Cara Menolak Tawaran Kerja melalui Email, WhatsApp dan Telepon

Mendapatkan tawaran kerja tidak selalu sesuai dengan yang kita inginkan atau butuhkan. Salah satu penyebab Anda tidak tertarik adalah perihal gaji yang ditawarkan. Pada saat itu pastinya Anda membutuhkan cara menolak tawaran kerja terbaik tanpa menyinggung pihak HRD.

Anda harus tetap memperlihatkan aspek kesopanan ketika menolak penawaran kerja ini. Lalu bagaimana cara menolak tawaran kerja tanpa menyinggung tanpa tetap sopan? Yuk simak penjelasannya hanya di bawah ini:

Alasan Tawaran Kerja Ditolak

Ketika Anda mendapatkan penawaran kerja, ada beberapa alasan mengapa Anda memilih menolak tawaran kerja tersebut. Berikut beberapa alasan mengapa tawaran kerja ditolak:

1. Karena Gaji yang Ditawarkan

Alasan pertama tawaran kerja ditolak adalah karena gaji yang ditawarkan. Ketika Anda ditawari pekerjaan dengan gaji yang tidak sesuai yang diharapkan, menolak tawaran yang diberikan adalah hak Anda.

Gaji menjadi pertimbangan utama untuk menerima tawaran kerja yang diberikan. Jika memang gaji yang ditawarkan tidak layak dan tidak sesuai dengan UMR yang telah ditetapkan, Anda bisa menolak tawaran yang diberikan.

2. Sudah Memiliki Pekerjaan

Alasan kedua seseorang memutuskan untuk menolak tawaran kerja yang diberikan adalah karena sudah memiliki pekerjaan. Biasanya pekerjaan yang telah dimiliki ini memiliki prospek lebih menjanjikan dibandingkan tawaran kerja yang diberikan.

Pun sebaliknya, jika pekerjaan baru menjanjikan prospek yang lebih menjanjikan, ada kemungkinan untuk memilih pekerjaan tersebut.

3. Jobdesk Tidak Sesuai

Ketika Anda tertarik untuk melamar sebuah pekerjaan, Anda sudah bisa membayangkan jobdesk yang diberikan dari info lowongan kerja tersebut. Namun ada kondisi dimana jobdesk tersebut tidak sesuai setelah Anda menjalani tes interview.

Jika demikian, menolak tawaran kerja yang diberikan adalah hal lumrah yang boleh dilakukan.

4. Lokasi Kerja Tidak Terjangkau

Alasan selanjutnya yang bisa membuat seseorang memutuskan menolak tawaran kerja adalah lokasi kerja yang tidak terjangkau. Ini terjadi ketika lokasi kerja jauh dari tempat tinggal kandidat dan kandidat tersebut memiliki alasan yang membuatnya tidak bisa pindah tempat tinggal.

5. Karena Alasan Pribadi

Selain alasan-alasan yang telah disebutkan diatas, kandidat bisa memutuskan menolak lamaran kerja karena alasan pribadi. Apapun alasan pribadi tersebut, menolak lamaran kerja adalah hak Anda sebagai kandidat karyawan. Jadi, perusahaan wajib menghargainya.

Baca Juga: Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Komponen, Cara Buat dan Contohnya

Cara Menolak Tawaran Kerja Melalui Email

cara menolak tawaran kerja

Ketika Anda mengajukan lamaran kerja, Anda pastinya mengajukannya dengan cara sopan. Jika Anda mengajukan lamaran kerja melalui email, Anda akan membuat kata pengantar, salam perkenalan, hingga akhirnya menyampaikan maksud dan tujuan Anda yakni untuk melamar kerja.

Hal ini juga harus Anda lakukan ketika Anda menolak tawaran pekerjaan. Sama seperti saat mengajukan lamaran, Anda juga harus menolak tawaran kerja dengan cara yang sopan.

Berikut cara menolak tawaran kerja melalui email yang baik dan benar:

1. Ubahkan Subjek Email

Ketika Anda ingin menolak tawaran kerja yang diberikan, Anda bisa membalasnya di email yang sama. Namun Anda bisa mengubak subjek email, yakni sebagai berikut:

Subjek email: Declining [Job Title] Offering Letter at [Company Name]

Dengan cara ini, Anda bisa langsung memberitahu HDR terkait keputusan Anda untuk menolak tawaran kerja yang diberikan. Oleh karenanya offering letter akan lebih cepat diproses oleh HRD.

2. Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih saat Anda menolak tawaran pekerjaan. Berikan terima kasih karena perusahaan telah memberikan kesempatan kepada Anda. Anda bisa mengucapkan terima kasih dengan contoh berikut ini:

  • Terima kasih karena telah memberikan kesempatan untuk (posisi yang ditawarkan) untuk saya;
  • Terima kasih untuk kesempatannya;
  • Terima kasih atas bantuan dan kesempatan selama proses ini;
  • Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda karena telah menawarkan saya posisi ini.

3. Sampaikan Alasan Penolakan

Selanjutnya adalah sampaikan alasan penolakan. Jika memang Anda menolak karena gaji, Anda bisa menyampaikannya.

Berikan jawaban yang jelas namun tidak perlu terlalu spesifik. Berikut beberapa contoh alasan penolakan yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Dengan sangat menyesal saya harus menolak tawaran kerja yang Anda berikan, karena tidak sesuai dengan tujuan karir saya;
  • Dengan menyesal saya harus menolak tawaran kerja ini, karena saya sudah diterima di perusahaan lain;
  • Saya tidak bisa menyanggupi penawaran kerja ini karena saya harus pindah ke luar kota;
  • Setelah berbagai pertimbangan, saya harus menolak tawaran pekerjaan ini karena gaji yang ditawarkan belum sesuai yang saya harapkan;
  • Posisi yang ditawarkan kepada saya memiliki peluang yang besar, namun dengan sangat menyesal saya harus menolaknya karena tidak sesuai dengan perkembangan karir saya;

4. Sampaikan Keinginan untuk Tetap Berhubungan Baik

Setelah menjelaskan alasan Anda menolak penawaran kerja yang diberikan, sampaikan juga keinginan untuk tetap berhubungan baik. Perlu diketahui bahwa dunia kerja itu sempit, jadi jangan sia-siakan untuk tetap menjalin hubungan baik.

Meski Anda menolak tawaran kerja ini, Anda tetap bisa membangun koneksi profesional. Berikut beberapa cara menyampaikan keinginan untuk berhubungan baik dengan pihak yang menawarkan pekerjaan:

  • Senang bisa berkenalan dengan Anda dan saya berharap bisa bertemu dengan Anda di masa depan;
  • Saya ucapkan terima kasih sekali lagi atas dukungan dan kesempatannya. Saya berharap Anda dan perusahaan bisa mendapatkan yang terbaik.

5. Pastikan Tidak Ada Salah Ketik

Sebelum Anda mengirimkan penolakan tawaran kerja ini, pastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada salah ketika pada surat penolakan tawaran kerja yang Anda kirimkan. Caranya adalah dengan membaca ulang draft email sebelum Anda mengirimkannya.

Cek ulang ejaan di email yang Anda kirim, khususnya jika berkaitan dengan nama orang atau nama perusahaan. Ini bertujuan agar Anda tetap mendapatkan kesan yang baik meski telah menolak tawaran kerja yang diberikan.

gajihub 6

Baca Juga: Surat Penolakan Lamaran Kerja: Pengertian, Komponen, dan Contohnya

Cara Menolak Lamaran Kerja melalui WhatsApp

Selain melalui email, saat ini banyak HRD dan perusahaan yang memberikan pengumuman penerimaan kerja melalui WhatsApp. Nah, ketika Anda mendapatkan tawaran kerja melalui pesan WhatsApp, Anda juga bisa menolak tawaran kerja ini melalui WhatsApp.

Berikut cara menolak tawaran kerja melalui WhatsApp yang bisa Anda lakukan:

1. Pastikan Keputusan Anda Sudah Matang

Sebelum Anda mengirimkan penolakan tawaran kerja, pastikan keputusan Anda tersebut sudah matang dan telah melalui proses berpikir panjang. Jangan sampai Anda menyesali keputusan Anda untuk menolak penawaran kerja ini.

Jika memang keputusan Anda sudah matang dan Anda sudah mempertimbangkannya berkali-kali, Anda bisa melanjutkan untuk menolak tawaran pekerjaan yang diberikan.

2. Ucapkan Permintaan Maaf dan Rasa Terima Kasih

Setelah Anda matang dengan keputusan Anda, sama seperti ketika Anda menolak tawaran kerja melalui email, Anda juga wajib mengucapkan permintaan maaf dan rasa terima kasih atas penawaran kerja yang diberikan.

Permintaan maaf ini dikirimkan karena telah mengecewakan perekrut atau perusahaan karena Anda telah diterima namun Anda memutuskan untuk menolaknya.

3. Berikan Alasan yang Tepat

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan alasan yang tepat. Berikan alasan yang relevan dan tidak apa-apa jika Anda harus jujur, misalnya karena penawaran gaji yang diberikan belum memenuhi ekspektasi Anda.

4. Tetap Jalin Hubungan yang Baik

Sama halnya ketika Anda menolak tawaran kerja dari email, Anda juga harus mengutarakan keinginan Anda untuk tetap menjalin hubungan yang baik dengan pihak yang menawaran pekerjaan.

5. Contoh Cara Menolak Tawaran Kerja melalui WhatsApp

Berikut contoh menolak tawaran kerja yang diberikan melalui WhatsApp:

Kepada Yth. HRD

di tempat

Saya mengucapkan terima kasih atas penawaran kerja yang diberikan oleh Bapak/Ibu. Saya sangat menghargai kesempatan yang telah diberikan oleh Bapak/Ibu kepada saya. Namun dengan sangat menyesal saya harus menyampaikan permohonan maaf karena harus menolak tawaran pekerjaan yang Bapak/Ibu berikan.

Besar harapan saya untuk bisa bekerja sama dengan PT X di lain kesempatan. Semoga kedepannya, PT X bisa mendapatkan kandidat yang tepat dan bisa semakin berkembang. Atas waktu dan kesempatan yang diberikan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Nama Anda

Baca Juga: 7 Indikator Motivasi Kerja dan Cara Meningkatkannya

Cara Menolak Tawaran Kerja melalui Telepon

Ada beberapa situasi yang membuat perusahaan atau HRD menyampaikan penerimaan kerja Anda melalui telepon. Ini membuat Anda juga harus menyampaikan penolakan tawaran kerja melalui telepon.

Jika Anda harus menyampaikan penolakan tawaran kerja melalui telepon, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Pikirkan dengan Baik dan Tenang

Ketika Anda mendapatkan pemberitahuan penerimaan kerja melalui telepon, pastikan Anda jangan langsung menolaknya saat itu juga. Alih-alih menolak, Anda bisa meminta waktu terlebih dahulu kepada HRD yang menelpon Anda.

Jika memang keputusan Anda untuk menolak tawaran pekerjaan sudah bulat, Anda bisa mengatakannya melalui email, WhatsApp, atau jika HRD bersedia bisa melalui telepon. Jadi, pastinya tanyakan terlebih dahulu ketersediaan HRD untuk menerima telepon dari Anda.

2. Susun Kalimat Sebelum Menelpon

Sebelum Anda mengutarakan maksud Anda untuk menolak tawaran kerja, sebaiknya Anda susun kalimat sebaik mungkin sebelum Anda menelpon. Jika perlu Anda buat catatan khusus agar penolakan Anda terdengar sopan dan bisa diterima oleh pihak HRD.

3. Ucapkan Terima Kasih dan Permintaan Maaf

Sama seperti menolak tawaran kerja melalui email dan WhatsApp, saat Anda menolak tawaran kerja melalui telepon, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dan permintaan maaf Anda karena menolak tawaran kerja yang diberikan.

4. Ucapkan Penolakan Tawaran Kerja secara Jelas dan Yakin

Pastikan Anda mengucapkan penolakan tawaran kerja secara jelas dan yakin. Jangan terbata-bata saat Anda menyampaikannya. Dengan begitu Anda bisa menunjukan bahwa Anda bersungguh-sungguh dengan keputusan Anda.

gajihub 3

Baca Juga: Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja Terbaik

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menolak tawaran kerja yang bisa Anda lakukan ketika tidak merasa cocok dengan tawaran kerja yang diberikan. Menolak tawaran kerja adalah hal yang sering dilakukan kandidat, terlebih jika berurusan dengan gaji.

Nominal gaji sering jadi alasan tawaran kerja ditolak oleh kandidat karyawan. Untuk mengantisipasi penolakan ini, penting bagi perusahaan untuk mengetahui kelayakan gaji untuk karyawan, biasanya melalui ketentuan UMP atau UMK yang ditetapkan oleh pemerintah.

Jangan lupa juga untuk mengelola karyawan di perusahaan Anda dengan baik. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS untuk memudahkan pengelolaan karyawan Anda.

GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda, salah satunya adalah fitur payroll dimana di fitur ini Anda bisa mengelola proses payroll dengan mudah dan dilengkapi dengan tampilan yang menarik.

Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

1 thought on “Cara Menolak Tawaran Kerja melalui Email, WhatsApp dan Telepon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *