Contoh Body Email Lamaran Kerja dan Tips Membuatnya

Dengan perkembangan dunia digital sekarang ini, melamar kerja menjadi lebih mudah. Jika dulu Anda harus mengajukan lamaran secara langsung dengan dokumen yang harus dicetak, sekarang Anda bisa mengirimkannya secara online dengan memperhatikan body email lamaran kerja.

Body email menjadi bagian penting ketika Anda melamar pekerjaan, karena ini menjadi bagian pertama yang akan dilihat oleh perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Lalu bagaimana cara membuat body email lamaran kerja yang baik?

Yuk simak penjelasan di artikel ini, karena di sini akan dijelaskan bagaimana membuat body email untuk keperluan melamar kerja. Baca sampai selesai ya!

Apa Saja Isi Body Email Lamaran Kerja?

body email lamaran kerja

Dalam mengirim lamaran pekerjaan, body email digunakan sebagai salam pengantar. Body email ini akan menjadi bagian pertama yang dibaca oleh perusahaan tempat Anda melamar kerja.

Jadi, penting bagi Anda untuk memahami isi body email lamaran kerja berikut ini:

1. Alasan Melamar Kerja

Isi pertama yang ada di body email saat Anda melamar pekerjaan adalah alasan Anda melamar kerja. Pada bagian ini Anda bisa menjelaskan dimana Anda mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan dan alasan Anda melamar pekerjaan ini.

Misalnya, Anda menemukan informasi lowongan pekerjaan ini dari Instagram dan Anda memiliki kualifikasi sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan atau Anda memiliki ketertarikan di pekerjaan yang sedang dibutuhkan.

2. Pekerjaan yang Dilamar

Bagian kedua adalah pekerjaan yangd dilamar. Pada bagian ini Anda menjelaskan pekerjaan apa yang Anda lamar.

Ini dilakukan karena beberapa perusahaan melakukan rekrutmen di beberapa posisi dalam waktu yang bersamaan. Dengan menjelaskan pekerjaan yang Anda lamar akan memudahkan tim rekrutmen dalam memilah setiap lamaran pekerjaan yang masuk.

Baca Juga: Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Komponen, Cara Buat dan Contohnya

3. Kualifikasi yang Dimiliki

Kualifikasi yang dimiliki juga menjadi bagian yang Anda sertakan ke body email lamaran pekerjaan. Kualifikasi yang dimiliki ini bisa berupa kesamaan background pendidikan dengan kebutuhan perusahaan.

Bisa juga dengan pengalaman yang telah Anda miliki dan berhubungan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan menjelaskan kualifikasi yang Anda miliki, Anda bisa menarik tim rekrutmen hingga tim rekrutmen akan melihat CV dan dokumen yang Anda kirimkan.

4. Penawaran ke Perusahaan

Selanjutnya adalah penawaran ke perusahaan. Penawaran ini bisa dijelaskan dengan penjelasan dokumen apa saja yang Anda sertakan dan harapan Anda agar perusahaan bisa mempertimbangkan lamaran pekerjaan Anda.

5. Bagaimana Cara Menghubungi Anda

Terakhir, bagaimana cara menghubungi Anda. Ini adalah opsi lain yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menghubungi kandidat selain dari alamat email.

Dengan memberikan cara menghubungi Anda, perusahaan bisa dimudahkan karena beberapa perusahaan lebih suka menghubungi via WhatsApp dibandingkan via email.

Baca Juga: Surat Penolakan Lamaran Kerja: Pengertian, Komponen, dan Contohnya

Bagaimana Struktur Body Email Lamaran Kerja?

Berikut struktur body email lamaran kerja yang wajib untuk Anda ketahui:

1. Pembuka

Struktur yang pertama adalah pembuka. Pada bagian pembuka ini, Anda bisa menuliskan tujuan atau siapa yang akan menerima email lamaran pekerjaan Anda. Di sini Anda bisa menuliskan HRD, baik itu hanya berupa HRD (nama perusahaan) atau jika Anda mengetahui nama HRD, Anda bisa menyertakan nama dari HRD tersebut.

Contoh:

  • Yth. HR Manager (nama perusahaan)
  • Dear Hiring Manager (nama perusahaan)
  • Yth Kepala Bagian SDM (nama perusahaan)
  • Yth HRD (nama perusahaan)
  • Yth Bapak (nama HRD), HRD (nama perusahaan)

2. Paragraf Pertama

Pada paragraf pertama, Anda bisa menjelaskan alasan Anda melamar pekerjaan tersebut. Di bagian ini dijelaskan dimana Anda mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut, kapan Anda menemukan informasi, dan bagaimana Anda menemukan informasi lowongan kerja tersebut.

Contoh:

Perkenalkan, nama saya (tulis nama Anda). Saya menemukan informasi mengenai lowongan (nama perusahaan) di (tempat Anda menemukannya) bahwa sedang dibutuhkan (nama posisi pekerjaan) di perusahaan Anda. Melalui email ini, saya berminat untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut.

Baca Juga: 15 Alasan Berhenti Kerja Terbaik dan Masuk Akal

3. Paragraf Inti

Pada paragraf inti, Anda bisa menjelaskan mengenai lamaran pekerjaan Anda. Mulai dari alasan yang membuat Anda cocok dengan pekerjaan ini, penawaran Anda ke perusahaan, hingga pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

Anda juga bisa menjelaskan pencapaian Anda yang dikira relevan dengan lamaran pekerjaan. Hal yang wajib Anda perhatikan adalah jangan menyalin apa yang ada di CV ke dalam paragraf inti body email ini.

Tulislah apa yang tidak ada di dalam CV dan jadikan bagian ini sebagai kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan diri sebelum HRD atau tim rekrutmen membaca CV dan portofolio Anda.

Anda bisa menjelaskan pengalaman apa saja yang Anda miliki, termasuk prestasi-prestasi Anda dibidang yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda seorang fresh graduate, jangan khawatir karena Anda bisa menuliskan pengalaman organisasi Anda di kampus jika memang belum memiliki pengalaman kerja.

Pastikan pengalaman-pengalaman yang Anda tuliskan relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Termasuk jika Anda menjelaskan ilmu-ilmu yang selama ini sudah Anda dapatkan.

Contoh:

Saya memiliki pengalaman pekerjaan di (nama perusahaan) sebagai (nama posisi pekerjaan) selama (berapa lama Anda bekerja). Selama bekerja di posisi tersebut, saya telah berhasil (jelaskan pencapaian Anda). Dengan pengalaman yang saya miliki tersebut, saya yakin saya mampu memberikan kontribusi di perusahaan Bapak/Ibu.

Baca Juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Terbaik

4. Paragraf Terakhir

Bagian paragraf akhir adalah bagian untuk Anda mengucapkan terima kasih kepada perusahaan karena telah membaca email dari Anda. Jangan lupa untuk menyebutkan lampiran yang ada di email yang Anda kirim.

Anda juga bisa mengajukan permintaan untuk mempertimbangkan lamaran kerja Anda.

Contoh:

Bersama dengan ini saya telah melampirkan (dokumen yang Anda lampirkan) sebagai pertimbangan Bapak/Ibu.

Terima kasih telah membaca dan besar harapan saya agar Bapak/Ibu mempertimbangkan saya mengisi posisi pekerjaan ini.

5. Penutup

Pada bagian penutup Anda bisa menuliskan ‘hormat saya’ atau bisa juga ‘best regard’ sebagai ucapakan penutup email lamaran kerja Anda. Jangan lupa untuk menuliskan nama Anda dan kontak Anda agar perusahaan bisa menghubungi Anda selain melalui email.

  • Salam hangat
  • Hormat saya
  • Salam
  • Regards
  • Best Regards

Baca Juga: Contoh Surat Pengalaman Kerja, Arti, dan Manfaatnya

gajihub 3

Bagaimana Tips Menulis Body Email Lamaran Kerja?

Agar Anda tidak salah dalam menulis body email lamaran kerja, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam menulis body email lamaran pekerjaan:

1. Pastikan Tulis Subjek Email dengan Baik dan Benar

Tips pertama adalah pastikan Anda menulis subjek email dengan baik dan benar. Subjek merupakan judul yang ada di email.

Biasanya ketika ada lowongan pekerjaan, akan dituliskan apa isi subjek emailnya. Anda wajib memperhatikan cara melamar pekerjaan di info lowongan kerja agar tidak melewatkan informasi mengenai subjek email.

Menulis subjek email tidak sesuai ketentuan di lowongan kerja akan membuat email yang Anda kirim tidak dibaca oleh penerima atau HRD perusahaan. Ini dikarenakan HRD hanya memilih email dengan subjek sesuai ketentuan yang sudah tertulis di lowongan.

Lalu bagaimana jika tidak ada ketentuan mengenai subjek email di lowongan? Anda bisa menuliskan subjek ini dengan format “Nama lengkap – posisi yang dilamar”.

2. Perhatikan Alamat Email

Selain subjek email, hal kedua yang harus diperhatikan ketika mengirim lamaran kerja melalui email adalah perhatikan alaman email. Pastikan alamat email Anda tampak profesional.

Buatlah alamat email sesuai dengan nama Anda dan jangan buat yang bisa memberikan kesan tidak profesional, misalnya dengan nama samaran atau nama alay. Jangan sampai email Anda diabaikan hanya karena alamat email ini.

3. Jangan Buat Berulang

Seperti yang dijelaskan di struktur body email lamaran pekerjaan, jangan buat berulang apa yang ada di CV dan ditulis kembali ke body email. Ini termasuk apa saja yang ada di cover letter.

Buatlah tulisan yang berbeda dengan apa yang ada di CV dan cover letter. Anda bisa membuat versi lebih singkat untuk bagian body email agar HRD tidak membuang banyak waktu untuk membaca berkas lamaran Anda.

Baca Juga: Pahami Arti Confidential Company dalam Lowongan Kerja

4. Lampiran Format PDF

Ketika tidak ada ketentuan khusus dalam mengirimkan lampiran, sebaiknya Anda mengirimkan lampiran lamaran pekerjaan Anda dalam format PDF. PDF merupakan format dokumen yang terbilang lebih aman jika dibandingkan dengan format lainnya.

Selain itu, dengan menggunakan format PDF, file yang Anda kirimkan jadi lebih mudah dibuka.

5. Lengkapi dengan Signature

Melengkapi body email lamaran kerja dengan signature akan membuat lamaran Anda semakin tampak profesional. Anda bisa menuliskan nama lengkap Anda beserta kontak yang bisa dihubungi.

Selain membuatnya lebih profesional, dengan memberikan signature ini, HRD memiliki opsi lain untuk menghubungi Anda.

6. Gunakan Bahasa Baku dan Sopan

Lamaran pekerjaan merupakan hal yang ada di bidang profesional. Oleh karenanya wajib bagi Anda untuk menggunakan bahasa baku dan sopan ketika mengirimkan email lamaran ini.

Penggunaan bahasa baku dan sopan akan memberikan kesan bahwa Anda memiliki sopan santun dan bisa saling menghormati di tempat kerja.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan, Tips, Dan Contohnya

7. Cek Sebelum Dikirim

Pastikan Anda melakukan pengecekan sebelum mengirimkan email lamaran. Biasanya tanpa disadari Anda bisa salah ketik atau ada bagian yang Anda lewatkan ketika menulis body email lamaran pekerjaan.

8. Pastikan Mengirim Lamaran di Waktu yang Tepat

Tips terakhir adalah pastikan Anda mengirimkan lamaran pekerjaan tepat waktu. Biasanya di informasi lowongan kerja akan tertulis kapan batas waktu terakhir Anda bisa mengirimkan lamaran.

Pastikan Anda mengirimkannya sebelum batas terakhir agar lamaran Anda bisa diproses dan diterima oleh HRD perusahaan.

Baca Juga: 5 Cara Menjawab Pekerjaan yang Tidak Disukai Saat Interview

body email lamaran kerja

Apa Saja Contoh Body Email Lamaran Kerja?

Berikut contoh body email lamaran kerja yang bisa Anda jadikan referensi saat mengirimkan lamaran pekerjaan:

Contoh untuk Fresh Graduate

Yth. HRD
PT ABC Nusantara
Di tempat

Dengan hormat,

Perkenalkan, nama saya (tulis nama Anda). Saya menemukan informasi mengenai lowongan (nama perusahaan) di (tempat Anda menemukannya) bahwa sedang dibutuhkan (nama posisi pekerjaan) di perusahaan Anda. Melalui email ini, saya berminat untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut.

Saya adalah seorang fresh graduate dari Universitas Negeri Yogyakarta jurusan akuntansi. Sebagai seorang lulusan baru, saya memiliki keinginan bisa menerapkan ilmu yang sudah saya pelajari di bangku kuliah untuk perusahaan Bapak/Ibu.

Saat kuliah, saya aktif di organisasi universitas dan sering berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan oleh organisasi. Dengan pengalaman tersebut, saya telah banyak belajar mengenai publik speaking dan bagaimana menghandle project.

Bersama dengan ini saya telah melampirkan (dokumen yang Anda lampirkan) sebagai pertimbangan Bapak/Ibu.

Terima kasih telah membaca dan besar harapan saya agar Bapak/Ibu mempertimbangkan saya mengisi posisi pekerjaan ini.

Best Regards
(Nama Anda)

(nama Anda)

Email:

WhatsApp:

Contoh untuk Berpengalaman

Yth. HRD
PT ABC Nusantara
Di tempat

Dengan hormat,

Perkenalkan, nama saya (tulis nama Anda). Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui website (nama perusahaan), saat ini terdapat lowongan untuk posisi (nama pekerjaan). Melalui email ini, saya berminat untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut.

Di bidang ini, saya telah bekerja selama 7 tahun dan saya memiliki keinginan untuk mengembangkan karir saya. Dengan pengalaman selama 7 tahun, saya telah mendapatkan berbagai penghargaan dan pencapaian.

Oleh sebab itu, saya yakin dapat berkontribusi di perusahaan Bapak/Ibu dan dapat memberikan inovasi sehingga perusahaan Bapak/Ibu dapat semakin berkembang.

Bersama dengan ini saya telah melampirkan (dokumen yang Anda lampirkan) sebagai pertimbangan Bapak/Ibu.

Terima kasih telah membaca dan besar harapan saya agar Bapak/Ibu mempertimbangkan saya mengisi posisi pekerjaan ini.

Best Regards
(Nama Anda)

(nama Anda)

Email:

WhatsApp:

Baca Juga: 10 Contoh Surat Paklaring Kerja dan Juga Templatenya

Kesimpulan

Dari penjelasan artikel yang ada di atas, dapat diketahui bahwa body email lamaran kerja bertujuan sebagai pengantar saat Anda mengajukan lamaran pekerjaan melalui email. Ini menjadi bagian yang penting, jadi pastikan Anda menulisnya dengan baik.

Pengelolaan karyawan menjadi bagian penting bagi sebuah perusahaan. Oleh karenanya, penting bagi perusahaan untuk melakukan pengelolaan karyawan ini dengan baik.

Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi absensi yang dilengkapi berbagai fitur seperti absensi, BPJS, payroll, akuntansi, employee self service, hingga pengajuan izin dan cuti.

Yuk daftar GajiHub sekarang juga. Kunjungi tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *