10 Rekomendasi Software HR Manufaktur dan Cara Memilihnya

software HR manufaktur banner

Dalam perusaahaan manufaktur, ada banyak karyawan dengan berbagai tingkat keterampilan, jadwal kerja yang bervariasi, dan berbagai kebutuhan SDM yang berbeda. Untuk itu, perusahaan yang bergerak di bidang tersebut perlu mempertimbangkan penggunaan software HR manufaktur.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa yang perlu diperhatikan dalam memilih software HR hingga 10 rekomendasinya.

Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Software HR?

Agar penggunaan software HR dapat membantu memaksimalkan bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilihnya:

1. Fungsi dan Fitur

Saat memilih software untuk membantu pekerjaan HR, ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan. Pertama, Anda perlu memastikan bahwa software tersebut memiliki fitur dasar yang dibutuhkan untuk mengelola informasi karyawan, waktu kerja, cuti, dan laporan.

Selain itu, Anda harus memeriksa apakah software tersebut juga memiliki fitur tambahan yang sesuai dengan kebutuhan HR perusahaan, seperti payroll, manajemen tunjangan, penilaian kinerja dan sebagainya.

Kemudian, pastikan bahwa software dapat disesuaikan dengan cara kerja khusus di perusahaan Anda, serta dapat berkembang seiring perubahan perusahaan.

2. User Experience (UX) dan User Interface (UI)

Saat Anda menggunakan software HR, penting untuk memastikan bahwa penggunaannya mudah dan nyaman. User interface atau antarmuka software harus mudah dipahami dan dinavigasi. Hal ini akan membantu semua orang, termasuk yang tidak terlalu memahami teknologi.

Selain itu, software harus memberikan panduan visual dan bantuan yang membantu user dalam menggunakannya. Anda juga harus memeriksa apakah software dapat diakses melalui smartphone, agar semua karyawan dapat selalu terkoneksi secara online. 

3. Kemampuan Integrasi

Saat memilih software HR, penting bagi Anda untuk memeriksa apakah software tersebut bisa bekerja bersama tools lain yang mendukung kebutuhan SDM dan bisnis.

Hal ini akan memastikan pertukaran data yang lancar bisa bekerja dengan sistem dan software bisnis lainnya, misalnya seperti software akuntansi. Salah satu software HR yang juga sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi adalah Gajihub.

Dengan menggunakan Gajihub, penggajian karyawan otomatis tercatat di Kledo. Kemudian, hutang piutang karyawan dan pembayaran cicilan otomatis juga tercatat ke dalam software akuntansi tersebut.

4. Keamanan Data dan Kepatuhan

Keamanan data dan kepatuhan merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat memilih software HR. Sebab, Anda perlu melindungi data karyawan yang bersifat pribadi dan memastikan bahwa penggunaan data sesuai dengan peraturan.

Untuk itu, pastikan software HR tersebut mematuhi perlindungan data yang berlaku, agar dapat melindungi data-data karyawan dan menghindari risiko hukum, serta reputasi.

Selain itu, pastikan bahwa software yang Anda pilih memenuhi standar dan peraturan yang berlaku di wilayah atau industri manufaktur.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Software Payroll Kontraktor Terbaik

software HR manufaktur

5. Dukungan Pelanggan

Saat Anda mempertimbangkan software HR, sangat penting untuk memeriksa dukungan pelanggan yang disediakan oleh software tersebut.

Dukungan pelanggan yang responsif dan mudah diakses memastikan Anda bisa memperoleh bantuan secara cepat jika mengalami masalah atau pertanyaan terkait software HR.

Penyelesaian masalah yang cepat dan efektif sangat penting untuk menjaga kelangsungan operasi SDM tanpa menggangu kegiatan operasional bisnis perusahaan.

6. Harga dan Lisensi

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan harga yang ditawarkan oleh software HR tersebut, apakah sudah sesuai dengan anggaran dan kebutuhan perusahaan.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa model harga yang biasanya digunakan, seperti berlangganan, per pengguna, atau biaya sekai bayar. Tentukan model harga yang sesuai dengan anggaran dan preferensi keuangan perusahaan Anda.

Pastikan juga apakah ada biaya tambahan terkait dengan software HR. Hal ini bisa termasuk biaya implementasi, penyesuaian, update, dan dukungan secara terus-menerus.

7. Reputasi dan Keandalan

Saat memilih software HR manufaktur, penting juga untuk memeriksa reputasi dan keandalan penyedia software tersebut. Pertimbangkan berapa lama penyedia software telah beroperasi di pasaran.

Umumnya, penyedia yang telah lama berkecimpung menujukkan bahwa mereka stabil, memiliki pengetahuan industri, dan telah membuktikan keandalan mereka.

Carilah ulasan dan testimoni dari pelanggan sebelumnya. Feedback dari orang lain dapat memberikan wawasan berharga tentang kinerja penyedia software dan sejauh mana pelanggan puas dengan layanan yang ditawarkan.

8. Proses Implementasi

Terakhir, Anda juga perlu mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengimplementasikan software. Selain itu, pastikan untuk memeriksa apakah ada persyaratan atau kebutuhan sistem tertentu yang harus dipenuhi agar implementasi berhasil.

Anda juga perlu mengetahui apakah software HR menyediakan bantuan atau panduan selama proses implementasi, misalnya dengan video tutorial, demo, atau uji coba gratis.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software Payroll Usaha Jasa

Apa Saja Rekomendasi Software HR Manufaktur?

Setelah mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih software HR manufaktur, berikut adalah 10 rekomendasinya:

1. Gajihub

Rekomendasi software HR manufaktur yang perlu Anda pertimbangkan adalah Gajihub. Melalui software ini, Anda dapat mengelola proses manajemen HR dalam satu platform, mulai dari data karyawan, HR dan operasional.

Gajihub juga memungkinkan semua karyawan untuk mengakses data secara real-time untuk membuat keputusan yang tepat terkait SDM.

Selain itu, software ini juga bisa diunduh melalui Google Playstore dan Apps Store yang mempermudah karyawan dalam melakukan presensi melalui smartphone masing-masing.

Lalu, dengan fitur employee self service yang dimiliki Gajihub, karyawan juga dapat mengajukan izin dan cuti dengan lebih mudah. Begitu pula dengan tim HR yang dapat dengan mudah melakukan approval terhadap pengajuan tersebut.

Gajihub juga menyediakan fitur analisis data yang menghadirkan laporan kehadiran karyawan, sehingga Anda dapat dengan efisien memantau tingkat disiplin karyawan dalam satu dashboard yang tampilannya mudah digunakan.

Di sini, Anda bisa melihat laporan keterlambatan, laporan lembur, laporan izin cuti, dan lainnya.

Selain berkaitan dengan kebutuhan SDM, Gajihub juga memiliki fitur-fitur payroll yang memudahkan proses penggajian karyawan.

Tertarik untuk menggunakannya? Klik gambar berikut dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

gajihub 2

2. CipHR

CipHR adalah software HR yang mudah digunakan dan berbasis cloud yang dirancang khusus untuk perusahaan manufaktur. Hal ini membantu menyederhanakan berbagai proses HR, sehingga tim HR dapat lebih berfokus pada pekerjaan yang membutuhkan strategi.

Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan CipHR untuk mengelola pola kerja yang kompleks dan melakukan background check karyawan secara cepat dan akurat.

Fitur

  • Manajemen karyawan
  • Pemeriksaan latar belakang yang relevan
  • Pencatatan dan pelaporan informasi karyawan yang penting
  • Employee self service
  • Pengelolaan absensi

3. OpportuneHR

OpportuneHR adalah software SDM terbaik untuk industri manufaktur karena mampu mengatasi masalah-masalah kompleks yang sering ditemui dalam kegiatan operasional bisnis, seperti pengajian karyawan, pelacakan kehadiran, dan pengelolaan pekerja kontrak.

Software ini menawarkan fitur-fitur yang telah terbukti dan diuji untuk berbagai perusahaan manufaktur, mulai dari 100 hingga 30,000 karyawan, termasuk kemampuan untuk mengatur kehadiran, jadwal in-out yang canggih, serta struktur gaji yangd apat disesuaikan.

Fitur

  • Konfigurasi kehadiran yang kompleks
  • Jadwal untuk masuk-keluar (in-out)
  • Pengaturan struktur gaji
  • Aplikasi seluler
  • Manajemen kinerja.
  • Manajemen siklus hidup karyawan

4. Folks

Rekomendasi software HR selanjutnya adalah Folks HR yang dapat membantu mengatasi berbagai tantangan umum yang dihadapi oleh perusahaan manufaktur, mulai dari manajemen kecelakaan kerja hingga pelatihan karyawan, serta manajemen waktu yang efisien.

Selain itu, Folks HR juga mudah digunakan oleh manajer dan karyawan, sehingga semua pihak dapat mengoptimalkan operasional perusahaan.

Fitur

  • Manajemen HR untuk perusahaan manufaktur
  • Manajemen kecelakaan kerja dan pemeliharaan dokumen karyawan
  • Sistem pelatihan dan manajemen sertifikasi
  • Otomatisasi timesheet dan manajemen waktu
  • Laporan data real-time dan analisis statistik
  • Onboarding karyawan

5. HRCloud

HRCloud merupakan software HR yang dapat membantu perusahaan meningkatkan pengalaman karyawan dan hasil bisnis. Software ini sangat menekankan integritas, pelayanan pelanggan, inovasi, dan kerja sama.

Dengan menggunakan HRCloud, Anda dapat menyederhanakan proses SDM dan membantu perusahaan meningkatkan produktivitas, serta memberikan pengalaman yang lebih baik kepada karyawan.

Fitur

  • Alat komunikasi seperti panggilan, pesaan teks, pesan langsung, dan sebagainya
  • Fitur kustomisasi dan otomatisasi
  • Berbagi akses ke folder, halaman, formulir
  • Otomatisasi alur kerja
  • Sistem reward dan employee recognition
  • Aplikasi seluler

Baca Juga: 12 Rekomendasi Software Payroll Kontraktor Terbaik

software HR manufaktur

6. BambooHR

BambooHR merupakan software HR manufaktur yang menggabungkan fitur-fitur HR seperti payroll, pelacakan waktu, keterlibatan karyawan, applicant tracking system (ATS), dan banyak lagi ke dalam satu sistem.

Software berbasis cloud ini sangat ideal untuk usaha kecil dan menengah yang ingin mengoptimalkan proses SDM, sebab software ini menampung berbagai informasi, sehingga karyawan, tim HR, rekruter, dan manajer dapat mangaksesnya dengan mudah.

Fitur

  • Manajemen data karyawan
  • Employee self service
  • Manajemen kinerja
  • Perekrutan
  • Manajemen cuti
  • Laporan dan analitik
  • Onboarding

7. Paycor

Paycor adalah software HR manufaktur yang menyediakan berbagai fitur untuk mengelola tenaga kerja, merekrut karyawan berbakat, memberikan pengalaman pelanggan yang optimal, serta menjalin komunikasi dan kerja sama yang efektif.

Dengan pendekatan yang disesuaikan dan tenaga ahli yang memiliki pemahaman mendalam tentang industri ini, Paycor dapat membantu mengatasi tantangan yang unik dalam sektor manufaktur, termasuk pelatihan, manajemen biaya tenaga kerja, dan sebagainya.

Fitur

  • Kemudahan penggunaan
  • Layanan pajak dan kepatuhan regulasi
  • Pelacakan jam kerja karyawan
  • Analitik dan laporan terkait persamaan upah, progam cuti berbayar, dan sebagainya
  • Analisis benefit

8. PeopleHR

PeopleHR merupakan software HR yang dapat membantu mengelola berbagai aspek SDM, mulai dari pengelolaan waktu kerja, penggajian, manajemen karyawan, hingga rekrutmen.

Software ini memungkinkan berbagai karyawan, termasuk mereka yang bekerja di departemen produksi untuk tetap teribat dan mudah mengakses informasi terkait cuti, pemberitahuan penting, dan dokumen HR melalui aplikasi seluler.

Dengan menggunakan software ini, Anda dapat mengotomatisasi tugas-tugas berulang yang dapat memakan waktu, memastikan kepatuhan terhadap aturan, serta  meningkatkan efisiensi kegiatan operasional perusahaan.

Fitur

  • Penggajian
  • Pengelolaan cuti
  • Pelacakan waktu dan kehadiran
  • Kebutuhan rekrutmen
  • Integrasi dengan aplikasi lain
  • Laporan dan analisis
  • Kepatuhan dengan peraturan

9. SuperWorks

Superworks membantu perusahaan manufaktur mengoptimalkan kegiatan operasional mereka dengan mengintegrasikan berbagai aspek, termasuk perencanaan produksi, manajemen inventaris, pengendalian kualitas, logistik, dan manajemen SDM.

Dengan mengintegrasi seluruh proses tersebut dalam satu sistem, perusahaan dapat mengurangi kesalahan, meningkatkan efisiensi operasional, dan menghadirkan data real-time yang mendukung pengambilan keputusan.

Fitur

  • Manajemen SDM
  • Penyediaan data real-time.
  • Manajemen tenaga kerja.
  • Manajemen kinerja.
  • Rekrutmen.
  • Onboarding bagi karyawan baru.
  • Identifikasi dan rekrutmen bakat terbaik.
  • Analisis data perusahaan.
  • Akses informasi bagi karyawan.

10. KekaHR

KekaHR merupakan software HR manufaktur yang membantu pengelolaan karyawan, pembayaran gaji, pelacakan pengeluaran, absensi, rekrutmen, dan proses onboarding karyawan.

Selain itu, Keka HR merupakan solusi berbasis cloud, yang berarti software ini dapat diakses melalui internet. Dengan software ini, perusahaan dapat mengontrol pengeluaran dengan melihat sejauh mana karyawan bekerja.

Fitur

  • Sistem manajemen penggajian
  • Manajemen kehadiran & Cuti
  • Sistem pelacakan pelamar
  • Sistem manajemen kinerja
  • Daftar waktu
  • Manajemen perjalanan & pengeluaran

Baca Juga: 10 Software Payroll Usaha Dagang untuk Mengoptimalkan Bisnis

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat dipahami bahwa setiap perusahaan manufaktur penting untuk mempertimbangkan penggunaan software HR manufaktur, agar dapat mengotomatisasi seluruh proses SDM.

Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan memperlancar kegiatan operasional bisnis.

Namun, untuk mengoptimalkan penggunaan software HR, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memillihnya, mulai dari fitur, keamanan data, hingga kemampuan integrasi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Gajihub merupakan salah satu software payroll dan HR yang sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi. Tak hanya itu, software ini juga menawarkan proses implementasi yang mudah, dengan menyediakan video tutorial, demo, hingga uji coba gratis.

Kunjungi tautan ini untuk informasi selengkapnya dan coba gratis selama 14 hari.

Catatan Kaki: 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *