Cara Membuat CV yang Menarik dan Dilirik HRD

CV menjadi salah satu dokumen yang diperlukan ketika melamar pekerjaan. Tugas Anda adalah mencari tahu cara membuat CV yang menarik agar dapat memikat HRD.

CV yang menarik bisa membuat Anda lebih dipertimbangkan dibandingkan kandidat lain. Lalu bagaimana cara membuat CV yang menarik ini?

Buat Anda yang ingin mengetahuinya Anda wajib membaca artikel ini hingga selesai.

Pengertian Curriculum Vitae

Curriculum Vitae atau CV merupakan sebuah dokumen yang menunjukan riwayat hidup seseorang. Dalam bahasa Indonesia CV ini disebut dengan daftar riwayat hidup.

CV menjadi syarat penting ketika Anda melamar pekerjaan. CV ini berisi informasi mengenai pelamar kerja yang akan menjadi pertimbangan HRD atau rekruter dalam menerima karyawan.

Beberapa cangkupan yang ada dalam CV antara lain nama, tempat tanggal lahir, alamat, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan lainnya. Selain itu ada juga menambahkan pengalaman organisasi hingga keterampilan di dalam CV.

HRD setiap membuka lowongan pekerjaan bisa menerima hingga ribua CV, jadi membuat CV yang menarik bisa menjadi cara agar HRD melirik CV yang Anda berikan. Anda harus bisa menarik perhatian HRD melalui CV yang Anda kirimkan karena nyatanya HRD hanya perlu menghabiskan 6-10 detik untuk memilih CV yang dikirim oleh kandidat.

Bisa bayangkan dong bagaimana jadinya jika CV yang Anda kirimkan biasa saja atau antimainstream. Pastinya CV Anda akan dilewatkan begitu saja. Jadi sangat penting bagi Anda untuk membuat CV yang menarik.

Baca Juga: Pengertian Rotasi Pekerjaan, Manfaat, dan Contohnya

Cara Membuat CV yang Menarik

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat CV yang menarik:

1. Buat Desain yang Menarik

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat CV yang menarik adalah buat desain yang menarik. Menarik di sini maksudnya adalah desainnya yang digunakan sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Jika Anda melamar pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan, Anda bisa menggunakan desain sederhana tanpa banyak warna. Anda bisa menggunakan warna-warna netral seperti hitam, putih, biru, dan sejenisnya.

Jika Anda melamar pekerjaan di industri kreatif seperti perfilman atau desain grafis, Anda bisa menunjukan kemampuan kreativitas Anda di dalam desain CV yang Anda buat. Pilih font tulisan di dalam CV Anda yang sesuai dan tidak berlebihan.

Jangan lupa untuk menambahkan foto formal Anda di dalam CV yang Anda buat. Anda bisa menggunakan foto yang sudah ada atau mengambil foto baru dengan pakaian formal.

Baca Juga: Resume dan CV: Pengertian, Perbedaan, dan Tips Membuatnya

2. Cantumkan Identitas Seperlunya

Selain membuat desain yang menarik, Anda sebaiknya juga mencantumkan identitas Anda seperlunya. Memang, identitas ini menjadi bagian penting yang akan membuat HRD tahu siapa diri Anda, tetapi jangan memenuhi CV dengan identitas yang tidak begitu diperlukan.

Anda bisa menuliskan identitas yang memang dibutuhkan, seperti nomor telepon, email, hingga media sosial. Identitas ini nantinya bisa memudahkan HRD untuk menghubungi Anda ketika Anda lolos tahap selanjutnya.

Hindari menuliskan identitas seperti golongan darah, hobi, hingga agama. Bahkan, beberapa orang lebih memilih menuliskan pendidikan terakhir dibandingkan riwayat pendidikan secara menyeluruh.

Dengan hanya menuliskan identitas secukupnya, HRD bisa fokus kepada kompetensi yang Anda miliki dan Anda juga bisa terlebih lebih profesional.

3. Pengalaman Kerja Harus Jelas

Cara selanjutnya adalah dengan menuliskan pengalaman kerja secara jelas. Pengalaman kerja juga menjadi bagian penting yang akan sangat dipertimbangan oleh HRD ketika menyeleksi kandidat.

Ketika Anda memiliki pengalaman kerja, tulisan pengalaman tersebut dengan jelas. Selain menuliskan perusahaan tempat Anda bekerja dan berapa lama Anda bekerja, Anda juga bisa menuliskan tugas dan peran Anda selama bekerja di sana.

Untuk Anda yang belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduate, Anda bisa mengganti pengalaman kerja ini dengan pengalaman magang atau pengalaman organisasi.

Baca Juga: Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja Terbaik

4. Jangan Lupa Cantumkan Skill dan Kemampuan

Skill dan kemampuan juga menjadi bagian yang dipertimbangkan oleh HRD, jadi Anda wajib mencantumkannya di CV yang Anda buat. Skill dan kemampuan ini pastinya yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Hindari mencantumkan skill yang bersifat umum seperti bekerja keras, bertanggung jawab, dan sejenisnya. Cantumkan skill yang memang bisa menunjang pekerjaan Anda nantinya, misalnya ketika Anda melamar kerja sebagai penulis konten Anda bisa mencantumkan skill menulis hingga editing.

5. Cantumkan Bila Ada Pelatihan atau Kursus

Anda memiliki pengalaman pelatihan atau kursus? Nah, Anda bisa mencantumkannya di CV yang Anda buat. Pengalaman pelatihan ini memiliki peran seperti pengalaman kerja, meskipun berada di bawah pengalaman kerja dan pengalaman magang.

Jangan lupa untuk melengkapi pengalaman pelatihan atau kursus ini dengan sertifikat. Dengan adanya pengalaman ini, Anda bisa semakin dipertimbangkan oleh HRD untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Tips Membuat CV ATS Friendly dan Juga Contohnya

6. Lengkapi dengan Portofolio

Jangan lupa untuk melengkapi CV Anda dengan portofolio. Jika CV memiliki fungsi untuk menjelaskan daftar riwayat hidup Anda, portofolio memiliki tujuan untuk menunjukan kemampuan Anda yang berhub ungan dengan pekerjaan yang dilamar.

Misalnya Anda melamar pekerjaan sebagai penulis konten, Anda bisa melengkapi portofolio Anda dengan tulisan yang pernah Anda tulis baik berupa tulisan langsung atau yang ada di website.

Dengan menyertakan portofolio ini, kemungkinan Anda untuk diterima bekerja akan semakin besar.

gajihub 6

Informasi yang Wajib Ada di CV

cara membuat cv

Berikut informasi yang wajib ada di CV, apa saja?

1. Data Pribadi

Informasi pertama yang wajib ada di CV adalah data pribadi Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, data pribadi ini bagian penting yang tidak boleh Anda lewatkan.

Namun pastikan Anda menuliskan data pribadi yang penting-penting saja, seperti nama, nomor telepon, email, hingga media sosial. Ini dilakukan agar HRD bisa dengan mudah menghubungi Anda ketika Anda lolos tahap berikutnya.

Tuliskan informasi yang lengkap namun penting. Anda tidak perlu menuliskan informasi seperti agama, golongan darah, hingga hobi Anda. Cukup tulisan hal-hal yang dapat digunakan untuk menghubungi Anda atau menjadi nilai plus bagi Anda.

2. Pas Foto

Pastikan Anda juga menambahkan pas foto pada CV yang Anda buat. Pas foto akan membuat CV Anda menjadi lebih meyakinkan, jadi penting bagi Anda untuk melengkapinya.

Alasan lain untuk pas foto ini karena beberapa perusahaan mencari kandidat karyawan yang memiliki penampilan menarik. Dari pas foto yang ada di CV ini nantinya perusahaan bisa memberikan penilaian terkait penampilan kandidat.

Pilihlah foto yang bisa memperlihatkan profesionalisme Anda dan pastikan foto yang Anda letakan di CV tidak buram.

3. Riwayat Pendidikan

Informasi selanjutnya yang wajib Anda di dalam CV Anda adalah riwayat pendidikan. Anda bisa menuliskan dua pendidikan terakhir Anda, misalnya pendidikan terakhir Anda adalah SMA, Anda bisa menuliskan riwayat pendidikan SMP dan SMA Anda.

Begitu pula ketika pendidikan terakhir Anda adalah sarjana (S1), Anda bisa menuliskan riwayat pendidikan SMA dan S1 Anda. Selain itu Anda juga bisa menambahkan riwayat pendidikan non formal yang Anda lakukan, seperti pelatihan atau kursus.

4. Pengalaman Kerja

Selain riwayat pendidikan, Anda juga wajib menyertakan pengalaman kerja Anda di dalam CV. Pengalaman kerja ditulis dengan tujuan agar HRD mengatahui dimana Anda pernah bekerja sebelumnya.

Tidak hanya nama perusahaan tempat Anda bekerja dan masa kerja Anda, Anda juga bisa menyertakan jabatan dan tugas Anda selama menjalani pekerjaan tersebut. Dengan informasi pengalaman kerja yang lengkap ini, HRD bisa menjadikannya pertimbangan untuk diterima di pekerjaan yang dilamar oleh Anda.

5. Skill dan Kemampuan

Informasi yang wajib ada di CV selanjutnya adalah skill dan kemampuan. Skill dan kemampuan akan menunjukan apa saja yang bisa Anda lakukan ketika bekerja di perusahaan. Jadi ini adalah hal yang wajib diketahui oleh HRD.

Tapi pastikan Anda menuliskan skill dan kemampuan Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya Anda melamar pekerjaan sebagai desainer grafis, Anda bisa mencantumkan skill dan kemampuan seperti Photoshop, Adobe Ilsutrasi, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Tentang Saya di CV agar Menarik

Membuat CV secara Online

Kabar baiknya, di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini, ada cara-cara mudah untuk membuat CV secara online. Berikut beberapa situs yang bisa Anda kunjungi untuk membuat CV online:

1. Canva

canva

Canva menjadi salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat CV secara online. Canva sendiri merupakan platform desain grafis yang menyediakan berbagai kebutuhan editing grafis termasuk untuk pembuatan CV.

Anda bisa mengunjungi website Canva atau bisa juga mendownloadnya di smartphone Anda. Canva tersedia dalam versi gratis dan juga berbayar.

2. Novoresume

cara membuat CV di novoresume

Novoresume bisa menjadi pilihan Anda yang ingin membuat CV secara online. Novoresume memiliki desain interface yang menarik dan mudah untuk digunakan.

Untuk membuat CV di Novoresume, Anda perlu membuat akun dan login. Setelah itu Anda bisa mengisi status pekerjaan Anda, seperti pelajar, mahasiswa, hingga profesional.

3. CV Maker

cv maker

CV Maker merupakan salah satu platform membuat CV yang telah tersedia dalam bahasa Indonesia. Di sini Anda bisa membuat CV baik itu dalam bentuk sederhana ataupun dalam format profesional.

CV Maker tidak memiliki banyak editing, jadi Anda tidak bisa memodifikasi CV yang Anda buat. Meski begitu, Anda bisa membuat CV di sini secara gratis.

4. VisualCV

visual cv

VisualCV bisa menjadi rekomendasi selanjutnya bagi Anda yang ingin membuat CV secara online. VisualCV memiliki tampilan yang user friendly sehingga mudah untuk digunakan. Selain itu, di VisualCV Anda tidak perlu mengisi data diri satu per satu dikarenakan Anda bisa langsung mengimpor data Anda dari LinkedIn.

5. Indeed

indeed

Indeed juga menyediakan fitur untuk membuat CV secara online dengan mudah. Di Indeed ini Anda bisa membuat CV dengan desain yang sederhana.

Salah satu perbedaan yang dimiliki oleh Indeed dibandingkan CV maker lainnya adalah Indeed menyediakan kolom informasi tambahan yang dapat digunakan untuk mengisi informasi penghargaan, sertifikasi, grup, link, hingga publikasi.

gajihub 3

Baca Juga: 5 Cara Membuat Portofolio yang Menarik, Apa Saja?

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara membuat CV yang bisa Anda lakukan. Bagi perusahaan, jangan lupa untuk melakukan pengelolaan karyawan dengan baik.

Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan Anda. GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan.

Daftar GajiHub di tautan ini sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *