Contoh 10 Karier Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

karier sumber daya manusia 1

Manajemen sumber daya manusia dapat menjadi karier yang bermanfaat bagi orang-orang yang senang membantu orang lain menemukan kepuasan dan kepuasan dalam pekerjaan mereka.

Manajemen sumber daya manusia yang efektif sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku dan membantu menciptakan budaya perusahaan di mana karyawan merasa dihargai.

Memahami berbagai fungsi dan karier yang berbeda dalam manajemen sumber daya manusia dapat membantu Anda memutuskan apakah ini adalah jalur karier yang tepat untuk Anda.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan manajemen sumber daya manusia dan memberikan informasi tentang 10 karier di bidang ini.

Apa itu Manajemen Sumber Daya Manusia?

Manajemen sumber daya manusia adalah praktik mengidentifikasi, mengalokasikan dan mengkoordinasikan kebutuhan sumber daya manusia suatu organisasi.

Ini mencakup perekrutan, kompensasi, pelatihan, pengembangan dan mempertahankan karyawan organisasi. Manajemen sumber daya manusia mencakup beberapa fungsi, seperti rekrutmen, klasifikasi, kompensasi, tunjangan dan manajemen kinerja.

Bagaimana Cara Menjadi Manajer SDM?

Menjadi seorang manajer sumber daya manusia membutuhkan pengalaman, pendidikan dan sertifikasi dalam sumber daya manusia:

1. Selesaikan pendidikan

Lulus dari perguruan tinggi atau universitas empat tahun dengan gelar di bidang sumber daya manusia atau disiplin ilmu terkait seperti manajemen atau psikologi.

Teliti persyaratan pendidikan untuk manajer sumber daya manusia di perusahaan pilihan Anda untuk menentukan apakah pendidikan sarjana atau pascasarjana diperlukan.

Baca juga: 12 Hak Dasar Karyawan Sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan

2. Dapatkan pengalaman kerja yang relevan

Anda bisa mendapatkan pengalaman awal di industri ini sebagai asisten atau rekanan sumber daya manusia. Pengalaman ini dapat membantu Anda memutuskan apakah Anda ingin mengejar karier di bidang sumber daya manusia dan memaparkan Anda pada spesialisasi yang berbeda di lapangan.

Karena ada beberapa spesialisasi dalam industri ini, Anda dapat memilih untuk menjadi spesialis dalam satu bidang sumber daya manusia, atau generalis dengan pengetahuan dasar dalam berbagai fungsi industri.

Apakah Anda memilih spesialisasi atau tidak, membangun pengalaman yang luas di industri ini adalah jalan terbaik untuk menjadi manajer sumber daya manusia.

3. Dapatkan sertifikasi profesional

Pengalaman dan pendidikan dalam manajemen sumber daya manusia diperlukan untuk memenuhi persyaratan kelayakan untuk sertifikasi profesional yang sangat dicari, seperti profesional senior dalam sumber daya manusia.

Akreditasi ini meningkatkan daya jual Anda sebagai manajer sumber daya manusia. Teliti berbagai sertifikasi yang berbeda untuk mengidentifikasi sertifikasi yang mendukung tujuan karier Anda.

Ketika Anda memenuhi persyaratan pendidikan dan pengalaman, Anda dapat mengajukan permohonan sertifikasi, kemudian belajar dan lulus ujian.

Untuk mengetahui beberapa sertifikasi HR dan cara mendapatkannya, Anda bisa membacanya melalui tautan ini.

Baca juga: Jobdesk Manajer Personalia dan Perbedaanya dengan HR Manager

4. Memimpin atau mengelola proyek sumber daya manusia

Saat berada di posisi junior, carilah peluang untuk memimpin berbagai proyek manajemen sumber daya manusia untuk organisasi Anda.

Rekomendasikan dan kelola proyek-proyek kecil dan tugas-tugas dalam fungsi yang lebih besar untuk tumbuh sebagai profesional manajemen sumber daya manusia dan menunjukkan kemampuan Anda kepada manajer senior di organisasi Anda.

5. Siapkan resume Anda

Anda dapat menyertakan tingkat pendidikan tertinggi Anda, sertifikasi teknis atau sertifikasi terkait lainnya, dan riwayat pekerjaan Anda yang relevan pada resume.

Bagian pengalaman kerja Anda harus terdiri dari nama perusahaan, tanggal Anda bekerja di sana, dan ringkasan tanggung jawab, kontribusi, dan pencapaian Anda. Resume yang efektif bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan manajer sumber daya manusia yang Anda inginkan.

6. Melamar ke posisi manajer sumber daya manusia

Setelah mendapatkan pendidikan, sertifikasi, dan pengalaman, tinjau pasar kerja saat ini untuk perusahaan dan lokasi geografis pilihan Anda.

Pilih posisi yang memenuhi syarat untuk Anda berdasarkan tahun pengalaman yang dibutuhkan serta tingkat dan jenis pendidikan. Langkah ini bisa memastikan Anda mengoptimalkan pencarian kerja dan meningkatkan kemungkinan perusahaan menghubungi Anda untuk wawancara.

Gunakan resume yang Anda buat serta surat lamaran yang dipersonalisasi yang merangkum kesesuaian Anda untuk peran dan perusahaan tertentu.

Baca juga: HR Strategist: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

karier sumber daya manusia 2

10 Karier dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Berikut adalah beberapa contoh karier dalam manajemen sumber daya manusia untuk membantu Anda memilih jalur yang terbaik untuk Anda:

1. HR Assistant

Tugas utama: HR Assistant adalah salah satu pekerjaan entry-level dalam administrasi sumber daya manusia. Tanggung jawab dalam pekerjaan ini dapat mencakup pemrosesan tindakan personalia dan posisi dalam sistem manajemen sumber daya manusia.

Tindakan personalia digunakan untuk mendokumentasikan perubahan personalia, seperti perekrutan, promosi, penyesuaian gaji, dan pemutusan hubungan kerja. Tindakan jabatan mendokumentasikan perubahan pada posisi, seperti reklasifikasi ke jabatan baru, perubahan pada tingkat gaji untuk posisi atau menghilangkan posisi.

HR Assistanta mungkin juga bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengelola catatan karyawan, termasuk mengajukan semua dokumen yang diperlukan dan memelihara catatan sesuai jadwal retensi yang berlaku.

Sebagai HR Assistant, Anda akan belajar tentang administrasi gaji serta beberapa aspek administrasi penggajian dan tunjangan. Anda juga akan dihadapkan pada berbagai fungsi sumber daya manusia untuk membangun pengalaman dan memutuskan apakah Anda ingin berspesialisasi dalam bidang tertentu.

2. Benefits administrator

Tugas utama: Benefits administrator adalah posisi manajemen sumber daya manusia tingkat pemula lainnya. Posisi ini mirip dengan HR assistant, di mana Anda memasukkan data karyawan dalam sistem manajemen sumber daya manusia.

Namun demikian, benefits administrator terutama bertanggung jawab untuk memasukkan pemilihan tunjangan karyawan untuk karyawan yang baru direkrut atau karyawan yang mengalami peristiwa kehidupan yang signifikan, seperti pernikahan atau kelahiran anak, yang memerlukan perubahan pada tunjangan mereka.

Sebagai benefits administrator, Anda akan belajar tentang administrasi tunjangan dan beberapa aspek penggajian.

Baca juga: Pengertian Interview User dan Bedanya dengan Interview HRD

3. Payroll specialist

Tugas utama: Payroll specialist atau spesialis penggajian bertanggung jawab atas semua aspek penggajian, termasuk mengelola potongan karyawan serta memproses penggajian sesuai jadwal penggajian organisasi dan kebijakan administrasi gaji.

Payroll specialist memerlukan pemahaman menyeluruh tentang proses penggajian, termasuk administrasi pajak penghasilan, BPJS Ketenagakerjaan, potongan tunjangan, potongan lainnya, dan memproses file pembayaran dengan lembaga perbankan.

4. Koordinator pelatihan

Tugas utama: Koordinator pelatihan mengembangkan dan memberikan program pelatihan karyawan atas arahan manajer pelatihan.

Program pelatihan karyawan dapat mencakup kelas tradisional yang dipimpin instruktur serta program pendidikan online.

Subjek mencakup berbagai topik, termasuk kebijakan perusahaan yang spesifik, pengembangan supervisor, pelatihan teknologi, serta pengembangan profesional dan pribadi.

5. Compensation specialist

Tugas utama: Compensation specialist mengelola kebijakan administrasi gaji organisasi, termasuk merekomendasikan dan menetapkan rencana gaji dan kompensasi untuk semua klasifikasi pekerjaan dalam organisasi.

Mereka juga meninjau dan mengelola deskripsi pekerjaan untuk memastikan klasifikasi dan kompensasi untuk pekerjaan tersebut sesuai dengan pekerjaan yang diharapkan akan dilakukan karyawan.

Compensation specialist juga meneliti pasar tenaga kerja untuk memastikan organisasi menawarkan paket gaji dan kompensasi yang kompetitif.

Baca juga: Pengertian Pengembangan Organisasi, Manfaat, Tahapan, dan Hubungannya dengan HR

6. Manajer pelatihan

Tugas utama: Manajer pelatihan bertanggung jawab untuk menetapkan kurikulum pelatihan dan pendidikan bagi karyawan dalam suatu organisasi. Mereka mengelola tim koordinator pelatihan serta instruktur sukarela dari dalam organisasi.

Manajer pelatihan juga mengelola sumber daya untuk pelatihan yang dipimpin instruktur, seperti mengamankan fasilitas, materi pelatihan, dan menjadwalkan instruktur.

Mereka mengelola sistem manajemen pembelajaran untuk mendaftarkan karyawan dalam program pelatihan dan memberikan pelatihan online.

7. HRIS specialist

Tugas utama: Seorang HRIS specialist bertanggung jawab untuk menerapkan, memelihara dan mendukung sumber daya teknologi yang digunakan untuk manajemen sumber daya manusia.

Ini mungkin termasuk perangkat lunak seperti sistem pelacakan pelamar, sistem manajemen kinerja, sistem pemrosesan penggajian dan sistem manajemen konten untuk catatan karyawan digital.

Spesialis HRIS meneliti, merekomendasikan dan menerapkan solusi teknologi. Mereka juga melatih karyawan untuk menggunakan sistem dan memberikan dukungan ketika karyawan mengalami kesalahan teknis atau pertanyaan lain tentang penggunaan sistem.

Pengalaman sebagai spesialis HRIS bermanfaat untuk mempelajari berbagai fungsi manajemen sumber daya manusia.

Jika Anda belum memiliki sistem HRIS yang modern dalam bisnis, Anda bisa mencoba mengguankan software payroll dan HR online dari Gajihub.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah melakukan pengelolaan dan pengitungan payroll dan tunjangan yang terintegrasi dengan sistem pencatatan kehadiran setiap karyawan.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan Gajihub karyawan Anda juga bisa dengan mudah melakukan pencatatan kehadiran dan pengajuan cuti melalui smartphone sehingga bisa meningkatkan produktivitas mereka.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 3

Baca juga: Pengertian HR Analytics, Manfaat, dan Jenisnya

8. Manajer hubungan karyawan

Tugas utama: Manajer hubungan karyawan bertanggung jawab untuk mengelola konflik antar karyawan dalam organisasi.

Ini termasuk menangani keluhan karyawan, menengahi konflik antar karyawan, melakukan wawancara keluar dan membantu manajer membangun hubungan karyawan untuk memastikan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku mengenai perilaku di tempat kerja.

9. Benefits manager

Tugas utama: Benefits manager bertanggung jawab untuk merancang dan mengelola paket tunjangan organisasi. Hal ini dapat mencakup program asuransi kesehatan, opsi pensiun, asuransi jiwa, bantuan biaya kuliah, program bantuan karyawan dan program kesehatan untuk mendorong tenaga kerja yang sehat.

Benefits manager mungkin bertanggung jawab untuk menegosiasikan rencana dan tarif asuransi dengan vendor, mengoordinasikan sumber daya untuk program kesehatan seperti kelas nutrisi dan mentransaksikan catatan karyawan dengan vendor.

10. Manajer sumber daya manusia

Tugas utama: Manajer sumber daya manusia mengoordinasikan, merencanakan dan mengawasi berbagai fungsi manajemen sumber daya manusia untuk memastikan organisasi mematuhi undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku, memberikan program kompensasi dan tunjangan yang kompetitif, mengembangkan karyawan dan mengelola hubungan karyawan.

Manajer sumber daya manusia memiliki pengalaman yang luas dalam industri dan dididik dalam praktik terbaik dan peraturan yang berlaku untuk merekrut, mengembangkan dan mempertahankan sumber daya manusia dalam suatu organisasi.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi HR Manager yang Baik?

Kesimpulan

Peran sumber daya manusia dalam suatu bisnis sangat penting untuk memastikan budaya kerja yang baik dan komunikasi antar karyawan dan departemen berjalan dengan efisien. Oleh sebab itu, jika Anda memilih membangun karier dalam bidang manajemen sumber daya manusia, itu adalah pilihan yang tepat.

Untuk memudahkan Anda dalam proses kerja, Anda juga bisa menggunakan tools yang mempermudah dan mempercepat proses kerja Anda, salah satunya adalah dengan menggunakan software payroll dan HR Gajihub yang bisa Anda gunakan melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *