab atas pemenuhan hak Pekerja/Buruh.

Dalam pasal 20 dijelaskan sebagai berikut:

  1. Perusahaan Alih Daya harus berbentuk badan hukum dan wajib memenuhi perizinan berusaha yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat;
  2. Syarat dan tata cara memperoleh perizinan berusaha dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai norma, standar, prosedur, dan kriteria perizinan berusaha yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Baca Juga: Cara Pengajuan Kenaikan Gaji dan Contoh Suratnya

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Outsourcing

gaji oursourching 2022

Tim outsourcing yang tepat dapat menjadi aset yang memberikan bisnis keunggulan kompetitif yang diperlukan untuk memungkinkan mereka menonjol sebagai pembeda industri. Meskipun masih ada beberapa kesalahan besar yang sering dilakukan perusahaan saat melakukan outsourcing, yang dapat menyebabkan kegagalan, biaya tambahan, dan kerugian waktu.

Oleh karena itu Anda harus waspada terhadap potensi kesalahan dan bersiaplah untuk menghindarinya.

1. Kurangnya Penelitian

Hampir semua pengusaha mendasarkan pilihan mereka untuk melakukan outsourcing terutama pada efektivitas biaya. Faktanya, elemen biaya memainkan peran penting, tetapi itu jauh dari satu-satunya masalah. Kinerja vendor di pasar, umpan balik pelanggan, evaluasi, portofolio, dan pengalaman adalah aspek penting lainnya yang perlu dipertimbangkan.

Jelas, jika Anda perlu mengembangkan tim teknis Anda dari 40 menjadi 70 orang atau memiliki visi 3 tahun, Anda harus meluangkan waktu dan melakukan penelitian yang sesuai sebelum membuat keputusan apa pun.

Anda dapat memeriksa pekerjaan mereka sebelumnya untuk melihat apakah mereka telah mampu memenuhi harapan klien.

2. Membiarkan Vendor Memberitahu Anda Apa yang Anda Butuhkan

Kesalahan lain yang dilakukan sebagian besar klien outsourcing pertama kali adalah tidak memiliki rencana yang matang sebelum mendekati perusahaan BPO. Outsourcing tanpa perencanaan dan persiapan seperti pergi berperang tanpa mengenakan baju besi.

Untuk menghindari hal ini, buatlah rencana jalan sebelum Anda mulai mencari mitra outsourcing. Buat daftar tugas dan proses yang ingin Anda outsourcing. Pertimbangkan dengan cermat berapa banyak karyawan yang ingin Anda rekrut untuk proyek Anda serta kisaran harga yang bersedia Anda bayar.

3. Miskomunikasi

Tidak peduli seberapa baik rencana Anda untuk proyek Anda, dan tidak peduli seberapa terampil dan berpengalaman mitra outsourcing Anda, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa jika Anda dan staf Anda salah komunikasi.

Komunikasi yang efektif sangat penting untuk pengembangan kemitraan bisnis jangka panjang dengan mitra outsourcing Anda. Dengan tidak adanya instruksi dan persyaratan khusus untuk pekerjaan tersebut, mitra outsourcing Anda tidak akan dapat memberikan layanan berkualitas yang Anda harapkan.

Jika komunikasi benar-benar tidak eksplisit di awal, ada kemungkinan besar Anda akan kecewa di akhir proyek. Akibatnya, Anda harus menciptakan komunikasi dan harapan yang jelas antara organisasi Anda dan mitra outsourcing Anda.

Baca Juga: Contoh Surat Keterangan Kerja, Komponen, dan Manfaatnya

4. Mengabaikan Proses Pengujian Kualitas

Untuk memastikan bahwa produk akhir Anda mulus dan berfungsi seperti yang diharapkan, Anda harus menguji proyek Anda saat ini. Anda tidak dapat memperkenalkan aplikasi atau program langsung ke pasar tanpa menguji kinerja dan kualitasnya dengan konsumen terlebih dahulu, pengujian harus menjadi bagian dari proses.

Selain itu, Produk akhir menjadi unggul secara kualitatif dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Selain itu, ini membantu menurunkan biaya perawatan dan mencegah pelanggan menderita konsekuensi karena bug tersembunyi.

5. Hindari Kemitraan Jangka Pendek

Ketika Anda berencana untuk melakukan outsourcing, pastikan setidaknya pemasok adalah pemasok yang Anda yakini 100% akan membantu perusahaan Anda mencapai hasil yang luar biasa. Dan yang terbaik dari semuanya, hubungan vendor jangka panjang dapat mendorong kesediaan untuk berkompromi di banyak bidang — termasuk harga.

Hubungan jangka panjang dengan vendor Anda akan memungkinkan Anda meningkatkan komunikasi dan membangun kepercayaan dengan vendor Anda. Anda akan membantu menumbuhkan keinginan dari kedua belah pihak untuk terus melakukan bisnis satu sama lain.

6. Percaya sepenuhnya pada layanan outsourcing

Ketika membuat produk baru dengan bekerja sama dengan perusahaan outsourcing, mereka dapat menghasilkan apa yang mereka inginkan. Misalnya, mereka dapat menawarkan kepada Anda beberapa materi atau layanan di luar kebutuhan Anda dengan harga yang lebih tinggi. Namun, tidak ada yang bisa menjamin bahwa produk Anda bisa lebih baik dengan bahan-bahan tersebut.

gajihub 2

Kelola Gaji Outsourcing Bersama GajiHub

Pengelolaan gaji outsourcing jadi bagian penting dalam perusahaan. Untuk memudahkan pengelolaan gaji outsourcing gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan, termasuk karyawan outsourcing di perusahaan Anda.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh GajiHub antara lain payroll, absensi, HRIS, kelola PPh 21,, akuntansi, reimbursement, ESS, kelola aset, kelola cuti dan izin, dan juga analisa data. Yuk daftar GajiHub sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

2 thoughts on “Gaji Outsourcing 2022: Ini Peraturan Menurut Undang-Undang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *