Pengertian HR Analytics, Manfaat, dan Jenisnya

hr analytics 1

Data adalah aset bisnis berharga yang dapat digunakan oleh beberapa departemen, termasuk sumber daya manusia, untuk membantu mendorong inovasi, kebijakan, dan tujuan perusahaan. Departemen SDM dapat menggunakan data untuk meningkatkan inisiatif dan manajemen pengembangan karyawan. Memahami tujuan data dalam HR analytics dapat membantu organisasi memfokuskan sumber daya penting untuk mengembangkan kebijakan SDM yang efektif.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu HR analytics, mengeksplorasi pentingnya data dalam sumber daya manusia, dan mengulas beberapa manfaat dan jenis HR analytics.

Apa yang Dimaksud dengan HR analytics?

HR analytics adalah studi tentang sumber daya manusia dan dampaknya terhadap kinerja bisnis perusahaan. Bisnis menggunakan HR analytics untuk membuat keputusan personalia, merestrukturisasi kebijakan perusahaan, dan membuat lebih banyak keputusan berbasis data untuk perusahaan.

Pengambilan keputusan berbasis data membantu perusahaan membuat keputusan yang memiliki hasil terukur yang dapat dibandingkan dengan data masa lalu atau disimpan untuk masa depan. HR analytics dapat membuat pengelolaan sumber daya manusia jauh lebih efisien.

Pentingnya data dalam sumber daya manusia

Data memainkan peran penting dalam sumber daya manusia dan manajemen sumber daya manusia. Data penting karena menampilkan tren historis, nilai numerik, dan kelompok informasi terukur lainnya yang dapat digunakan bisnis untuk mengembangkan dan mengelola sumber daya manusia dengan lebih baik.

Dengan data yang akurat, perusahaan dapat menentukan bagaimana kinerja karyawan mereka, perubahan kebijakan perusahaan, bagaimana bisnis memperoleh bakat dan apakah bisnis menarik pelamar yang tepat.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi HR Manager yang Baik?

hr analytics 2

Manfaat HR Analytics untuk Manajemen Sumber Daya Manusia

HR analytics menawarkan banyak manfaat bagi manajemen sumber daya manusia, termasuk:

Membuat keputusan perekrutan yang lebih baik

Dengan lebih banyak data untuk mendorong keputusan perekrutan, perusahaan berpotensi memilih kandidat yang lebih baik dan mengurangi tingkat turnover karyawan mereka.

Perusahaan dengan tingkat turnover yang rendah dapat menciptakan budaya perusahaan yang kaya dan positif, mengurangi kesalahan di tempat kerja, dan membuat asimilasi ke dalam bisnis lebih mudah bagi kandidat baru.

Dengan data yang akurat dan informatif yang berlimpah, perusahaan dapat memilih kandidat terbaik untuk setiap posisi dan meminimalkan biaya tingkat turnover yang tinggi.

Meningkatkan efisiensi proses perekrutan

Efisiensi dalam proses perekrutan membantu menghemat waktu dan uang bisnis serta menyederhanakan proses orientasi bagi SDM dan karyawan baru.

Perusahaan menggunakan data historis yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk mengidentifikasi tren positif dalam proses perekrutan untuk memfokuskan sumber daya pada tren tersebut dan meminimalkan tantangan.

Misalnya, perusahaan yang menggunakan HR analytics mungkin menentukan bahwa portal aplikasi di situs webnya merupakan hambatan bagi kandidat baru, oleh sebab itu perlu dilakukan pembaruan.

Menyelesaikan masalah ini dapat membuat proses perekrutan lebih mudah dan sederhana untuk menarik orang yang tepat ke perusahaan.

Baca juga: Mengenai Berbagai Sertifikasi HR Profesional dan Cara Mendapatkannya

Meningkatkan pelatihan

Dengan mengumpulkan data SDM, perusahaan dapat meninjau kembali proses pelatihannya untuk mempelajari metode apa yang bekerja dengan baik untuk memberikan dukungan yang lebih baik bagi karyawan baru dan menentukan praktik atau metode apa yang dapat dibuang.

Proses pelatihan awal adalah periode waktu yang kritis bagi karyawan baru karena merinci tanggung jawab kerja mereka dan peran mereka dalam bisnis.

Dengan program pelatihan yang lebih komprehensif berdasarkan tren historis yang positif, perusahaan dapat menciptakan proses pelatihan yang lebih baik untuk lebih mempersiapkan karyawan baru agar berhasil dalam posisi mereka.

Mengembangkan budaya perusahaan yang positif

Perekrutan dan pelatihan yang lebih baik dapat membantu karyawan baru mengembangkan pola pikir positif tentang perusahaan dan budayanya.

Karyawan baru mungkin merasa lebih diterima atau percaya diri dengan kemampuan mereka, yang dapat meningkatkan kemauan mereka untuk melibatkan diri dalam budaya perusahaan dan membantu mereka menemukan tempat mereka dalam organisasi.

Budaya perusahaan yang positif dan suportif dapat memberikan manfaat tambahan berupa peningkatan kolaborasi dan kerja sama tim pada karyawan, yang dapat mendorong inovasi dalam produk dan layanan.

Baca juga: Cara Menjadi HR Specialist dan Bedanya Dengan HR Generalist

Memperoleh wawasan tambahan tentang karyawan

HR analytics juga membantu perusahaan mendapatkan wawasan yang lebih baik dan lebih informatif dari karyawan dalam bisnis.

Sering kali, karyawan memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana struktur internal bisnis beroperasi dan dapat menawarkan wawasan yang lebih baik tentang tantangan dan aspek positif dari bisnis.

Dengan memfokuskan sumber daya pada HR analytics, perusahaan dapat mengekstrak wawasan penting dari orang-orang yang paling mengenal lingkungan kerja, yang dapat mendorong kebijakan dan inovasi perusahaan di masa depan dan berdampak pada budaya perusahaan.

Mendukung produktivitas tempat kerja

Dengan lebih banyak data yang mendorong keputusan perekrutan yang lebih baik dan budaya perusahaan yang positif, bisnis mungkin mendapat manfaat dari peningkatan produksi di tempat kerja.

Karyawan yang bahagia dan puas mungkin memiliki sikap yang lebih baik dalam menyumbangkan pekerjaan dan ide kepada organisasi, sehingga meningkatkan motivasi mereka dan mendorong produksi. Produksi yang lebih tinggi dapat menghasilkan peningkatan pendapatan secara keseluruhan bagi perusahaan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi HR Consultant?

Jenis-jenis HR Analytics

Ada beberapa jenis HR analytics yang perlu Anda pertimbangkan penggunaannya untuk menghadirkan proses pengelolaan SDM yang lebih baik, termasuk:

1. Pelaporan operasional

Pelaporan operasional adalah tingkat dasar HR analytics dan melibatkan perusahaan yang mempelajari peristiwa dari masa lalu yang mungkin telah memengaruhi posisi atau kebijakan perusahaan saat ini.

Perusahaan mengumpulkan data historis tentang personalia, produksi, budaya perusahaan, dan aspek-aspek lain dari sumber daya manusia untuk menentukan apakah kebijakan saat ini memenuhi persyaratan perusahaan atau jika perubahan diperlukan untuk menjaga perusahaan tetap selaras dengan tujuannya.

Misalnya, sebuah perusahaan mungkin mempelajari modul pelatihan sebelumnya untuk menentukan apakah modul-modul tersebut mempersiapkan karyawan secara memadai untuk berasimilasi dengan peran mereka.

Perusahaan mungkin memutuskan bahwa ke depannya, modul pelatihan harus menyertakan lebih banyak informasi tentang nilai-nilai kejujuran dan inovasi bisnis untuk mempersiapkan karyawan baru dengan lebih baik untuk posisi mereka.

2. Pelaporan lanjutan

Pelaporan lanjutan berbeda dari pelaporan operasional karena pelaporan ini lebih sering terjadi, dan perusahaan dapat mengotomatiskan prosesnya dengan perangkat lunak analitik atau alat AI lainnya.

Pelaporan tingkat lanjut memeriksa hubungan antara variabel tertentu untuk menentukan kemungkinan hasil atau menjelaskan hasil saat ini untuk tindakan atau tren perusahaan.

Hal ini membantu perusahaan mengidentifikasi tren baru dan mengatasi tantangan tren historis dengan kumpulan data baru.

Misalnya, perusahaan dapat menggunakan software HR untuk melacak dan membandingkan produktivitas karyawan di kantor dengan yang bekerja dari jarak jauh untuk menentukan mana yang lebih produktif.

Pelacakan produktivitas ini memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data harian untuk membentuk perkiraan yang lebih akurat dari produktivitas setiap gaya kerja.

Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan data seperti ini, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR seperti Gajihub.

Gajihub adalah HRIS online dengan fitur terlengkap buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh berbagai jenis dan skala bisnis.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 3

Baca juga: Tugas HR Generalist dan Bedanya dengan HR Manager

3. Analisis strategis

Analisis SDM strategis membantu perusahaan mengembangkan strategi yang lebih baik untuk mengatasi tantangan tertentu.

Perusahaan dapat menggunakan data ini untuk mengidentifikasi dan menghilangkan tren negatif sebelum berkembang menjadi tantangan yang lebih besar dan lebih kompleks.

Misalnya, jika departemen SDM mengukur tingkat pergantian karyawan, mereka dapat mempelajari apa yang mungkin memengaruhi tingkat pergantian yang tiba-tiba meningkat.

Setelah mereka mengidentifikasi penyebab potensial, mereka dapat membentuk strategi berdasarkan data yang akurat untuk mengatasi tingkat perputaran karyawan dan mencegahnya meningkat lagi.

4. Analisis prediktif

Analisis prediktif adalah tingkat analisis SDM yang paling maju, tetapi dapat memberikan hasil yang bermanfaat dan bahkan mengurangi biaya dan komitmen waktu untuk tantangan personalia yang umum.

Analisis prediktif menggunakan tren historis untuk menghasilkan prediksi masa depan dan menciptakan strategi untuk mengatasinya.

Proses analisis ini biasanya berpasangan dengan analisis strategis untuk menciptakan sistem yang lebih kuat untuk memprediksi, menangani dan mengukur data dan tren SDM.

Misalnya, jika perusahaan mengukur tingkat turnover, mungkin perusahaan akan mengetahui bahwa turnover paling tinggi ketika ekonomi sedang menurun.

Perusahaan dapat menggunakan data ini untuk membuat strategi di masa depan, memprediksi peningkatan turnover ketika ekonomi jatuh dan merencanakan kebutuhan personalia selama waktu itu.

Perencanaan ke depan berpotensi menghemat ribuan dolar biaya produktivitas yang hilang bagi perusahaan.

Baca juga: Cara Wajib Lapor Ketenagakerjaan dan Aturannya di Indonesia

Kesimpulan

Dalam proses pengelolaan SDM, HR analytics menjadi hal yang harus tim SDM ketahui dan merupakan bagian penting untuk menghadirkan budaya kerja dan perencanaan kerja yang lebih baik.

Seperti yang sudah kita bahas diatas, data merupakan hal terpenting dalam melakukan HR analytics. Oleh sebab itu Anda harus memiliki rencana, strategi, dan alat yang tepat untuk mendapatkan data HR yang valid supaya Anda tidak mengambil keputusan bisnis yang salah.

Untuk kemudahan pengelolaan data HR, kehadiran, payroll, sampai manajemen cuti karyawan, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR yang mudah digunakan seperti Gajihub.

Gajihub memiliki fitur terlengkap yang tidak hanya akan memudahkan proses operasi pada bisnis, namun juga untuk karyawan Anda.

Dengan menggunakan Gajihub, karyawan bisa melakukan pencatatan kehadiran, melihat saldo dan mengajukan cuti, dan mengakses slip gaji kapanpun dimanapun hanya melalui smartphone.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

3 thoughts on “Pengertian HR Analytics, Manfaat, dan Jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *