Jam Kerja Fleksibel: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

jam kerja fleksibel 1

Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan produktivitas dan keterlibatan tim Anda, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menawarkan jam atau jadwal kerja yang fleksibel.

Jam kerja yang fleksibel sangat menarik bagi karyawan dan karena kemajuan teknologi, karyawan dapat dengan mudah berkomunikasi dan bekerja sama, di mana pun lokasi mereka.

Mempelajari banyak manfaat dari jam kerja fleksibel dapat membantu Anda menentukan apakah Anda ingin menjelajahi opsi ini dengan tim Anda sendiri.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu jam kerja fleksibel, jenis jam fleksibel yang mungkin ingin Anda pertimbangkan, dan manfaat menyediakan jam fleksibel untuk tim Anda.

Apa itu Jam Kerja Fleksibel?

Jam kerja fleksibel juga dikenal sebagai flextime atau jadwal kerja yang fleksibel, jam fleksibel berarti Anda memiliki waktu mulai dan waktu akhir yang berbeda untuk hari kerja yang normatif dari jam 9 pagi hingga 5 sore standar.

Pada dasarnya, memiliki jam kerja yang fleksibel berarti karyawan dapat memulai pekerjaan mereka lebih awal atau lebih lambat dari waktu yang ditentukan sebelumnya.

Jam fleksibel cenderung bervariasi tergantung pada persyaratan pekerjaan, bagaimana bisnis beroperasi dalam industri tertentu dan preferensi atau kebutuhan khusus karyawan.

Misalnya, seorang karyawan dapat mengatur hari kerja mereka dari jam 8 pagi – 4 sore, 11 pagi – 7 malam, 10 pagi – 6 sore. atau waktu lain yang cocok untuk mereka. Ingatlah bahwa jam kerja Anda adalah kesepakatan antara Anda dan perusahaan Anda.

Baca juga: Remote Working: Pengertian dan Tips Perusahaan Mudah Memantaunya

Jenis Jam Kerja Fleksibel

Ada enam jenis pengaturan jam kerja yang fleksibel, termasuk:

  • Flextime: Di sinilah karyawan memiliki fleksibilitas dengan waktu yang mereka pilih untuk memulai dan menyelesaikan hari kerja mereka. Banyak perusahaan memiliki periode waktu di siang hari ketika karyawan biasanya diharapkan untuk bekerja dan tersedia.
  • Flexspace: Di sinilah karyawan bekerja dari lokasi yang jauh baik sepanjang waktu atau selama beberapa hari atau jam per minggu.
  • Compressed workweek: Dengan jenis jadwal ini, karyawan bekerja selama 40 jam, tetapi dalam waktu kurang dari lima hari. Misalnya, mereka mungkin bekerja empat hari 10 jam.
  • Job sharing: Di sinilah dua orang atau lebih membagi satu posisi, membagi jumlah jam mereka bekerja di antara mereka.
  • Work sharing: Perusahaan terkadang menggunakan jenis pengaturan kerja fleksibel ini untuk menghindari PHK. Pembagian kerja melibatkan pengurangan sementara jam dan gaji untuk beberapa karyawan mereka sambil tetap mempertahankan staf penuh.
  • Phased retirement: Di sinilah perusahaan dan karyawan setuju bahwa jadwal karyawan akan dikurangi secara bertahap untuk menghapusnya secara bertahap selama periode tahun atau bulan.

Apa itu Core Hours?

Core hours atau jam inti ditetapkan periode waktu di mana karyawan diharapkan tersedia dan di kantor. Sisa waktu di luar jam inti tersebut bersifat fleksibel, di mana karyawan dapat diizinkan untuk bekerja pada jam berapa pun yang mereka inginkan dan dari mana pun mereka inginkan.

Jika Anda ingin menetapkan jam inti dalam bisnis Anda, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi jam kerja yang paling baik. Biasanya bagian tengah hari, baik dari pukul 10.00 hingga 14.00. atau dari jam 11 pagi sampai jam 3 sore, adalah yang terbaik.

Ini memberi karyawan kemampuan untuk bekerja pada waktu yang paling cocok untuk mereka dan memaksimalkan waktu dengan lebih baik ketika mereka secara alami paling produktif.

gajihub 1

Baca juga: Human Capital Management: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Tips Mengelolanya

Kelebihan Jam Kerja yang Fleksibel

Ada sejumlah alasan mengapa menguntungkan bagi perusahaan untuk menyediakan jam kerja yang fleksibel:

1. Mendapatkan karyawan berbakat

Banyak pencari kerja saat ini tertarik pada perusahaan yang menawarkan jadwal kerja yang fleksibel, karena dapat membantu mereka mengelola tanggung jawab di luar tempat kerja dengan lebih baik.

Menawarkan jadwal kerja yang fleksibel dapat membantu Anda merekrut talenta tingkat atas.

2. Meningkatkan retensi

Karena jadwal kerja yang fleksibel adalah salah satu manfaat paling menarik yang ditawarkan perusahaan kepada tim mereka, perusahaan yang menawarkan jam kerja fleksibel umumnya memiliki tingkat retensi yang tinggi.

Studi menunjukkan bahwa banyak karyawan menghargai jam fleksibel daripada waktu liburan tambahan dan beberapa bahkan bersedia menerima gaji yang lebih kecil untuk memiliki fleksibilitas dalam jadwal mereka.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa karyawan lebih setia kepada majikan mereka ketika mereka ditawari jadwal kerja yang fleksibel.

Dengan meningkatkan retensi karyawan Anda, organisasi Anda dapat menurunkan biaya untuk merekrut, mempekerjakan, dan melatih anggota tim baru. Pada akhirnya, jadwal kerja yang fleksibel dapat menghemat banyak uang organisasi Anda dari waktu ke waktu.

3. Meningkatkan produktivitas

Terlepas dari kenyataan bahwa banyak karyawan bekerja secara mandiri ketika mereka memiliki jadwal yang fleksibel, tanpa seorang manajer di sekitar untuk memantau kemajuan mereka, jadwal yang fleksibel sebenarnya telah terbukti meningkatkan produktivitas karyawan.

Ketika karyawan berada jauh, manajer mereka cenderung mengevaluasi kinerja mereka berdasarkan apa yang mereka capai. Budaya berorientasi hasil yang berkembang dalam lingkungan kerja yang fleksibel dapat membantu bisnis berkembang karena menekankan dampak.

Baca juga: Job Specification: Pengertian, Elemen, dan Bedanya dengan Job Description

4. Meningkatkan keterlibatan karyawan

Karyawan yang terlibat memahami peran mereka dalam organisasi dan bagaimana mereka berkontribusi pada keberhasilan bisnis.

Salah satu cara karyawan menciptakan tenaga kerja yang terlibat adalah dengan menawarkan jadwal kerja yang fleksibel dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memercayai mereka untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, terlepas dari bagaimana, di mana, dan kapan itu terjadi.

Karyawan yang terlibat dengan pekerjaan mereka cenderung kehilangan lebih sedikit hari kerja, karena mereka dapat bekerja dari rumah pada hari-hari ketika mereka mungkin dinyatakan sakit.

Karyawan yang terlibat juga cenderung lebih loyal kepada perusahaan karena mereka dapat lebih efektif menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan rumah.

5. Meningkatkan kesejahteraan karyawan

Menawarkan jam kerja yang fleksibel dapat membantu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental tenaga kerja perusahaan. Ketika orang-orang diizinkan untuk bekerja dari rumah dengan jadwal yang paling sesuai untuk mereka, mereka lebih mungkin untuk beristirahat dengan lebih baik.

Dengan mengurangi kemungkinan kelelahan, karyawan dapat mengelola tingkat stres mereka dengan lebih baik dan mengurangi kemungkinan kelelahan.

6. Meminimalkan kebutuhan masukan dari manajemen

Ketika karyawan bekerja dari jarak jauh dengan jadwal yang fleksibel, mereka umumnya bekerja secara mandiri. Ini membantu meminimalkan kebutuhan akan masukan dari manajemen.

Dalam kebanyakan kasus, karyawan hanya fokus pada pekerjaan mereka dan manajer mendengar dari mereka ketika masukan diperlukan. Ini membantu untuk membebaskan lebih banyak waktu bagi para profesional manajemen, yang dapat menghabiskan waktu tambahan itu dengan fokus pada tugas-tugas berdampak tinggi.

Selain itu, ketika karyawan menunjukkan bahwa mereka bisa sangat produktif dengan jadwal non-tradisional, peluang kerja tambahan yang fleksibel mungkin tersedia.

Baca juga: Pasar Tenaga Kerja: Pengertian, Komponen, Jenis dan Tips Analisanya

Apa Kerugian dari Jam Kerja Fleksibel?

Meskipun memiliki jadwal kerja yang fleksibel memberikan banyak manfaat bagi karyawan, namun juga memiliki beberapa kelemahan.

Memahami keduanya dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat mengenai apakah gaya kerja ini paling cocok untuk Anda. Pertimbangkan kerugian jam fleksibel berikut ini:

1. Kesulitan mengatur pertemuan

Jika banyak karyawan memiliki jadwal kerja yang fleksibel, kemungkinan mereka memiliki jadwal kerja yang berbeda sama sekali. Saat Anda perlu mengatur waktu rapat, mungkin sulit untuk menentukan ketersediaan semua orang.

Misalnya, jika Anda ingin mengadakan rapat pada jam 9 pagi, tetapi karyawan lain tidak memulai hari kerja mereka sampai jam 11 pagi, Anda harus membuat pengaturan yang sesuai. Jika Anda memiliki karyawan di belahan dunia lain, akan lebih sulit lagi untuk menjadwalkan rapat perusahaan dengan zona waktu yang berbeda.

2. Kurangnya batasan

Meskipun jadwal kerja yang fleksibel memberi Anda keseimbangan kehidupan kerja yang lebih besar, Anda mungkin menemukan diri Anda dalam situasi di mana hidup Anda mungkin bercampur dengan masalah pekerjaan lebih dari yang Anda harapkan.

Misalnya, anak-anak Anda mungkin mengganggu online meeting Anda atau seorang teman mungkin meminta Anda melakukan meeting saa jadwal makan siang Anda.

Meskipun Anda mungkin dapat meluangkan waktu untuk kedua kesempatan tersebut, jika Anda menunda pekerjaan terlalu lama, hal itu dapat menurunkan produktivitas dan hasil kerja Anda secara keseluruhan.

3. Lebih sedikit struktur

Anda mungkin menemukan bahwa bekerja dari rumah dengan jadwal kerja yang fleksibel membutuhkan lebih banyak disiplin daripada yang dibutuhkan di kantor.

Misalnya, tanpa ruang kerja yang ditentukan atau dengan tugas menumpuk di sekitar rumah Anda, Anda mungkin menghadapi lebih banyak gangguan yang dapat menyita waktu Anda dari pekerjaan.

Ingatlah bahwa meskipun Anda dapat membuat kantor di rumah dan menetapkan batasan untuk mengatasi hal ini, penting untuk menemukan gaya kerja yang paling kondusif untuk produktivitas Anda.

Baca juga: Mengetahui Aturan Cuti Menikah yang Berlaku di Indonesia

4. Kesulitan berhubungan dengan karyawan lain

Ketika karyawan memiliki jadwal kerja yang berbeda, membuat mereka lebih sulit untuk terhubung dan berkolaborasi dengan rekan kerja mereka.

Kecuali jika mereka memiliki jadwal kerja yang sama, hal itu dapat berdampak negatif pada kemampuan kerja tim mereka dan membuat mereka lebih sulit untuk merasa bersatu sebagai sebuah perusahaan.

jam kerja fleksibel 2

Bagaimana Anda Bisa Meminta Jam Kerja yang Fleksibel di Tempat Kerja?

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan jadwal kerja yang fleksibel, penting untuk berbicara dengan manajer Anda sebelumnya dan menemukan pendekatan yang efektif.

Mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk diambil ketika meminta atasan Anda untuk jenis jadwal kerja ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan persetujuan mereka.

Gunakan langkah-langkah berikut untuk meminta jam kerja yang fleksibel:

1. Tentukan motivasi Anda

Sebelum Anda meminta atasan atau manajer Anda untuk jadwal kerja yang fleksibel, pastikan Anda tahu mengapa Anda ingin mengubah jam kerja Anda sejak awal.

Misalnya, Anda dapat memutuskan ingin menghindari perjalanan pulang pergi atau Anda mungkin ingin bekerja dari rumah beberapa hari setiap minggu untuk membantu anggota keluarga.

2. Lakukan riset

Perusahaan Anda mungkin sudah memiliki kebijakan kerja yang fleksibel. Untuk memverifikasi ini, hubungi departemen sumber daya manusia Anda. Jika ada kebijakan kerja fleksibel yang ada, cari tahu apa yang diperlukan dan tentukan pro dan kontra yang disajikan.

Baca juga:Download Surat Kontrak Kerja Beserta Tips dan Cara Membuatnya

3. Buat rencana

Pertimbangkan apa yang mungkin ditanyakan atasan Anda tentang keinginan Anda untuk jam kerja yang fleksibel. Pastikan Anda mampu menjelaskan keuntungan dari jadwal kerja fleksibel yang ada baik untuk Anda maupun perusahaan secara luas.

Pertimbangkan situasi dari sudut pandang mereka dan berikan mereka jawaban efektif yang menunjukkan kepada mereka manfaat yang dapat diberikan oleh jenis jadwal kerja ini.

Penting juga untuk mempertimbangkan jawaban Anda atas pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki dan memformatnya dengan cara yang menyajikan jadwal kerja ini secara positif. Juga, tentukan alasan Anda meminta jenis jadwal ini dan cara terbaik untuk Anda.

Misalnya, Anda dapat memberi tahu atasan Anda tentang kantor pusat Anda dan bagaimana Anda memiliki lebih sedikit gangguan ketika Anda bekerja dari rumah atau ketika Anda dapat mengatur jam kerja Anda sendiri.

Anda juga dapat memberi tahu mereka bagaimana Anda berencana untuk terus berkolaborasi atau berkomunikasi dengan karyawan meskipun Anda menyimpang dari jadwal kerja biasa.

4. Atur pertemuan atau janji temu dengan manajer Anda

Buat janji atau atur pertemuan dengan atasan Anda untuk mendiskusikan harapan Anda akan jam kerja yang fleksibel. Lakukan ini sebelumnya dan beri tahu mereka apa yang ingin Anda diskusikan.

5. Minta masa percobaan

Jika perusahaan Anda tidak memiliki kebijakan jadwal kerja yang fleksibel, pertimbangkan untuk meminta mereka melakukan uji coba sebelum membuat jenis jadwal ini resmi.

Misalnya, Anda dapat menyarankan masa percobaan 90 hari. Di akhir uji coba ini, Anda dan manajer Anda dapat menilai kembali seberapa baik pengaturan tersebut bekerja dan menentukan apakah perlu dilanjutkan secara permanen.

6. Pastikan Anda menyelesaikan pekerjaan Anda

Setelah manajer Anda menyetujui jadwal kerja fleksibel Anda, terus lakukan pekerjaan Anda sebaik mungkin. Pastikan untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan produktivitas Anda dengan jadwal baru Anda.

Selesaikan semua tugas Anda tepat waktu, penuhi tenggat waktu, dan capai tujuan Anda sama seperti jika Anda memiliki jadwal kerja yang teratur.

7. Tindak lanjuti dengan manajer Anda

Saat Anda beradaptasi dengan jadwal yang fleksibel, lakukan perbaikan. Beri tahu manajer Anda tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak. Tunjukkan transparansi dan kesediaan Anda untuk membuat ini berhasil atau buat penyesuaian pada jadwal Anda sesuai kebutuhan.

Jika manajer Anda tidak menyetujui jadwal kerja fleksibel Anda, ucapkan terima kasih atas waktu yang mereka habiskan untuk membicarakannya dengan Anda. Jika Anda merasa nyaman, pertimbangkan cara terbaik untuk mengatasi kekhawatiran mereka dan menindaklanjutinya lagi.

Baca juga: Onboarding Adalah: Berikut Pengertian, Manfaat, Tahapan, dan Metriknya

Kesimpulan

Menghadirkan jam kerja fleksibel saat ini sudah digunakan banyak perusahaan, termasuk kepada karyawan kami di Gajihub. Jam kerja fleksibel memberikan banyak kemudahan bagi karyawan dan bisnis jika dilakukan dengan tepat dan peraturan yang jelas.

Masalah yang sering terjadi jika bisnis menerapkan jam kerja yang fleksibel adalah masalah pencatatan waktu kehadiran karyawan dan komunikasi, terlebih jika perusahaan Anda memiliki proses pengelolaan HR dan sistem absensi yang manual.

Sebagai solusi, Anda bisa mencoba menggunakan sistem HR yang lebih modern dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll yang terintegrasi secara optimal dengan seluruh proses HR Anda seperti manajemen aset, penghitungan pajak penghasilan, manajemen cuti dan absensi dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Gajihub, karyawan Anda juga bisa mencatatkan kehadiran dengan mudah melalui smartphone tanpa harus datang ke kantor. Hal ini akan memudahkan mereka dan bisnis secara keseluruhan.

Tertarik menerapkan jam kerja fleksibel dalam bisnis dengan lebih baik? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

 

4 thoughts on “Jam Kerja Fleksibel: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *