7 Contoh Jawaban Pertanyaan Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja

Pertanyaan kapan Anda dapat mulai bekerja merupakan salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh rekruter saat interview. Meski terdengar mudah, namun menjawab pertanyaan ini tidak bisa dilakukan secara asal.

Ini dikarenakan pertanyaan ini akan menggambarkan kapan Anda bisa bekerja dan nyatanya tidak semua kandidat bisa bekerja secepat yang dibutuhkan. Khususnya bagi kandidat yang melamar kerja saat masih bekerja di perusahaan lain.

Lalu bagaimana cara menjawab pertanyaan kapan Anda dapat bekerja dengan baik? Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini:

Mengapa Ada Pertanyaan Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja?

Pemberi kerja atau rekruter memberikan pertanyaan kapan Anda dapat mulai bekerja bukanlah tanpa alasan. Pemberi kerja bertanya kapan Anda bisa mulai bekerja untuk menentukan apakah kerangka waktu Anda untuk memulai pekerjaan baru sesuai dengan kerangka waktu mereka.

Termasuk apakah hal ini memungkinkan mereka untuk menilai seberapa siap Anda untuk meninggalkan posisi Anda saat ini untuk posisi baru. Jika Anda saat ini bekerja dengan perusahaan lain, pewawancara mungkin ingin mengetahui kesediaan Anda untuk meninggalkan posisi Anda dengan sedikit pemberitahuan untuk mengisi posisi baru dengan cepat.

Bagaimana Anda memperlakukan perusahaan Anda saat ini juga bisa mengindikasikan bagaimana Anda akan memperlakukan perusahaan yang mewawancarai Anda.

Banyak perusahaan yang menanyakan pertanyaan ini, terlepas dari niat mereka untuk mempekerjakan profesional yang mereka wawancarai, sementara beberapa mungkin hanya menanyakannya jika mereka mempertimbangkan kandidat tertentu untuk posisi tersebut.

Meskipun jawaban Anda terhadap pertanyaan ini mungkin berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, pemberi kerja biasanya lebih suka jika Anda jujur tentang kapan Anda bisa mulai bekerja. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyusun beban kerja karyawan saat ini dan mengatur sumber daya mereka untuk proses orientasi.

kapan Anda dapat mulai bekerja

Baca Juga: 10 Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview

Bagaimana Contoh Jawaban Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja?

Berikut beberapa jawaban yang bisa Anda berikan ketika tim rekrutmen bertanya kapan Anda bisa mulai bekerja:

1. Jika Anda Bisa Bekerja Secepatnya

Anda yang tidak sedang terikat pekerjaan di tempat lain ataupun sedang tidak menunggu hasil lamaran kerja Anda, kemungkinan Anda dapat mulai bekerja kapan pun atau secepatnya. Namun pastikan Anda tidak menjawab dengan cara, “Saya bisa bekerja besok,” ataupun sejenisnya.

Jawaban seperti itu memang bisa menunjukan antusiasme Anda untuk bekerja, namun perusahaan juga bisa memandang Anda sebagai seseorang yang impulsif dan tidak memiliki persiapan untuk suatu hal yang dianggap penting.

Alih-alih memberikan jawaban dengan impulsif, Anda bisa memberikan jawaban seperti ini:

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan Bapak/Ibu. Saya merasa terhormat karena dapat bergabung di perusahaan Bapak/Ibu. Saya bisa mulai bekerja sesuai kebutuhan perusahaan, akan tetapi saya tetap membutuhkan waktu untuk mempersiapkan diri sebelum bekerja. Saya ingin mempersiapkan diri sehingga ketika mulai bekerja saya bisa memberikan yang terbaik. Jika Bapak/Ibu berkenan, saya bisa mulai bekerja mulai awal minggu depan.”

2. Jika Anda Harus ke Luar Kota

Bagaimana dengan penawaran pekerjaan di luar kota dan mewajibkan Anda untuk bekerja dari kantor, apa jawaban yang harus diberikan ketika ditanya kapan dapat mulai bekerja? Jika Anda mendapatkan situasi seperti ini, Anda bisa meminta waktu selama 7 hari atau 1 minggu untuk mempersiapkan diri.

Mengingat Anda harus ke luar kota, tentu Anda membutuhkan waktu untuk persiapan baik itu persiapan keberangkatan ataupun persiapan tempat tinggal.

Berikut jawaban yang bisa Anda jadikan referensi:

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan Bapak/Ibu. Saya merasa terhormat karena dapat bergabung di perusahaan Bapak/Ibu. Jika saya dinyatakan lolos untuk pekerjaan ini, saya membutuhkan waktu 7 hari untuk mempersiapkan pekerjaan saya. Ini dikarenakan saya harus mencari tempat tinggal dan juga melakukan proses pindahan. Waktu 7 hari yang saya berikan merupakan waktu yang telah saya hitung setelah saya mempertimbangkan banyak hal.”

Baca Juga: 15 Pertanyaan Tentang Kepemimpinan dan Contoh Jawabannya

3. Ketika Anda Masih Menunggu Jawaban Lamaran Lain

Pada saat melamar pekerjaan B, Anda juga melamar pekerjaan di perusahaan lain dan perusahaan lain ini yang menjadi prioritas Anda. Namun justru perusahaan B yang pertama kali menanyakan kapan Anda bisa bekerja.

Jika Anda ada di situasi ini, berikut jawaban yang bisa Anda berikan:

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan Bapak/Ibu. Bekerja di perusahaan Bapak/Ibu adalah bagian dari impian saya, ini karena rincian pekerjaan yang dijelaskan oleh Bapak/Ibu sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman yang saya memiliki. Akan tetapi, saya masih memiliki pertimbangan perusahaan lain. Jadi, jika Bapak/Ibu berkenan, bisakah saya memberikan jawaban di tanggal 11 Januari 2024?”

4. Jika Masih Menunggu One Month Notice

Buat Anda yang baru mengajukan resign dan perusahaan memberikan ketentuan one month notice, Anda tidak perlu khawatir ketika ditanya kapan bisa mulai kerja. Anda bisa memberikan jawaban jujur kepada tim rekrutmen.

Berikut jawaban yang bisa Anda jadikan referensi:

“Terima kasih untuk kesempatan yang diberikan kepada saya. Saya merasa terhormat diberi kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu. Saat ini saya sedang dalam proses resign dari perusahaan tempat saya bekerja saat ini dan perusahaan memberikan ketentuan one month notice. Jadi, jika Bapak/Ibu berkenan, saya bisa bergabung di perusahaan Bapak/Ibu paling cepat awal bulan depan.”

5. Ketika Masih Memiliki Kewajiban Pekerjaan Lain

Bagaimana jika Anda masih memiliki kewajiban pekerjaan lain saat Anda ditanya kapan dapat mulai bekerja? Jika Anda ada di situasi seperti ini, Anda bisa memberikan jawaban sebagai berikut:

“Terima kasih untuk kesempatan yang diberikan oleh Bapak/Ibu. Saat ini saya masih memiliki kewajiban pekerjaan yang harus saya selesaikan di perusahaan lama dalam waktu 2 minggu. Oleh karenanya, jika saya diberikan kesempatan untuk bergabung di perusahaan Bapak/Ibu, saya memohon izin untuk bergabung mulai tanggal 11 Januari 2024. Selama kurun waktu tersebut, saya ingin menyelesaikan semua kewajiban yang saya miliki di perusahaan lama, sehingga ketika kewajiban tersebut telah selesai, saya bisa mulai bekerja di perusahaan Bapal/Ibu.”

Baca Juga: 20 Pertanyaan dan Jawaban Interview Panel dan Tips Menghadapinya

6. Saat Anda Butuh Waktu Istirahat

Membutuhkan waktu untuk istirahat setelah resign dari pekerjaan adalah hal yang wajar. Anda mungkin merasa lelah bekerja selama bertahun-tahun di perusahaan lama.

Namun di sisi lain Anda juga tidak ingin kehilangan kesempatan untuk bekerja di perusahaan baru. Jika Anda merasa lelah dan membutuhkan waktu untuk istirahat, Anda bisa memberikan jawaban sebagai berikut:

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Saya bisa mulai bekerja di perusahaan Bapak/Ibu di tanggal 11 Januari 2024. Ini dikarenakan saya membutuhkan waktu untuk mempersiapkan banyak hal pasca saya resign. Saya juga ingin mempersiapkan diri agar bisa bekerja dengan baik di perusahaan Bapak/Ibu.”

7. Saat Anda Ingin Menyesuaikan Perusahaan

Jawaban ketujuh sejatinya mirip dengan jawaban nomor 1, namun bedanya di bagian ini Anda ingin menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Jika Anda ada di situasi ini, berikut jawaban yang bisa Anda berikan:

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Saya membutuhkan waktu untuk mempersipakn diri selama 3 hari. Namun jika perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan kehadiran saya lebih cepat, saya bisa menyesuikan kebutuhan perusahaan Bapak/Ibu.”

gajihub 3

Baca Juga: 5 Tips Menjawab Pertanyaan Pencapaian Terbesar dalam Hidup

Apa Saja Tips Menjawab Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja?

Terlepas dari bagaimana Anda menjawab pertanyaan ini, susunlah jawaban Anda untul pertanyaan kapan Anda daat mulai bekerja dengan cara yang sejujur dan sesederhana mungkin. Cara Anda menjawab pertanyaan ini kemungkinan besar bergantung pada sejumlah faktor yang berhubungan dengan kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Berikut adalah tips-tips yang dapat Anda ambil untuk memberikan jawaban yang bijaksana atas pertanyaan ini:

1. Pertimbangkan status pekerjaan Anda saat ini

Jika saat ini Anda bekerja untuk perusahaan lain, Anda mungkin ingin memberikan pemberitahuan yang memadai kepada mereka sebelum meninggalkan posisi Anda. Lamanya waktu pemberitahuan Anda tergantung pada kontrak Anda dengan perusahaan, tetapi sebagian besar pemberi kerja lebih suka Anda memberi tahu mereka tentang niat Anda setidaknya dua minggu sebelumnya.

Pastikan bahwa Anda dapat memberikan pemberitahuan yang tepat kepada atasan Anda sebelum Anda meninggalkan pekerjaan Anda sehingga Anda dapat mempertahankan hubungan yang positif dengan mereka. Banyak pewawancara lebih memilih kandidat yang menunjukkan etiket yang tepat dengan memberi tahu atasan mereka sebelum menerima posisi lain.

Jika Anda sedang tidak bekerja, tentukan tawaran lain yang mungkin Anda miliki dan jadikan itu bagian dari jawaban Anda. Anda mungkin perlu waktu untuk membandingkan berbagai tawaran yang berbeda dan memberi tahu pemberi kerja tentang niat Anda.

Bahkan jika Anda bisa langsung mulai bekerja, perusahaan juga perlu mempersiapkan transisi, jadi pertimbangkan untuk memberikan rentang waktu daripada tanggal tertentu. Tunjukkan bahwa Anda fleksibel dan mampu memenuhi kebutuhan perusahaan.

2. Pertimbangkan kehidupan pribadi Anda

Selain mempertimbangkan status pekerjaan Anda, pikirkan komponen-komponen dalam kehidupan pribadi Anda yang mungkin penting untuk Anda tangani sebelum menerima pekerjaan baru, seperti liburan yang sudah Anda rencanakan atau urusan keluarga.

Misalnya, jika Anda memiliki anak dan Anda diwawancarai di sebuah perusahaan yang ada di luar kota, mungkin Anda perlu waktu untuk memindahkan keluarga Anda dan mendaftarkan anak-anak Anda di sekolah baru.

Daripada memberi tahu calon pemberi kerja tentang kewajiban-kewajiban ini, cukup berikan jawaban yang memberi mereka informasi tentang kapan Anda bisa memulainya.

kapan anda dapat mulai bekerja

3. Pikirkan tentang cuti

Jika Anda meninggalkan pekerjaan sebelumnya, Anda mungkin perlu meluangkan waktu untuk menenangkan diri dan mempersiapkan diri sebelum memulai pekerjaan baru.

Mengambil cuti dengan berlibur atau sekadar menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga dapat membantu mempermudah transisi Anda dan memberikan dukungan yang Anda butuhkan. Pertimbangkan berapa lama waktu yang Anda inginkan untuk berpindah-pindah posisi.

Ketika merencanakan jawaban Anda, tunjukkan keinginan Anda untuk menyesuaikan diri sebelum Anda mulai bekerja lagi, namun pastikan Anda mengekspresikan antusiasme Anda untuk posisi tersebut dan menyoroti kompetensi Anda.

Selain itu, pertimbangkan juga kesediaan perusahaan untuk mengizinkan Anda mengambil cuti sebelum mulai bekerja. Jika Anda telah menyelesaikan beberapa wawancara dan Anda merasa yakin bahwa Anda akan menerima tawaran, Anda mungkin memiliki lebih banyak pengaruh untuk mengambil cuti.

Baca Juga: 5 Cara Menjawab Pertanyaan Kontribusi untuk Perusahaan dan Contohnya

4. Pahami kebutuhan perusahaan yang mewawancarai

Pertimbangkan kebutuhan perekrutan dari perusahaan yang mewawancarai Anda sehingga Anda dapat merespons dengan cara yang menyeluruh dan bijaksana. Sebelum wawancara, tinjau kembali lowongan pekerjaan untuk melihat apakah lowongan tersebut menyertakan detail tentang kapan Anda bisa mulai bekerja.

Beberapa pemberi kerja mengindikasikan dalam lowongan mereka bahwa mereka lebih suka kandidat yang bersedia untuk segera mulai bekerja, sementara yang lain mungkin memberikan rentang tanggal mulai yang diinginkan. Rencanakan untuk bertanya kepada pemberi kerja kapan mereka berharap Anda mulai bekerja di posisi tersebut sebelum Anda memberikan jawaban.

5. Jawablah dengan percaya diri

Beri diri Anda beberapa detik untuk memberikan jawaban yang ringkas dan lugas setelah bertanya kepada pewawancara kapan mereka berharap Anda bisa mengisi posisi tersebut. Pastikan Anda mengekspresikan antusiasme untuk posisi baru tersebut dan nyatakan fleksibilitas Anda dalam jawaban Anda.

Dalam jawaban Anda, sertakan rentang tanggal yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini dan kebutuhan pribadi Anda. Pastikan Anda memberikan jangka waktu yang realistis dan memperhitungkan segala sesuatu yang dapat menunda kemampuan Anda untuk mulai bekerja, seperti waktu yang dibutuhkan untuk pindah.

Baca Juga: 9 Pertanyaan Jebakan Saat Interview dan Cara Menjawabnya

Kesimpulan

Dari artikel yang ada di atas dapat disimpulkan bahwa pertanyaan kapan Anda dapat mulai bekerja merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan dalam proses rekrutmen. Jika Anda mendapatkan pertanyaan ini jawablah dengan jujur sesuai keadaan Anda.

Jangan lupa untuk lakukan pengelolaan karyawan yang baik. Pengelolaan karyawan yang baik di perusahaan akan memberikan berbagai manfaat, mulai dari meningkatnya produktivitas karyawan hingga mempermudah proses rekrutmen.

Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan, mulai dari fitur payroll, absensi, izin dan cuti, BPJS, hingga integrasi akuntansi.

Tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga! Kunjungi tautan ini dan dapatkan masa coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *