Download Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Berbagai Profesi

contoh surat lamaran kerja banner

Saat hendak melamar pekerjaan, selain curriculum vitae (CV) tentunya ada berbagai berkas lain yang perlu Anda perhatikan, salah satunya adalah surat lamaran kerja. Umumnya, fungsi utama dari surat lamaran kerja adalah tanda tertulis sebagai pengajuan permohonan pekerjaan. Nah, agar semakin tergambar, Anda dapat melihat-lihat contoh surat lamaran kerja. 

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu surat lamaran kerja, fungsi, cara membuatnya, hingga contoh surat lamaran kerja. 

Apa yang Dimaksud dengan Surat Lamaran Kerja? 

Surat lamaran kerja merupakan dokumen tertulis yang digunakan untuk mengajukan diri sebagai kandidat dalam mencari pekerjaan. Surat ini sangat penting karena menjadi sarana pertama untuk memperkenalkan diri Anda kepada perusahaan yang Anda lamar.

Surat lamaran kerja harus dibuat dengan sebaik mugkin karena surat tersebut akan menjadi representasi pertama Anda kepada pihak perusahaan. Surat yang baik akan memberikan kesan positif kepada perusahaan dan meningkatkan peluang Anda untuk dipanggil dalam tahap seleksi berikutnya.

Fungsi Surat Lamaran 

Dilansir dari Jobsoid, surat lamaran berfungsi untuk menunjukkan ketertarikan Anda terhadap suatu posisi di suatu perusahaan. Di samping itu, dokumen ini juga menjadi tanda pengenal dari pelamar kerja. 

Kemudian, surat lamaran juga menjadi salah satu penentu apakah Anda lolos ke tahap selanjutnya atau tidak. Ya, selain CV atau resume, dokumen ini sangat penting untuk menunjang kelolosan pada tahap screening oleh HRD. 

Tak hanya bagi pelamar, adanya surat lamaran kerja juga memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk bisa mengetahui kepribadian calon kandidat, memahami motivasi mereka, mengetahui apakah Anda dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Analisis Rekrutmen: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya

gajihub 6

Format Surat Lamaran Kerja 

Meskipun surat lamaran kerja berfungsi untuk memperkenalkan diri kepada HRD, bukan berarti Anda harus membuat surat lamaran dengan panjang. Sebab, ideal panjang surat lamaran kerja yang bisa lolos dari screening HRD tidak boleh lebih dari satu halaman. 

Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan satu halaman tersebut sebaik mungkin agar dapat memuat semua informasi yang dibutuhkan perusahaan. 

Berikut ini adalah format penulisan surat lamaran kerja yang dapat Anda jadikan panduan: 

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat 
  2. Alamat yang dituju
  3. Salam pembuka
  4. Data diri berisi nama, alamat, dan kontak yang bisa dihubungi
  5. Lampiran dokumen 
  6. Salam penutup 

Baca Juga: Cover Letter: Pengertian, Tujuan, Cara Membuat, dan Contohnya

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Baik dan Benar

Setelah mengetahui berbagai informasi yang wajib Anda cantumkan pada surat lamaran kerja, selanjutnya Anda perlu memperhatikan tahap demi tahap penulisan lamaran kerja yang baik dan benar: 

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat 

Hal pertama yang wajib Anda tulis adalah tempat dan tanggal pembuatan surat. Posisikan informasi tersebut pada bagian kanan atas atau kiri atas dengan tidak menyingkat apapun, baik tempat maupun tanggal. 

2. Penerima dan alamat perusahaan yang dituju 

Selanjutnya, tulis nama penerima surat diawali dengan ‘Yth’ dan alamat perusahaan yang Anda lamar. Namun, jika Anda tidak mengetahui secara jelas tentang nama penerima surat, cukup ditulis ‘Kepada’ kemudian dilanjutkan dengan nama perusahaan dan alamatnya.

3. Salam pembuka atau salam hormat 

Sebelum beralih ke bagian data diri, untuk menarik HRD Anda dapat menyusun kalimat salam pembuka atau salam hormat. Bagian ini umumnya berisi tujuan pembuatan surat lamaran kerja dan bagaimana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan yang dilamar. 

4. Data diri

Setelah menulis salam pembuka, lanjutkan dengan melengkapi informasi penting mengenai diri Anda, seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, alamat email/ nomor yang bisa dihubungi, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, organisasi, atau volunteer, serta skill Anda yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. 

5. Lampiran dokumen

Pada bagian lampiran dokumen, Anda perlu melengkapi beberapa dokumen yang menjadi persyaratan untuk pendaftaran. Setelah itu, sebutkan apa saja dokumen yang Anda lampirkan, mulai dari CV, ijazah, transkrip nilai, dan sebagainya. 

6. Salam penutup

Selanjutnya, ungkapkan harapan mengenai posisi yang Anda lamar dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Kemudian, tuliskan nama lengkap dan bubuhkan tanda tangan di bagian paling akhir dari surat lamaran kerja. 

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, surat lamaran kerja juga menjadi pertimbangan apakah Anda akan lolos atau tidak pada tahap screening. Oleh karena itu, dalam membuat surat lamaran kerja terdapat berbagai hal penting yang harus Anda perhatikan. 

Berikut adalah tips menulis surat lamaran kerja yang dapat membuat HRD tertarik: 

1. Jelaskan secara singkat tujuan Anda 

Mulailah surat lamaran dengan menyebutkan posisi yang Anda lamar dan jelaskan tentang ketertarikan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu, Anda juga perlu menjelaskan secara singkat tujuan dan minat Anda terhadap posisi yang dilamar. 

2. Lakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang dilamar 

Selanjutnya, Anda dapat melakukan riset mendalam untuk mengetahui perusahaan dan posisi yang dilamar. Pada tahap ini, ketahui nilai-nilai perusahaan, visi, dan misinya. Kemudian, sertakan informasi tersebut dalam surat lamaran untuk menunjukkan minat Anda terhadap perusahaan. 

3. Kaitkan pengalaman dengan kebutuhan perusahaan 

Dalam surat lamaran kerja, cantumkan pula tentang pengalaman dan skill Anda yang berhubungan dengan posisi yang dilamar. Anda juga dapat sedikit menjelaskan proyek atau tugas tertentu yang menunjukkan kemampuan Anda. 

4. Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas 

Tulis surat lamaran kerja Anda dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami. Hindari menggunakan kata-kata berlebihan atau bahasa yang terlalu formal. 

5. Cek ejaan dan penggunaan tata bahasa 

Setelah selesai menulis, periksa kembali surat lamaran Anda dan pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tata bahasa, maupun kesalahan lainnya. Anda dapat memanfaatkan alat bantu seperti pengecek tata bahasa atau meminta bantuan kepada orang lain untuk memeriksa surat lamaran tersebut. 

6. Sampaikan niat dan rasa terima kasih 

Tutup surat lamaran dengan mengungkapkan niat Anda untuk menghadiri tahap seleksi lebih lanjut. Sertakan juga ungkapan rasa terima kasih atas waktu dan pertimbangan yang telah diberikan oleh pihak perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat CV yang Menarik dan Dilirik HRD

gajihub 3

Contoh Surat Lamaran Kerja 

Setelah memahami format dan tips menulis surat lamaran kerja, sebagai gambaran Anda dapat melihat berbagai contoh surat lamaran kerja pada berbagai untuk berbagai bidang berikut ini. 

Surat Lamaran Kerja Sederhana 

contoh surat lamaran kerja sederhana

 

Surat Lamaran Kerja Umum 

contoh surat lamaran kerja umum

Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate 

contoh surat lamaran kerja fresh graduate

Surat Lamaran Kerja Magang

contoh surat lamaran kerja magang

Surat Lamaran Kerja Bank 

contoh surat lamaran kerja bank

Surat Lamaran Kerja Pekerja Kreatif

contoh surat lamaran kerja pekerja kreatif

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMA 

contoh surat lamaran kerja untuk lulusan SMA

Surat Lamaran Kerja Guru 

contoh surat lamaran kerja guru

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat

contoh surat lamaran kerja perawat

Contoh Surat Lamaran Kerja Hotel

surat lamaran kerja hotel

Contoh Surat Lamaran Kerja Restoran

contoh surat lamaran kerja restoran

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk PT

lamaran pekerjaan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Baca Juga: Resume dan CV: Pengertian, Perbedaan, dan Tips Membuatnya

Template Surat Lamaran Kerja dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

Setelah menyimak contoh surat lamaran kerja untuk berbagai profesi di atas, tentunya Anda semakin memahami bagaimana cara membuat dokumen tersebut dengan baik.

Nah, agar Anda semakin mudah dalam menyusun surat lamaran kerja, di bawah ini Gajihub akan memberikan template surat lamaran kerja yang dapat digunakan untuk melamar berbagai profesi.

Template Surat Lamaran Kerja dalam bahasa Indonesia

Yth. Bapak/Ibu HRD

(Nama perusahaan)

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang tertera pada (nama iklan lowongan), saya melihat bahwa (nama perusahaan) sedang membuka lowongan untuk (nama posisi dalam lowongan)

Maka dari itu, bersamaan dengan surat ini, saya hendak melamar untuk posisi yang lowong tersebut.

Terkait pengalaman, saya pernah bekerja selama (lama pengalaman kerja) untuk (nama perusahaan). Di sana, saya berhasil (isi sesuai pengalaman dan penghargaan yang diraih)

Berikut biodata diri saya.

  • Nama :
  • Tempat, tanggal lahir :
  • Pendidikan terakhir :
  • Nomor handphone:

Lalu, sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen yang diajukan dalam lowongan tersebut.

Demikian surat lamaran yang sudah saya buat. Besar harapan saya agar dapat melanjutkan proses rekrutmen ini. Atas Perhatian dari Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Salam,

Template Surat Lamaran Kerja dalam bahasa Inggris

(Nama)

Dear Sir/Madam,

I have read a job vacancy at (nama iklan lowongan) and found that your company is looking for someone to fill the (nama posisi dalam lowongan). With this letter, I would like to apply myself for the role.

First of all, let me introduce myself. My name is (nama), and I am (usia) years old. I am a graduate from (nama universitas), majoring in (nama jurusan dan spesialisasi)

I have the qualifications that were required by your company. I previously worked at (nama perusahaan dan posisi). With them, I have received (cantumkan pengalaman dan penghargaan yang diraih)

I am really confident that I will be a good match for this position. As consideration, I hereby enclose my documents:

Thank you for your time. I really hope that you will give me a chance for an interview so that I could further discuss my abilities and work experience. If there is any information regarding my recruitment process, please let me know via this email address or by my phone number at (nomor handphone)

Sincerely,

(Nama)

Download Template Surat Lamaran Kerja 

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat diketahui bahwa surat lamaran kerja adalah sebuah surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Tujuannya, untuk mengajukan diri sebagai calon kandidat kepada perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja. Dokumen ini sangat penting sebab menjadi cara pertama bagi Anda untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan yang diinginkan.

Selain itu, melalui surat lamaran kerja, Anda dapat menunjukkan ketertarikan Anda terhadap posisi yang sedang dibuka oleh perusahaan. Kemudian, surat ini juga menjadi identitas Anda sebagai pelamar pekerjaan. Perlu Anda ketahui, banyak perusahaan yang menggunakan surat lamaran sebagai salah satu alat untuk melakukan screening awal terhadap calon kandidat.

Dalam dunia kerja yang kompetitif seperti saat ini, surat lamaran kerja merupakan kesempatan bagi para pencari kerja untuk menunjukkan nilai mereka kepada perusahaan.

Namun, tidak dapat disangkal bahwa proses pengelolaan HR dan payroll bisnis dapat menjadi tugas yang rumit dan memakan waktu. Oleh karena itu, software payroll dan HR dari Gajihub dapat menjadi solusi terbaik bagi perusahaan.

Gajihub merupakan software payroll dan HR buatan Indonesia yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan untuk memudahkan pengelolaan HR, payroll, pengaturan shift karyawan, manajemen data karyawan, dan manajemen data kehadiran.

Jika Anda tertarik menggunakan Gajihub untuk proses pengelolaan HR dan payroll yang lebih baik, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *