10 Software Payroll Retail Terbaik untuk Meningkatkan Bisnis

software payroll retail banner

Setiap bisnis retail membutuhkan software payroll retail, sebab umumnya mereka memiliki tenaga kerja yang besar dan beragam, termasuk karyawan part time, kontrak, ataupun staf dengan tingkat gaji yang berbeda.

Dengan software payroll, proses penggajian akan lebih mudah, efisien, dan juga akurat, yang memastikan karyawan dibayar tepat waktu dan sesuai aturan yang belaku.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa saja yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih software payroll dan 10 rekomendasi software terbaik.

Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Software Payroll Retail?

Agar software payroll yang Anda gunakan dapat membantu bisnis secara optimal, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih payroll tersebut. Di antaranya adalah:

1. Proses Penggajian dan Pajak yang Akurat

Pastikan software payroll yang Anda pilih dapat meghitung gaji secara akurat, termasuk pemotongan pajak seperti PPh 21. Untuk itu, Anda bisa memastikan kepada vendor, apakah sistem software-nya dapat mengotomatisasi perhitungan pajak dan pembaruan tarif pajak.

2. Pertimbangkan Kebutuhan Bisnis

Setiap sistem penggajian memiliki kapasitas yang berbeda. Ada yang cocok untuk perusahaan besar dengan banyak karyawan, sementara yang lain lebih cocok untuk perusahaan kecil.

Perlu Anda ketahui, sebagian besar software payroll retail umumnya mengenakan biaya per karyawan, jadi penting untuk mengetahui berapa banyak karyawan yang Anda miliki.

Untuk mengetahui kebutuhan bisnis, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Berapa banyak karyawan yang dimiliki?
  • Seberapa sering perusahaan membayar gaji kepada staf, dan apakah ada variasi dalam pembayaran yang tergantung pada jabatan?
  • Apakah ada jenis karyawan yang berbeda, seperti penerima tips atau karyawan per jam?
  • Apakah software payroll harus memiliki fitur pengembalian biaya?
  • Berapa banyak karyawan dan kontraktor independen yang saya miliki?

3. Kemanan yang Tinggi

Selanjutnya, Anda juga harus mempertimbangkan tingkat keamanan dari software payroll yang Anda pilih. Pastikan bahwa software memiliki keamanan yang tinggi untuk melindungi informasi sensitif karyawan dan bisnis.

Selain itu, perhatikan juga perlindungan data yang kuat dan fitur pengawasan untuk mengidentifikasi risiko keamanan.

4. Tingkat Fleksibilitas

Setiap perusahaan tentu ingin mengembangkan bisnisnya. Untuk mengimbangi hal tersebut, Anda perlu memilih software payroll yang menawarkan tingkat fleksibilitas tinggi.

Pastikan apakah software dapat secara mudah disesuaikan dengan perubahaan, misalnya seperti perubahan tarif gaji.

Baca Juga: Tips Memilih Software Payroll untuk Perusahaan Ritel

software payroll retail

5. Sederhana dan User Friendly

Saat mencari software payroll retail, pilihlah software yang memiliki tampilan sederhana dan user interface (UI) yng mudah dipahami. Selain itu, sistemnya juga harus mudah digunakan, yang artinya Anda harus bisa mengoperasikannya secara mudah.

Dengan tampilan yang sederhana, bahasa yang jelas, dan navigasi yang mudah, software dapat membantu proses penggajian menjadi lebih mudah.

6. Employee Self Service

Selain memudahkan manajemen bisnis, software yang dipilih juga harus memudahkan urusan karyawan.

Inilah yang membuat Anda perlu memastikan apakah software tersebut memiliki fitur employee self service (ESS), untuk karyawan mengakses informasi mereka sendiri, seperti slip gaji hingga data pribadi melalui smartphone masing-masing.

7. Kemampuan Pelaporan

Kemudian, ingatlah untuk selalu memilih software payroll dengan kemampuan pelaporan yang kuat. Hal ini akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Pastikan software dapat menghasilkan laporan penggajian setiap tahun, atau sesuai periode waktu tertentu.

8. Demo dan Uji Coba Gratis

Sebelum memutuskan software payroll mana yang akan digunakan, sebaiknya Anda mencoba software tersebut terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghindari penyesalan setelah berlangganan.

Menurut Future of Payroll Survey, 85% responden mengalami keterbatasan dengan teknologi penggajian mereka. Untuk itu, Anda perlu memilih layanan yang menyediakan demo dan uji coba gratis.

Beberapa perusahaan software payroll seperti Gajihub, QuickBooks, OnPay, dan sebagainya menawarkan uji coba gratis. Bahkan, Gajihub juga menyediakan tutorial dalam format video maupun artikel, serta penggunanya dapat menjadwalkan demo secara gratis.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software Payroll Manufaktur Terbaik

Apa Saja Rekomendasi Software Payroll Retail?

Setelah mengetahui apa saja yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih software payroll retail, berikut adalah 10 rekomendasi software payroll yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Gajihub

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Gajihub merupakan salah satu software payroll yang menawarkan uji coba gratis dan demo untuk para calon penggunanya. Untuk itu, software ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Anda.

Gajihub sendiri merupakan software payroll yang menawarkan kemudahan dalam pengelolaan gaji dengan tampilan yang user friendly. Software ini juga akan menghitung seluruh komponen penggajian secara otomatis, mulai dari penghasilan, THR, bonus, hingga pemotongan upah.

Selain itu, Gajihub juga dapat menyimpan seluruh histori data payroll karyawan, yang akan memudahkan dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.

Menariknya lagi, selain menawarkan kemudahan dalam proses payroll, software ini juga memiliki beragam fitur terkait pengelolaan SDM, mulai dari presensi, pengajuan cuti dan izin, hingga pencatatan lembur.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda pun dapat mengoptimalkan kegiatan operasional bisnis retail, sebab software payroll ini juga terintegrasi secara otomatis dengan software akuntansi Kledo.

Tertarik untuk uji coba gratis Gajihub? Yuk, klik gambar berikut untuk coba gratis selama 14 hari.

gajihub 1

2. Netchex

Selanjutnya, terdapat software payroll Netchex, yang dapat membantu Anda menghadapi masalah dan persaingan dalam bidang bisnis ritel, seperti mengelola berbagai tenaga kerja, mengelola beberapa lokasi toko, dan tentunya mengurus penggajian karyawan secara akurat.

Fitur

  • Payroll dan pajak
  • Waktu dan kehadiran
  • Performance management
  • Benefit karyawan
  • Rekrutmen dan onboarding
  • Laporan analitik HR

3. MHR

Software payroll untuk membantu bisnis ritel Anda selanjutnya adalah MHR. Dengan MHR, proses penggajian dapat berjalan secara otomatis dan hemat waktu, serya akurat. Selain itu, MHR juga selalu update dengan peraturan pemerintah dan kerbijakan industri.

Software payroll ini juga memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI dan analitik data untuk mendapatkan waswasan yang berguna untuk kesuksesan bisnis perusahaan.

Fitur

  • Proses penggajian otomatis.
  • Distribusi otomatis slip gaji.
  • Manajemen benefit karyawan.
  • Manajemen pensiun.
  • Pengelolaan data.

4. Paycom

Software payroll dari Paycom membantu Anda mengotomatisasi penggajian, mengidentifikasi potensi kesalahan dan membantu karyawan sebelum penggajian, memberikan penjelasan detail terkait kompensasi, serta membantu meminimalisir kesalahan penggajian dan risiko kepatuhan.

Dengan software ini, Anda dapat membangun manajemen karyawan dan penggajian yang lebih praktis dan akurat, sehingga membantu perkembangan bisnis ritel Anda.

Fitur

  • Garnishment Administration
  • Manajemen Pengeluaran
  • Manajemen Pajak

5. Paylocity

Paylocity adalah software payroll dan HR untuk bisnis ritel yang dapat meningkatkan efisiensi dalam proses penggajian. Dengan software ini, Anda bisa dengan mudah melacak waktu kerja, jadwan, dan tenaga kerja untuk menentukan nilai gaji.

Selain itu, Anda juga bisa mengakses berbagai hal terkait SDM, seperti rekrutmen, penjadwalan, kepatuhan, pelatihan, dan analisis karyawan melalui smartphone.

Fitur

  • Pengeluaran
  • Pajak
  • On demand payment. 
  • Garnishment services. 
  • Global payroll.

Baca Juga: Pengertian Audit Payroll, Manfaat, dan Tahapannya

software payroll retail

6. Gusto

Rekomendasi software payroll retail selanjutnya daalah Gusto, yang menggabungkan komponen dasar HR, seperti benefit, kesehatan, dan adminitsrasi kompensasi dalam satu software. 

Tentunya, Gusto juga dapat mengelola penggajian secara otomatis yang membantu mengindari keterlambatan gaji karyawan.

Selain itu, penggajian juga secara otomatis terintegrasi dengan data kehadiran karyawan, sehingga dapat memberikan data yang akurat dan terbaru, yang dapat membantu pengambilan keputusan terkait bisnis.

Fitur

  • Penggajian otomatis.
  • Pemotongan gaji otomatis.
  • Daftar periksa onboarding, template surat tawaran yang dipersonalisasi, serta penandatanganan dan penyimpanan dokumen elektronik yang aman.
  • Peringatan tentang kepatuhan.

7. PayHero

PayHero merupakan software payroll yang dapat mengelola jam kerja karyawan dan langsung otomatis terhubung dengan proses penggajian. Selain itu, software ini juga memiliki berbagai fitur menarik lainya, seperti pengajuan izin ataupun cuti, dan sebagainya.

Dengan software ini, Anda dapat memastikan hak-hak karyawan terpenuhi secara tepat dan memahami biaya gaji yang perlu dikeluarkan.

Fitur

  • Payroll
  • Online timesheets
  • Mobile app
  • Employee self service
  • Pengelolaan cuti
  • Informasi gaji

8. OnPay

OnPay adalah software payroll berbasis cloud dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga cocok untuk pemilik bisnis kecil.

Selain menyediakan fitur terkait penggajian, software ini juga membantu pemilik bisnis memilih dan mengelola rencana asuransi kesehatan untuk karyawan mreka.

Fitur

  • Penanganan pajak
  • Penggajian otomatis
  • Rencana asuransi pekerja

9. QuickBooks

Sama seperti software lainnya, QuickBooks merupakan software payroll yang dapat membantu Anda mengelola gaji karyawan dengan lebih otomatis. Bedanya, software ini juga terintegrasi dengan QuickBooks Online, yaitu sebuah software untuk mengelola keluangan perusahaan.

Dengan sistem yang terintegrasi secara sempurna, kedua perangkat tersebut akan bekerja secara otomatis dan menghasilkan catatan keuangan yang akurat.

Selain itu, software ini juga hadir dalam tampilan yang mudah digunakan, sehingga Anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk mempelajari fitur-fiturnya.

Fitur

  • Penghitungan pajak otomatis
  • Penggajian otomatis.
  • Terhubung dengan asuransi karyawan dan membayar premi secara otomatis.
  • Kemampuan untuk membuat jadwal kerja atau shift melalui aplikasi yang bisa digunakan oleh karyawan.

10. Zellis

Zellis merupakan software payroll retail yang dapat memastikan gaji karyawan dibayar dengan akurat, tepat waktu, dan sesuai aturan, terutama jika Anda memiliki tenaga kerja yang ebsar dan kompleks.

Sistem penggajian berbasis cloud ini juga membuat pengalaman kerja menjadi lebih modern, yang membantu menguatkan bisnis dan dapat beradaptasi dengan perubahan, serta memberikan wawasan baru dari data yang dihasilkan.

Fitur

  • Pengelolaan gaji otomatis
  • Financial wellbeing
  • Sistem penggajian cepat
  • Laporan dan analisis Data
  • Benefit karyawan

Baca Juga: Payroll Performance: Pengertian Lengkap dan Metrik untuk Mengukurnya

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat dipahami bahwa di era perkembangan bisnis yang semakin maju, Anda perlu memanfaatkan teknologi agar dapat bersaing di industri pasaran, khususnya industri retail.

Dengan memilih software payroll retail secara tepat, Anda dapat membantu menyederhanakan tugas-tugas tim HR terkait penggajian karyawan, sehingga mereka bisa lebih fokus dalam pekerjaan yang membutuhkan pertimbangan dan strategi.

Salah satu software payroll terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Gajihub, yang akan memudahkan perusahaan dalam proses penggajian. Selain itu, software ini juga memiliki berbagai fitur menarik lainnya seperti absesi, kelola izin dan cuti, hingga pencatatan kasbon.

Yuk, segera kunjungi tautan ini untuk daftar dan dapatkan coba gratis sampai 14 hari.

Catatan Kaki: 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *