10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Pabrik Terbaik

aplikasi absensi pabrik

Absensi digital saat ini dibutuhkan oleh seluruh jenis perusahaan, termasuk pabrik. Memilih aplikasi absensi akan memudahkan pabrik dalam melakukan pengelolaan kehadiran karyawan.

Biasanya pabrik merupakan bagian dari bisnis manufaktur dan memiliki banyak karyawan yang bekerja sehingga Anda harus mencari aplikasi yang mampu memnuhi kebutuhan karyawan dan manajemen.

Dengan banyaknya karyawan yang bekerja, bagaimana cara memilih aplikasi absensi untuk pabrik yang sesuai? Apa saja yang harus diperhatikan ketika pabrik ingin memilih aplikasi absensi? Apa saja rekomendasi aplikasi terbaik dan cocok?

Buat Anda yang ingin mengetahuinya, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini:

Mengapa Pabrik Wajib Menggunakan Aplikasi Absensi?

Pabrik merupakan perusahaan dengan skala besar yang membutuhkan jumlah pekerja atau karyawa dalam jumlah besar pula. Sebelumnya GajiHub pernah membahas mengenai aplikasi absensi manufaktur, lalu bagaimana dengan aplikasi absensi untuk pabrik?

Mengapa pabrik perlu menggunakan aplikasi absensi? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Ketergantungan terhadap deskstop dapat berkurang

Industri seperti pertanian, manufaktur (pabrik), konstruksi, pertambangan, atau pemeliharaan mempekerjakan pekerja kerah biru. Para pekerja ini tidak diberikan desktop atau komputer, yang membuat pelacakan kehadiran menjadi tugas yang menantang.

Namun, Anda bisa mengatasi masalah ini hanya dengan memilih aplikasi absensi terbaik karena karyawan tidak perlu memiliki laptop atau komputer untuk menandai kehadiran mereka. Mereka cukup melakukannya dengan ponsel mereka.

2. Pencatatan kehadiran tanpa kertas

Apakah Anda lelah mengelola buku catatan untuk melacak waktu dan data kehadiran karyawan? Jika ya, maka inilah saatnya bagi Anda untuk beralih ke aplikasi absensi untuk pelacakan kehadiran karyawan. Aplikasi absensi mobile dapat mencatat dan mengelola data kehadiran karyawan dan membuat catatan kehadiran karyawan diperbarui secara real time.

Penggunaan aplikasi pelacakan kehadiran untuk karyawan tidak hanya membantu Anda menghemat waktu dan tenaga kerja manual, namun juga akan membantu Anda menyelamatkan bumi. Lebih sedikit dokumen berarti lebih sedikit kerusakan lingkungan.

3. Meningkatkan pengalaman karyawan

Menurut Manpower Group, tenaga kerja tahun 2020 terdiri dari 35% milenial dan 24% Gen Z, yang menandakan adanya pergeseran besar dalam angkatan kerja. Kita semua tahu bahwa generasi muda memiliki ide, konsep, dan kebutuhan yang berbeda.

Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk mengadopsi teknologi modern untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja modern. Para karyawan ini lebih memilih aplikasi pelacakan waktu di saku mereka daripada aplikasi desktop.

Selain itu, aplikasi ini mencegah intervensi dari manajemen dan memberikan kebebasan penuh kepada karyawan untuk mengatur waktu dan pekerjaan mereka.

4. Akurasi yang Dapat Diandalkan

Karyawan hanya perlu mengetuk tombol absen di ponsel mereka dan Anda akan mendapatkan data kehadiran yang akurat dan terperinci. Banyak perangkat lunak manajemen waktu dan kehadiran yang dilengkapi dengan fitur absensi swafoto yang menghilangkan kecurangan waktu, titip absen, dan masalah terkait lainnya.

Selain itu, perangkat lunak pelacakan waktu memungkinkan karyawan Anda untuk absen lebih awal dan lebih lambat serta mengirimkan notifikasi otomatis ke pimpinan HR untuk ketepatan waktu yang akurat.

5.Mengakses data kehadiran dari mana saja

Satu hal yang membuat aplikasi absensi seluler begitu hebat adalah aplikasi ini menawarkan Anda kemampuan untuk mengakses dan berbagi data kehadiran dari mana saja dan kapan saja. Jika karyawan Anda bekerja secara bergiliran dan pimpinan SDM Anda tidak tersedia pada waktu tertentu di kantor, maka aplikasi absensi seluler dapat menjadi penyelamat.

Aplikasi ini memudahkan mereka untuk melihat apakah seorang karyawan sudah hadir atau belum, bahkan saat mereka tidak berada di kantor. Jadi ini adalah beberapa manfaat utama menggunakan aplikasi seluler untuk pelacakan kehadiran.

aplikasi absensi pabrik

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Manufaktur, Nomor 1 Terbaik!

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Aplikasi Absensi Pabrik?

Sebelum Anda memilih aplikasi absensi pabrik, ada beberapa hal yang wajib untuk dipertimbangkan, yakni:

1. Pahami kebutuhan bisnis pabrik

Ketika Anda ingin memilih aplikasi absensi, hal pertama yang wajib diperhatikan adalah pahami kebutuhan bisnis Anda. Bisnis pabrik pastinya memiliki kebutuhan akan aplikasi absensi yang berbeda dengan bisnis lainnya, misalnya dengan perusahaan jasa.

Ini dilakukan agar aplikasi absensi pilihan Anda memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi Anda cukup menggunakan satu aplikasi dan semua kebutuhan Anda dapat terpenuhi.

2. Pahami fitur yang dimiliki

Kedua adalah pahami fitur-fitur apa saja yang dimiliki aplikasi absensi pilihan Anda. Setiap aplikasi absensi memiliki fitur-fitur utama dan fitur tambahan yang berbeda dengan aplikasi absensi lainnya.

Jadi, penting bagi Anda untuk memahami fitur yang dimiliki dan manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan dengan adanya fitur ini. Anda bisa mencari tahu fitur-fitur yang dimiliki aplikasi absensi pilihan Anda melalui website resmi ataupun berkonsultasi dengan tim dari aplikasi absensi tersebut.

3. Adanya jaminan keamanan data

Sebelum Anda memilih aplikasi absensi, pastikan aplikasi absensi pilihan Anda memiliki jaminan keamanan data. Keamanan data jadi bagian penting yang akan melindungi data-data Anda yang ada di aplikasi absensi pilihan Anda.

Dengan adanya kemanan data yang terjamin ini, Anda bisa melakukan pengelolaan kehadiran tanpa rasa khawatir terjadi pencurian data. Untuk mengetahui keamanan data ini Anda bisa bertanya ke tim dari aplikasi absensi atau cek di website resmi.

4. Bisa digunakan di berbagai jenis smartphone

Pabrik memiliki karyawan dalam jumlah besar dan jenis smartphone karyawan ini pasti akan sangat beragam. Jadi pilihlah aplikasi absensi yang dapat digunakan di berbagai jenis smartphone.

Dengan begitu, karyawan tidak perlu menyesuaikan dan hanya perlu download aplikasi dan menginstalnya.

5. Adanya integrasi

Integrasi jadi bagian yang tidak boleh dilewatkan ketika memilih aplikasi absensi. Dengan adanya integrasi ini, Anda dapat memenuhi berbagai kebutuhan dalam aplikasi yang saling terintegrasi.

Misalnya dengan adanya integrasi aplikasi absensi dengan aplikasi akuntansi, Anda bisa melakukan pengelolaan kehadiran karyawan dan pengelolaan keuangan dalam aplikasi yang saling terhubung. Dengan adanya integrasi ini, Anda tidak perlu input data dua kali dan pengelolaan kehadiran bisa langsung otomatisasi dengan laporan keuangan perusahaan.

6. Layanan customer service yang baik

Terakhir, pastikan aplikasi absensi pilihan Anda memiliki layanan customer service yang baik. Keberadaan customer service akan membantu Anda ketika mengalami kendala terkait penggunaan aplikasi absensi.

Anda bisa mencoba menghubungi CS aplikasi absensi dan nilai apakah mereka memberikan layanan seperti yang Anda butuhkan.

gajihub 2

Baca Juga: 20 Rekomendasi Aplikasi Absensi Terbaik untuk Perusahaan

Apa Saja Rekomendasi Aplikasi Absensi Pabrik?

Agar Anda tidak bingung memilih aplikasi absensi untuk kebutuhan bisnis pabrik Anda, berikut 10 rekomendasi aplikasi absensi untuk pabrik yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Aplikasi Absensi GajiHub

Aplikasi absensi GajiHub menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang sedang bingung mencari rekomendasi aplikasi absensi pabrik. GajiHub merupakan aplikasi absensi buatan Indonesia yang telah dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan kehadiran karyawan.

Tidak hanya pengelolaan kehadiran karyawan, GajiHub juga menyediakan fitur untuk pengelolaan penggajian dan juga telah terintegrasi dengan aplikasi absensi Kledo.

Fitur utama:

  • Pencatatan kehadiran real time.
  • Pencatatan kehadiran dengan GPS dan alamat IP.
  • Pengaturan jadwal dan shift kerja.
  • Fitur approval presensi, cuti, dan izin.
  • Pencatatan waktu lembur.
  • ESS Employee Self Service.
  • Pengelolaan PPh 21.
  • Pengelolaan BPJS.
  • Integrasi software akuntansi.
  • Analisis data.
  • Pengajuan reimbursement.
  • Pengajuan kasbon.

Harga:

GajiHub memiliki harga mulai dari Rp4.900/karyawan/bulan dan Anda akan mendapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Untuk mendaftar GajiHub, Anda bisa mengikuti panduan yang ada di video di bawah ini:

2. Zimyo

Aplikasi seluler Zimyo untuk manajemen waktu dan kehadiran adalah alat yang hebat yang membantu bisnis mencatat kehadiran, melacak waktu, dan memantau perjalanan bisnis. Aplikasi ini memastikan pelacakan waktu dan kehadiran karyawan secara real-time tanpa sentuhan.

Dapatkan data yang akurat dan real-time tentang kehadiran atau ketidakhadiran karyawan. Lacak jam masuk dan jam pulang, pantau shift, hari libur yang telah ditentukan sebelumnya di tampilan, minta, setujui, dan lacak cuti, dan lacak perjalanan karyawan yang bertugas dan bekerja di lapangan.

Fitur-fitur utama:

Timesheet

  • Membuat laporan otomatis seperti laporan klien, produk, proyek, aktivitas, dll.
  • Melacak biaya dan keuntungan proyek
  • Memantau waktu yang dihabiskan untuk tugas tertentu

Geofencing

  • Tentukan lokasi untuk jam masuk dan jam pulang karyawan.
  • Menetapkan beberapa pagar tergantung pada lokasi.
  • Mengalokasikan pagar tunggal atau ganda berdasarkan karyawan.
  • Izinkan karyawan untuk menandai kehadiran hanya di dalam area berpagar.

Punching

  • Punching online yang mudah dari rumah atau lokasi lain yang ditentukan dalam perangkat lunak.
  • Memberikan validasi absen melalui selfie atau tag lokasi untuk karyawan yang bekerja dari jarak jauh.
  • Akses untuk pencatatan dari aplikasi seluler atau web.
  • Verifikasi selfie dan lokasi melalui pembuatan laporan kehadiran.

Add Ons:

1. Integrasi Biometrik

Sesuaikan perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan absen biometrik dan absen keluar alih-alih satu sentuhan, kami juga dapat mengimplementasikannya.

2. Tampilan kalender tim

Manajer SDM atau pemimpin tim dan anggota lainnya dapat melihat kalender seluruh tim.

3. Melacak saldo cuti

Melacak cuti menjadi mudah ketika kehadiran karyawan terintegrasi dengan kalender mereka.

4. Mengatur Kehadiran

Karyawan dapat mengajukan permintaan regularisasi dan karyawan dapat melakukan regularisasi kehadiran secara massal.

5. Ajukan Permintaan Cuti

Fitur ini memungkinkan karyawan untuk mengajukan permintaan cuti atau cuti besar dengan mudah.

Baca Juga: 9 Daftar Aplikasi Absensi dan Tips Memilihnya

3. Timely

Timely adalah aplikasi absensi yang akan membantu Anda mendapatkan catatan harian yang tepat tentang waktu yang dihabiskan untuk dokumen, rapat, email, dll. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda menemukan jam kerja yang hilang dan mengirim pemberitahuan otomatis kepada siapa pun yang perlu mencatat jam kerja mereka.

Fitur-fitur utama:

  • Dokumentasi lembur
  • Manajemen Timesheet
  • Manajemen Penggajian
  • Pembuatan faktur
  • Akses desktop dan seluler
  • Tinjauan kinerja
  • Integrasi pihak ketiga
  • Manajemen Kalender
  • Portal layanan mandiri
  • Manajemen Tugas

Harga:

Mulai dari $10.00/bulan dengan masa uji coba selama 14 hari.

4. FactoTime

FactoTime adalah aplikasi absensi yang dapat digunakan untuk memberdayakan para pemimpin SDM sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelacakan waktu yang terus berkembang dengan otomatisasi awan. Aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Android dan iOS.

Apakah Anda ingin melacak jam kerja karyawan, kehadiran, atau shift, Anda dapat sepenuhnya mengandalkan factoTime.

Fitur-fitur utama:

  • Absensi karyawan dengan selfie dan pelacakan lokasi atau kode QR
  • Sistem Pencatatan Kehadiran Berbasis GPS
  • Penjadwalan Shift
  • Kalender Kerja
  • Kalender Liburan
  • Pelacakan Riwayat Rute
  • Pelaporan yang Dapat Diimpor

Harga:

Paket premium mulai dari $6,99/bulan untuk 5 pengguna.

Baca Juga: 15 Aplikasi Perkantoran untuk Meningkatkan Produktivitas

5. Avaza

Avaza adalah salah satu aplikasi absensi seluler terbaik untuk  melacak waktu kerja, mengelola pengeluaran, proyek, menagih pelanggan, menjadwalkan sumber daya, dll. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi semuanya dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Anda.

Fitur utama:

  • Pelacakan Waktu
  • Impor/Ekspor Data
  • Berbagi File
  • Manajemen Tugas
  • Integrasi Akuntansi
  • Bagan Gantt
  • Pelacakan Persen-Lengkap
  • Perencanaan Proyek
  • Manajemen Sumber Daya
  • Pelacakan Status
  • Penganggaran Proyek
  • Pelaporan
  • Templat Proyek

Harga:

Paket berbayar mulai dari $5-$19/bulan per pengguna.

aplikasi absensi pabrik

6. Harvest

Ini adalah perangkat lunak pelacakan waktu intuitif yang membantu memantau kehadiran, dan melacak waktu dan ketidakhadiran.

Fitur-fitur utama:

  • Pelacakan Pengeluaran
  • Manajemen Proyek
  • Manajemen Shift
  • Manajemen Waktu & Kehadiran
  • Manajemen Cuti
  • Manajemen Ketidakhadiran
  • Pelacakan Waktu
  • Manajemen Lembur
  • Pelaporan
  • Manajemen Lembar Waktu

Harga:

Uji Coba Gratis- 30 hari dengan paket berbayar mulai dari $12/kursi per bulan.

Baca Juga: Aplikasi Cuti Online: Pengertian Lengkap dan Manfaat Menggunakannya

7. actiTIME

Ini adalah salah satu aplikasi absensi seluler yang paling kuat untuk pelacakan kehadiran karyawan. actiTime memungkinkan Anda untuk melacak waktu, proyek, dan tugas.

Aplikasi absensi karyawan ini mengidentifikasi hambatan dan aktivitas yang menghabiskan banyak waktu dan menyesuaikan strategi manajemen proyek Anda.

Fitur-fitur utama:

  • Pelacakan Pengeluaran
  • Manajemen Waktu & Kehadiran
  • Manajemen Proyek
  • Manajemen Tugas
  • Manajemen Faktur
  • Portal Layanan Mandiri
  • Manajemen Timesheet
  • Pelacakan Lembur
  • Multi-Lokasi
  • Manajemen Kalender
  • Pelaporan yang Dapat Disesuaikan
  • Pelaporan
  • Akses Seluler
  • Pelacakan Waktu Offline

Harga:

Uji Coba Gratis- 30 hari dengan paket berbayar mulai dari $6/per pengguna per bulan.

8. When I Work

Rekomendasi selanjutnya datang dari When I Work. When I Work merupakan aplikasi absensi yang cocok untuk berbagai bisnis, tidak hanya untuk pabrik tetapi juga untuk UMKM.

Fitur utama:

  • Pengelolaan shift karyawan.
  • Pengelolaan jam lembur.
  • Attendance monitoring.
  • Team message.
  • Pembuatan jadwal karyawan.

Harga:

When I Work memiliki harga mulai dari $2.00/bulan karyawan dan paling mahal $8.00/bulan/karyawan.

Baca Juga: 10 Keuntungan Menggunakan Sistem Absensi Online Bagi Bisnis

9. Jibble

Rekomendasi selanjutnya datang dari Jibble. Jibble merupakan aplikasi absensi yang cocok untuk berbagai bisnis dan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti absensi dengan GPS dan selfie untuk melakukan check-in dan check-out.

Fitur utama:

  • Absensi GPS dan selfie.
  • Rekapitulasi lebih mudah dalam berbagai format.
  • Profesional payroll.
  • Integrasi dengan sistem payroll.

Harga:

Jibble memiliki harga mulai dari $3.00/bulan karyawan.

10. Zoho People

Zoho People bisa menjadi pilihan terbaik bagi And ayang membutuhkan aplikasi absensi untuk bisnis pabrik. Zoho People adalah aplikasi absensi berbasis cloud untuk pengembangan karyawan dan beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Fitur:

  • Payroll.
  • Rekrutmen karyawan.
  • Pencatatan pengeluaran.
  • Layanan email.
  • Project.
  • Sign

Harga:

Zoho People memiliki harga paling murah Rp17.750 dan paling mahal Rp124.200.

aplikasi absensi pabrik

Baca Juga: Absen Fingerprint Manual dan Software Absensi: Mana yang Lebih Baik?

Kesimpulan

Dari daftar aplikasi absensi pabrik di atas, GajiHub jadi pilihan terbaik karena merupakan buatan Indonesia. Dengan dibuat di Indonesia, GajiHub telah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis di Indonesia dan juga peraturan yang ada di Indonesia.

Misalnya dalam hal pengelolaan PPh 21, ini pastinya sudah disesuaikan dengan peraturan perpajakan yang ada di Indonesia. Begitu juga dengan fitur BPJS pada GajiHub, ini telah sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

Jadi, tunggu apa lagi, gunakan GajiHub sebagai software payroll dan aplikasi HRIS pilihan Anda yang tidak hanya menghadirkan fitur presensi online tetapi juga fitur-fitur lainnya yang dibutuhkan bisnis.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *