10+ Rekomendasi Software HRIS Terbaik dan Terlengkap

software hris terbaik

Penggunaan software HRIS terbaik menjadi kebutuhan yang tidak boleh diabaikan perusahaan. Software ini dapat membantu mempermudah pengelolaan karyawan mulai dari proses penggajian, absensi karyawan, pengelolaan BPJS dan PPh 21, pengajuan cuti dan izin, dan lainnya.

Apakah perusahaan Anda telah menggunakan software HRIS ini? Atau saat ini sedang mempertimbangkannya?

Nyatanya memilih software HRIS terbaik bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai pertimbangan yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk memilihnya, mulai dari fitur yang dimilikinya, kelebihan, integrasi, hingga harganya.

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan mengenai rekomendasi software HRIS terbaik. Buat Anda yang masih bingung memilih software HRIS bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Apa Saja Fitur yang Dibutuhkan untuk Software HRIS Terbaik?

software hris terbaik

Berikut fitur-fitur yang wajib ada pada software HRIS terbaik:

1. Employee Self Service

Pernahkah Anda terbayangkan karyawan bisa melakukan layanan mandiri tanpa mengandalkan peran dari HRD atau perusahaan? Dengan software HRIS Anda dapat melakukannya.

Software HRIS terbaik dilengkapi dengan fitur Employee Self Service (ESS) yang akan membuat karyawan dapat melakukan layanan mandiri. Mulai dari pengajuan izin dan cuti, absensi karyawan, dan lainnya.

Dengan fitur ini, perusahaan akan lebih mudah dan efektif dalam melakukan pengelolaan karyawan.

2. Manajemen Rekrutmen

Perangkat lunak HRIS terbaik mengotomatiskan proses perekrutan, mengintegrasikan dengan portal pekerjaan dan situs web internal untuk menyederhanakan perekrutan. Dengan mengintegrasikan dengan portal lowongan kerja, situs web internal, dan penyedia layanan ketenagakerjaan, proses perekrutan otomatis dapat membantu menghilangkan stres dalam perekrutan.

Apa yang terjadi setelah Anda mempekerjakan mereka? Di sini, sistem HRIS berperan penting. Kunci keberhasilan orientasi adalah memastikan karyawan baru dapat langsung bekerja.

Proses orientasi otomatis menggunakan HRIS dapat menangani dokumen dan pemberitahuan sehingga manajer HR tidak perlu mengejar karyawan dan manajer. Dengan cara ini, prosesnya menjadi lebih lancar.

3. Basis Data Karyawan

Menyimpan data karyawan yang akurat sangatlah penting. Namun dengan banyaknya tempat penyimpanan data ini (spreadsheet, dokumen individual, dll.), melacak semuanya bisa menjadi tantangan tersendiri. Di sinilah perangkat lunak HRIS menjadi sangat berguna.

Dengan menyimpan semua data karyawan Anda dalam satu database pusat, Anda dapat memastikan bahwa semuanya selalu terbaru dan akurat. Selain itu, perangkat lunak ini dapat berkomunikasi dengan fitur-fitur lain dan integrasi pihak ketiga, sehingga membuat pekerjaan seorang profesional HR menjadi lebih mudah.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software HRIS Industri Retail Terbaik, Apa Saja?

4. Sistem Penggajian

Karyawan dapat menggunakan sistem HRIS untuk memproses penggajian mereka dan melihat potongan gaji sebelumnya. Untuk menghitung gaji kotor, sistem ini mengambil data karyawan, termasuk tingkat gaji, data waktu, tunjangan yang dipilih, dan kewajiban pajak. Karyawan juga dapat masuk ke sistem untuk melihat catatan pajak akhir tahun mereka.

5. Manajemen Kehadiran dan Jadwal

HRIS dapat membantu mengurangi kerumitan dalam mengelola kehadiran dan cuti karyawan. Dengan HRIS, perusahaan dapat dengan cepat dan efisien melacak kehadiran karyawan, perubahan jadwal, dan ketidakhadiran.

Data ini kemudian dapat diekspor dengan lancar ke sistem penggajian, menghemat waktu dan sumber daya yang berharga.

6. Administrasi Tunjangan

Fitur HRIS manajemen tunjangan karyawan memungkinkan karyawan untuk mendaftar ke tunjangan yang ditawarkan oleh perusahaan, seperti asuransi kesehatan, gigi, dan penglihatan. Potongan-potongan tersebut kemudian secara otomatis dikonversi menjadi potongan gaji yang sesuai dengan pajak.

Baca Juga: 7 Self Service Software Terbaik, Arti, Hingga Manfaatnya

7. Manajemen dan Pemantauan Kinerja

Sistem manajemen kinerja yang efektif sangat penting bagi perusahaan mana pun yang ingin memastikan bahwa karyawannya bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan strategisnya.

Sistem seperti ini memungkinkan supervisor dan tim di HR untuk tidak terlalu fokus pada penilaian kinerja secara manual dan lebih fokus pada bagian proses yang memiliki nilai tambah, seperti pembinaan, dukungan, dan pelatihan karyawan.

Dengan sistem manajemen kinerja HRIS yang efektif, perusahaan dapat memastikan proses penilaian mereka tidak bias, menghubungkan kinerja karyawan dengan kompensasi, dan membangun sistem pembayaran berbasis kinerja.

8. Pembelajaran dan Pengembangan

Sistem HRIS dapat memonitor semangat kerja karyawan dan mengidentifikasi potensi masalah dengan melakukan survei denyut nadi secara berkala. Selain itu, beberapa sistem HRIS dapat melakukan pelatihan kepatuhan atau kursus pembelajaran untuk menjaga karyawan tetap mengikuti perkembangan peraturan baru.

9. Analisis dan Pelaporan

Pelaporan dan analisis adalah salah satu fitur yang kurang umum dalam sistem HRIS. Namun, beberapa sistem memiliki fitur pelaporan HR otomatis yang dapat memberikan wawasan tentang pergantian karyawan, ketidakhadiran, kinerja, dan banyak lagi. Analisis melangkah lebih jauh dengan menganalisis data ini untuk memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik.

10. Kepatuhan

Perusahaan dapat menggunakan sistem HRIS untuk mengotomatiskan kepatuhan dan pelaporan berbagai peraturan. Dengan melacak data karyawan, jam kerja, tunjangan, dan poin data lainnya, HRIS dapat membantu mengidentifikasi area-area di mana kepatuhan mungkin kurang.

Dengan cara ini, Anda dapat mengambil tindakan korektif dengan cepat dan efisien untuk memastikan bahwa perusahaan memenuhi semua persyaratan peraturan.

Baca Juga: 16 Manfaat Software HR, Jenis, Hingga Cara Memilihnya

Bagaimana Tips Memilih Software HRIS Terbaik?

software hris terbaik

1. Pahami Tujuan Perusahaan Anda

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami tujuan perusahaan Anda dan bagaimana software HRIS dapat membantunya.

Dengan begitu Anda bisa melanjutkan tips selanjutnya yakni dengan memperhatikan fitur yang dimiliki.

2. Perhatikan Fitur Software HRIS

Setelah paham tujuan dari perusahaan Anda, selanjutnya adalah memperhatikan fitur software HRIS yang dimiliki. Ketika Anda tertarik memilih sebuah software HRIS, pastikan Anda memperhatikan fitur yang dimiliki.

Sesuai atau tidak untuk kebutuhan dan tujuan perusahaan Anda. Jika sesuai, Anda bisa memilihnya.

3. Bandingkan Harga

Jangan lupa untuk membandingkan harga software HRIS yang menarik perhatian Anda. Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Jika ada software dengan harga terjangkau dan memiliki fitur yang sesuai kebutuhan, kenapa harus memilih yang mahal?

4. Layanan Customer Support

Pastikan software HRIS pilihan Anda memiliki layanan customer support yang baik. Dengan adanya layanan ini, Anda akan dimudahkan ketika membutuhkan bantuan terkait penggunaan software HRIS.

5. Lakukan Riset Lebih Mendalam

Jangan lupa untuk melakukan riset lebih mendalam. Pastikan semua kebutuhan Anda sebelum memilih software HRIS.

Baca Juga: Pahami Pengertian dan Perbedaan HRIS, HRMS, HCM

Apa Saja Rekomendasi Software HRIS Terbaik?

Berikut 10+ rekomendasi software payroll terbaik yang bisa menjadi referensi Anda untuk pengelolaan karyawan yang mudah dan efisien:

1. Software HRIS GajiHub

software payroll

GajiHub merupakan software HRIS terbaik yang telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. Software ini menggunakan sistem cloud dimana semua bisa dilakukan secara online sehingga Anda tidak perlu melakukan instalasi untuk menggunakannya.

Kelebihan

GajiHub adalah software HRIS yang cocok untuk semua bisnis, baik bisnis dengan skala besar ataupun UMKM. Untuk mendukungnya, GajiHub menyediakan paket freemium atau gratis selamanya yang bisa menjadi pilihan UMKM untuk melakukan pengelolaan karyawan tanpa biaya.

Dengan fitur Employee Self Service (ESS) perusahaan dan karyawan juga akan dimudahkan karena karyawan bisa melakukan layanan mandiri, mulai dari pengajuan cuti dan izin, absensi online, pengajuan reimbursement, pengajuan kasbon, dan lainnya.

Tidak hanya itu, fitur absensi yang dimiliki GajiHub juga terbilang lengkap yakni Anda bisa absensi selfie dan juga mengatur absensi berdasarkan GPS dan alamat IP. Ini memudahkan perusahaan untuk mengontrol dimana karyawan bisa melakukan absensi.

Integrasi

GajiHub saat ini telah terintegrasi dengan software akuntansi Kledo. Jadi Anda bisa melakukan pengelolaan karyawan dan pengelolaan keuangan dalam aplikasi yang saling terintegrasi.

Harga

Terdapat 3 (tiga) pilihan paket GajiHub, yakni:

  • Gratis selamanya.
  • Paket pro dengan harga mulai dari Rp4.900/karyawan/bulan.
  • Paket elite dengan harga mulai dari Rp11.900/karyawan/bulan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software Payroll dan HR Terbaik

2. Deel

deel

Deel adalah software HRIS komprehensif yang dirancang untuk bisnis dari semua ukuran. Untuk bisnis kecil dan startup, Deel telah membuat alat SDM baru mereka gratis, jadi ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk orientasi dan mengelola bantuan tambahan.

Selain itu, kompatibilitas global Deel memungkinkan Anda mempekerjakan dan mengelola pekerja lepas dan karyawan di lebih dari 150+ negara tanpa harus mencari tahu hukum setempat, sistem pajak, atau manajemen penggajian internasional.

Kelebihan

Platform Deel ramah pengguna dan mengintegrasikan beberapa fitur yang membuatnya mudah untuk mengelola dan membayar pekerja secara patuh tanpa menyulap beberapa alat. Fitur-fitur yang tersedia untuk setiap klien seperti manajemen kontrak dan opsi saham, penggantian biaya, dan pelacakan dokumentasi kepatuhan.

Karyawan dan kontraktor dapat mengelola sendiri gaji dan data pribadi mereka, sehingga mengurangi beban admin. Deel menggunakan penyedia pembayaran utama seperti Wise, PayPal, Payoneer, dan Revolut untuk menawarkan opsi penarikan yang fleksibel dan mengurangi biaya transfer internasional yang tidak perlu.

Deel memiliki ulasan online yang positif dari klien dan pekerja mereka. Perusahaan ini menawarkan dukungan obrolan online 24/7.

Integrasi

Integrasi tersedia dengan Ashby, BambooHR, Expensify, Greenhouse, Hibob, Netsuite, Okta, OneLogin, Quickbooks, SCIM, Xero, Workday, dan Workable. Mereka juga memiliki solusi Open API yang memungkinkan pengembang untuk membangun antarmuka mereka sendiri di atas platform Deel.

Harga

Perangkat manajemen SDM Deel gratis untuk bisnis. Mereka menawarkan harga tarif tetap untuk layanan perekrutan dan penggajian mereka, jadi Anda bisa dengan mudah meningkatkan atau menurunkan tergantung pada situasi Anda. Anda bisa meminta demo gratis melalui situs web mereka untuk mendiskusikan kebutuhan perekrutan Anda.

3. Rippling

software hris terbaik rippling

Rippling adalah perangkat lunak HR all-in-one yang membantu bisnis kecil mengelola semua aspek manajemen karyawan dari satu lokasi terpusat. Dengan fitur-fitur seperti orientasi otomatis, penyimpanan dan pengambilan dokumen digital, dan pemrosesan penggajian lengkap, perangkat lunak ini menyediakan cara yang efisien untuk menangani tugas-tugas HR yang paling penting.

Kelebihan

Fitur penggajian mengotomatiskan pencatatan waktu kerja dan gaji. Hal ini menghilangkan kebutuhan akan entri manual dan memastikan bahwa karyawan dibayar tepat waktu dan akurat setiap periode pembayaran.

Fitur orientasi membantu perusahaan secara otomatis menyiapkan akun karyawan dengan semua informasi yang diperlukan, seperti formulir pajak, paket tunjangan, dan kebijakan perusahaan, yang menghemat waktu dan energi sekaligus memastikan akurasi.

Fitur offboarding memungkinkan pemberi kerja untuk dengan cepat mengakhiri akun karyawan dan mengakses semua dokumen yang relevan di satu tempat-memudahkan untuk melacak siapa yang saat ini dipekerjakan oleh perusahaan pada waktu tertentu.

Fitur manajemen TI & keamanan menawarkan kontrol penuh atas titik akses karyawan, seperti akun email dan aplikasi, tanpa memerlukan intervensi manual dari staf TI atau administrator.

Ini memberikan solusi sistem masuk tunggal yang memungkinkan karyawan untuk dengan mudah mengakses beberapa aplikasi tanpa mengingat nama pengguna atau kata sandi individu.

Platform ini juga menawarkan pelacakan waktu dan manajemen pengeluaran sehingga pengguna dapat dengan mudah melacak jam kerja karyawan dan biaya yang dikeluarkan saat bekerja.

Integrasi

Terakhir, perangkat lunak ini terintegrasi dengan program akuntansi populer seperti QuickBooks Online untuk menyinkronkan informasi keuangan dengan cepat di antara kedua sistem tanpa kerumitan.

Baca Juga: HRIS Adalah: Berikut adalah Pengertian Lengkap dan Cara Memilihnya

4. Greenhouse

greenhouse

Greenhouse adalah perangkat lunak perekrutan, perekrutan, dan orientasi karyawan yang menyediakan paket dasar yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kecil. Anda bisa menjangkau kandidat yang lebih luas melalui perangkat lunak ini, dan memposting di lebih dari seribu papan lowongan kerja.

Perangkat lunak ini membantu Anda memposting di papan yang paling relevan dengan rekomendasi cerdas berdasarkan kinerja industri dan data historis. Papan yang disertakan adalah situs khusus dan juga pasar kerja utama.

Kelebihan

Anda bisa melacak semua informasi kontak kandidat Anda dalam database kontak platform. Anda juga dapat menggunakan data tersebut untuk membuat tindak lanjut yang dipersonalisasi, permintaan wawancara, dan komunikasi keterlibatan kandidat lainnya.

Platform ini memiliki alat otomatisasi untuk membantu Anda mengurangi beban kerja dalam menjaga komunikasi dengan kandidat.

Anda bisa membuat kartu penilaian untuk menyeleksi kandidat, dan melakukan penyaringan secara anonim untuk memastikan evaluasi yang adil dan konsisten. Setelah Anda merekrut karyawan, perangkat lunak ini memiliki seperangkat alat orientasi yang lengkap untuk membantu Anda menjalankannya dengan cepat.

Inetgrasi

Perangkat lunak ini terintegrasi dengan alat lain termasuk Broadbean, Canditech, Cord, Docusign, Dropbox, FlexJobs, Google Meet, Indeed, Microsoft Teams, Paradox, dan Seek. Demo gratis tersedia, dan informasi harga tersedia berdasarkan permintaan.

5. Bamboo HR

bamboo hr

Rekomendasi software HRIS terbaik selanjutnya adalah Bamboo HR. Bamboo HR adalah solusi manajemen SDM populer yang dibuat untuk bisnis kecil.

Alat ini mengumpulkan data karyawan dari seluruh siklus hidup karyawan dan menyimpannya dalam database yang aman. Memiliki akses ke catatan ini menyederhanakan manajemen karyawan.

Kelebihan

Alat ini memiliki solusi untuk beberapa fungsi SDM. Rangkaian fitur perekrutan meningkatkan seluruh proses perekrutan.

Alat ini menangani segala hal mulai dari membuat iklan lowongan kerja hingga pelacakan dan manajemen pelamar. Alat ini juga memungkinkan Anda membuat urutan orientasi yang kuat dan mengelola penggajian.

Beberapa fitur yang paling menarik adalah seputar membangun budaya perusahaan. Anda bisa membuat survei kepuasan karyawan dengan umpan balik anonim untuk mengetahui pendapat orang tentang pekerjaan. Anda kemudian dapat melacak ini dari waktu ke waktu untuk melihat bagaimana upaya pelibatan karyawan Anda membuahkan hasil.

Fitur lainnya membuat tinjauan kinerja karyawan menjadi cepat dan mudah. Hal ini memungkinkan Anda untuk beralih dari tinjauan tahunan ke tinjauan yang lebih sering.

Paket dan Harga

Bamboo HR memiliki dua paket: esensial dan keuntungan. Hubungi perusahaan untuk mendapatkan penawaran.

6. Paycor

paycor

Software HRIS terbaik Paycor membantu bisnis kecil mengelola semua aspek SDM, termasuk manajemen penggajian, administrasi tunjangan, dan kepatuhan. Selain penawaran HR inti, Paycor menyediakan berbagai layanan, seperti orientasi karyawan, manajemen kinerja, dan pelacakan waktu & kehadiran.

Kelebihan

Platform berbasis cloud ini memungkinkan Anda menyederhanakan proses HR dan mengelola data karyawan di satu lokasi pusat. Paycor juga menyediakan alat untuk membantu Anda mengelola proses orientasi karyawan dengan pelacakan waktu, biaya pekerjaan, dan pelaporan karyawan baru.

Anda dapat dengan yakin membayar karyawan Anda tepat waktu dan melacak biaya tenaga kerja secara akurat. Platform ini membantu pengguna mengelola laporan pengeluaran dan memitigasi risiko dengan alat bantu kepatuhan. Manajer juga dapat mengatur pengingat otomatis bagi karyawan mereka untuk menyerahkan absensi dan meninjau permintaan liburan mereka.

Paycor membantu Anda mengidentifikasi kesenjangan talenta dan membuat rencana suksesi. Modul manajemen talenta memberikan Anda dan manajer Anda wawasan berbasis data tentang karyawan mana yang berkembang dan mana yang mungkin mengalami kesulitan.

Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk menyediakan sumber daya pelatihan dan pengembangan yang ditargetkan.

Selain itu, alat untuk meninjau dan memberikan umpan balik membantu manajer memastikan bahwa anggota tim mereka berada di jalur yang tepat dan memenuhi harapan. Paycor juga memungkinkan karyawan untuk melihat catatan karyawan mereka sendiri dan melacak kemajuan mereka, memberdayakan mereka untuk mengambil kendali atas karier mereka dan memastikan bahwa semua orang bekerja menuju tujuan yang sama.

Integrasi

Platform ini terintegrasi dengan aplikasi seperti Instant Pay, Goodhire, WEX, bswift, Humana, Indeed, dan LinkedIn. Ada lusinan integrasi lain yang tersedia melalui pasarnya.

Harga

Harga untuk Paycor mulai dari biaya tetap $99/bulan ditambah $5/karyawan/bulan.

Baca Juga: 10+ Rekomendasi Aplikasi Absensi Kontraktor Terbaik

7. Oyster

oyster

Oyster merupakan software HRIS komprehensif yang memungkinkan perusahaan untuk merekrut, mempekerjakan, orientasi, membayar, dan menyediakan tunjangan karyawan untuk staf atau kontraktor di seluruh dunia.

Dengan Oyster, Anda dapat membuat dan mengelola profil karyawan, melacak cuti dan cuti sakit, serta memantau ketidakhadiran. Perangkat lunak ini dapat membuat slip gaji dan formulir pajak serta melacak perlindungan asuransi karyawan.

Kelebihan

Oyster juga menawarkan berbagai templat dan alat untuk membantu bisnis membuat formulir dan prosedur SDM khusus. Hal ini dapat sangat membantu bagi bisnis kecil yang tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk mengembangkan protokol SDM.

Sebelum menyetujui perekrutan karyawan internasional, Anda dapat memperoleh perkiraan biaya menggunakan kalkulator biaya tenaga kerja Oyster, sehingga Anda dapat menetapkan anggaran dan merencanakan pengeluaran secara akurat. Setelah Anda siap, Oyster juga membantu Anda membuat, mengelola, dan menyimpan kontrak untuk karyawan baru.

Anda bisa menggunakan Oyster untuk memposting lowongan pekerjaan dan mengawasi perekrutan juga. Sistem mereka memungkinkan Anda untuk melacak respons kandidat, membuat panduan wawancara, dan bahkan menawarkan tawaran pekerjaan bersyarat.

Sistem ini menyederhanakan proses penerimaan staf baru, mulai dari membuat akun baru hingga mengunggah dokumen dan mengatur penggajian. Oyster juga melacak peran, tanggung jawab, dan informasi kontak karyawan.

Anda bisa mengonfigurasi kontrak berdasarkan lokasi karyawan dan hukum ketenagakerjaan setempat, dan membayar karyawan dalam lebih dari 120 mata uang, termasuk beberapa metode pembayaran.

Perangkat lunak ini menyediakan platform pusat bagi pengguna untuk mengkonsolidasikan faktur dan membuat laporan terperinci tentang biaya penggajian. Fitur manajemen biaya bawaan Oyster memungkinkan pengguna untuk menyetujui dan mengganti biaya untuk pekerja jarak jauh.

Selain sistem orientasi dan penggajian, Oyster menawarkan add-on Oyster Health untuk menyederhanakan proses pembuatan paket tunjangan bagi karyawan internasional.

Perusahaan kecil dapat menghemat waktu dan biaya dengan mengalihdayakan kebutuhan SDM mereka ke Oyster HR dengan tetap menjaga kepatuhan terhadap semua hukum dan peraturan yang relevan.

Integrasi

Oyster terintegrasi secara native dengan program lain seperti ATS, HRIS, dan aplikasi ERP. Integrasi utama termasuk BambooHR, Bob, Expensify, Greenhouse, Oracle Netsuite, QuickBooks, Workday, dan Xero.

Harga

Harga untuk Oyster mulai dari $499/karyawan/m

8. Paychex

paychex

Paychex Flex adalah platform berbasis cloud yang menawarkan berbagai layanan HR, termasuk penggajian, administrasi tunjangan, waktu dan kehadiran, dan perekrutan.

Fungsi-fungsi komprehensifnya sangat cocok untuk mendukung bisnis kecil, tetapi juga dirancang untuk dapat diskalakan, sehingga Anda tidak akan melampaui kapasitasnya saat Anda berkembang.

Software ini menawarkan tingkat kustomisasi yang tinggi, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sistem agar sesuai dengan proses dan alur kerja HR spesifik Anda. Fleksibilitas ini memastikan bahwa perangkat lunak dapat tumbuh dan berkembang bersama dengan bisnis Anda.

Kelebihan

Salah satu fitur yang menonjol dari Paychex Flex adalah layanan penggajiannya, yang terintegrasi dengan lancar dengan solusi administrasi SDM dan tunjangan yang lebih luas.

Integrasi ini menyederhanakan manajemen data, menghilangkan kebutuhan untuk entri data ganda, dan memastikan konsistensi di berbagai fungsi SDM. Layanan penggajian Paychex Flex juga menghasilkan berbagai laporan terkait penggajian, pajak, tunjangan, dan biaya tenaga kerja, yang dapat disesuaikan dan diekspor untuk analisis lebih lanjut.

Paychex Flex juga memiliki fitur administrasi tunjangan yang sangat baik yang terintegrasi dengan operator asuransi dan penyedia tunjangan, menyederhanakan administrasi tunjangan karyawan.

Dimulai dengan orientasi karyawan, Paychex Flex menangani komunikasi dan koordinasi antara karyawan, pemberi kerja, dan penyedia tunjangan selama proses pendaftaran.

Selain itu, Paychex Flex juga dapat membantu memastikan bahwa bisnis Anda mematuhi berbagai undang-undang dan peraturan, termasuk Consolidated Omnibus Budget Reconciliation Act (COBRA) dan Affordable Care Act (ACA).

Ini sangat cocok untuk bisnis kecil yang mungkin tidak memiliki staf yang dapat membantu memastikan kepatuhan.

Integrasi

Paychex Flex terintegrasi dengan BambooHR, Clover, Flowtrics, GoCo, JazzHR, Oracle, QuickBooks Time, Webtimeclock, Timeero, dan Xero.

Harga

Paychex Flex berbiaya mulai dari $39/bulan + $5/karyawan/bulan dan tersedia demo gratis.

Baca Juga: 10 Aplikasi Absensi Online Terbaik untuk Semua Bisnis

9. Remofirst

remofirst

Remofirst adalah solusi perangkat lunak SDM berbasis cloud yang membantu usaha kecil dan startup mematuhi peraturan pajak dan undang-undang ketenagakerjaan. Software ini mengotomatiskan proses pajak dan penggajian serta menawarkan jaminan kepatuhan, yang melindungi bisnis dari potensi penalti.

Selain itu, Remofirst juga menyediakan dukungan dan sumber daya untuk membantu perusahaan mematuhi peraturan yang terus berubah.

Kelebihan

Portal layanan mandiri Remofirst memungkinkan perusahaan untuk melihat dan memperbarui informasi karyawan mereka, termasuk informasi kontak, jabatan, dan data gaji. Anda dapat menggunakan Remofirst untuk mendaftarkan karyawan dalam asuransi kesehatan, asuransi gigi, dan program tunjangan lainnya.

Karyawan dapat menggunakan alat ini untuk melihat pilihan manfaat mereka dan membuat perubahan pada cakupan mereka.

Remofirst juga menawarkan aplikasi seluler yang memungkinkan pengguna mengakses akun mereka dari mana saja. Aplikasi ini memudahkan untuk melacak jam kerja dan hari libur karyawan, serta menghitung pajak penggajian.

Fitur pelaporan penggajian Remofirst memudahkan bisnis untuk melacak informasi penggajian karyawan. Laporan ini mencakup informasi rinci tentang gaji, potongan, dan kontribusi karyawan.

Remofirst juga dapat membuat laporan pajak dan mengevaluasi tunjangan dan paket kompensasi karyawan. Informasi ini dapat memverifikasi bahwa karyawan dibayar dengan benar dan memastikan bahwa potongan dipotong dengan benar.

Semua data karyawan disimpan dengan aman di cloud Remofirst, sehingga memudahkan bisnis untuk mengakses dan menggunakannya saat dibutuhkan.

Remofirst menyediakan fitur live chat kepada pelanggan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, memberikan akses kepada tim ahli untuk membantu memecahkan masalah.

Harga

Biaya layanan Remofirst mulai dari $199/karyawan/bulan dan tersedia di lebih dari 170 negara. Mereka juga menawarkan paket $25/bulan jika Anda hanya perlu mengelola kontraktor global.

10. Bambee

bambee

Bambee adalah software HRIS terbaik berbasis cloud yang menyediakan akses ke dukungan SDM dan panduan dari para profesional SDM bersertifikat untuk usaha kecil. Perangkat lunak ini dirancang untuk membantu bisnis kecil dengan kebutuhan SDM mereka, seperti orientasi karyawan, kepatuhan, dan pemutusan hubungan kerja.

Kelebihan

Perangkat lunak HR Bambee terjangkau dan mudah digunakan dengan antarmuka pengguna yang intuitif. Tim dukungan pelanggan selalu tersedia untuk membantu dengan pertanyaan atau masalah apa pun, dan semua klien menerima manajer SDM yang berdedikasi juga.

Selain itu, Anda juga bisa mendaftar untuk layanan penggajian terpandu mereka sebagai tambahan jika Anda membutuhkan bantuan tambahan untuk proses penggajian Anda.

Salah satu area di mana Bambee unggul adalah fitur pelacakan kepatuhan otomatisnya, yang memastikan bahwa bisnis Anda selalu sesuai dengan undang-undang SDM negara bagian dan federal.

Fitur audit SDM mereka juga secara otomatis meninjau kebijakan SDM Anda untuk mengetahui adanya celah potensial yang perlu ditangani, membantu Anda menjaga agar kebijakan Anda tetap terbarui dengan perubahan hukum.

Selain itu, fitur pemantauan kepatuhan mereka juga mencakup persyaratan pelatihan wajib yang meliputi kesehatan dan keselamatan, etika, pelatihan pelecehan seksual, dan persyaratan internal lainnya.

Integrasi

Rincian integrasi saat ini tidak tersedia.

Harga

Harga untuk Bambee mulai dari $99/bulan. Anda juga bisa meminta demo gratis melalui situs web mereka.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Tambang dan Tips Memilihnya

11. Homebase

software hris terbaik homebase

Homebase merupakan perangkat lunak manajemen karyawan lengkap dengan penjadwalan, pelacakan waktu, perekrutan dan orientasi, komunikasi tim, kebahagiaan karyawan, dan fitur-fitur kepatuhan SDM.

Fungsionalitas kepatuhan SDM membantu perusahaan rintisan dan usaha kecil mengotomatiskan dokumen seperti catatan karyawan dan memiliki kemampuan tanda tangan elektronik untuk dokumen virtual.

Sistem ini melacak sertifikasi karyawan dan mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna ketika ada perubahan undang-undang ketenagakerjaan untuk memastikan mereka tetap patuh pada undang-undang tingkat federal dan negara bagian.

Kelebihan

Pengguna dapat mengelola permintaan cuti karyawan dan menetapkan kebijakan PTO secara langsung di perangkat lunak. Penjadwalan dapat dikelola dalam perangkat lunak dan jam kerja membantu melacak waktu kerja, istirahat, dan cuti karyawan.

Penggajian karyawan diotomatisasi berdasarkan absensi, dan sistem memproses pengajuan pajak atas nama pengguna.

Perangkat lunak ini juga memfasilitasi kolaborasi tim dengan platform perpesanan bawaannya. Pesan langsung, pengumuman di seluruh perusahaan, dan komunikasi grup dan tim dapat difasilitasi melalui portal pesan.

Administrator bisa melacak metrik kinerja karyawan dan mengirimkan shout-out melalui platform ini. Perekrutan dan orientasi juga bisa dikelola, termasuk memposting posisi terbuka pada papan pekerjaan dan melacak kandidat melalui proses wawancara dan orientasi.

Harga

Paket freemium tersedia untuk tim hingga 20 orang, dan paket berbayar mulai dari $20/bulan.

gajihub 2

Baca Juga: 10 Aplikasi Absensi Retail Terbaik, Rekomendasi Nomor 1

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai rekomendasi software HRIS yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang masih bingung memilih sofware HRIS terbaik. Memilih software HRIS sebenarnya tidaklah terlalu sulit, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan Anda dengan fitur-fitur yang dimilikinya.

GajiHub menjadi rekomendasi software payroll dan aplikasi HRIS terbaik karena fitur yang dimilikinya sangat lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bisnis di Indonesia. Selain itu harga yang dimiliki juga sangat terjangkau dan tersedia paket gratis selamanya untuk UMKM.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *