Mengenai Berbagai Sertifikasi HR Profesional dan Cara Mendapatkannya

sertifikasi hr profesional 1

Sertifikasi dalam manajemen sumber daya manusia atau HR profesional semakin populer di kalangan pemberi kerja dan dapat membantu para profesional SDM mendapatkan lebih banyak uang.

Sertifikasi apa pun menyoroti kualifikasi Anda dan dapat membedakan resume Anda dari kandidat yang tidak memiliki sertifikasi. Jika Anda sedang mempertimbangkan karier di bidang SDM atau sudah bekerja di bidang SDM dan ingin memajukan karier Anda, pertimbangkan untuk mengejar setidaknya satu jenis sertifikasi.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan beberapa jenis sertifikasi HR profesional dan memberi tahu Anda syarat dan cara mendapatkannya.

Apa itu Sertifikasi HR?

Sertifikasi HR adalah kredensial yang biasanya melibatkan ujian berbasis kompetensi yang menghasilkan gelar tertentu ketika Anda lulus. Sebagian besar posisi HR tidak memerlukan sertifikasi untuk melamar atau mendapatkan pekerjaan, tetapi menambahkan sertifikasi ke resume Anda dapat membuat Anda menjadi kandidat yang lebih menarik bagi perusahaan.

Memiliki sertifikasi HR menunjukkan komitmen Anda pada bidang ini dan menyoroti keterampilan yang telah Anda bangun melalui pekerjaan Anda di bidang SDM. Ada berbagai sertifikasi yang bisa Anda kerjakan di bidang SDM, yang semuanya berfokus pada keterampilan dan tingkat pengalaman SDM yang berbeda.

Baca juga: Cara Menjadi HR Specialist dan Bedanya Dengan HR Generalist

Berbagai Sertifikasi HR yang Bisa Anda Ambil unuk Memajukan Karir Anda

Berikut ini adalah beberapa sertifikasi yang dapat membantu memajukan karier Anda di bidang SDM:

1. PHR

Sertifikasi PHR adalah singkatan dari Professional in Human Resources, dan tersedia dari HR Certification Institute (HRCI). Sertifikasi ini dapat membantu para profesional SDM yang bekerja di bawah direktur SDM atau manajer SDM senior lainnya.

Untuk mendapatkan sertifikasi PHR, Anda akan mengikuti tes selama tiga jam yang mencakup subjek-subjek seperti mengimplementasikan program-program baru dan mempelajari hukum dan peraturan tentang SDM.

Setelah lulus tes, Anda disertifikasi selama tiga tahun dan dapat mengajukan permohonan sertifikasi ulang setelah mengikuti ujian ulang atau menunjukkan dokumen yang membuktikan jam pengembangan profesional.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sertifikasi PHR, Anda bisa melihatnya melalui tautan ini.

2. aPHR

Sertifikasi aPHR, atau Associate Professional in Human Resources, dirancang untuk para profesional SDM baru yang baru saja memulai karier mereka dan ingin segera membangun kredensial mereka.

Karena para kandidat baru di bidang SDM, pelatihan aPHR berfokus pada operasi dasar seorang profesional SDM dan beberapa taktik umum untuk pekerjaan SDM yang sukses. Anda bisa mendapatkan sertifikasi ini setelah lulus ujian yang berlangsung sekitar dua jam, dan sertifikasi ini tetap berlaku selama tiga tahun.

Untuk memperbaharuinya, Anda dapat memberikan kredit sertifikasi ulang selama 45 jam atau mengikuti ujian ulang.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi HR Consultant?

3. SPHR

SPHR adalah singkatan dari Senior Professional in Human Resources, dan tersedia untuk manajer SDM senior. Ujian untuk sertifikasi ini mencakup pertanyaan pilihan ganda tentang aspek-aspek SDM yang lebih rumit daripada sertifikasi PHR, seperti perencanaan untuk tujuan jangka panjang dan mempertahankan akuntabilitas dan otoritas atas departemen SDM.

Sertifikasi SPHR berlaku selama tiga tahun setelah mengikuti ujian, tetapi Anda bisa mendapatkan sertifikasi lagi setelah mengikuti ujian ulang atau membuktikan bahwa Anda terlibat dalam pengembangan profesional berkelanjutan.

4. PHRi

PHRi adalah singkatan dari Professional in Human Resources – International, dan sertifikasi ini tersedia dari HRCI. Sertifikasi ini sangat ideal bagi para profesional SDM yang bekerja secara internasional dengan karyawan di berbagai wilayah di dalam atau di luar Amerika Serikat.

Ujian untuk PHRi mencakup mata pelajaran seperti akuisisi talenta, administrasi SDM, serta manajemen dan pengembangan talenta dan berlangsung selama lebih dari tiga jam.

Anda dapat mengikuti ujian PHRi jika Anda memiliki kredensial berikut:

  • Satu tahun pengalaman dan gelar master
  • Dua tahun pengalaman dan gelar sarjana
  • Empat tahun pengalaman dan ijazah sekolah menengah atas

Setelah lulus ujian PHRi dan menunjukkan kredensial yang diperlukan, Anda akan menerima sertifikasi PHRi yang berlaku selama tiga tahun.

Untuk mempertahankan kredensial setelah tiga tahun, Anda dapat membuktikan bahwa Anda telah menyelesaikan 60 kredit sertifikasi ulang atau mengikuti ujian ulang.

Baca juga: Tugas HR Generalist dan Bedanya dengan HR Manager

sertifikasi hr profesional 2

5. SPHRi

SPHRi, atau Senior Professional in Human Resources – International, mirip dengan sertifikasi PHRi, tetapi ditujukan untuk kandidat dengan lebih banyak pengalaman di tingkat senior pekerjaan SDM profesional.

Karena kandidat bekerja pada tingkat lanjut, topik ujiannya mencakup kepemimpinan bisnis, manajemen talenta, dan penyampaian layanan SDM.

Anda juga harus memiliki pengetahuan tentang undang-undang ketenagakerjaan setempat di mana pun Anda ingin berpraktik. Untuk mendaftar ujian, Anda memerlukan salah satu dari kombinasi kredensial SDM berikut ini:

  • Empat tahun pengalaman dan gelar master
  • Lima tahun pengalaman dan gelar sarjana
  • Tujuh tahun pengalaman dan ijazah sekolah menengah atas

Setelah kredensial Anda dikonfirmasi dan Anda lulus ujian SPHRi, Anda akan menerima sertifikasi yang berlaku selama tiga tahun.

Kredensial ini kemudian perlu disertifikasi ulang melalui pembuktian 60 jam pengembangan profesional, dengan 15 jam di bidang manajemen dan strategi bisnis, atau mengulang tes.

6. GPHR

Sertifikasi GPHR, atau Global Professional in Human Resources, sangat berguna bagi para profesional SDM yang ingin bekerja di bidang sumber daya manusia internasional.

Karena kandidat yang mengejar sertifikasi GPHR biasanya tertarik pada praktik SDM global, ujian yang diperlukan mencakup subjek seperti tanggung jawab dan kebijakan SDM antarbudaya yang membantu karyawan internasional dan operasi bisnis.

Untuk mengajukan permohonan sertifikasi ini, Anda memerlukan setidaknya salah satu dari kombinasi kredensial berikut:

  • Dua tahun pengalaman global dan gelar master
  • Tiga tahun pengalaman (dua dari tahun-tahun ini harus merupakan pengalaman global) dan gelar sarjana
  • Empat tahun pengalaman (dua dari tahun-tahun ini harus merupakan pengalaman global) dan ijazah sekolah menengah atas

Setelah mengonfirmasi kredensial yang diperlukan, Anda akan mengikuti ujian yang memberi Anda sertifikasi selama tiga tahun sampai Anda dapat mengajukan permohonan sertifikasi ulang dengan 60 jam kredit pengembangan profesional.

Baca juga: Karyawan Temporer: Pengertian dan Aturannya di Indonesia

7. HRMP

HRMP adalah singkatan dari Human Resources Management Professional dan dirancang untuk para profesional SDM yang memiliki pengalaman tingkat tinggi dan bekerja sebagai manajer SDM.

Ujian untuk sertifikasi HRMP melibatkan pengetahuan tentang topik-topik seperti strategi SDM, mengembangkan kebijakan baru, dan akrab dengan undang-undang ketenagakerjaan asing.

Untuk mengajukan permohonan sertifikasi ini dan mengikuti ujian yang diperlukan, Anda harus memiliki salah satu dari kombinasi kredensial ini:

  • Empat tahun pengalaman dan gelar master
  • Lima tahun pengalaman dan gelar sarjana
  • Tujuh tahun pengalaman dan ijazah sekolah menengah atas

Setelah Anda menunjukkan kredensial yang benar, Anda dapat mengikuti ujian, yang memberi Anda sertifikasi selama tiga tahun. Setelah itu, Anda harus membuktikan 60 jam pengembangan profesional atau mengikuti ujian ulang untuk sertifikasi ulang.

8. HRBP

Sertifikasi HRBP, atau Human Resources Business Professional, dirancang untuk kandidat yang masih dalam tahap awal karier SDM mereka. Karena tingkat dasar pengetahuan dasar yang mungkin Anda miliki, ujian HRBP menguji pengetahuan Anda tentang keterampilan operasional serta protokol teknis dan konvensi operasional.

Untuk mengajukan permohonan sertifikasi HRBP, Anda harus memiliki salah satu dari kombinasi kredensial ini:

  • Satu tahun pengalaman dan gelar master
  • Dua tahun pengalaman dan gelar sarjana
  • Empat tahun pengalaman dan ijazah sekolah menengah atas

Setelah mencapai tingkat kredensial yang diperlukan, Anda dapat mengikuti ujian HRBP untuk mendapatkan sertifikasi Anda selama tiga tahun.

Kemudian, Anda dapat mengajukan permohonan sertifikasi ulang dengan memberikan dokumentasi 60 jam pengembangan profesional atau mengikuti ujian ulang.

Baca juga: HR Management: Pengertian, Fungsi, dan Skill yang Dibutuhkan

9. SHRM-CP

SHRM-CP, atau Society for Human Resource Management Certified Professional, sertifikasi tersedia dari Society for Human Resource Management. Kandidat yang tertarik dengan sertifikasi ini biasanya mengejarnya di awal karier SDM mereka.

Sertifikasi ini berfokus pada penerapan kebijakan dan strategi baru di tempat kerja serta berkomunikasi dengan karyawan dan melakukan layanan SDM dasar. Mirip dengan PHR, sertifikasi ini mencakup topik-topik seperti kepemimpinan, etika, pemikiran kritis dan komunikasi.

Untuk mendapatkan sertifikasi SHRM-CP, Anda harus lulus ujian dan tetap tersertifikasi selama tiga tahun sampai Anda dapat mengajukan permohonan sertifikasi ulang.

10. SHRM-SCP

SHRM-SCP adalah singkatan dari Society for Human Resource Management Senior Certified Professional dan dirancang untuk para profesional SDM yang berada di kemudian hari dalam karier mereka atau memegang posisi yang lebih tinggi di departemen SDM mereka.

Subjek yang tercakup dalam ujian SHRM-SCP termasuk menganalisis kinerja dan mengembangkan tujuan yang berkelanjutan untuk perusahaan. Seperti sertifikasi SHRM-CP, kandidat yang mengajukan permohonan SHRM-SCP tidak diharuskan menjadi anggota SHRM sebelum mengikuti ujian.

Baca juga: Apa Itu HRD: Pengertian, Manfaat, dan Tips Suksesnya

11. CPTD

CPTD atau Certified Professional in Talent Development, sertifikasi tersedia dari Association for Talent Development (ATD) sebagai program sertifikasi khusus untuk para profesional bisnis, termasuk pekerja HR.

Sertifikasi ini berfokus pada peningkatan keterampilan pribadi, profesional dan organisasi seorang profesional, seperti mengelola kompensasi dan tunjangan serta menyelesaikan konflik di tempat kerja.

Untuk mengajukan permohonan program CPTD, Anda memerlukan sekurang-kurangnya salah satu dari kombinasi ketentuan ini:

  • Lima tahun pengalaman dan 60 jam pengembangan profesional dalam lima tahun terakhir
  • Empat tahun pengalaman kerja dan sertifikasi Associate Professional in Talent Development (APTD)

Setelah Anda menunjukkan kredensial yang sesuai, Anda bisa mendaftar dan mengikuti ujian CPTD, yang berlangsung selama tiga jam dan menggunakan pertanyaan pilihan ganda dan manajemen kasus.

Sertifikasi CPTD berlangsung selama tiga tahun setelah mengikuti ujian, tetapi Anda bisa mendapatkan sertifikasi ulang dengan membuktikan pengembangan profesional yang berkelanjutan.

12. IPMA-CP

International Public Management Association for Human Resources menawarkan sertifikasi IPMA-CP, yang memberikan gelar Profesional Bersertifikat kepada kandidat.

Aspek unik dari sertifikasi IPMA-CP adalah bahwa sertifikasi ini berfokus pada SDM di sektor publik, sementara sebagian besar sertifikasi lainnya dirancang untuk menguntungkan perusahaan sektor swasta.

Pengalaman di sektor publik diperlukan pada tingkat apa pun untuk sertifikasi ini, dan Anda dapat menawarkan salah satu dari kombinasi kredensial ini:

  • Dua tahun pengalaman, gelar pascasarjana dan setidaknya satu tahun pengalaman SDM sektor publik
  • Empat tahun pengalaman (termasuk sekurang-kurangnya satu tahun di bidang SDM sektor publik) dan gelar sarjana
  • Enam tahun pengalaman SDM (termasuk setidaknya satu tahun di SDM sektor publik) dan gelar associate
  • Delapan tahun pengalaman (termasuk setidaknya satu tahun di SDM sektor publik) dan ijazah sekolah menengah atas

Anda bisa mengikuti ujian sertifikasi IMPA-CP secara online, dan sertifikasi berlangsung selama tiga tahun sampai Anda perlu mengajukan permohonan sertifikasi ulang.

Baca juga: Mengenal Klasifikasi Data dan Pentingnya Bagi Proses HR

gajihub 3

Sertifikasi HR Profesional Lainnya

Sertifikasi berikut ini ditawarkan melalui berbagai organisasi SDM profesional:

Certified Employee Benefits Specialist (CEBS)

International Foundation of Employee Benefit Plans menawarkan program sertifikasi lima kursus ini. Para profesional SDM yang ingin berspesialisasi dalam tunjangan karyawan juga dapat memperoleh gelar Group Benefits Associate dan Retirement Plans Associate sambil menyelesaikan kursus untuk mendapatkan CEBS.

Kredit yang diperoleh untuk sertifikasi CEBS juga dapat membantu profesional SDM memenuhi persyaratan pendidikan berkelanjutan.

Certified Professional in Learning and Performance (CPLP)

Sertifikasi ini ditawarkan oleh Association for Talent Development (ATD), organisasi terbesar yang didedikasikan untuk pelatihan dan pengembangan profesional.

ATD adalah organisasi induk yang menetapkan standar untuk profesi pengembangan talenta dan memberikan sertifikasi melalui Lembaga Sertifikasi ATD mereka. Sertifikasi ini mengukur 10 bidang keahlian termasuk manajemen talenta dan pembinaan terpadu.

Untuk memenuhi syarat ujian, Anda harus memiliki pengalaman pengembangan talenta selama lima tahun. Penilaian dua bagian terdiri dari ujian pengetahuan dan aplikasi keterampilan. Biaya pengujian sertifikasi $900 untuk anggota ATD dan $1250 untuk non-anggota.

Baca juga: HR Audit: Pengertian, Fungsi, dan Cara Melakukannya

Certified Payroll Professional (CPP)

Asosiasi Penggajian Amerika memberikan perbedaan ini kepada para profesional SDM yang bertanggung jawab atas akun penggajian.

Untuk mengambil CPP, pelamar harus terlebih dahulu lulus serangkaian kursus prasyarat yang ketat dan bekerja dalam posisi penggajian selama tiga dari lima tahun sebelum sertifikasi. Sebelum mengambil serangkaian kursus terakhir, profesional penggajian harus terlebih dahulu mendapatkan penunjukan FPC mereka.

Certified Compensation Professional

Sertifikasi sebagai Profesional Kompensasi ditawarkan melalui World at Work, sebuah Asosiasi Total Rewards. Program sertifikat ini menandai keahlian profesional dalam bidang kompensasi.

Sertifikasi ini terdiri dari 10 ujian mulai dari manajemen imbalan total hingga ketajaman bisnis untuk profesional kompensasi.

Human Resources Information Professional

Sertifikasi ini menilai pengetahuan profesional tentang manajemen informasi dalam sumber daya manusia. Asosiasi Internasional untuk Manajemen Informasi Sumber Daya Manusia (IHRIM) menjadi proktor ujian dari jarak jauh dan menawarkan pendidikan berkelanjutan untuk sertifikasi ulang setiap tiga tahun.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Payroll dan HR Terbaik

Kesimpulan

Itulah beberapa sertifikasi HR profesional yang bisa Anda ambil untuk mendukung kemajuan karir Anda di bidang sumber daya manusia atau HR.

Sertifikasi ini tidak hanya akan menaikan nilai jual  Anda di mata rekruiter, namun juga sebagai bukti bahwa Anda memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang sumber daya manusia.

Dalam lingkup sumber daya manusia, teknologi berperan penting sebagai alat untuk memudahkan proses operasi dan administrasi yang lebih baik. Saat ini banyak tim HR dan pemilik bisnis juga menggunakan sistem HRIS modern salah satunya dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR modern yang digunakan oleh banyak bisnis dalam membantu menghadirkan proses payroll, manajemen cuti, pengelolaan tunjangan karyawan dan pencatatan kehadiran karyawan yang lebih mudah dan praktis.

Jik tertarik, bisnis Anda juga bisa mencoba menggunakan gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

 

1 thought on “Mengenai Berbagai Sertifikasi HR Profesional dan Cara Mendapatkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *