HR Strategist: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

HR Strategist 1

HR Strategist menetapkan visi untuk Sumber Daya Manusia bagaimana membangun praktik manajemen SDM yang berbeda.

Posisi ini membangun dan mengambangkan praktik dan kebijakan terbaik yang dimasukkan ke dalam strategi bisnis. Dia menghubungkan visi yang berbeda dan menginovasi praktik saat ini.

Mereka juga melibatkan orang lain ke dalam pengembangan strategi yang berkelanjutan. Sebagian besar perusahaan tidak mempekerjakan spesialis dalam tim; mereka hanya menugaskan peran tersebut ke dalam deskripsi pekerjaan HR Leader.

Keterampilan kepemimpinannya dapat mendukung tim dalam menemukan pendekatan strategis yang tepat untuk perusahaan.

Pada artikel kali ini kami akan membahas apa itu HR strategist beserta tugas dan skill yang dibutuhkan jika Anda ingin berkarir dibidang HR profesional

Apa itu HR Strategist?

Seorang HR Strategist menetapkan arah keseluruhan untuk fungsi SDM dalam sebuah organisasi. Mereka terutama bertanggung jawab untuk memastikan segala sesuatu di departemen SDM selaras dengan visi perusahaan dan memfasilitasi pengembangan dan pertumbuhan bisnis organisasi.

Peran ini mengambil top-down dari apa yang dibutuhkan organisasi ke depan dan membuat rencana untuk memastikan bahwa organisasi siap dari sudut pandang SDM.

HR Strategist memeriksa rencana bisnis organisasi, dengan mempertimbangkan pertumbuhan yang diproyeksikan, untuk menentukan kebutuhan kepegawaian, hierarki, dan remunerasi di masa depan.

Mereka kemudian membangun rencana SDM, yang membahas struktur manajemen, kebutuhan pembelajaran dan pengembangan, opsi remunerasi, dan pengembangan organisasi.

Seorang HR Strategist membutuhkan pengetahuan ahli tentang SDM dan kemampuan untuk berpikir melampaui fungsi SDM sehari-hari. Menurut definisi, peran ini juga menuntut kemampuan untuk menghasut, mendorong, dan menerapkan perubahan.

Seorang HR Strategist yang sukses dapat mengubah fungsi SDM dari reaktif menjadi proaktif dan secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan organisasi untuk berkembang dengan sukses.

Baca juga: Pengertian Exit Interview, Contoh Pertanyaan, dan Tahapannya

Tugas Apa yang Biasanya Dilakukan oleh HR strategist?

Seorang HR Strategist membuat rencana jangka menengah dan jangka panjang dari proses SDM. Tugas-tugas spesifik yang terlibat dalam hal ini akan mencakup:

Mengaudit keberhasilan SDM saat ini

Pengukuran kinerja SDM adalah tugas yang sulit dan harus didekati dengan menggunakan metrik yang jelas, nyata, dan terkait langsung dengan aktivitas SDM.

Untuk itu, seorang HR Strategist mengembangkan metrik untuk mengukur kecepatan, akurasi, dan efisiensi tugas-tugas yang dilakukan oleh departemen SDM dan melacak metrik-metrik ini secara terus menerus. Posisi ini membutuhkan keterampilan analisis data dan pemahaman statistik untuk membuat tren, perkiraan, dan menetapkan target terhadap data.

Seorang HR Strategist juga menggunakan alat bantu seperti survei kepuasan karyawan untuk menghasilkan informasi yang kurang empiris, yang semuanya ditambahkan ke metrik empiris untuk memberikan pandangan yang jelas tentang kinerja departemen SDM, tren, dan peluang untuk perbaikan.

Menganalisis dan memahami rencana bisnis jangka menengah dan panjang organisasi

Seorang HR Strategist harus mengetahui arah strategis organisasi secara keseluruhan, terutama dalam kaitannya dengan rencana pertumbuhan, yang dapat memengaruhi tingkat kepegawaian, struktur manajemen, model remunerasi, atau persyaratan pembelajaran dan pengembangan.

Posisi ini melibatkan kerja sama dengan rencana-rencana departemen dalam organisasi untuk menentukan implikasi apa yang mungkin mereka miliki pada persyaratan SDM.

Implikasinya mungkin berhubungan dengan persyaratan untuk perekrutan, pelatihan tambahan, struktur kompensasi yang berbeda, atau kebijakan dan prosedur baru.

Baca juga: Pengertian Pengembangan Organisasi, Manfaat, Tahapan, dan Hubungannya dengan HR

Membuat visi SDM berdasarkan rencana organisasi

Visi untuk departemen SDM dikembangkan dari rencana bisnis departemen dan harus mencerminkan kebutuhan perekrutan saat ini dan proyeksi kebutuhan perekrutan organisasi. Seorang HR Strategist memastikan visi SDM jelas, ringkas, dapat dimengerti, dan menginspirasi semua anggota tim SDM.

Seorang HR Strategist menjadi penjaga visi SDM dan mengingatkan tim akan pentingnya visi tersebut secara terus-menerus.

Mengembangkan arah strategis untuk fungsi SDM

Berdasarkan visi di atas, seorang HR Strategist harus menentukan strategi terbaik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sambil memastikan bahwa strategi tersebut selaras dengan visi organisasi.

Strategi mungkin melibatkan pergeseran fokus tim, menyelaraskan kembali paket kompensasi dan tunjangan agar lebih sesuai dengan organisasi, mengintensifkan kegiatan pelatihan di seluruh organisasi, atau mendorong kegiatan rekrutmen sebagai tanggapan terhadap pertumbuhan bisnis yang direncanakan.

Apa pun strategi yang diputuskan, HR strategist mengkomunikasikannya kepada tim SDM dan memastikan strategi tersebut dipahami dan diterima.

HR Strategist juga harus memantau implementasi strategi untuk memastikan efektivitasnya, serta menyarankan perubahan dan perbaikan bila diperlukan.

Merumuskan rencana taktis untuk mencapai strategi

Rencana tindakan taktis melibatkan tindakan, jadwal, dan tanggung jawab, yang semuanya harus diselaraskan dengan HR strategist yang telah disepakati.

Seorang HR Strategist mengembangkan rencana tindakan taktis menggunakan perencanaan proyek dan keterampilan manajemen untuk memastikan semua taktik selaras, dapat dicapai, dan tepat waktu.

Baca juga: Mengetahui 5 Spesialisasi dalam Bidang Sumber Daya Manusia

Mempresentasikan rencana kepada manajemen untuk persetujuan

Seorang HR Strategist menyajikan rencana strategis dan taktis lengkap kepada manajemen senior untuk mendapatkan persetujuan karena, secara potensial, seluruh organisasi dapat memperoleh manfaat dari perubahan dan perkembangan yang diusulkan.

Presentasi harus secara jelas menunjukkan hubungan antara aktivitas yang diusulkan SDM dan tujuan organisasi.

Seorang HR Strategist yang sukses akan menghubungkan metrik kinerja SDM dengan ukuran keberhasilan yang digunakan oleh seluruh organisasi untuk menunjukkan keselarasan SDM dengan arah organisasi.

Mendorong implementasi rencana dan memantau hasil

Seorang HR Strategist dapat ditugaskan untuk mengimplementasikan dan mengelola proyek rencana bekerja sama dengan manajemen SDM.

Bahkan jika tidak terlibat langsung dengan implementasi rencana, seorang HR Strategist memantau hasil secara konstan untuk menentukan apakah rencana tersebut berjalan dengan baik.

Jika kesenjangan kinerja terlihat jelas, HR strategist meninjau kembali rencana dan menyesuaikannya seperlunya untuk memperbaiki masalah apa pun.

Baca juga: Pengertian HR Analytics, Manfaat, dan Jenisnya

HR Strategist 2

10 Kompetensi HR Strategist yang Penting

Setiap perusahaan menghargai kualitas dan keterampilan yang berbeda dalam diri karyawan, tergantung pada visi dan tujuan perusahaan, tetapi berikut ini adalah beberapa kompetensi yang paling penting untuk seorang HR strategist:

1. Pengetahuan SDM

Sangat penting bagi para profesional SDM untuk mengetahui tren ketenagakerjaan dan undang-undang ketenagakerjaan.

Seorang HR strategist sering kali mengelola dokumen yang rumit yang dapat memengaruhi cara karyawan dibayar dan mengakses tunjangan mereka. Anda bisa mengembangkan pengetahuan Anda melalui kursus di perguruan tinggi, pengalaman kerja atau program sertifikasi.

Penting juga untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi dan strategi yang muncul di lapangan untuk membantu organisasi tetap kompetitif.

Baca juga: Tugas HR Generalist dan Bedanya dengan HR Manager

2. Komunikasi

Para profesional SDM sering kali membantu karyawan memahami aturan dan harapan. Memiliki keterampilan komunikasi tertulis yang sangat baik untuk menulis buku pegangan perusahaan dan membuat deskripsi pekerjaan akan sangat membantu.

Berbicara di depan umum dan komunikasi lisan dapat membantu mereka memimpin orientasi dan lokakarya karyawan baru serta menjawab pertanyaan karyawan.

Komunikasi bisa menjadi faktor penentu dalam kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuan dan memperkenalkan inisiatif baru dalam tenaga kerjanya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi HR Manager yang Baik?

3. Organisasi

Departemen SDM sering kali bertanggung jawab untuk menyimpan catatan ekstensif tentang karyawan dan kandidat, jadi penting bagi mereka untuk terorganisir.

Para HR strategist juga sering kali akrab dengan software  dan sistem terbaik untuk mengatur dan menyortir data dalam jumlah besar.

Keterampilan organisasi juga dapat membantu profesional SDM melakukan beberapa tanggung jawab administratif mereka, seperti mengisi formulir dan membuat bagan dan laporan. Salah satu software yang banyak digunakan oleh para pekerja di bidang HR untuk melakukan pemantauan dan pelaporan adalah Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR buatan Indonesia yang sudah banyak digunakan pemilik bisnis dan tim HR untuk melakukan pengelolaan dan pengontrolan data karyawan, gaji, potongan, tunjangan, sampai pencatatan kehadiran karyawan.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 1

4. Pemecahan masalah

HR stratgist sebagai perwakilan divisi HR sering kali menengahi konflik antara karyawan dan membantu organisasi mengakomodasi kebutuhan karyawan.

Mereka mungkin merancang solusi kreatif untuk masalah interpersonal yang kompleks agar karyawan tetap bahagia sambil tetap berada dalam anggaran perusahaan.

Pemecahan masalah adalah kompetensi penting dalam SDM karena mengatasi tantangan dapat membantu mendorong kemajuan dan inovasi serta meningkatkan retensi karyawan.

5. Etika dan integritas

Perusahaan mengandalkan karyawan SDM untuk menjunjung tinggi etika dalam organisasi. Bertindak dengan integritas melindungi bisnis dan karyawan dengan membantu perusahaan bertindak dengan integritas dan menjunjung tinggi standar tinggi dalam industrinya.

Para profesional SDM sering menangani informasi dan situasi yang sensitif, sehingga sangat penting bagi mereka untuk menunjukkan tingkat kepercayaan dan profesionalisme yang tinggi.

Baca juga: Mengenai Berbagai Sertifikasi HR Profesional dan Cara Mendapatkannya

6. Analisis data

Banyak bisnis ingin membuat keputusan SDM berbasis data. HR strategist harus memahami cara mengumpulkan, menganalisis, dan mengekstrak makna dari data dapat membantu organisasi bertindak secara strategis.

Banyak profesional SDM juga menggunakan data untuk mengukur kinerja karyawan dan menilai efektivitas kebijakan SDM.

Misalnya, mereka mungkin menganalisis data internal untuk mempelajari berapa banyak hari liburan yang digunakan karyawan secara rata-rata dan menggunakan informasi tersebut untuk menentukan jumlah hari yang tepat untuk ditawarkan.

7. Memahami regulasi

Tugas inti bagi sebagian besar profesional SDM adalah membantu bisnis tetap patuh atas regulasi yang berlaku. Sangat penting bagi mereka untuk memiliki pemahaman yang menyeluruh dan terkini tentang hukum ketenagakerjaan yang berlaku.

Pemahaman menyeluruh tentang hukum perusahaan dapat membantu para profesional SDM membuat keputusan penting, mempersiapkan diri untuk audit, mendokumentasikan peristiwa di tempat kerja dengan benar, dan mempromosikan lingkungan kerja yang aman.

Baca juga: Cara Menjadi HR Specialist dan Bedanya Dengan HR Generalist

8. Manajemen talenta

Para profesional SDM biasanya bertujuan untuk membangun hubungan positif dengan karyawan dan memfasilitasi pertumbuhan profesional mereka.

Memahami cara mengembangkan, memotivasi, dan memberi penghargaan kepada karyawan dapat membantu Anda melayani perusahaan Anda dengan lebih baik sebagai seorang profesional SDM.

Kemampuan untuk menggunakan sistem manajemen talenta untuk mendigitalkan proses dan menyimpan catatan yang menyeluruh juga dapat bermanfaat.

9. Perekrutan

Jika Anda mengejar karier sebagai HR strategist, Anda mungkin harus menemukan kandidat yang cocok untuk posisi terbuka di perusahaan.

Para profesional SDM yang efektif tahu cara menganalisis kebutuhan organisasi untuk menentukan keterampilan dan karakter mana yang menjadi prioritas.

Mereka juga menggunakan berbagai metode untuk menemukan kandidat yang memenuhi syarat, seperti menjelajahi jaringan sosial profesional, menggunakan papan lowongan kerja, dan menerapkan program rujukan.

Kemampuan untuk menemukan, mengevaluasi, mewawancarai dan memilih kandidat berkualitas tinggi bisa sangat berharga.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi HR Consultant?

10. Change leadership

Change leadership adalah tindakan mengawasi perubahan organisasi dalam perusahaan. Para profesional SDM sering kali merupakan figur otoritas di tempat kerja, dan mereka dapat menjelaskan perubahan kepada karyawan dan mengelola implementasi kebijakan, proses, dan teknologi baru.

Kemampuan untuk membantu tim menyesuaikan diri dengan perubahan personil, program pelatihan baru dan pergeseran kebijakan dapat memfasilitasi keberhasilan, mempromosikan keterlibatan karyawan dan membantu organisasi mencapai tujuannya.

2 thoughts on “HR Strategist: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *