20 Rekomendasi Software HR Terbaik untuk Semua Jenis Usaha

software HR terbaik banner

Setiap perusahaan, baik yang bergerak di bidang manufaktur, kontraktor, hingga usaha jasa penting untuk mempertimbangkan penggunaan software HR terbaik, agar dapat memudahkan tim HR dalam pengelolaan SDM.

Namun, bagaimana cara memilih software HR agar fungsinya dapat dimanfaatkan secara maksimal? Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas hal tersebut beserta 20 rekomendasi HR software terbaik.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Software HR?

Banyaknya software HR di pasaran mungkin membuat Anda kesulitan dalam memilih yang terbaik untuk bisnis Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengidentifikasi fitur-fitur apa saja yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih software HR terbaik:

1. Basis Data Terpusat

Setiap perusahaan, penting untuk menyimpan informasi karyawan dalam satu tempat yang mudah diakses. Oleh karena itu, fitur basis data terpusat menjadi salah satu yang perlu Anda pertimbangkan.

Basis data ini membantu Anda menjaga semua dokumen karyawan di satu tempat digital, sehingga Anda dapat mencarinya dengan mudah dan melakukan audit dengan cepat. Dengan demikian,  tim HR lainnya dapat menghemat waktu.

2. Employee Self-Service

Apabila Anda sering kali disibukkan dengan permintaan karyawan, maka carilah software HR yang memiliki employee self-service. 

Sebab, fitur ini memungkinkan karyawan untuk melakukan presensi secara mandiri dan menangani tugas-tugas HR seperti mencatat jam masuk dan pulang, hingga mengelola cuti dan izin.

3. Manajemen Gaji dan Kompensasi

Fitur payroll tidak hanya membantu tim Anda dalam proses penggajian setiap bulan, tetapi juga memungkinkan Anda melihat riwayat gaji karyawan, menerapkan kenaikan gaji, menangani pajak, dan tugas-tugas terkait payroll lainnya.

Dengan demikian, Anda dapat mengotomatisasi penggajian dan mengurangi berbagai pekerjaan administrasi karyawan.

4. Pelacakan Waktu

Jika Anda menerapkan sistem pembayaran karyawan berdasarkan jam kerja, maka Anda perlu memilih software HR yang memiliki fitur pelacakan waktu.

Fitur ini, memungkinkan Anda untuk mencatat waktu masuk dan keluar karyawan, sehingga Anda dapat memantau produktivitas karyawan dan memastikan jam kerja karyawan sudah sesuai aturan yang berlaku.

Selanjutnya, data tersebut dapat secara otomatis dialirkan ke sistem penggajian, sehingga tim Anda tidak perlu lagi menghitung gaji secara manual.

5. Penjadwalan Karyawan

Selain pelacakan waktu, beberapa bisnis yang menerapkan sistem shift dalam bekerja membutuhkan software HR yang bisa mengelola jadwal karyawan.

Dengan fitur ini, manajer dapat dengan cepat mengatur jadwal dengan drag and drop, serta mengelompokkan karyawan berdasarkan lokasi atau peran mereka masing-masing.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software HR yang Cocok untuk Usaha Dagang

software HR terbaik

6. Laporan dan Analisis

Seperti yang Anda ketahui, salah satu tanggung jawab penting tim HR adalah membuat laporan dan menganalisis perkembangan organisasi.

Agar tugas ini berjalan lancar, diperlukan software HR yang memiliki fitur untuk menghasilkan laporan dan menganalisis aktivitas karyawan.

Melalui fitur ini, Anda dapat mengakses laporan waktu secara real-time yang dapat membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk perusahaan.

Sebagai contoh, fitur analisa data yang dimiliki Gajihub, memungkinkkan Anda untuk bisa melihat laporan keterlambatan, lembur, izin dan cuti, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa memantau tingkat disiplin karyawan secara mudah.

7. Tampilan yang Ramah Pengguna

Selanjutnya, perhatikan apakah software HR yang Anda pilih memiliki tampilan yang ramah pengguna? Apakah karyawan bisa menggunakan software ini tanpa membutuhkan banyak bantuan tim HR atau IT, dan sebagainya.

8. Layanan Pelanggan dan Hubungan dengan Vendor

Dalam memilih software HR terbaik, penting untuk mempertimbangkan pengalaman selama proses penjualan, karena hal ini bisa mencerminkan bagaimana Anda akan diperlakukan sebagai pelanggan.

9. Kepatuhan dan Keamanan

Pastikan software ini memenuhi standar keamanan dan peraturan yang diperlukan. Apabila dibutuhkan, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan tim hukum dan juga IT.

10. Integrasi Software

Selanjutnya, Anda harus memahami bagaimana software HR akan berintegrasi dengan tools-tools yang sudah ada di dalam perusahaan Anda dan cara menghubungkannya dengan sistem yang sudah ada.

Anda juga perlu mempertimbangkan software HR yang mungkin juga menawarkan integrasi secara langsung dengan kebutuhan terkait akuntansi perusahaan, salah satunya seperti Gajihub yang terintegrasi dengan software akuntansi Kledo.

11. Model Harga

Pertimbangkan model harga dan bagaimana biaya penggunaan software ini akan mempengaruhi anggaran perusahaan Anda.

12. Ulasan Pelanggan

Selain itu, penting juga untuk melakukan riset terhadap peringkat atau nilai terhadap pengalaman penggunaan software HR.

Pertimbangkan apakah perangkat ini mudah digunakan tanpa memerlukan banyak panduan atau dukungan, atau apakah tim HR akan menghabiskan banyak waktu untuk menjawab pertanyaan hingga memberikan pelatihan.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Software HR Usaha Jasa dengan Fitur Terbaik

Apa Saja Rekomendasi Software HR Terbaik?

Setelah mengetahui fitur-fitur apa saja yang perlu Anda perhatikan saat memilih software HR, berikut 20 software HR terbaik yang bisa menjadi pertimbangan Anda:

1. Gajihub

Rekomendasi pertama yang wajib Anda pertimbangkan adalah Gajihub. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sebagai salah satu software HR terbaik, software ini dilengkapi dengan fitur analisa data yang membuat Anda dapat memantau produktivitas karyawan.

Gajihub juga memiliki fitur employee self-service yang memungkinkan karyawan untuk melakukan presensi, pengajuan cuti dan izin secara mandiri melalui smartphone masing-masing.

Meskipun demikian, Anda tetap bisa menjaga kedisiplinan karyawan melalui sistem software abuse detection yang dimiliki Gajihub, di mana sistem akan menolak presensi jika diketahui menggunakan fake GPS, fake IP, dan juga presensi berdasarkan face recognition. 

Nah, selain dilengkapi dengan berbagai fitur pengelolaan administrasi karyawan, sebagai software HR sekaligus payrollGajihub juga dapat membantu Anda menghitung seluruh komponen gaji karyawan.

Di samping itu, untuk meningkatkan proses transparansi dalam penggajian, Gajihub juga menyediakan slip gaji untuk karyawan yang bisa diunduh dalam format PDF.

Gajihub juga menggunakan sistem cloud, sehingga Anda untuk melihat data-data karyawan secara real-time. 

Fitur

  • Payroll
  • Absensi
  • Kelola PPh 21
  • BPJS
  • Akuntansi
  • Employee Self Service
  • Kelola Cuti dan Izin
  • Analisa Data
  • Reimbursement
  • Kasbon

Tertarik dengan fitur-fitur di atas? Klik gambar berikut dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

gajihub 2

2. monday.co

monday.co merupakan software HR pengelolaan karyawan yang menyediakan berbagai template untuk mengumpulkan data untuk para profesional HR. Software ini memiliki tampilan yang sangat memudahkan penggunanya, sistem yang sederhana, serta fitur-fiturnya yang menarik.

Fitur

  • Onboarding karyawan
  • Feedback 360 derajat dengan fitur-fitur
  • Manajemen kinerja, manajemen penggajian, dan manajemen tenaga kerja
  • Employee self service
  • Pelacakan pelamar
  • Visualisasi data dengan banyak pilihan grafik,
  • Manajemen tunjangan, cuti, kompensasi, dan manajemen rekrutmen,
  • Integrasi dengan beberapa software payroll

3. Remofirst

Remofirst merupakan salah satu software HR terbaik yang menggunakan basis cloud, sehingga sebagai tim HR, Anda bisa mengelola berbagai tugas SDM dengan mudah. Selain itu, software ini juga memiliki fitur-fitur tertentu yang membantu dalam proses rekrutmen.

Fitur

  • Hitung otomatis biaya penggajian kandidat
  • Input data karyawan baru
  • Kepatuhan terhadap aturan
  • Pengelolaan tugas-tugas administrasi SDM

4. Multiplier

Dengan tampilan yang sederhana, software ini memudahkan dalam pengelolaan data-data karyawan.

Selain itu, Multiplier juga dirancang untuk memfasilitasi seluruh proses rekrutmen, seperti membantu menghasilkan kontrak sesuai hukum setiap negara.

Software ini, juga menawarkan layanan penggajian dalam berbagai mata uang dan mendukung tim jarak jauh.

Fitur

  • Fitur penggajian, SDM, dan kepatuhan global
  • Waktu dan kehadiran global
  • Employee self-service
  • Dukungan dan sumber daya internasional tingkat lanjut
  • Pajak dan kepatuhan otomatis
  • Pengelolaan benefit

5. Deel

Deel merrupakan software HR dan payroll yang cocok untuk bisnis berbagai ukuran. Software ini memungkinkan tim HR untuk melacak berbagai tugas SDM, termasuk pencatatan data karyawan, membuat gratik organisasi, mengelola profil karyawan, pembaruan, izin dan masih banyak lagi.

Fitur

  • Pengelolaan data karyawan
  • Pencatatan pemasukan dan pengeluaran
  • Alur kerja
  • Pengelolaan izin dan cuti
  • Integrasi dengan software lain
  • Onboarding dan offboarding 

Baca Juga: 13 Rekomendasi Software HR untuk Perusahaan Kontraktor

6. Paychex

Rekomendasi software HR terbaik selanjutnya adalah Paychex, yang dapat disesuaikan dan sangat berguna untuk tim yang bekerja dari jarak jauh. Software ini, dilengkapi dengan aplikasi seluler yang bisa diunduh melalui smartphone sehingga memudahkan seluruh penggunanya.

Fitur

  • Manajemen tugas SDM harian
  • Dukungan onboarding klien untuk meningkatkan pengalaman pengguna
  • Aplikasi seluler
  • Pencatatan waktu, kehadiran, dan penjadwalan sumber daya yang terhubung dengan direktori karyawan,
  • Wawasan real-time

7. Rippling

Rippling dapat membantu perusahaan mengelola berbagai administrasi SDM, seperti gani, benefit, pengeluaran, dan sebagainya. Software ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang sangat kuat, dan memungkinkan Anda untuk memantau produktivitas karyawan secara real-time. 

Fitur

  • Manajemen penggajian global
  • Manajemen benefit karyawan dan asuransi kesehatan
  • Layanan pelanggan
  • Manajemen tenaga kerja global
  • Integrasi aplikasi pihak ketiga
  • Survei dan insight karyawan

8. BambooHR

BambooHR adalah software HR berbasis cloud yang dilengkapi dengan berbagai fitur terkait payroll, sistem pelacakan pelamar atau applicant tracking system (ATS), tanda tangan elektronik, dan pelacakan waktu kerja karyawan.

Fitur

  • Pelaporan dan analitik
  • Aplikasi perekrutan
  • Onboarding dan offboarding karyawan
  • Pengaturan cuti berbayar
  • Pengelolaan program kesejahteraan karyawan

9. ADP Workforce Now

Selanjutnya, ada ADP Workforce Now yang menawarkan berbagai solusi, termasuk penggajian, benefit, manajemen talenta, manajemen waktu, kepatuhan, dan sebagainya.

Selain itu, ADP Workforce Now juga memiliki beberapa fitur wajib yang memberikan wawasan lebih dalam mengenai perekrutan, keterlibatan, hingga analitik dan pelaporan yang canggih.

Fitur

Fitur utama ADP Workforce Now mencakup:

  • Manajemen tugas SDM harian dan saran dari penasihat SDM
  • Dukungan onboarding klien
  • Aplikasi seluler untuk layanan SDM dan penggajian
  • Pelacakan waktu, kehadiran, dan penjadwalan yang terhubung dengan direktori karyawan,
  • Wawasan real-time

10. OnPay

OnPay menyediakan berbagai solusi SDM mulai dari self-onboarding, pesan dalam aplikasi, penyimpanan dokumen, dan pemeriksaan kepatuhan SDM.

Di samping itu, software HR ini juga membantu Anda mengelola seluruh tugas SDM sehari-hari, seperti memperbarui kebijakan, melakukan analisis benefit, memproses penggajian, hingga merekrut calon karyawan.

Fitur

  • Templat dokumen SDM
  • Manajemen kinerja
  • Pelacakan pelamar
  • Feedback karyawan
  • Pelacakan waktu
  • Employee handbook

Baca Juga: 10 Software HR Retail Terbaik dan Cara Tepat Memilihnya

software HR terbaik

11. Gusto

Gusto merupakan software HR online yang membantu alur kerja manajemen SDM bisnis kecil berjalan dengan lancar.

Software ini berfokus pada fungsi-fungsi SDM inti yang berkaitan dengan kepuasan karyawan, mulai dari kompensasi, onboarding karyawan, employee self-service, manajemen cuti, dan masih banyak lagi.

Fitur

  • Manajemen kompensasi
  • Onboarding karyawan
  • Portal layanan mandiri
  • Manajemen cuti
  • Pengelolaan benefit

12. Freshteam by Freshworks

Freshteam merupakan software all-in-one untuk SDM, yang mencakup fitur-fitur seperti sistem pelacakan pelamar, onboarding dan offboarding, sistem informasi karyawan, cuti, aplikasi seluler, dan laporan SDM terperinci.

Fitur

  • Sistem pelacakan pelamar
  • Onboarding dan offboarding
  • Sistem informasi karyawan
  • Cuti
  • Aplikasi seluler
  • Laporan SDM terperinci

13. Retable

Rekomendasi software HR terbaik selanjutnya adalah Retable yang dapat membantu tim HR dan departeen lain mengelola proses secara efisien.

Hal ini mencakup fitur pelacakan tugas dan manajemen proyek, manajemen siklus perekrutan, template lembar kerja SDM yang dapat disesuikan, dan masih banyak lagi.

Dengan tampilannya yang sederhana dan memudahkan pengguna, software ini dapat mengurangi berbagai tugas yang berkaitan dengan administrasi SDM.

Fitur

  • Pelacakan tugas dan manajemen proyek
  • Manajemen siklus perekrutan
  • Otorisasi pengguna
  • Obrolan dalam aplikasi dan notifikasi
  • Manajemen data dan proyek real-time

14. QuickBooks Time

QuickBooks Time adalah software SDM yang dirancang untuk penjadwalan karyawan dan pelacakan waktu, serta dilengkapi dengan employee self service dan manajemen penggajian.

Dengan software ini, karyawan dapat mencatat jam kerja mereka sendiri melalui smartphone, tablet dan sebagainya karena QuickBooks menyediakan aplikasi seluler.

Fitur

  • Pelacakan waktu karyawan
  • Employee self-service
  • Manajemen penggajian

15. Namely

Namely dapat membantu perusahaan untuk memastikan semuanya berjalan dnegan baik dalam hal manajemen SDM, seperti pengelolaan karyawan, pelacakan waktu kerja, dan hal-hal terkait SDM lainnya.

Software ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang bisa membantu dalam penerimaan karyawan, manajemen bakat, pelacakan waktu dan kehadiran, analitik, dan sebagainya.

Fitur

  • Daftar tugas
  • Pelacakan waktu off
  • Pelacakan kinerja dan tujuan
  • Alur kerja kustom
  • Layanan mandiri karyawan dan manajer
  • Database kepatuhan
  • Tanda tangan elektronik

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software HR Manufaktur dan Cara Memilihnya

16. Workday

Selain dapat dimanfaatkan untuk urusan pengelolaan SDM, software Workday juga dapat mengelola keuangan dan seluruh perencanaan dalam satu tempat.

Workday membantu Anda untuk mengatur berbagai hal, mulai dari manajemen pengeluaran, manajemen talenta, perencanaan perusahaan, manajemen tenaag kerja, hingga penggajian.

Fitur

  • Perencanaan perusahaan
  • Manajemen tenaga kerja
  • Penggajian
  • Alat pelacakan waktu
  • Alat layanan mandiri
  • Direktori karyawan
  • Analitik tingkat lanjut

17. Breezy HR

Breezy HR cocok untuk bisnis menengah karena dilengkapi fitur-fitur canggih yang membantu dalam memposting pekerjaan dengan mudah di berbagai situs pekerjaan, membuat alur kerja rekrutmen yang dapat disesuaikan, hingga memantau laporan kinerja dan produktivitas tim.

Fitur

  • Posting pekerjaan otomatis
  • Alur kerja rekrutmen yang disesuaikan
  • Laporan kinerja rekrutmen
  • Laporan produktivitas tim

18. Paylocity

Paylocity memiliki berbagai fitur menarik seperti manajemen kehadiran, benefit karyawan, pengisian pajak, manajemen kinerja, database karyawan, dan manajemen dokumen.

Dengan software ini, Anda dapat menjalankan proses SDM secara lebih efisien dan efektif, serta memastikan semua tugas terkait SDM berjalan lancar.

Fitur

  • Manajemen kehadiran
  • Manfaat karyawan
  • Pengisian pajak
  • Manajemen kinerja
  • Database karyawan
  • Manajemen dokumen

19. PeopleHR

PeopleHR merupakan salah satu software HR terbaik yang memiliki berbagai fitur pengelolaan SDM, seperti otomatisasi tugas-tugas administrasi, pelacakan pelamar pekerjaan, analitik dan laporan, hingga dukungan dari tim ahli.

Menariknya lagi, software ini juga merekomendasikan langkah-langkah terbaik untuk mengambil keputusan, berdasarkan bagaimana perusahaan lain bertindak dalam situasi yang serupa.

Fitur

  • Otomatisasi tugas SDM
  • Pelacakan pelamar dan pemasangan lowongan pekerjaan
  • Analitik
  • Rekomendasi berdasarkan tindakan perusahaan lain
  • Dukungan dan panduan dari tim ahli
  • Harga yang transparan berdasarkan jumlah karyawan per bulan

20. Sage People

Rekomendasi terakhir adalah Sage People yang memungkinkan Anda untuk melihat permintaan cuti, absensi, dan kehadiran karyawan dengan mudah.

Software ini juga membantu dalam penghitungan lembbur karyawan dan menghubungkannya dengan gaji secara otomatis.

Fitur

  • Penghitungan otomatis lembur dan gaji.
  • Komunikasi dengan karyawan untuk pengumuman penting.
  • Kemampuan karyawan mengunggah dokumen seperti tagihan medis.
  • Meningkatkan semangat karyawan dengan pengakuan atas kinerja baik.
  • Akses data dan informasi SDM secara real-time melalui aplikasi seluler.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Software Payroll Kontraktor Terbaik

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, tentunya Anda semakin memahami apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih software HR, agar penggunaannya dapat dimanfaatkan secara optimal.

Beberapa hal tersebut di antaranya adalah employee self-service, manajemen gaji dan kompensasi, pelacakan waktu, penjadwalan karyawan, tampilan yang ramah pengguna, dan masih banyak lagi.

Salah satu software payroll dan HR yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih adalah Gajihub. Dengan software ini, Anda dapat menyederhanakan segala kebutuhan karyawan, mulai dari urusan presensi hingga pengggajian.

Catatan Kaki:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *