Pengertian People Development, Manfaat, dan Contohnya

People development adalah hal penting bagi bisnis dan karyawan karena laryawan adalah aset terbesar dalam bisnis. Tetapi apakah mereka siap untuk membawa organisasi kita ke tingkat berikutnya? Survei Global McKinsey menunjukkan bahwa para pemimpin mungkin tidak berpikir demikian.

Survei menunjukkan bahwa 9/10 “eksekutif dan manajer mengatakan bahwa organisasi mereka sudah menghadapi kesenjangan keterampilan atau memperkirakan kesenjangan akan berkembang dalam lima tahun ke depan.”

Ini adalah masalah besar bagi organisasi yang ingin menghindari gangguan teknologi atau menjadi pelopor dalam industri mereka.

Sentimen yang berlaku adalah bahwa karyawan perlu terus berkembang hanya untuk mengikuti lanskap bisnis yang berubah dengan cepat. Tetapi untuk berkembang, kita perlu melakukan lebih banyak lagi sebagai pemimpin dan manajer sumber daya manusia.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap apa itu people development atau pengembangan karyawan dan berbagai contohnya yang bisa Anda adaptasikan dalam bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan People Development?

People development atau pengembangakn karyawan adalah proses di mana departemen sumber daya manusia membekali karyawan dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan bisnis.

People development sering digunakan secara bergantian dengan pengembangan karyawan, yaitu tentang membantu karyawan untuk maju dalam organisasi. Sebaliknya, pengembangan karyawan lebih kepada menutup kesenjangan keterampilan dalam organisasi.

Pengembangan karyawan adalah bagian dari strategi karyawan yang lebih luas yang dijelaskan oleh Academy to Innovate HR: “Strategi SDM Anda harus menyatukan strategi bisnis dan SDM Anda.”

Menariknya, Kantor Sumber Daya Manusia Universitas Cambridge mengembangkan Behavioural Attributes Framework atau Kerangka Kerja Atribut Perilaku yang mengidentifikasi empat tingkat pengembangan orang yang berbeda. Level-level tersebut dirangkum sebagai berikut:

  • Level A: Seorang pemimpin menciptakan lingkungan di mana karyawan termotivasi untuk mencapai tujuan organisasi dan tujuan pengembangan pribadi mereka sendiri. Mereka juga terus mencari cara untuk meningkatkan kinerja organisasi melalui orang-orangnya.
  • Level B: Seorang pemimpin yang mendorong karyawan untuk mengejar peluang belajar dan menginvestasikan waktu untuk membantu mereka menutup kesenjangan keterampilan. Mereka juga memberikan arahan dan panduan yang jelas untuk membantu karyawan tumbuh.
  • Level C: Seorang pemimpin yang tidak mengambil peran aktif dalam pengembangan karyawan, tetapi mendorong karyawan untuk mengejar peluang belajar yang mereka sukai.
  • Level D: Pemimpin mengambil kepemilikan atas kinerja mereka sendiri dan bersedia membantu orang lain jika ada kesempatan. Jelas, kita ingin para pemimpin, manajer, dan karyawan yang berpengaruh berada di antara level A dan B.

Manajer pengembangan karyawan yang efektif akan fokus pada inisiatif yang tidak hanya mendaftarkan karyawan dalam kursus, tetapi juga menciptakan budaya belajar. Mari kita uraikan manfaat dari rencana pengembangan sumber daya manusia semacam ini pada sebuah organisasi.

Baca juga: CV Menarik: Ini Cara Membuat CV yang Wajib Anda Ketahui

Mengapa People Development Penting Bagi Karyawan Anda?

Ada beberapa alasan utama mengapa departemen SDM Anda perlu memahami people development dan bagaimana kaitannya dengan pengembangan karyawan. Beberapa keuntungan dari pengembangan karyawan meliputi:

Produktivitas

Dengan menghadirkan people development, Anda enunjukkan kepada karyawan bahwa Anda peduli dengan pertumbuhan dan perkembangan mereka akan meningkatkan moral dan kemauan mereka untuk bekerja lebih keras untuk perusahaan Anda. Dan produktivitas yang lebih baik berarti lebih banyak pendapatan untuk bisnis Anda.

Daya tarik bakat

Pencari kerja mencari perusahaan tempat mereka dapat mengembangkan keterampilan mereka. Penelitian oleh Gallup menemukan bahwa 59 persen Milenial ingin bekerja untuk organisasi yang menawarkan peluang pengembangan. Jika bisnis Anda membangun reputasi untuk pengembangan karyawan, akan lebih banyak kandidat yang ingin bekerja untuk Anda.

Mengurangi turnover

Selama dekade terakhir, pengembangan karier telah menjadi salah satu alasan utama karyawan meninggalkan organisasi. Dengan berinvestasi dalam peluang bagi karyawan Anda untuk mengembangkan keterampilan mereka, Anda dapat menghemat banyak uang, waktu, dan kerumitan perusahaan Anda dengan mengurangi tingkat turnover karyawan.

Ada banyak manfaat lain dari pengembangan karyawan, dan tim SDM Anda harus mendorong karyawan untuk memanfaatkan peluang pengembangan.

Hal ini dapat meningkatkan tingkat partisipasi dan keberhasilan dan mengarah pada hasil yang lebih baik bagi karyawan dan organisasi Anda.

Baca juga: Kuesioner Kinerja Karyawan: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tahapannya

people development 2

8 Contoh Strategi People Development

Untuk membantu perusahaan Anda memulai, berikut ini delapan contoh strategi pengembangan karyawan yang dapat Anda gunakan.

1. Melakukan skills gap analysis

Skills gap analysis atau analisis kesenjangan keterampilan dapat membantu perusahaan Anda mengetahui kemampuan apa saja yang perlu dikembangkan karyawan agar dapat bersaing untuk masa depan dan perubahan wajah bisnis.

Untuk menyelesaikan analisis, tim SDM Anda perlu memahami keterampilan yang dimiliki karyawan saat ini dan membandingkannya dengan pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan. Ini adalah langkah kunci dalam mengembangkan kursus pelatihan yang tepat untuk membekali karyawan.

2. Merencanakan acara job shadowing

Job shadowing dapat membantu karyawan belajar tentang peran yang berbeda dalam organisasi. Pemahaman ini membantu mereka memutuskan jalur karier.

Hal ini juga dapat bermanfaat untuk kolaborasi, karena karyawan Anda akan mendapatkan pemahaman tentang bagaimana departemen perusahaan yang berbeda bekerja dan berkontribusi pada keseluruhan tujuan bisnis.

3. Memasangkan karyawan untuk pembinaan rekan sejawat

Rekan sejawat lebih cenderung saling meminta saran atau informasi daripada meminta saran atau informasi dari seorang manajer. Mereka lebih nyaman untuk saling meminta bantuan, dan strategi pengembangan karyawan kita harus mencerminkan hal itu.

Jadi, masuk akal untuk mendorong pembinaan rekan kerja di organisasi Anda. Dengan memasangkan karyawan bersama-sama, Anda dapat membantu memupuk berbagi pengetahuan dan membangun budaya belajar di tempat kerja Anda.

4. Program mentoring

Program mentoring di tempat kerja adalah cara yang luar biasa untuk menghubungkan karyawan untuk mempercepat perkembangan mereka, menutup kesenjangan keterampilan, dan membangun budaya di mana karyawan termotivasi untuk terus berkembang.

Diketahui secara luas bahwa lebih dari 70% dari perusahaan-perusahaan fortune 500 memiliki program mentorship karyawan internal.

Manfaat dari mentorship tidak hanya mencakup karyawan yang menerima bimbingan dari seseorang yang lebih senior dari mereka sendiri. Organisasi juga mendapat manfaat:

  • Tingkat retensi meningkat: karyawan tidak mungkin pergi ketika mereka memiliki mentor yang membantu mereka tumbuh dan membuka pintu untuk kemajuan mereka.
  • Produktivitas meroket: seorang mentor menyampaikan pengetahuan dan pengalaman penting. Hal ini mendorong karyawan untuk maju karena mereka belajar dari pengalaman mentor mereka, bukan hanya pengalaman mereka sendiri.
  • Mereduksi kesenjangan keterampilan: Program L&D harus lebih dari sekadar kursus yang membosankan. Mentor membuat pembelajaran menjadi relevan dan membuat mentee mereka bertanggung jawab untuk berkembang.
  • Budaya menjadi lebih inklusif: mentor memberi ruang bagi karyawan untuk bersuara. Dan itu meningkatkan visibilitas. Organisasi mentor memiliki keragaman, kesetaraan, dan inklusi yang lebih besar.

Baca juga: Kode Etik Profesi: Pengertian, Pentingnya, Contoh, dan Cara Membuatnya

5. Program peningkatan keterampilan atau pelatihan ulang

Teknologi berubah dengan cepat, dan tetap mengikuti semua produk dan perkembangan baru bisa menjadi tantangan. Dengan mengidentifikasi keterampilan penting yang dibutuhkan karyawan Anda, Anda akan dapat membantu mereka fokus dengan program peningkatan keterampilan atau pelatihan ulang.

Membantu karyawan Anda mempelajari keterampilan baru dan mengembangkan kemampuan dapat memberi mereka kepercayaan diri untuk mengambil peran baru dalam organisasi Anda.

6. Aktivitas berbagi pengetahuan

Ciptakan budaya yang menghargai berbagi pengetahuan dengan mengatur aktivitas untuk memupuknya. Misalnya, intranet perusahaan Anda dapat membantu memfasilitasi berbagi pengetahuan di antara karyawan.

Anda juga dapat merencanakan sesi pelatihan khusus di mana karyawan berbagi apa yang mereka ketahui tentang topik tertentu. Hal ini juga dapat membantu karyawan mengembangkan keterampilan presentasi mereka.

7. Hari pelatihan perusahaan

Ketika ada sesuatu yang dapat dipelajari oleh seluruh organisasi Anda, Anda dapat menyelenggarakan hari pelatihan perusahaan. Misalnya, sesi tentang cara menjadi tempat kerja yang lebih inklusif atau pelatihan tentang perangkat lunak baru yang akan diterapkan perusahaan Anda.

8. Kursus pembelajaran online

Menyediakan opsi dan peluang bagi karyawan jarak jauh atau mereka yang ingin bekerja dengan kecepatan mereka sendiri dapat dimasukkan dalam pengembangan karyawan.

Ada sejumlah cara untuk memberikan pelatihan online bagi karyawan, seperti membuat kursus sendiri atau membeli layanan berlangganan untuk karyawan.

gajihub 2

Baca juga: Perencanaan SDM: Pengertian, Fungsi, dan Tahapannya

Cara Membuat Rencana People Development yang Baik

Ketika perusahaan berjuang untuk mempertahankan talenta dalam menanggapi evaluasi ulang karyawan terhadap prioritas pekerjaan mereka di tengah-tengah Pengunduran Diri Besar-besaran, berinvestasi dalam pengembangan profesional adalah cara untuk menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa Anda peduli dengan pertumbuhan mereka.

Jika saat ini Anda belum memiliki rencana pengembangan profesional, inilah saatnya untuk menerapkan rencana pengembangan karyawan untuk tim Anda.

Menyesuaikan rencana untuk mencerminkan tenaga kerja unik Anda sangatlah penting. Industri dan ukuran staf Anda akan menjadi kekuatan pendorong, namun gaya belajar, preferensi, materi pelajaran, dan aksesibilitas juga merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan.

Jika peluang pengembangan profesional yang Anda tawarkan tidak menarik atau tidak bermanfaat bagi karyawan Anda, mereka akan kehilangan minat dan tidak terlibat dalam program tersebut.

Gunakan panduan berikut ini untuk menerapkan rencana pengembangan karyawan di perusahaan Anda.

Langkah 1: Evaluasi perusahaan Anda dan tujuan jangka panjang

Sebelum Anda dapat menerapkan rencana, Anda harus menilai tenaga kerja dan perusahaan Anda saat ini dengan masa depan yang Anda bayangkan.

Perhatikan bagaimana karyawan dan tim Anda beroperasi saat ini. Kemudian, pertimbangkan apa yang mungkin perlu diubah untuk maju dan tantangan apa yang bisa muncul di sepanjang jalan.

Rencana yang sukses harus mencapai tiga tujuan utama. Pertama, Anda harus bertujuan untuk memberikan peluang yang memenuhi aspirasi individu karyawan Anda. Ini adalah permainan pelibatan karyawan strategis yang akan membuat karyawan Anda merasa dihargai dan membuat mereka tetap tertarik pada pekerjaan mereka.

Kedua, rencana Anda harus membahas strategi jangka panjang dan sasaran pertumbuhan perusahaan Anda. Apa tolok ukur utama yang ingin Anda capai, dan keterampilan karyawan Anda yang mana yang perlu dikembangkan atau diperoleh untuk memenuhi tujuan ini?

Seiring dengan pertumbuhan Anda, peran kepemimpinan pasti akan terbuka, memberi Anda lebih banyak peluang untuk mempromosikan dari dalam.

Aspek ketiga dari people development Anda harus membahas pelatihan kepemimpinan dengan membantu karyawan tumbuh sebagai manajer dan pemimpin masa depan perusahaan Anda.

Baca juga: Tenaga Kerja Terlatih: Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya

Langkah 2: Buat rencana pengembangan khusus karyawan

Mintalah para manajer duduk bersama bawahan langsung mereka untuk mendiskusikan apa yang disukai karyawan tentang pekerjaan mereka, apa yang mereka anggap sulit, apa yang membuat mereka tidak tertarik, dan bagaimana mereka berharap untuk maju dalam peran mereka.

Karyawan harus bertanggung jawab untuk mematuhi rencana pengembangan mereka, tetapi manajer bertanggung jawab untuk membimbing dan mendukung bawahan dalam jalur karier mereka.

Dorong karyawan dan manajer untuk bertemu secara teratur untuk membahas rencana pengembangan karyawan dan bertukar pikiran tentang peluang untuk pengembangan profesional.

Sekali lagi, menyesuaikan peluang untuk individu adalah kuncinya; jika mereka tidak dapat menerima format pelatihan atau materi pelajaran, mereka kemungkinan tidak akan mempertahankan informasi dan peluang pembelajaran akan terbuang sia-sia.

Langkah 3: Berikan penawaran pengembangan

Gunakan rencana khusus karyawan untuk menciptakan peluang pengembangan profesional di seluruh perusahaan. Jika beberapa karyawan mengatakan bahwa mereka ingin mengikuti berbagai kursus pelatihan keterampilan, tetapi tidak memiliki waktu untuk acara di luar jam kerja, pertimbangkan untuk membeli langganan pembelajaran online.

Karyawan dapat berbagi akses ke platform dan menyelesaikan kursus dari kenyamanan rumah mereka sendiri tanpa mengambil waktu di luar jam kerja.

Selain itu, jika mayoritas karyawan menunjukkan minat untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu, seperti berbicara di depan umum, adakan seminar pelatihan.

Untuk memangkas biaya, manfaatkan jaringan tim kepemimpinan Anda untuk mengidentifikasi orator dan kolega berbakat yang mungkin tertarik untuk berbagi beberapa kiat selama makan siang dan belajar.

Jika karyawan terbagi dalam berbagai materi pelajaran dan jalan pembelajaran, pertimbangkan untuk menawarkan tunjangan pengembangan profesional untuk mendukung karyawan dalam pengejaran individu mereka.

Baca juga: HRBP Adalah: Pengertian, Tugas, Manfaat, dan Sertifikasinya

Langkah 4: Evaluasi upaya Anda dan minta umpan balik

Tergantung pada materinya, manfaat langsung dari pengembangan karyawan bisa jadi sulit diukur. Anda mungkin tidak akan melihat transaksi baru ditutup dalam semalam sebagai hasil dari pelatihan penjualan, tetapi Anda akan melihat tingkat penutupan dan retensi karyawan yang jauh lebih tinggi dalam jangka panjang.

Indikator keberhasilan terkuat adalah tanggapan karyawan Anda. Karena peluang pengembangan profesional adalah pendorong keterlibatan karyawan, melakukan survei keterlibatan karyawan secara teratur adalah cara yang efektif untuk mengukur minat dan kebahagiaan anggota tim Anda dengan penawaran pengembangan profesional Anda.

Pastikan manajer secara rutin memeriksa kemajuan bawahan langsung mereka.

  • Apakah pelatihan tambahan diperlukan untuk menguasai keterampilan tertentu?
  • Apakah mereka menemukan cara yang lebih efisien untuk menangani tanggung jawab mereka?
  • Kesempatan belajar mana yang paling mereka nikmati, dan mana yang tidak mereka sukai?
  • Manajer harus menyesuaikan rencana pengembangan karyawan secara individu dan mengkomunikasikan ide-ide besar kepada pimpinan sehingga mereka dapat memodifikasi strategi di seluruh perusahaan.

Baca juga: Proses Rekrutmen: Pengertian, Tahapan, dan Tips Melakukannya

Kesimpulan

Menjadikan people development sebagai bagian utama dari organisasi Anda akan menguntungkan bisnis Anda dengan lebih dari satu cara. Berinvestasi pada karyawan Anda membantu menumbuhkan tenaga kerja yang terlibat, yang terbukti lebih produktif, menguntungkan dan menarik daripada perusahaan dengan karyawan yang tidak terlibat.

Tentu, untuk membuat rencana people development yang optimal dalam sebuah bisnis, Anda memerlukan perencanaan dan alat yang tepat untuk memudahkan Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu alat yang harus Anda gunakan adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR buatan Indonesia yang memiliki fitur untuk kemudahan Anda dalam melakukan people development di perusahaan.

Berbagai fitur seperti Employee self service, absensi dan pengajuan cuti melalui smartphone, slip gaji online, dan fitur lainnya akan membuat karyawan mendapatkan kemudahan untuk melakukan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas mereka.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub, secara gratis melalui tautan ini.

4 thoughts on “Pengertian People Development, Manfaat, dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *