10 Rekomendasi Software HRIS Industri Retail Terbaik, Apa Saja?

Software HRIS menjadi salah satu alat penting bagi industri retail. Hal ini disebabkan karena industri tersebut kerap melibatkan banyak tenaga kerja.

Dengan penggunaan software HRIS, pemilik bisnis dan tim HR pun dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

Selain itu, sebagian besar industri retail juga menerapkan sistem kerja shift, yang mengharuskan para manajer mengelola jam kerja mereka secara efisien.

Namun, dengan adanya teknologi HRIS, manajer tidak perlu lagi kerepotan dalam mengatur jadwal kerja karyawan, melainkan mereka dapat menggunakan fitur-fitur canggih yang tersedia di dalamnya.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas manfaat HRIS untuk industri retail, fitur penting yang harus dimiliki, rekomendasi HRIS terbaik, hingga tips memilihnya.

Apakah Software HRIS Penting untuk Industri Retail?

Ya, sangat penting, sebab software HRIS menawarkan sejumlah manfaat penting yang akan meningkatkan kegiatan operasional di industri retail.

Namun, sebelum membahas manfaat teknologi ini lebih jauh, perlu diketahui bahwa HRIS adalah kepanjangan dari Human Resources Information System (HRIS), yaitu software yangmembantu para profesional HR dalam menyimpan dan mengelola berbagai informasi tentang karyawan, termasuk gaji, benefit, tinjauan kinerja, dan masih banyak lagi.

HRIS dirancang untuk memudahkan proses HR dan menyederhanakan pengelolaan data karyawan, sesuai dengan kebutuhan yang semakin kompleks dalam industri retail, seperti manajemen jadwal kerja hingga kepatuhan terhadap regulasi ketenagakerjaan.

Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai manfaat software HRIS dalam industri retail:

1. Mengotomatisasi dan Menyederhanakan Proses

Pekerjaan manual yang dilakukan oleh HR tidak hanya memakan waktu yang lama, tetapi juga rentan terhadap kesalahan.

Namun, dengan HRIS, Anda dapat mengotomatisasi tugas-tugas berulang yang cukup menghabiskan banyak waktu. Dengan demikian, Anda juga bisa lebih fokus pada tugas yang membutuhkan strategi dan banyak pertimbangan.

2. Privasi dan Perlindungan Data

Dalam bisnis retail, data karyawan adalah informasi penting yang harus dijaga kerahasiaannya.

Dalam hal ini, software HRIS dapat memberikan langkah-langkah keamanan untuk melindungi data tersebut, sehingga mampu mengurangi risiko pelanggaran data dan aturan.

3. Pengumpulan dan Analisis Data

Memanfaatkan data karyawan dan tenaga kerja adalah kunci untuk membuat keputusan yang tepat.

Dengan menggunakan software HRIS, Anda dapat lebih mudah dalam menganalisis informasi tentang kinerja karyawan, tingkat keterlibatan, dan tren tenaga kerja, yang dapat memberikan wawasan penting bagi kesuksesan perusahaan.

4. Memantau Kinerja

Memantau kinerja merupakan hal penting untuk meningkatkan produktivitas dan mengatasi berbagai tantangan di industri retail.

Dengan software HRIS, Anda dapat memantau dan mengevaluasi kinerja, sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi kesenjangan dan peluang.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Tambang dan Tips Memilihnya

5. Skalabilitas

Selain itu, seiring dengan pertumbuhan bisnis ritail, perusahaan juga perlu memiliki alat manajemen karyawan yang dapat disesuaikan dengan perubahan kebutuhan perusahaan.

HRIS menyediakan solusi yang dapat disesuaikan, sehingga alat tersebut bisa tetap relevan seiring dengan perkembangan bisnis.

6. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Dengan menggunakan software HRIS, perusahaan dapat mendukung keberagaman dan inklusi dalam industri retail.

Hal ini dikarenakan HRIS kerap menyediakan fitur-fitur dan sumber daya yang dapat membantu pengembangan dan dukungan terkait kesejahteraan karyawan, termasuk fasilitas yang memudahkan karyawan, seperti reimbursement, kasbon, dan kemudahan dalam mengajukan cuti.

Pada akhirnya, penggunaan HRIS pun dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan produktif bagi semua karyawan.

Baca Juga: Program Kesejahteraan Karyawan: Pengertian dan Jenisnya

software HRIS retail 1

Apa Saja Fitur yang Wajib Ada dalam Software HRIS Retail?

Sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih software HRIS, berikut fitur-fitur penting yang wajib dimiliki:

1. Pengelolaan Jadwal

Pertama-tama, software tersebut harus mampu memfasilitasi perencanaan dan penjadwalan karyawan, dengan mempertimbangkan perubahan permintaan pelanggan, kebutuhan operasional, dan ketersediaan karyawan.

Dengan fitur ini, perusahaan yang bergerak di industri retail pun dapat menjaga produktivitas dan efisiensi, serta menghindari kekurangan atau kelebihan staf yang tidak diinginkan.

2. Pelacakan Kinerja Karyawan

Selanjutnya, software perlu menyediakan fitur untuk memantau kinerja karyawan secara teratur dan obyektif, melalui evaluasi kinerja, target pencapaian, dan pemantau progres individu.

Melalui fitur ini, sebagai tim HR, Anda dapat membantu perusahaan menidentifikasi kebutuhan pelatihan di bidang retail, memberikan feedback yang konstruktir, dan mengelola kinerja karyawan untuk mencapai tujuan bisnis.

3. Manajemen Kompensasi

Mengelola berbagai komponen gaji karyawan, termasuk gaji pokok, bonus, struktur gaji, dan benefit lainnya merupakan fitur yang sangat dibutuhkan untuk industri retail.

Dengan fitur ini, software dapat membantu Anda menetapkan kompensasi secara adil dan menarik bagi para karyawan, sesuai dengan tuntutan pasar saat ini dan kinerja masing-masing individu.

4. Analisis Karyawan

Fitur analisis karyawan dapat membantu mengumpulkan dan menganalisis data karyawan untuk memperoleh wawasan tentang tren, pola, dan statistik yang berkaitan dengan tenaga kerja.

Dengan pemahaman yang lebih baik dengan faktor-faktor seperti retensi karyawan, kepuasan, dan keterlibatan karyawan di bidang retail, melalui fitur analisis karyawan Anda dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas operasional.

Baca Juga: 10 Aplikasi Absensi Retail Terbaik, Rekomendasi Nomor 1

software HRIS retail 2

5. Kepatuhan Hukum

Selanjutnya, software yang Anda pilih harus memiliki fitur terkait kepatuhan hukum, untuk memastikan bahwa pengelolaan SDM yang dijalankan sesuai dengan aturan dan kebijakan hukum yang berlaku.

Hal tersebut mencakup kepatuhan terhadap hukum ketenagakerjaan, perlindungan data karyawan, serta kepatuhan terhadap standar industri dan regulasi pemerintah.

Di dalam lingkungan retail, fitur ini dapat membantu mengurangi risiko litigasi dan menjaga reputasi perusahaan.

6. Manajemen Bakat

Software HRIS yang dipilih juga perlu memiliki fitur manajemen bakat untuk mengidentifikasi, mengelola, dan mengembangkan bakat di dalam organisasi.

Fitur-fitur ini dapat membantu menemukan karyawan yang cocok untuk posisi tertentu dalam retail, memberikan pelatihan dan pengembangan yang sesuai, serta mempertahankan bakat terbaik.

7. Keterlibatan dan Pengakuan Karyawan

Dengan fitur-fitur yang mendorong keterlibatan dan pengakuan karyawan seperti timeline, manajer atau sesama karyawan dapat memberikan apresiasi kepada karyawan yang telah mencapai prestasi.

Selain itu, timeline tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai informasi, yang mendorong komunikasi dan feedback secara terbuka.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Pabrik Terbaik

aplikasi absensi

Apa Saja Rekomendasi Software HRIS Terbaik untuk Industri Retail?

Setelah mengetahui fitur-fitur penting yang harus dimiliki software HRIS untuk industri retail, berikut rekomendasi software terbaik yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda:

1. Gajihub

Software HRIS pertama yang sangat cocok untuk digunakan industri retail adalah Gajihub.

Dengan berbagai fitur HR dan payroll yang dimilikinya, Gajihub dapat menjadi solusi lengkap, mulai dari pengelolaan data karyawan, manajemen SDM, dan pemantauan kehadiran karyawan secara real-time. 

Selain itu, fitur absensi yang dimiliki Gajihub juga dilengkapi dengan GPS dan dukungan selfie, sehingga perusahaan dapat terhindar dari kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.

Hal tersebut tentu akan sangat berguna bagi industri retail yang kerap memiliki banyak toko di lokasi yang berbeda-beda.

Software ini juga dapat mendukung sistem kerja di industri retail yang mungkin sebagian besar menggunakan sistem shift, di mana manajer dapat mengelola jadwal kerja secara efisien melalui sistem drag and drops. 

Caranya pun sangat mudah, berikut tutorialnya:

 

 

Sementara itu, karyawan dapat mengakses jadwal tersebut melalui smartphone mereka masing-masing.

Mengenai masalah penggajian juga tidak perlu diragukan lagi, karena sebagai tim HR, Anda dapat mengelola seluruh komponen gaji karyawan secara otomatis dan akurat, termasuk gaji pokok, bonus, dan potongan.

Satu lagi, Gajihub juga telah terintegrasi dengan sistem akuntansi Kledo, yang memungkinkan pencatatan gaji karaywan dan kasbon secara otomatis.

Fitur Utama:

  1. Payroll
  2. Absensi
  3. Kelola PPh 21
  4. BPJS
  5. AkuntansiEmployee Self Service
  6. Kelola Cuti dan Izin
  7. Analisa DataReimbursement
  8. Kasbon

Harga:

Anda dapat berlangganan Gajihub mulai dari Rp4.900/karyawan/bulan dan Anda akan mendapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

2. Ultimate Kronos Group (UKG)

Rekomendasi selanjutnya adalah UKB, yakni software HRIS yang menawarkan beragam solusi HR untuk industri retail.

Dengan berfokus pada retail, UKG menawarkan paket lengkap, termasuk manajemen bakat, manajemen tenaga kerja, dan keterlibatan karyawan.

Software UKG dirancang untuk membantu perusahaan retail mengoptimalkan proeses HR secara menyeluruh, dari perekrutan hingga manajemen kinerja.

Fitur Utama:

  1. Proses payroll
  2. Administrasi benefit
  3. Talent acquisition
  4. Manajemen kinerja
  5. Keterlibatan karyawan
  6. Time tracking

Harga:

Harga untuk UKG Pro berdasarkan jumlah karyawan per bulan. Biayanya tergantung pada ukuran perusahaan dan jenis fitur yang dibutuhkan. Kisaran harga biasanya antara $26 hingga $37 per karyawan setiap bulannya.

3. Dayforce

Dayforce menyediakan berbagai layanan dan fitur yang dapat memudahkan manajemen tenaga kerja, mulai perekrutan hingga pengelolaan payroll, benefit karywan, dan pengambilan keputusan berbasis data.

Selain itu, software ini juga didukung oleh artificial intelligence (AI) yang terintegrasi untuk memberikan wawasan mengenai tenaga kerja yang lebih baik.

Fitur Utama:

  1. Penggajian secara global
  2. Perekrutan dan onboarding
  3. Laporan dan metrik karyawan lanjutan
  4. Manajemen kinerja
  5. Keterlibatan karyawan
  6. Pelacakan waktu
  7. Pembayaran on-demand
  8. Analitik AI untuk perekrutan
  9. Manajemen pengetahuan dan profil kepribadian

Harga:

Biaya untuk setiap paket bisa berbeda tergantung pada modul yang Anda pilih dan jumlah karyawan di perusahaan Anda.

4. Employment Hero

Selanjutnya terdapat Employment Hero yang dapat membantu perusahaan retail dalam mengelola tenaga kerjanya dengan lebih efisien.

Melalui fitur-fitur seperti penggajian otomatis, ulasan kinerja, dan onboarding karyawan, software HRIS retail ini memungkinkan penggunanya untuk mengotomatisasi berbagai tugas administrasi, sehingga dapat lebih fokus dalam pengembangan bisnis.

Fitur Utama:

  1. Manajemen Penggajian
  2. Manajemen Perekrutan
  3. Manajemen Tugas
  4. Manajemen Waktu & Kehadiran
  5. Manajemen Pelatihan
  6. Pelacakan Pelamar
  7. Manajemen Alur Kerja
  8. Manajemen Kepatuhan
  9. Manajemen Kompensasi
  10. Penilaian Kinerja
  11. Dasbor
  12. Timesheet
  13. Laporan Analisis

Harga:

Paket gratis 0, paket standar $6 per bulan, paket premium $9 per bulan.

5. People HR

Selanjutnya, Anda juga bisa mempertimbangkan PeopleHR, yakni sebuah solusi berbasis cloud yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan di industri retail.

Dengan fitur-fitur seperti employee self service, pelacakan waktu kerja, hingga sistem pelacakan pelamar, software ini dapat membantu perusahaan retail menyederhanakan semua aspek manajemen SDM.

Fitur Utama:

  1. HR Essentials
  2. Aplikasi Mobile
  3. Applicant Tracking System (ATS)
  4. Manajemen Kinerja
  5. Pelaporan
  6. Alur Kerja Kustom
  7. Integrasi

Harga:

Harga berkisar antara $3-$7 per karyawan per bulan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Manufaktur, Nomor 1 Terbaik!

gajihub 3

6. Zenefits

Zenefits adalah platform HR all-in-one yang menyediakan berbagai fitur, mulai dari penggajian, pengelolaan benefit, dan manajemen terhadap kepatuhan regulasi.

Solusi ini dirancang untuk memudahkan industri retail dalam mengelola semua aspek HR dalam satu sistem yang saling terintegrasi.

Fitur Utama:

  1. Employee self service
  2. Aplikasi seluler lengkap.
  3. Modul penggajian yang lengkap.
  4. Dukungan HR all-in-one

Harga:

Harga mulai dari $8 per bulan.

7. Workday

Anda juga bisa mempertimbangkan Workday, yang merupakan platform manajemen HR dan keuangan berbasis cloud. 

Workday menawarkan berbagai fitur penting untuk industri retail seperti perencanaan tenaga kerja dan manajemen bakat, wawasan untuk pengambilan keputusan bisnis, dan lain-lain untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi kegiatan operasional bisnis.

Fitur Utama:

  1. Manajemen Talenta
  2. Bimbingan Onboarding
  3. Manajemen Kinerja
  4. Manajemen Kompensasi
  5. Perencanaan Suksesi
  6. Pengawasan Payroll
  7. Pelacakan Cuti

Harga:

Workday menawarkan paket dan harga yang disesuaikan untuk setiap kebutuhan bisnis.

8. BambooHR

Sebagai salah satu software HRIS yang cukup terkenal, software ini juga cocok digunakan untuk industri retail. Anda bisa memanfaatkan fitur perekrutan, onboarding, dan manajemen kinerja yang ada di dalamnya.

Selain itu, BambooHR juga menawarkan beragam manfaat seperti pelacakan waktu kerja yang akurat dan dapat terintegrasi dengan sistem payroll. 

Fitur Utama:

  1. Database informasi karyawan
  2. Manajemen cuti dan absen
  3. Modul layanan mandiri karyawan
  4. Aplikasi seluler
  5. Manajemen kinerja
  6. Pelacakan waktu
  7. Penggajian

Harga:

Harga BambooHR mulai dari $99 per bulan untuk 12 karyawan

software HRIS retail 3

9. EasyHR

EasyHR juga menjadi salah satu HRIS yang dapat mendukung kebutuhan pegelolaan SDM di industri retail, mulai dari pengelolaa data karyawan, panduan karyawan, formulir HR, dan sebagainya.

Dengan menggunakan EasyHR, Anda dapat megelola administrasi karyawan dan melakukan proses penggajian secara mudah dan lebih akurat.

Fitur Utama:

  1. Pencatatan time sheet yang akurat (check in dan check out)
  2. Pengelolaan gaji
  3. Perhitungan dan potongan pajak
  4. Manajemen cuti
  5. Perhitungan otomatis cuti sakit dan hari libur umum
  6. Kepatuhan hukum dan HR yang lengkap
  7. Manajemen kinerja dan perhitungan kenaikan gaji
  8. Employee self service

10. HappyHR

Terakhir, ada HappyHR sebagai software HRIS retail yang dapat membantu bisnis dalam mengelola gaji, waktu kera karyawan, dan memastikan kepatuhan terhadap aturan ketenagakerjaan.

Melalui HappyHR, Anda dapat mengotomatisasi pekerjaan manual yang cukup rumit dan membutuhkan banyak waktu.

Fitur Utama:

  1. Manajemen HR
  2. Manajemen penggajian
  3. Manajemen kinerja karyawan
  4. Pengumpulan dan analisis data
  5. Kebijakan manajemen HR.

Harga:

Harga mulai dari $6 per bulan.

Baca Juga: 10 Software Payroll Retail Terbaik untuk Meningkatkan Bisnis

Apa Saja Tips dalam Memilih Software HRIS untuk Industri Retail?

Selain dengan mempertimbangkan berbagai fitur yang dimiliki setiap software HRIS, Anda juga perlu melakukan beberapa tips tambahan agar dapat menggunakan teknologi ini secara lebih optimal:

1. Tentukan Tujuan Perusahaan

Pertama-tama, muailah dengan memahami apa yang ingin dicapai perusahaan Anda dan bagaimana software HRIS dapat membantu perusahaan mencapai tujuan tersebut.

2. Evaluasi Kebutuhan HR

Selanjutnya, lakukan tinjauan secara menyeluruh terhadap kebutuhan tim HR untuk mengidentifikasi area mana yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki.

3. Lakukan Riset terkait Software HRIS

Upayakan untuk mencari tahu tentang berbagai penyedia software HRIS yang berpengalaman di bidang industri retail. Anda dapat mengidentifikasi reputasinya, kemampuan untuk berkembang, dan ulasan dari pengguna sebelumnya.

4. Bandingkan Fitur dan Biaya

Bandingkan fitur serta biaya yang ditawarkan dari beberapa opsi HRIS untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis dan HR Anda.

5. Jadwalkan Demo dan Studi Kasus

Mintalah demonstrasi secara langsung atau studi kasus dari penyedia software untuk melihat bagaimana solusi mereka telah membantu bisnis retail lainnya dan pertimbangkan bagaimana hal tersebut dapat diterapkan di perusahaan Anda.

Baca Juga: Aturan Kasbon, Pengertian, Alasan, Hingga Prosedur Pengajuannya

Kesimpulan

Seiring dengan berkembangnya industri retail yang melibatkan banyak tenaga kerja, penting bagi Anda untuk memilih dan mengimplementasikan software HRIS yang sesuai.

Melalui teknologi tersebut, Anda dapat mengotomatisasi proses manual, menjaga keamanan data karyawan, memungkinkan analisis data secara mendalam, dan membantu dalam memantau produktivitas karyawan.

Fitur-fitur seperti pengelolaan jadwal, pelacakan kinerja, manajemen kompensasi, dan analisis data menjadi kunci dalam memilih software HRIS yang tepat.

Dengan memilih solusi yang sesuai dan melakukan evaluasi secara teratur, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan produktif bagi seluruh karyawan.

Salah satu software HRIS yang wajib Anda pertimbangkan adalah Gajihub, yakni sebuah software payroll dan HR yang menawarkan fitur lengka, mulai dari pengelolaan payroll, absensi, hinga integrasi dengan sistem akuntansi.

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *