10 Software Payroll Usaha Dagang untuk Mengoptimalkan Bisnis

software payroll usaha dagang banner

Usaha dagang merupakan jenis usaha yang mengutamakan keuntungan dari penjualan barang. Oleh karena itu, untuk menjalankan usaha tersebut Anda diperlukan software payroll usaha dagang  yang dapat membantu perusahaan untuk mengelola manajemen keuangan terkait SDM.

Dengan menghitung gaji karyawan, mengelola kompensasi hingga potongan, perusahaan pun dapat menentukan langkah apa yang perlu dilakukan terkait SDM untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa yang perlu dipertimbangkan saat memilih software payroll untuk usaha dagang dan 10 rekomendasi terbaik.

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Software Payroll Usaha Dagang?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan software payroll usaha dagang tertentu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut di antaranya:

1. Tujuan dan Pertumbuhan Perusahaan

Pertama-tama, tentukan tujuan perusahaan Anda dan pastikan sistem payroll yang Anda pilih dapat ikut berkembang seiring pertumbuhan perusahaan Anda. Hal inni akan menghindari kebutuhan untuk beralih ke software atau solusi di masa depan.

2. Jenis Bisnis dan Ukuran Perusahaan

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan jenis bisnis yang Anda jalankan, misalnya PT, karena hal tersebut akan mempengaruhi persyaratan penggajian Anda, seperti dalam hal penghitungan PPh karyawan.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran perusahaan Anda, apakah termasuk bisnis kecil atau besar, sebab software payroll harus sesuai dengan skala dan kebutuhan perusahaan.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan jumlah karyawan yang saat ini bekerja, serta perhatikan jenis karyawan, apakah mereka pekerja full time, part timeatau musiman, karena hal ini dapat mempengaruhi kompleksitas penggajian.

3. Fitur yang Dibutuhkan

Apabila sebelumnya Anda telah mencoba menggunakan software payroll, pertimbangkan apa yang berfungsi bagi bisnis perusahaan dan apa yang tidak. Hal ini akan membantu Anda memahami kebutuhan dan preferensi perusahaan.

Salah satu fitur yang perlu Anda pertimbangkan baik-baik adalah kemampuan pelaporan. Pastikan software yang dipilih dapat memberikan laporan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Kemudian, pertimbangkan pula apakah software payroll usaha dagang menyediakan slip gaji karyawan untuk meningkatkan transparansi dalam proses penggajian. Pastikan software yang Anda pilih mendukung kebutuhan tersebut.

4. Kemudahan Penggunaan

Selain mempertimbangkan kelengkapan fitur-fiturnya, Anda juga perlu memilih software payroll yang menawarkan kemudahan dalam penggunaannya.

Pilihlah software yang memiliki UI sederhana, terutama jika software tersebut digunakan oleh berbagai karyawan dengan tingkat pengalaman yang beragam.

5. Sesuaikan dengan Budget Perusahaan

Selanjutnya, pilih software payroll yang sesuai dengan anggaran keuangan perusahaan Anda. Hal ini termasuk memahami tipe pembayaran, biaya dukungan tambahan, dan biaya terkait lainnya.

Baca Juga: Tips Memilih Software Payroll Perusahaan Dagang

software payroll usaha dagang

6. Employee Self Service (ESS)

Pertimbangkan apakah software payroll yang akan Anda pilih sudah memiliki fitur ESS yang memungkinkan karyawan untuk melakukan presensi secara mandiri melalui smartphone masing-masing, mengajukan cuti dan izin, hingga pencatatan jam lembur.

7. Teknologi yang Digunakan

Tentukan apakah Anda akan menggunakan software berbasis cloud atau on-premises dengan melihat kebutuhan teknologi dan infrastruktur perusahaan.

Software berbasis cloud sendiri adalah software yang berfungsi dengan menggunakan internet, bukan di komputer atau server lokal.

Sementara on-premises merupakan metode pembelian sistem atau software secara terputus, di mana Anda harus menyiapkan segala infrastruktur yang dibutuhkan seperti server, serta tenaga khusus untuk melakukan maintenance sistem tersebut.

Selain itu, pertimbangkan juga apakah perusahaan Anda membutuhkan software yang sudah terintegrasi dengan software lain. Misalnya, sebagai perusahaan dagang tentu Anda perlu mengelola keuangan secara cermat.

Untuk itu Anda perlu menggunakan software payroll yang terhubung dengan software akuntansi. Contohnya seperti software payroll dari Gajihub yang terhubung dengan Kledo. 

Melalui integrasi antara keduanya, Anda pun dapat melakukan pencatatan keuangan terkait gaji karyawan secara otomatis di software akuntansi, yang bisa membantu dalam proses pengambilan keputusan.

8. Kepatuhan terhadap Undang-Undang

Pastikan software payroll yang Anda pilih membantu Anda untuk mematuhi peraturan undang-undang yang berlaku terkait penggajian karyawan.

9. Demo dan Uji Coba Gratis

Untuk menghindari kesalahan dalam memilih software payroll yang dapat menimbulkan banyak pengeluaran, Anda dapat memilih software yang menyediakan uji coba gratis atau demo.

Melalui hal tersebut, Anda dapat membuat keputusan apakah software tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Apabila cocok, Anda bisa melanjutkan ke tahap pembelian atau berlangganan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software Payroll Usaha Jasa

Apa Saja Rekomendasi Software Payroll Usaha Dagang?

Setelah memahami apa yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih software payroll usaha dagang, berikut simak 10 rekomendasi software terbaik untuk meningkatkan bisnis Anda:

1. Gajihub

Rekomendasi software payroll pertama yang bisa Anda gunakan adalah Gajihub. Dengan payroll ini, Anda bisa melakukan penggajian secara otomatis, sehingga mampu menghemat waktu hingga 90%.

Waktu tersebut, nantinya bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan kinerja HR terkait penyusunan strategi yang dapat membantu perusahaan meningkatkan keuntungan bisnis.

Selain menghemat waktu, dengan menggunakan software ini, Anda dapat memastikan pencarian gaji karyawan secara tepat waktu, sehingga terhindar dari keterlambatan gaji yang dikhawatirkan dapat menyebabkan tuntutan dari para karyawan.

Proses penggajian pun akan terasa lebih transparan, karena Gajihub menyediakan slip gaji untuk karyawan yang dapat diunduh dalam format PDF. Dalam slip gaji tersebut, akan tercantum

Di samping mempermudah dalam proses payroll, Gajihub juga merupakan software HR yang fitur-fiturnya memudahkan tim HR mengelola urusan administrasi karyawan, mulai dari absensi hingga pengajuan cuti dan izin.

Tertarik mencobanya? Klik gambar berikut ini untuk informasi selengkapnya dan dapatkan coba gratis selama 14 hari.

gajihub 3

2. Keka

Keka merupakan software payroll yang memudahkan dan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, software ini juga memungkinkan Anda untuk melihat setiap detailnya sebanyak yang Anda mau dan membandingkannya dengan periode gaji sebelumnya dengan mudah.

Fitur

  • Sistem manajemen payroll.
  • Manajemen kehadiran & cuti.
  • Sistem pelacakan pekamar.
  • Sistem manajemen kinerja.
  • Timesheet.
  • Manajemen perjalanan dan biaya.
  • Layanan bantuan (helpdesk).

3. Saral PayPack

Saral PayPack  merupakan software yang umumnya digunakan untuk mengelola dan menyederhanakan proses penggajian karyawan dalam sebuah perusahaan.

Dengan software tersebut, Anda dapat mengotomatiskan berbagai aspek penggajian, termsuk perhitungan gaji, pemotongan pajak, manajemen absensi, dna pembuatan laporan penggajian.

Fitur

  • Complete payroll management.
  • Adminitstrasi karyawan.
  • Manajemen kehadiran.
  • Sip gaji.
  • Manajemen reimbursement.
  • Employee self service.

4. Paywell Payroll

Software payroll usaha dagang selanjutnya dalah Paywell Payroll, yang memungkinkan Anda untuk mengelola penghasilan, potongan, kasbon, dan berbagai komponen gaji sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, software ini juga menyedikan pengaturan terkait kehadiran dan kebijakan cuti perusahaan, serta aturan lembur yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan besaran gaji karyawan setiap bulan.

Fitur

  • Manajemen kehadiran.
  • Manajemen bonus.
  • Manejemen kasbon.
  • Employee self service. 
  • Manajemen biaya HR.
  • Manajemen payroll. 
  • Manajemen shift. 
  • Kepatuhan aturan.

5. PACT Payroll

PACT Payroll membantu Anda untuk menyederhanakan proses penggajian dengan menggunakan solusi yang dapat menghitung gaji dan benefit karyawan secara otomatis, serta menyimpan informasi karyawan dalam satu tempat yang aman.

Selain itu, software ini juga memastikan pembayaran gaji karyawan secara adil dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Fitur

  • Employee self service. 
  • Kepatuhan hukum.
  • Pajak penghasilan.
  • Pengaturan pendapatan, potongan, cuti, dan pinjaman.
  • Manajemen cuti.
  • Pelacakan penilaian kinerja.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software Payroll Manufaktur Terbaik

software payroll usaha dagang

6. Zoho Payroll

Zoho Payroll merupakan solusi pembayaran gaji yang dapat membantu meningkatkan manajemen karyawan. Software ini memiliki desian yang komprehensif dan sederhana, sehingga dapat dengan mudah digunakan tanpa adanya hambatan.

Selain itu, Anda juga bisa menyusun berbagai taraf gaji untuk struktur gaji yang beragam, serta pemotongan gaji hingga penggantian biaya yang dapat dikustomisasi sesuai masing-masing karyawan.

Fitur

  • Pemrosesan payroll. 
  • Manajemen dan orientasi karyawan.
  • Benefit dan akuntansi penggajian.
  • Dukungan pajak.
  • Metrik penggajian.
  • Administrasi penggajian.

7. Darwinbox Payroll

Darwinbox Payroll adalah software yang dirancang untuk mengotomatisasi dan menyederhanakan prosese penggajian di perusahaan.

Dengan menggunakan software ini, Anda dapat mengelola seluruh komponen gaji karyawan, mulai dari gaji bulanan, pemotongan, dan manajemen administrasi lainnya yang terkait dengan kompensasi.

Fitur

  • Perhitungan gaji otomatis.
  • Manajemen perizinan dan cuti.
  • Pelacakan pengeluaran.
  • Manajemen pajak.
  • Integrasi dengan sistem HR.
  • Employee self service. 

8. SurePayroll

SurePayroll merupakan sofwtare yang membantu Anda dalam proses penggajian, termasuk mengurus perhitungan dan pelaporan pajak, sehingga Anda bisa lebih fokus pada usaha dagang yang digeluti.

Software ini bisa diakses di mana saja melalui aplikasi, sehingga Anda bisa mengelola gaji dan benefit karyawah tanpa merasa kesulitan.

Fitur

  • Pelaporan dan pelunasan pajak.
  • Pelcakan waktu dan kehadiran.
  • Self-service. 
  • Daftar gaji karyawan.
  • Kelola kompensasi dan benefit lainnya.

9. Payroll4Free.com

Payroll4free.com merupakan pilihan terbaik untuk bisnis kecil dengan anggaran yang masih terbatas.

Software ini menawarkan uji coba gratis yang dapat digunakan untuk menggaji hingga 25 orang, yang mencakup perhitungan pajak, pengelolaan dasar SDM, pelaporan penggajian, dan portal karyawan.

Fitur

  • Perhitungan pajak.
  • Pengelolaan dasar SDM.
  • Pelaporan gaji.
  • Portal karyawan.
  • Pelacakan waktu libur karyawan.

10. Papaya Global

Papaya Global merupakan software payroll usaha dagang yang menggunakan kecerdasan bautan atau AI untuk membantu Anda mengelola urusan karyawan secara otomatis. Software ini terintegrasi dengan berbagai software lain seperti Quickbooks Online, BambooHR, dan Expensify.

Fitur

  • Perhitungan pajak otomatis.
  • Pembayaran dalam mata uang lokal.
  • Employee self serfice. 
  • Akses ke berbagai template.

Baca Juga: 10 Software Payroll Retail Terbaik untuk Meningkatkan Bisnis

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, tentunya Anda semakin memahami hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih software payroll usaha dagang.

Mulai dari mempertimbangkan tujuan dan kebutuhan perusahaan, kemudahaan penggunaan, employee self service, hingga uji coba gratis atau demo.

Selain itu, Anda juga telah mengetahui beberapa rekomendasi software payroll yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan proses bisnis yang berhubungan dengan proses penggajian karyawan.

Salah satu software yang bisa Anda andalkan adalah Gajihub. Dengan software tersebut, Anda pun tidak akan merasa kesulitan untuk mengelola seluruh komponen gaji karyawan, termasuk bonus, pajak, dan potongan-potongan lainnya.

Gajihub juga menyediakan demo dan uji coba gratis yang dapat membantu Anda untuk lebih memahami fitur-fiturnya sebelum berlangganan.

Tertarik untuk mencobanya? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Catatan Kaki: 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *