15 Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia

situs lowongan kerja

Situs lowongan kerja menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan. Situs ini juga menjadi tempat bagi HRD untuk memberikan informasi terkait kebutuhan kandidat untuk mengisi kekosongan posisi di perusahaan.

Di Indonesia sendiri, saat ini telah banyak situs lowongan kerja yang akan memberikan informasi berbagai jenis lowongan kerja. Mulai dari lowongan kerja untuk posisi staf, lowongan kerja berdasarkan jenis pekerjaan, hingga lowongan kerja remote.

Lalu apa saja situs lowongan pekerjaan bisa dijadikan rekomendasi untuk mencari kerja dan mencari kandidat potensil? Yuk simak informasinya di bawah ini:

Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia

situs lowongan kerja

Berikut beberapa situs lowongan pekerjaan yang bisa dijadikan referensi bagi Anda untuk mencari informasi lowongan pekerjaan ataupun mencari kandidat untuk mengisi posisi di perusahaan:

1. Sekerja

Sekerja merupakan situs lowongan pekerjaan yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mencari informasi seputar lowongan ataupun membagikan lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan Anda.

Sekerja akan memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan mulai dari yang terbaru, paling sesuai, lowongan pekerjaan berdasarkan jenis pekerjaan, hingga lowongan pekerjaan untuk office ataupun remote.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Sekerja adalah antara lain:

  • Pengguna dapat upload lowongan kerja secara langsung dan sangat mudah. Anda cukup login dengan akun Google atau membuat akun di Sekerja dan Anda bisa upload lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan Anda;
  • Anda bisa melakukan sortir khusus untuk pekerjaan remote. Jadi Anda yang ingin mencari pekerjaan remote bisa menjadikan Sekerja sebagai pilihan;
  • Memilih pekerjaan berdasarkan lokasi;
  • Anda bisa melamar melalui email perusahaan yang diinfokan di Sekerja, jadi Anda bisa memantaunya secara langsung tanpa harus mengakses Sekerja;

Buat Anda yang ingin mendapatkan informasi lowongan pekerjaan Sekerja, Anda bisa mengaksesnya di tautan ini.

2. LinkedIn

LinkedIn merupakan situs lowongan pekerjaan yang menjadi rekomendasi selanjutnya. Tidak hanya sebagai situs lowongan pekerjaa, LinkedIn adalah media sosial yang akan mempertemukan orang-orang dengan minat karir yang sama.

Di LinkedIn Anda bisa upload lowongan kerja melalui akun yang Anda miliki dan kandidat bisa melamar pekerjaan langsung di LinkedIn. Nantinya hasil lamaran kandidat ini oleh LinkedIn akan diteruskan ke email Anda.

Buat kandidat yang mencari pekerjaan, Anda bisa upload CV di LinkedIn dan ketika Anda melamar kerja Anda bisa langsung mengirimkan CV yang sudah ada di LinkedIn.

LinkedIn sendiri diluncurkan pertama kali pada 2003 dan saat ini telah digunakan oleh lebih dari 774 juta pengguna di lebih dari 200 negara. Pengguna LinkedIn juga bisa terhubung satu sama lain dengan fitur connect yang dimiliki situs ini.

LinkedIn juga menjadi platform dimana HRD dan tim rekruter mencari kandidat potensial. Ini menjadi peluang yang baik bagi kandidat untuk melakukan branding diri. Siapa tau nanti akan ada HRD yang menawari pekerjaan kepada Anda.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh LinkedIn sebagai platform lowongan kerja di Indonesia:

  • Situs lowongan pekerjaan yang juga bisa dijadikan media sosial untuk branding diri ataupun berkoneksi dengan orang di bidang pekerjaan yang sama;
  • Bisa melamar kerja langsung dari LinkedIn;
  • LinkedIn menjadi platform untuk mencari kandidat potensial. Juga untuk screening calon  kandidat;
  • Anda bisa membangun profil profesional di LinkedIn.

Baca Juga: Pahami Arti Confidential Company dalam Lowongan Kerja

3. Glints

Glints menjadi rekomendasi platform lowongan kerja selanjutnya yang bisa menjadi pilihan Anda. Glints merupakan situs lowongan kerja dengan level internasional yang cocok bagi fresh graduate yang sedang mencari lowongan pekerjaan.

Glints memiliki fitur yang sangat lengkap dimana Anda bisa mencari pekerjaan berdasarkan lokasi hingga fitur untuk menampilkan pekerjaan remote. Buat perusahaan yang ingin mencari kandidat, Glints juga menjadi pilihan terbaik karena kemudahan upload informasi lowongan kerja.

  • Glints memiliki fitur filter pencarian pekerjaan, mulai dari berdasarkan lokasi, jenis pekerjaa, hingga khusus untuk lowongan kerja remote;
  • Terdapat fitur chat langsung dengan HRD;
  • Memiliki fitur kelas untuk meningkatkan kualifikasi kandidat;
  • Terdapat fitur khusus perusahaan dimana perusahaan bisa upload lowongan kerja.

4. Jobstreet

Jobstreet merupakan portal lowongan pekerjaan yang berdiri sejak 1997 yang berpusat di Kuala Lumpur. Saat ini Jobstreet menjadi portal lowongan kerja terbesar di Asia Tenggara dan telah bekerja sama dengan lebih dari 80 ribu perusahaan.

Jobstreet memiliki tujuan mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja. Saat ini situs ini telah ada di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, Vietnam, Singapura hingga Filipina.

Buat Anda yang pernah mendaftar di Jobstreet pasti tidak asing lagi dengan LiNa yakni sistem di Jobstreet yang dioperasikan oleh AI yang akan membantu pengguna Jobstreet. Biasanya pengguna anak mendapatkan email dari LiNa ini terkait informasi lowongan kerja paling baru dan relevan.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Jobstreet:

  • Tingkat kecocokan kandidat yang cukup tinggi;
  • Bisa menjadi solusi lengkap dalam proses rekrutmen karyawan;
  • Memiliki pelayanan yang memuaskan;
  • Informasi berdasarkan gaji.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan, Tips, Dan Contohnya

5. KitaLulus

KitaLulus bisa menjadi pilihan Anda yang ingin mencari lowongan pekerjaan di Indonesia. KitaLulus merupakan platform lowongan pekerjaan yang akan memberikan kemudahan dan keamanan, baik untuk mencari lowongan kerja ataupun rekrutmen karyawan.

Saat ini KitaLulus telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna dengan lebih dari 100 ribu perusahaan dan lebih dari 300 ribu pelamar kerja.

Beberapa kelebihan yang dimiliki KitaLulus antara lain:

  • Terdapat ribuan lowongan pekerjaan sesuai lokasi tempat tinggal;
  • Lowongan pekerjaan yang ditampilkan hanya yang asli alias tidak ada loker tipu-tipu;
  • Pengguna bisa menghubungi rekruter dengan 1x klik;
  • Untuk rekruter, bisa mengatur pelamar melalui dashboard perusahaan;
  • Fitur promosi lowongan kerja;
  • Filter pelamar kerja dengan AI.

6. Karir.com

Karir.com merupakan portal lowongan kerja dari Indonesia yang telah berdiri sejak 1999. Di Karir.com ini Anda bisa menemukan berbagai jenis lowongan kerja mulai dari level entry hingga level manajerial.

Selain itu, pengguna juga bisa menemukan lowongan pekerjaan sesuai tingkat pengalaman, keahlian, dan juga minat. Selain bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan, Karir.com juga memiliki fitur pengembangan diri untuk meningkatkan kualifikasi kandidat.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh karir.com antara lain:

  • Menemukan pekerjaan impian berdasarkan preferensi dan rekomendasi setelah mendaftar;
  • Dapat melengkapi sesuai rekomendasi dari Karir.com;
  • Lamar kerja langsung di Karir.com dan pantau lebih mudah.

Baca Juga: 7 Contoh Jawaban Pertanyaan Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja

7. Kalibrr

Kalibrr merupakan portal lowongan pekerjaan yang berpusart di Filipina dan diluncurkan pertama kali pada 2013. Portal ini memiliki tujuan menghubungkan perusahaan dengan kandidat terbaik.

Di Indonesia, saat ini ada lebih dari 500 perusahaan yang telah bergabung dan menggunakan iklan lowongan pekerjaan. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Kalibrr antara lain:

  • Melamar pekerjaan secara online dengan mudah dan cepat;
  • Pengguna dapat mengubah CV, menyesuaikan surat lamaran, dan juga melamar langsung dari website Kalibrr;
  • Menyedikan fitur Skill Assessment yang bisa digunakan untuk menguji keterampilan kandidat.

8. Urbanhire

Urbanhire merupakan portal lowongan pekerjaan yang berasal dari Indonesia dan telah berdiri sejak 2016. Berbeda dengan portal loker yang ada di Indonesia lainnya yang memusatkan pasarnya di Indonesia, Urbanhire sejak awal menargetkan pasarnya secara internasional di Asia Tenggara.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Urbanhire antara lain:

  • Tersedia sistem pelacakan pencari kerja atau Applicant Tracking System (ATS) dengan basis cloud computing;
  • Perusahaan bisa berkomunikasi secara langsung dengan calon kandidat;
  • Terdapat fitur tips dan pengembangan karir untuk pengguna yang sedang mencari lowongan pekerjaan.

Baca Juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja dan Tips Membuatnya

9. Indeed

Indeed merupakan portal lowongan kerja yang berasal dari Amerika Serikat dan didirikan sejak 2004. Sejak didirikan di tahun 2004, Indeed telah menjadi situs lowongan pekerjaan terpercaya di Amerika Serikat.

Saat ini Indeed telah menjangkau lebih dari 60 negara dengan lebih dari 28 bahasa di seluruh dunia. Dengan pencapaian ini, Indeed menjadi platform pencari kerja di dunia dengan berbagai jenis lowongan kerja.

Tidak hanya bisa digunakan untuk melamar kerja atau mencari informasi lowongan pekerjaan, di Indeed pengguna juga bisa upload CV. Jadi, ketika pengguna ingin melamar kerja, pengguna bisa langsung mengirimkan CV langsung dari aplikasi Indeed.

Berikut beberapa kelebihan lainnya yang dimiliki oleh platform Indeed:

  • Fitur Company Review, dimana karyawan bisa memberikan review perusahaan tempat mereka bekerja;
  • Pencari kerja bisa mengakses Indeed secara gratis;
  • Bisa melamar langsung dari aplikasi Indeed.

10. Qerja

Qerja merupakan portal lowongan pekerjaan buatan anak negeri yang berupa platform dalam bentuk komunitas yang ada di Jakarta. Qerja memiliki tujuan membagikan informasi berupa review perusahaan dan informasi gaji di beberapa perusahaan yang ada di Indonesia.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh situs lowongan kerja Qerja:

  • Terdapat review mengenai perusahaan dan gaji yang diberikan;
  • Kemudahan menelusuri perusahaan-perusahaan yang direkomendasikan oleh Qerja;
  • Terdapat fitur training untuk Jobseekers agar skill yang dimiliki dapat terus meningkat dan bisa memperbesar peluang diterima bekerja.

Baca Juga: Contoh Surat Pengalaman Kerja, Arti, dan Manfaatnya

11. Tech in Asia

Buat Anda yang sedang mencari lowongan kerja di perusahaan start-up, Anda bisa mencoba mencarinya di Tech in Asia. Tech in Asia merupakan situs lowongan pekerjaan yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan di bidang startup teknologi.

Tech in Asia memiliki tag line job search for people passionate about startups dan Anda tidak hanya bisa menemukan informasi pekerjaan di Indonesia, tetapi di negara Asia lainnya. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Tech in Asia:

  • Menyediakan informasi lowongan pekerjaan di Asia;
  • Cukup lengkapi profil Anda dan browsing pekerjaan yang Anda cari;
  • Portal yang akan memberikan informasi lowongan kerja di bidang teknologi, seperti e-commerce, media, fintech, dan lainnya.

12. Jobs.id

Anda ingin mencari situs lowongan pekerjaan yang telah bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan di Indonesia? Jawabannya adalah Jobs.id. Jobs.id merupakan portal lowongan pekerjaan terbesar kedua yang ada di Indonesia.

Jobs.id ini memiliki cakupan yang cukup luas, khususnya di kota-kota besar yang ada di Indonesia, di antaranya Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Medan, Balikpapan, hingga Bali.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Jobs.id:

  • Terdapat fitur untuk menemukan lowongan pekerjaan paling popular;
  • Anda juga bisa mencari lowongan pekerjaan berdasarkan provinsi dan industri;
  • Fitur lainnya yang bisa digunakan untuk mencari pekerjaan di sini adalah berdasarkan posisi, perusahaan, lokasi, dan gaji;
  • Pencarian pekerjaan yang spesifik membuat lebih mudah menemukan pekerjaan di jobs.id.

Baca Juga: Download Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Berbagai Profesi

13. Loker.id

Rekomendasi situs lowongan pekerjaan selanjutnya yang bisa menjadi referensi Anda dalam mencari pekerjaan adalah loker.id. Loker.id merupakan job portal yang dengan basis software fokus di bidang rekrutmen yang akan membantu mempermudah mencari pekerjaan dan rekrutmen karyawan.

Anda bisa mencari pekerjaan yang Anda minati di portal Loker.id ini. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Loker.id:

  • Fitur mencari pekerjaan di lokasi populer, kategori pekerjaan populer, dan tipe pekerjaan seperti untuk fresh graduate hingga bagian manajerial;
  • Anda bisa upload resume secara online di Loker.id;
  • Terdapat lowongan pekerjaan yang direkomendasikan Loker.id;
  • Anda akan mendapatkan undangan untuk melamar pekerjaan tertentu di Loker.id.

14. OLX

Tahukan Anda bahwa OLX juga dapat digunakan untuk mencari informasi lowongan pekerjaan? OLX yang terkenal sebagai marketplace tempat menjual barang baru dan bekas, ternyata juga bisa digunakan untuk mencari informasi lowongan pekerjaan.

Di OLX Anda bisa menemukan informasi lowongan pekerjaan langsung dari tim rekrutmen yang mengunggah info loker di OLX. Di informasi lowongan pekerjaan itu, biasanya akan ada informasi syarat kandidat, deskripsi pekerjaan, hingga bagaimana cara melamar pekerjaan tersebut.

Berikut beberapa kelebihan dari melamar pekerjaan di OLX:

  • Bisa mencari pekerjaan secara spesifik;
  • Akan diarahkan untuk menghubungi pemberi kerja secara langsung;
  • Anda juga bisa menawarkan pekerjaan Anda di OLX.

15. Website Perusahaan

Terakhir, buat Anda yang ingin mencari lowongan pekerjaan bisa langsung dari website perusahaan. Setiap website perusahaan biasanya memiliki halaman ‘Karir’ dimana perusahaan akan membagikan kesempatan karir yang dibuka di perusahaan tersebut.

Melamar langsung melalui website perusahaan memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Terhubung langsung dengan perusahaan yang akan dituju;
  • Dengan berkoneksi dengan perusahaan secara langsung, memungkinkan Anda akan dihubungi saat perusahaan membuka lowongan kerja;
  • Risiko penipuan lebih kecil, asalkan Anda mengunjungi website resmi perusahaan.

gajihub 2

Baca Juga: 20 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2023

Bagaimana Tips Menghindari Penipuan Saat Melamar Kerja?

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari penipuan saat melamar pekerjaan:

1. Riset Sebelum Melamar

Pastikan Anda sudah melakukan riset sebelum memutuskan melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Riset ini bisa dilakukan dengan cek website resmi perusahaan hingga mencari informasi di media sosial mengenai perusahaan dan lowongan kerja yang ada.

Anda juga bisa menghubungi perusahaan melalui email resmi ataupun di media sosial yang dimiliki perusahaan. Jika memang perusahaan tersebut memiliki kredibilitas yang baik dan benar-benar membuka lowongan, Anda bisa melamar pekerjaan ini.

2. Jaga Data Pribadi

Kedua, pastikan Anda menjaga data pribadi yang Anda miliki. Jangan mau memasukan data-data yang bersifat pribadi seperti NIK dan nomor-nomor lainnya.

Jangan sampai data-data Anda disalahgunakan saat Anda mencari lowongan pekerjaan.

3. Jangan Mau Mengeluarkan Biaya

Salah satu ciri yang sudah pasti itu adalah penipuan lowongan pekerjaan adalah Anda diminta membayar atau mengirimkan sejumlah uang kepada pencari kerja. Tidak ada proses rekrutmen yang mengeluarkan biaya, jika ada jelas itu penipuan.

Jadi, jangan pernah mau mengeluarkan biaya untuk mencari pekerjaan. Anda kan mencari kerja biar bisa dapat uang, jadi jangan mau membayar.

4. Hubungi Kontak Resmi Perusahaan

Seperti penjelasan pada riset sebelum melamar, Anda memang sebaiknya menghubungi kontak resmi perusahaan sebelum melamar pekerjaan. Ini dikarenakan ada jenis penipuan yang mengatasnamakan perusahaan tertentu.

Hubungi perusahaan melalui email resmi ataupun melalui media sosial resmi. Email resmi perusahaan biasanya menggunakan domain perusahaan, seperti hrd@kledo.com dan tidak menggunakan email gratisan.

5. Hat-Hati Jika Ada Tawaran yang Terlalu Menggiurkan

Jika Anda mendapatkan tawaran yang terlalu menggiurkan, berwaspadalah! Tidak ada pekerjaan yang mudah dan menghasilkan banyak uang.

Jika Anda mendapatkan tawaran dengan iming-iming kerja mudah gaji besar, bisa jadi itu adalah penipuan lowongan kerja.

situs lowongan kerja

Baca Juga: Cara Menolak Tawaran Kerja melalui Email, WhatsApp dan Telepon

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai 15 rekomendasi situs lowongan kerja yang bisa menjadi pilihan Anda dalam mencari pekerjaan. Pastikan Anda memilih situs lowongan pekerjaan terpercaya dan jangan mau jika ada pihak yang meminta Anda mengirimkan uang, karena jelas itu penipuan.

Bagi perusahaan, jangan lupa untuk melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan perusahaan Anda.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *