12 Rekomendasi Software Payroll Kontraktor Terbaik

software payroll kontraktor banner

Dalam industri konstruksi, pembayaran gaji karyawan merupakan hal yang rumit, yang melibatkan berbagai proses, mulai dari menghitung gaji, mengelola benefit, hingga pajak. Untuk itu, mereka membutuhkan software payroll kontraktor agar kegiatan operasional bisnis dapat berjalan lancar.

Software payroll kontraktor biasanya memungkinkan Anda untuk menghitung gaji dan pajak karyawan, membuat slip gaji dan formulir yang dibutuhkan, serta membantu menjaga kestabilan keuangan perusahaan.

Untuk membantu Anda dalam menentukan software yang tepat, pada artikel kali ini Gajihub akan membahas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih software payroll dan 10 rekomendasi terbaiknya.

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Software Payroll Kontraktor?

Agar software payroll yang Anda pilih dapat meningkatkan efisiensi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Manajemen Penggajian

Tujuan utama software payroll adalah mengelola gaji karyawan dan memberikan perhitungan yang akurat. Untuk itu, pilihlah program yang menawarkan fitur manajemen yang kuat, seperti adanya pelaporan pajak otomatis, pelacakan gaji, dan sebagainya.

Selain itu, pastikan juga bahwa software tersebut mendukung berbagai mata uang, terutama jika Anda bekerja dengan staf atau klien internasional.

Fungsi manajemen penggajian ini biasanya meliputi:

  • Pembayaran berkala dan satu kali
  • Perhitungan dan pelaporan pajak otomatis
  • Pelacakan gaji, bonus, dan potongan.

2. Manajemen Pengeluaran

Setiap perusahaan penting untuk mengelola pengeluaran seperti perjalanan, makanan, hiburan, atau biaya lain yang berkaitan dengan pelatihan karyaawan.

Dengan demikian, software yang Anda pilih harus mmeiliki fitur, yang memungkinkan pelacakan pengeluaran dan memastikan bahwa pengeluaran tersebut tercatat dengan benar dalam anggaran keseluruhan.

Fitur manajemen pengeluaran yang diperlukan mencakup:

  • Pelacakan pengeluaran otomatis
  • Kemampuan pelaporan
  • Tools terkait persetujuan transaksi
  • Integrasi dengan software akuntansi.

3. Dukungan Pajak

Pajak adalah tugas yang kompleks dan sering memakan waktu, sehingga perusahaan Anda perlu memanfaatkan software payroll dan HR yang dapat mempercepat dan menyederhanakan proses ini dengan mengotomatisasi perhitungan, pelaporan pajak, dan sebagainya.

4. Manajemen Kompensasi

Fitur manajemen kompensasi sangat penting dalam software payroll, sebab hal ini memungkinkan Anda untuk melacak secara akurat berapa banyak yang harus dibayarkan oleh setiap karyawan, serta mengelola bonus dan potongan.

Carilah software yang memungkinkan Anda dengan mudah mengatur peningkatan atau penurunan gaji dan sesuaikan jadwal pembayaran sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Fitur manajemen kompensasi tambahan mungkin termasuk:

  • Jadwal pembayaran yang dapat disesuaikan
  • Penyesuaian gaji yang mudah
  • Manajemen pembayaran bonus.

5. Employee Self Service

Software payroll yang baik juga harus mencakup fitur employee self-service untuk karyawan. Hal ini memungkinkan mereka untuk melihat informasi gaji, melacak jam kerja, serta mengelola benefit mereka.

Salah satu keuntungan terbesar dari fitur ini adalah mengotomatisasi pekerjaan manual, sehingga menghemat waktu dan membantu mengurangi human error. 

Baca Juga: 10 Software Payroll Usaha Dagang untuk Mengoptimalkan Bisnis

software payroll kontraktor

6. Pelaporan dan Analitik

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat data gaji karyawan, mengidentifikasi tren pengeluaran, dan mengukur kinerja bisnis. Cari software yang dapat memberikan laporan detail tentang biaya gaji bulanan, pembayaran lembut, dan pajak yang dibayarkan.

Selain itu, pastikan ada visualisasi data seperti grafik atau diagram untuk membantu Anda memahami tren lebih baik. Kemampuan untuk mengekspor data ke program lain seperti Excel juga bermanfaat untuk analisis lebih lanjut.

7. Integrasi dengan Platform Pelacakan Waktu dan Perencanaan SDM

Selanjutnya, apabila Anda ingin melacak jam kerja karyawan dan absensi secara akurat, pastikan software payroll dapat terhubung dengan sistem pelacakan waktu dan perencanaan sumber daya, guna menghindari pekerjaan manual.

8. Penyimpanan Data di Cloud untuk Berkas dan Slip Gaji

Fitur ini memastikan semua dokumen penting seperti slip gaji tersimpan secara aman dan dapat diakses dengan mudah. Hal ini juga memudahkan pengambilan dokumen saat diperlukan, misalnya untuk proses audit.

Penyimpanan data di cloud juga membantu menghemat waktu dan biaya karena Anda tidak perlu mencetak dan menyimpan slip gaji secara fisik.

9. Otomatisasi

Pertimbangkan juga apakah software payroll yang Anda pilih mampu mengotomatisasi banyak tugas, termasuk perhitungan pajak, pembuatan laporan, dan proses penggajian. Dengan otomatisasi, Anda dapat menghemat waktu dan mengurangi risiko kesalahan.

Anda juga bisa mencari fitur tambahan seperti otomatisasi pengurangan atau pengembalian biaya, tergantung pada kebutuhan bisnis Anda.

10. Fitur Akuntansi Terintegrasi

Terakhir, pastikan software payroll kontraktor yang Anda gunakan terintegrasi dengan software akuntansi. Dengan integrasi tersebut, data penggajian bisa disinkronkan dengan pencatatan keuangan, memudahkan pengelolaan gaji, serta pelacakan pengeluaran.

Dengan memilih software payroll, pertimbangkan ukuran bisnis Anda dan kompleksitas proses penggajian, sehingga Anda dapat menemukan software yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca Juga: 10 Software Payroll Retail Terbaik untuk Meningkatkan Bisnis

Apa Saja Rekomendasi Software Payroll Kontraktor?

Setelah memahami apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam memilih software payroll untuk bisnis kontraktor, berikut adalah rekomendasi penyedia layanan payroll yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Gajihub

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan software payroll adalah memastikan apakah software tersebut sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi.

Untuk itu, Anda dapat memilih Gajihub yang terintegrasi dengan software akuntansi Kledo, yang akan memudahkan Anda dalam mencatat pengeluaran terkait gaji karyawan, sehingga mengoptimalkan kegiatan operasional bisnis konstruksi Anda.

Selain itu, Gajihub tentunya juga mampu mengotomatisasi proses penggajian karyawan, sehingga terhindar dari keterlambatan gaji yang bisa menyebabkan tuntutan. Hal ini juga berlaku untuk seluruh komponen penghasilan, mulai dari bonus hingga potongan upah karyawan.

Gajihub juga mencatat seluruh histori data payroll dengan tampilan sederhana, yang dapat membantu Anda dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.

Di samping payroll dan terintegrasi dengan sistem akuntansi, software ini juga memiliki fitur-fitur HR yang dapat memudahkan Anda dalam pengelolaan administrasi karyawan, seperti absensi hingga pengelolaan cuti dan izin.

Fitur-fitur tersebut juga dapat diakses dengan mudah oleh karyawan melalui smartphone karena Gajihub memiliki fitur employee self service (ESS).

Tertarik untuk mencobanya? Klik gambar di bawah ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

gajihub 3

2. Justworks

Justworks merupakan software payroll yang membantu bisnis dalam urusan penggajian, benefit, SDM, dan aturan-aturan yang diikuti. Dengan software tersebut, Anda bisa mengelola gaji karyawan dan membayar kontraktor secara mudah dan cepat.

Justworks memungkinkan Anda untuk mengelola pembayaran bagi karyawan yang menerima gaji bulanan maupun yang dibayar per jam, serta pembayaran khusus untuk bonus, komisi, dan sebagainya.

Selain itu, software ini juga menyediakan software pelacakan waktu yang dapat membantu Anda untuk mengelola jam kerja dan kehadiran karyawan.

Fitur

  • Akses melalui aplikasi seluler bagi kontraktor dan karyawan.
  • Deposit langsung otomatis.
  • Pengaturan pembayaran untuk bonus, komisi, dan lainnya.
  • Pemberitahuan otomatis mengenai aturan-aturan yang harus diikuti.
  • Software pelacakan waktu dan kehadiran.

3. Square Payroll

Square Payroll adalah solusi penggajian lengkap yang dirancang khusus untuk membantu penggajian bisnis kecil.

Dengan software ini, Anda bisa dengan mudah membayar karyawan kontraktor, mengelola informasi akhir tahun, mengurus dan membayar pajak, serta mendapatkan akses ke sumber daya dukungan yang bermanfaat.

Square Payroll juga dilengkapi dengan aplikasi untuk perangkat Android dan iOS yang memudahkan Anda mengelola penggajian dari mana saja.

Fitur

  • Menjalankan penggajian otomatis.
  • Terintegrasi dengan Square Point of Sale.
  • Tersedia paket khusus untuk kontraktor.

4. Deel

Deel merupakan layanan penggajian internasional yang memiliki rencana penggajian khusus untuk kontraktor di lebih dari 100 negara.

Deel juga menawarkan rencana administrasi HR gratis yang memungkinkan pengusaha menyimpan data, mengotomatisasi, alur kerja, mengumpulkan dokumen, dan mengelola waktu cuti tanpa biaya tambahan.

Fitur

  • Ahli kepatuhan lokal.
  • Pembayaran pajak lokal secara otomatis (jika berlaku).
  • Pembuatan faktur otomatis.

5. OnPay

OnPay adalah software payroll berbasis cloud yang membantu bisnis mengelola penggajian, pajak, SDM, dan benefit. Layanan software OnPay menyediakan platform yang mudah digunakan untuk mengatur data karyawan dan melaksanakan penggajian tanpa batas.

Dengan OnPay, Anda dapat melihat slip gaji dan informasi jam kerja, serta jatah cuti yang juga bisa diakses melalui aplikasi seluler.

Fitur

  • Kemudahan pendaftaran kontraktor.
  • Pengelolaan penggajian penuh.
  • Employee self service. 
  • Pengaturan penggajian yang mudah untuk konyraktor.
  • Beragam opsi pembayaran.

6. Rippling

Rippling memberikan dukungan khusus untuk bisnis yang bekerja dengan kontraktor. Platform ini mengelola penggajian nasional dan internasional termasuk deposit langsung, administrasi pajak, dan pelacakan jam kerja.

Rippling juga memungkinkan kontraktor untuk mencatat jam masuk dan keluar, agar pencatatan jam kerja menjadi lebih akurat.

Fitur

  • Proses pendaftaran kontraktor yang mudah.
  • Pembayaran kontraktor dalam mata uang lokal.
  • Platform terpusat untuk semua tugas sumber daya manusia, teknologi informasi, keuangan, dan penggajian.
  • Pelacakan waktu yang sudah terintegrasi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software Payroll Usaha Jasa

software payroll kontraktor

7. eBacon

eBacon merupakan software payroll yang menyediakan berbagai fitur seperti penggajian bersertifikat, laporan kepatuhan, manajemen tunjangan tambahan, dan sebagainya.

Software ini memiliki user inteferface (UI) atau tampilan yang mudah digunakan, sehingga membuat proses penggajian lenih efisien.

Fitur

  • Penggajian.
  • Pengelolaan pajak.
  • Alat khusus untuk perusahaan konstruksi.
  • Pengelolaan HR.

8. Zenefits

Zenefits adalah software payroll berbasis cloud yang membantu perusahaan kecil dan menengah dalam hal penggajian, rekrutmen, dan manajemen benefit karyawan.

Salah satu fitur utamanya adalah pengelolaan benefit, di mana Anda bisa memilih dari berbagai rencana keehatan dan keanggotaan yang berbeda untuk membuat paket benefit yang sesuai.

Selain itu, Zenefits memiliki employee self-service yang memungkinkan karyawan untuk mengurus benefit, mengurus pajak, dan melihat slip gaji mereka sendiri.

Fitur

  • Pengelolaan benefit. 
  • Pengelolaan SDM lebih efisien.
  • Kepatuhan otomatis.
  • Employee self-service. 
  • Pelacakan cuti berbayar.

9. Payroll4Construction

Payroll4Construction adalah sebuah softwarepayroll khusus yang dirancang untuk perusahaan konstruksi. Hal ini membantu perusahaan untuk menghitung gaji karyawan hingga melaporkan pajak.

Software ini juga dapat mengelola perhitungan biaya pekerjaan dari yang sederhana hingga kompleks, serta menyediakan berbagai laporan khusus untuk bisnis konstruksi, termasuk yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan perusahaan.

Fitur

  • Otomatis, deposit cepat, pelacakan cuti.
  • Bayar karyawan per jam atau gaji tetap, termasuk kontraktor.
  • Tersedia fitur tambahan seperti pelacakan waktu, layanan mandiri karyawan, dan penahanan gaji (biaya tambahan).
  • Alat khusus konstruksi: tingkat upah, perhitungan biaya, laporan bersertifikat.
  • Fitur-fitur HR.

10. Xero

Xero merupakan software yang bisa digunakan untuk mengelola pembayaran gaji sekaligus mengontrol keuangan proyek konstruksi. Hal ini membuat pembayaran gaji lebih otomatis dan trhubung dengan bank untuk transaksi secara lancar.

Selain itu, Xero juga bisa membantu Anda untuk melacak biaya proyek dan mengirimkan faktur, serta terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain seperti PayPal dan Stripe.

Fitur

  • Merekam dan menjadwalkan pembayaran dengan mudah.
  • Sinkronisasi dengan bank untuk melacak transaksi.
  • Memantau keuangan proyek konstruksi.
  • Menyediakan laporan keuangan untuk melihat kinerja bisnis.
  • Mendukung pembayaran dalam berbagai mata uang dan integrasi dengan banyak metode pembayaran.

11. Zoho Payroll

Zoho Payroll merupakan software payroll kontraktor yang dapat mengelola berapa gaji yang harus dibayarkan kepada karyawan, benefit apa yang mereka terima, dan bagaimana pembayarannya dilakukan.

Sistem ini dapat menghitung gaji secara otomatis, jadwal pembayaran, dan menyusun slip gaji untuk dicetak. Selain itu, Zoho Payroll juga dapat membantu Anda mengelola pinjaman karyawan.

Fitur

  • Otomatisasi penggajian yang cepat dan mudah.
  • Mendukung berbagai struktur gaji dan pengaturan tambahan seperti manfaat, potongan, dan bonus.
  • Employee self-service untuk karyawan.
  • Kontrol akses pengguna untuk keamanan dan kolaborasi.

12. Intuit Payroll

Intuit Payroll adalah sistem penggajian yang dapat mengukur dan merancang agar proses penggajian dapat dipercepat. Platform ini menyediakan banyak fitur termasuk otomatisasi perhitungan pajak.

Selain manajemen gaji, Intuit Payroll memiliki alat untuk membantu dalam rekrutmen, pemilihan karyawan, dan dukungan ahli dalam penggajian.

Fitur

  • Dukungan spesialis dalam penggajian untuk membantu dalam proses penggajian.
  • Alat untuk rekrutmen yang membantu dalam pencarian dan pemilihan calon karyawan.
  • Mudah dalam mengatur dan mengonfigurasi software.

Baca Juga: 11 Cara dan Tips LinkedIn Untuk Peran Sales

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat dipahami bahwa setiap perusahaan konstruksi perlu menggunakan software payroll, untuk memudahkan proses pengelolaan gaji, pajak, dan pengeluaran.

Namun, sebelum memilih software payroll kontraktor ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari manajemen penggajian, dukungan pajak, employee self-service, dan apakah software tersebut sudah terintegrasi dengan software akuntansi.

Salah satu software payroll yang perlu Anda pertimbangkan adalah Gajihub, sebab software ini mencakup berbagai kebutuhan perusahaan, mulai dari urusan payroll hingga administrasi karyawan, seperti absensi serta pengelolaan izin dan cuti.

Yuk, kunjungi tautan ini dan coba gratis fitur-fiturnya selama 14 hari.

Catatan Kaki: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *