Detail Oriented: Pengertian dan Cara Mengasah Kemampuan Ini

detail oriented 1

Saat perusahaan meninjau resume Anda, mereka mungkin mencari kualitas yang membuktikan bahwa Anda mandiri dan bisa menyelesaikan pekerjaan yang mereka berikan untuk Anda. Cara yang bagus untuk menunjukkan hal ini adalah dengan mencantumkan detail oriented sebagai salah satu keterampilan unggulan Anda.

Setelah Anda menerima peran yang cocok untuk Anda, ada banyak cara untuk terus mengembangkan dan meningkatkan keterampilan tersebut.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa yang dimaksud dengan detail oriented, mengapa hal ini penting, kebiasaan umum dan sifat-sifat yang dimiliki oleh karyawan yang detail oriented, dan tips untuk meningkatkan keterampilan ini di tempat kerja.

Apa itu Detail Oriented?

Detail oriented atau berorientasi pada detail berarti memperhatikan semua hal kecil ketika mengerjakan tugas atau proyek. Karyawan yang detail oriented menyelesaikan setiap tugas sesempurna mungkin sebelum pindah ke tugas berikutnya.

Ini berarti proyek yang mereka kirimkan biasanya merupakan pekerjaan berkualitas tinggi dengan sedikit atau tanpa kesalahan.

Karyawan yang detail oriented berfokus secara cermat pada setiap proyek dan terus mencari cara untuk menyelesaikan tugas mereka secara efisien.

Baca juga: 11 Tips Meminimalisir Kecelakaan Kerja

Mengapa penting untuk mencantumkan skill ini di resume Anda?

Karyawan yang mencantumkan keahlian detail oriented di resume sering kali menonjol di mata manajer perekrutan.

Karena mereka melihat pentingnya mendapatkan setiap detail dengan benar, karyawan yang detail oriented secara teratur mengirimkan pekerjaan berharga yang hanya membutuhkan sedikit perubahan, jika ada.

Banyak atasan menghargai hal ini karena memberikan mereka lebih banyak waktu untuk fokus pada hal-hal besar mereka sendiri daripada secara konsisten mengoreksi dan mengawasi karyawan mereka.

Karena karyawan yang berorientasi pada detail senang menyelesaikan tugas-tugas yang lebih kecil, mereka memastikan bahwa mereka menyelesaikan setiap tugas tepat waktu. Dengan menampilkan keahlian ini di resume, Anda akan memberi tahu atasan bahwa Anda terorganisir dan tahu cara mengatur waktu dengan baik.

Manajer perekrutan sering melihat detail ini di resume Anda dan tahu bahwa Anda akan menyelesaikan setiap proyek sesuai tenggat waktu masing-masing.

Baca juga: 10 Tips Melakukan Penilaian Kinerja Organisasi

detail oriented 2

Kebiasaan Baik dari Seorang yang Detail Oriented

Ketika mengetahui seseorang detail oriented, ini sering kali menjadi pertanda bahwa mereka memiliki banyak kebiasaan kuat yang membuat mereka menjadi karyawan yang efektif.

Kebiasaan positif umum yang mungkin Anda temukan pada orang yang detail oriented meliputi:

Mudah menyadari dan memperbaiki kesalahan

Entah mereka bekerja dalam tim atau secara mandiri, orang yang detail oriented dengan mudah mengidentifikasi kesalahan dan dengan cepat menemukan cara untuk memperbaikinya.

Tetap produktif sepanjang hari

Orang yang detail oriented sering kali sangat fokus dan bersemangat untuk menyelesaikan tugas harian mereka. Mereka biasanya mendedikasikan diri mereka pada tugas dengan membatasi gangguan dan mengelola waktu mereka dengan baik untuk menyelesaikan proyek mereka sesuai tenggat waktunya.

Mengatur tugas mereka dengan baik

Manajemen waktu dan pendelegasian tugas adalah keterampilan penting yang dihargai oleh karyawan yang detail oriented. Mereka secara teratur membuat daftar dan jadwal untuk merencanakan setiap tugas dan memastikan mereka menerapkan jumlah waktu dan energi yang tepat sebelum menyerahkannya.

Mengikuti rutinitas yang sama setiap hari

Jadwal yang berulang adalah sesuatu yang dihargai oleh karyawan yang detail oriented, karena membantu mereka mempertahankan rutinitas yang memastikan mereka menyelesaikan semuanya tepat waktu.

Karyawan yang detail oriented secara teratur tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari agar tetap konsisten dan sesuai jadwal.

Tepat waktu untuk semua acara

Mereka sangat menyadari pentingnya tiba di tempat kerja dan acara lainnya tepat waktu. Karyawan yang detail oriented sering kali antusias untuk memulai proyek baru dan terlibat dalam pengalaman baru, sehingga mereka tiba di setiap acara dengan segera dan profesional.

Baca juga: Apa Kekurangan Anda dan Jawaban Terbaik Menurut HRD

Sifat-sifat Seorang yang Detail Oriented

Selain memiliki perhatian yang kuat terhadap detail, karyawan ini sering kali memiliki sifat dan kualitas lain yang membantu mereka bekerja dengan sukses.

Sifat-sifat umum yang dimiliki oleh banyak orang yang detail oriented, antara lain:

Sangat jeli

Mengingat dan memperhatikan detail-detail kecil bisa sangat sederhana bagi orang-orang yang detail oriented. Mereka secara teratur memperhatikan setiap perubahan kecil dan sering mengingat detail kecil tentang seseorang.

Berfokus pada penyebab daripada efek

Daripada berfokus pada gambaran besar dari suatu tugas atau proyek, orang yang detail oriented mencoba memahami alasan mengapa hal itu terjadi.

Hal ini tercermin dalam pekerjaan mereka karena mereka mencoba memahami mengapa mereka menyelesaikan suatu proyek untuk memotivasi diri mereka sendiri untuk menyerahkan pekerjaan yang berharga.

Sangat terorganisir

Orang yang detail oriented secara teratur membuat daftar dan jadwal. Memeriksa item dari daftar mereka memberi mereka kepuasan dan membuat mereka bersemangat untuk memulai tugas berikutnya.

Keterampilan manajemen waktu yang baik

Mengatur tugas berdasarkan urutan kepentingan dan menjadwalkan waktu yang cukup untuk menyelesaikan masing-masing tugas adalah rutinitas yang berharga bagi orang yang detail oriented.

Mereka dapat secara efektif tetap fokus menyelesaikan setiap tugas tepat waktu dan memahami cara mendelegasikan masing-masing tugas untuk memastikan mereka menyelesaikannya dengan cepat.

Pandai matematika dan menggunakan angka

Banyak orang yang detail oriented senang menggunakan otak mereka untuk membuat perhitungan dan menantang diri mereka sendiri untuk menemukan solusi untuk persamaan.

Mereka dikenal mahir secara finansial karena mereka berhasil membangun dan mempertahankan anggaran mereka dengan benar.

gajihub 2

Baca juga: Hak Karyawan Tetap dan Bedanya dengan Karyawan Tidak Tetap

Tips untuk Meningkatkan Keterampilan Detail Oriented

Meskipun banyak orang secara alami mengembangkan keterampilan berorientasi detail, Anda masih bisa belajar, berlatih, dan memperkuatnya setiap hari di tempat kerja. Ikuti tips di bawah ini untuk meningkatkan keterampilan berorientasi detail Anda di tempat kerja:

Atur tugas-tugas Anda

Untuk memastikan Anda menyelesaikan setiap tugas secara efisien, Anda harus menuliskan semuanya sehingga Anda mengetahui tugas mana yang perlu Anda kerjakan.

Dengan meletakkannya secara visual, Anda akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang tugas mana yang paling penting dan apa yang perlu Anda selesaikan terlebih dahulu.

Anda bisa membuat sendiri daftar tugas setiap hari dan memeriksa setiap tugas yang harus dikerjakan, atau Anda bisa meneliti perangkat lunak manajemen tugas yang dengan mudah mengatur proyek Anda.

Mencoret setiap item dari daftar Anda saat Anda menyelesaikannya dapat memberi Anda perasaan puas dan dapat memotivasi Anda untuk terus menyelesaikan lebih banyak tugas.

Pertahankan rutinitas harian

Untuk menjaga diri Anda tetap pada jadwal, Anda harus membuat rutinitas harian. Ini menjaga pikiran dan tubuh Anda tetap sehat karena memastikan Anda mengikuti rutinitas yang memberi Anda jumlah tidur dan produktivitas yang tepat.

Cobalah untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap pagi dan malam untuk memberikan diri Anda rutinitas yang normal dan berulang.

Hal ini dapat membantu Anda merasa lebih terorganisir dan seperti Anda memiliki setiap tugas di bawah kendali.

Rutinitas yang teratur membuat otak Anda tetap pada jalurnya dan membantu Anda menghindari tertinggal pada tugas apa pun.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Manfaatnya

Buatlah jadwal dan patuhi jadwal tersebut

Menyadari adanya pertemuan dan janji temu yang akan datang membuat Anda merasa lebih terorganisir dan siap untuk setiap hari.

Temukan kalender online atau beli perencana kertas dan mulailah menulis acara dan tugas Anda yang akan datang.

Hal ini membantu mempersiapkan Anda untuk semua acara Anda dan memungkinkan Anda untuk menganggarkan waktu Anda untuk beristirahat dan mengerjakan tugas-tugas penting.

Cobalah untuk meminimalkan distraksi sehari-hari

Kebiasaan penting dari orang-orang yang detail oriented adalah seberapa baik mereka dapat fokus pada proyek. Membebaskan diri Anda dari gangguan memungkinkan Anda untuk dengan mudah memperhatikan topik yang sedang dibahas dan menyelesaikannya secara efisien.

Jika Anda bekerja dari rumah, gunakan meja dan ruang kantor khusus untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Ketika Anda berada di kantor, cobalah untuk memastikan ruang kerja Anda memiliki penerangan yang baik dan cukup tenang.

Jika orang-orang secara teratur mengunjungi kantor Anda untuk berbicara santai dengan Anda, katakan dengan sopan kepada mereka bahwa Anda sedang mengerjakan proyek dan akan berbicara dengan mereka setelah Anda selesai.

Jika Anda masih mendengar suara bising yang berlebihan di sekitar kantor, tanyakan kepada manajer Anda apakah Anda dapat menggunakan headphone.

Mendengarkan musik klasik dapat membantu meningkatkan tingkat produktivitas Anda dan memungkinkan Anda untuk lebih fokus.

Jaga kesehatan fisik dan mental Anda

Lebih mudah untuk memperhatikan detail dengan cermat jika tubuh dan otak Anda sehat. Berolahraga sebelum atau sesudah bekerja adalah cara yang bagus untuk menjaga otak Anda tetap aktif dan dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi Anda.

Jika waktu Anda terbatas untuk berolahraga, berjalan-jalanlah saat istirahat untuk memberikan udara segar dan waktu untuk menjernihkan pikiran Anda.

Meditasi dan yoga juga merupakan cara yang bagus untuk menjaga kesehatan mental Anda dan meningkatkan fokus Anda.

Cobalah untuk menyisihkan 15 menit setiap hari untuk duduk di tempat yang tenang dan pribadi. Tarik napas dalam-dalam untuk rileks dan persiapkan diri Anda secara mental untuk menghadapi peristiwa yang akan datang, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi Anda.

Baca juga: Tips Saat Melakukan HR Interview Beserta Contoh Pertanyaan dan Jawaban

Tips untuk Menunjukkan Bahwa Anda Seorang Detail Oriented Saat Wawancara

Gunakan langkah-langkah berikut ini untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang detail oriented saat wawancara:

1. Tunjukkan bahwa Anda detail oriented sebelum wawancara

Bahkan sebelum wawancara, Anda memiliki kesempatan untuk menunjukkan bahwa Anda detail oriented.

Dengan memastikan resume dan surat lamaran Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan, serta menyertakan detail yang relevan dengan deskripsi pekerjaan, Anda menunjukkan bahwa detail itu penting bagi Anda.

2. Tepat waktu untuk wawancara

Datang tepat waktu untuk wawancara menunjukkan bahwa Anda memperhatikan waktu dan tempat wawancara yang diberikan.

Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda menghormati waktu pewawancara dan memprioritaskan pemenuhan tenggat waktu.

3. Perhatikan orang yang menyapa Anda

Wawancara dimulai segera setelah Anda bertemu dengan orang yang menyapa Anda. Ini berarti Anda perlu memperhatikan detail tentang mereka, seperti nama, karakteristik fisik, dan pakaian mereka.

Anda dapat menggunakan detail ini selama wawancara jika diminta contoh perhatian Anda terhadap detail.

4. Berikan jawaban terperinci untuk pertanyaan wawancara

Tunjukkan perhatian Anda pada hal-hal spesifik dengan menjawab pertanyaan wawancara secara rinci. Jika memungkinkan, Anda harus mencoba menggunakan teknik respons wawancara STAR untuk mengidentifikasi pengalaman spesifik yang relevan dan bagaimana tindakan Anda menghasilkan hasil yang positif.

Teknik wawancara STAR sangat bagus untuk pertanyaan wawancara perilaku, tetapi Anda juga bisa menjawab pertanyaan wawancara teknis dengan penjelasan dan detail yang menyeluruh.

5. Dengarkan secara aktif informasi yang disampaikan pewawancara kepada Anda

Selama wawancara, Anda mungkin akan mempelajari informasi baru tentang posisi dan perusahaan yang Anda lamar dari pewawancara.

Penting untuk secara aktif mendengarkan informasi yang disampaikan pewawancara kepada Anda dan membuat catatan jika diperlukan.

Hal ini menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda peduli dengan apa yang mereka katakan dan Anda tahu kapan harus mencatat informasi penting.

6. Ajukan pertanyaan di akhir wawancara

Menjelang akhir wawancara, pewawancara kemungkinan besar akan menanyakan apakah Anda memiliki pertanyaan.

Mempunyai pertanyaan yang disiapkan untuk ditanyakan selama waktu ini menunjukkan bahwa Anda tertarik pada detail posisi dan perusahaan.

Anda juga dapat menggunakan waktu ini untuk mengajukan pertanyaan untuk mengklarifikasi informasi yang didiskusikan pewawancara selama wawancara.

Baca juga: Mengenal Apa itu Burnout Syndrome, Tandanya, dan Cara Mengatasinya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu detail oriented dan cara mengasah kemampuan ini untuk membantu mengembangkan karir dan kehidupan Anda.

Namun skill ini tidak hanya berguna untuk karyawan, namun juga berguna bagi para pemilik bisnis dan juga manager HR supaya bisa memilih kandidat terbaik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Lalu, untuk mempermudah Anda dalam mengelola proses payroll dan HR dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub yang memiliki fitur terbaik dan mudah digunakan.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis untuk pengelolaan proses HR dalam bisnis melalui tautan ini.

1 thought on “Detail Oriented: Pengertian dan Cara Mengasah Kemampuan Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *