10 Contoh CV Digital Marketing Terbaik dan Templatenya

contoh CV digital marketing

Contoh CV digital marketing adalah sesuatu yang dibutuhkan bagi kandidat yang ingin mencari kerja di bidang digital marketing. Seperti yang diketahui, digital marketing saat ini menjadi pilihan pekerjaan yang menjanjikan.

Agar Anda bisa lolos proses rekrutmen di bidang ini, Anda harus didukung oleh CV yang menarik dan relevan. Dengan mengusahakan hal ini, HRD dan tim rekrutmen yang membaca CV Anda akan tertarik dan meloloskan Anda ke tahap selanjutnya.

Lalu bagaimana cara membuat CV digital marketing yang menarik yang akan dilirik tim rekrutmen?

Di sini GajiHub akan membahas mengenai contoh CV digital marketing dan Anda bisa menggunakannya sebagai referensi untuk melamat kerja di bidang ini.

Mengapa Anda Membuat CV Digital Marketing?

Digital marketing adalah bidang pekerjaan yang menarik dan bergerak cepat. Baik Anda berkecimpung di media sosial, SEO, atau desain web, setiap aspek dari industri ini selalu berkembang seiring dengan munculnya teknologi dan platform baru.

Sebagai seorang digital marketer, penting bagi kita untuk tetap menjadi yang terdepan yakni selalu memiliki cara baru untuk mengembangkan dan meningkatkan praktik kita.

Ketika Anda telah bekerja di bidang pemasaran digital selama 1-2 tahun, Anda akan mencapai titik penting dalam kehidupan kerja Anda di mana Anda benar-benar dapat menentukan arah karier Anda. Pada tahap ini penting bagi Anda untuk memilih tempat kerja yang mendukung karir Anda.

Karena alasan inilah, di antara banyak alasan lainnya, beberapa orang memilih mencari peluang baru di bidang digital marketing. Namun, karena industri ini sangat menarik, ini bisa menjadi pasar yang sangat kompetitif bagi kandidat yang mencari posisi entry-level hingga menengah.

Agar Anda dapat bersaing di dunia digital marketing yang bergerak sangat cepat ini, Anda wajib memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan dan didikung dengan CV digital marketing yang menarik.

contoh CV digital marketing

Baca Juga: Download Contoh Template CV Gratis dan Tips Menulisnya

Apa Saja Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Bidang Pemasaran Digital?

Sebelum kita membahas secara spesifik tentang bagaimana cara membangun pengalaman dan menyusun CV Anda, penting untuk mengingat keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang pemasaran digital.

Meskipun keterampilan teknis adalah sesuatu yang dipertimbangkan tim rekrutmen, namun itu saja tidak cukup. Di industri ini, penting bagi Anda untuk memiliki kemampuan bekerja dalam tim dan memiliki pribadi yang dapat beradaptasi terhadap perkembangan zaman.

Berikut beberapa keterampilan yang wajib Anda miliki untuk berkarir di bidang digital marketing:

  • Proaktif
  • Pekerja keras
  • Mampu mengikuti perkembangan tren
  • Berorientasi pada detail
  • Memiliki ketertarikan di bidang digital marketing
  • Bersemangat untuk belajar
  • Percaya diri
  • Dapat dipercaya
  • Ramah

Cobalah untuk selalu mengingat kualitas-kualitas inti ini saat mengerjakan semua tahapan pencarian kerja atau lamaran. Anda bisa menonjolkan kualitas-kualitas di atas dengan bekerja lebih keras bahkan sebelum Anda menyentuh CV Anda.

Baca Juga: 20+ Contoh Deskripsi Diri di CV dan Cara Membuatnya

Apa Saja Tips Memulai Karir di Bidang Digital Marketing?

Setelah mengetahui apa saja keterampilan yang wajib Anda miliki untuk berkarir di bidang ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai karir sebagai seorang digital marketer:

1. Aktiflah di LinkedIn

Proses perekrutan terus berubah dan tetap aktif di Linkedin menjadi semakin penting. Para pemberi kerja semakin sering menggunakan platform ini untuk mencari orang yang tepat untuk bergabung dengan perusahaan mereka.

Saat ini LinkedIn menjadi media sosial terbaik yang akan membantu Anda dalam upgrade karir.

Pastikan untuk menambahkan semua keahlian dan pengalaman yang relevan pada profil Linkedin Anda dan mulailah terhubung dengan orang-orang di industri ini. Mengikuti dan berinteraksi dengan orang-orang yang tepat di Linkedin adalah cara yang bagus untuk membangun jaringan Anda dan membuat Anda terlihat oleh calon pemberi kerja.

Berbagi konten yang menarik dan pemikiran Anda sendiri tentang topik industri yang relevan menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda mengikuti tren industri dan terlibat dalam bidang pemasaran digital.

Kebutuhan perusahaan akan digital marketer setiap harinya selalu bertambah. Jika ada perusahaan yang menjadi target Anda, pastikan Anda mengikuti halaman mereka dan jangan ragu untuk terlibat dengan postingan mereka.

2. Menulis Blog

Menulis blog adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa Anda sangat tertarik dengan industri yang ingin Anda geluti yakni industri digital marketing.

Jaga agar topik yang Anda tulis tetap relevan dengan disiplin ilmu yang Anda pilih. Misalnya, jika Anda ingin terjun ke pemasaran media sosial, Anda mungkin ingin membahas tren Instagram terbaru atau platform media sosial mana yang terbaik untuk menjangkau demografi tertentu.

Tulisan Anda di blog nantinya dapat Anda gunakan sebagai portofolio ketika Anda ingin melamar pekerjaan di bidang digital marketing ini khususnya bagian content writer atau copywriter.

Baca Juga: 10 Perbedaan CV dan PT dan Contohnya di Indonesia

3. Bangun Pengikut Online Anda S endiri

Jika Anda ingin memajukan karier Anda di media sosial dan khawatir bahwa Anda tidak memiliki pengalaman profesional, mengapa tidak mencoba membangun kehadiran media sosial Anda sendiri?

Misalnya, membuat konten TikTok untuk membangun pengikut akan menjadi cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa Anda kreatif, proaktif, dan memiliki pengetahuan yang baik tentang platform ini.

Sama seperti blog yang bisa Anda jadikan portofolio, konten Anda di media sosial juga bisa dijadikan portofolio ketika Anda ingin berkarir di bidang digital marketing. Gimana, siapa menjadi content creator dan berkarir di bidang ini?

Baca Juga: 10 Contoh CV Tulis Tangan dan Cara Membuatnya

4. Kursus Online

Ada berbagai macam kursus dan tutorial online gratis tentang semua hal tentang pemasaran digital. Meskipun mereka tidak akan mengajarkan Anda semua yang perlu Anda ketahui, kursus online adalah cara yang bagus untuk mempelajari dasar-dasarnya atau mengasah kemampuan Anda yang sudah ada.

Hal ini juga menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda secara aktif mencari pengetahuan baru.

Apa pun yang telah Anda lakukan yang dapat membuat Anda menonjol akan menjadi aset. Mungkin Anda pernah bekerja di situs E-Commerce Anda sendiri, membantu bisnis keluarga dengan pemasaran digital mereka, atau bahkan mungkin memulai bisnis Anda sendiri selama lockdown.

Jika hal tersebut menunjukkan salah satu kualitas inti yang tercantum di atas, Anda harus menuliskannya di Linkedin dan CV Anda. Ini membawa kita ke topik berikutnya…

curriculum vitae

Baca Juga: 7 Contoh Pengalaman Organisasi di CV dan Tips Menulisnya

Bagaimana Cara Menulis CV Digital Marketing?

Tidak ada rumus baku untuk CV yang baik, dan apa yang paling dihargai oleh setiap agensi atau organisasi akan berbeda-beda, namun struktur ini pasti akan membantu Anda untuk membentuk dasar dari CV yang dapat dikonversi!

1. Nama dan Detail Kontak.

Ini cukup jelas! Informasi pribadi kamu idealnya ada di bagian atas CV.

2. Buka dengan Pernyataan Pribadi

Ini adalah ruang untuk berbicara tentang dirimu dan meringkas mengapa kamu cocok untuk pekerjaan tersebut. Buatlah pernyataan yang singkat dan padat.

Contohnya: ‘Profesional Pemasaran Digital Kreatif dengan pengalaman 1 tahun dalam manajemen akun media sosial. Memiliki passion di bidang digital marketing karena sifatnya yang dinamis dan berkembang dengan pesat. Memiliki kemampuan yang baik dalam membuat strategi digital marketing yang efektif dengan tools up to date.’

3. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja harus selalu berada di atas bagian pendidikan di CV Anda baik dari segi hirarki konten maupun strukturnya.

Cobalah untuk mencantumkan pengalaman kerja Anda dengan beberapa poin penting yang merinci tanggung jawab utama Anda dan keterampilan apa pun yang Anda peroleh dari setiap posisi. Posisi terakhir atau posisi Anda saat ini harus memiliki penjelasan yang paling mendalam, dengan pengalaman kerja lainnya yang lebih singkat.

Sebaiknya hindari pernyataan yang terlalu panjang. Misalnya, jangan hanya mengatakan ‘pekerjaan ini membuat saya menyadari bahwa saya sangat menyukai pemasaran digital’. Pastikan untuk menjelaskan kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana Anda telah menunjukkan setiap keterampilan atau kualitas.

Baca Juga: Cara Mencantumkan Riwayat Pendidikan di CV

4. Riwayat Pendidikan

Cantumkan riwayat pendidikan Anda di bawah pengalaman kerja Anda. Jika Anda memiliki gelar, pastikan untuk mencantumkan modul yang relevan yang pernah dipelajari, atau keterampilan yang diperoleh jika sesuai.

Sebaiknya hanya cantumkan riwayat pendidikan terakhir Anda agar isi CV Anda lebih efektif. Jika Anda memiliki pengalaman organisasi atau prestasi saat kuliah, Anda bisa menuliskannya di bawah riwayat pendidikan.

5. Sertifikasi

Jika Anda telah mengambil kursus atau memperoleh kualifikasi tambahan, pastikan untuk mencantumkannya di CV Anda di bawah riwayat pendidikan Anda. Dengan adanya pengalaman sertifikasi ini, Anda bisa lebih dipertimbangkan.

Baca Juga: 10 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Analisis CV

Bagaimana Contoh CV Digital Marketing?

Berikut contoh CV digital marketing yang bisa Anda jadikan referensi buat Anda yang tertarik berkarir di bidang ini:

Contoh CV Digital Marketing 1

contoh CV

Contoh CV Digital Marketing 2

Contoh CV digital marketing

Contoh CV Digital Marketing 3

curriculum vitae

Contoh CV Digital Marketing 4

CV digital marketing

Contoh CV Digital Marketing 5

Curriculum viate

Contoh CV Digital Marketing 6

Contoh CV digital marketing

Contoh CV Digital Marketing 7

contoh CV digital marketing

Contoh CV Digital Marketing 8

daftar riwayat hidup

Contoh CV Digital Marketing 9

contoh CV digital marketing

Contoh CV Digital Marketing 10

contoh CV digital marketing

Baca Juga: 65 Contoh Keahlian dalam CV, Cara, Hingga Tips Menulisnya

Bagaimana Template CV Digital Marketing yang Baik?

(NAMA Anda)
(Pekerjaan Anda saat ini)
(Alamat) | (Nomor HP) | (Email) | (Link portofolio) | (Media Sosial)

RINGKASAN

(Tuliskan deskripsi singkat 2-3 kalimat yang terkait pengalaman kerja. Jangan lupa tonjolkan kemampuan serta pencapaian yang pernah Anda dapatkan)

PENGALAMAN

NAMA PERUSAHAAN – Kota, Negara
Pekerjaan (bulan dan tahun awal bekerja – bulan dan tahun terakhir bekerja)

  • Deskripsikan seperti apa tugas ketika bekerja, bagaimana caranya, dan apa hasilnya.
  • Deskripsikan seperti apa tugas ketika bekerja, bagaimana caranya, dan apa hasilnya.

NAMA PERUSAHAAN – Kota, Negara
Pekerjaan (bulan dan tahun awal bekerja – bulan dan tahun terakhir bekerja)

  • Deskripsikan seperti apa tugas ketika bekerja, bagaimana caranya, dan apa hasilnya.
  • Deskripsikan seperti apa tugas ketika bekerja, bagaimana caranya, dan apa hasilnya.

NAMA PERUSAHAAN – Kota, Negara
Pekerjaan (bulan dan tahun awal bekerja – bulan dan tahun terakhir bekerja)

  • Deskripsikan seperti apa tugas ketika bekerja, bagaimana caranya, dan apa hasilnya.
  • Deskripsikan seperti apa tugas ketika bekerja, bagaimana caranya, dan apa hasilnya.

PENDIDIKAN
NAMA INSTITUSI (awal tahun kuliah – akhir tahun kuliah)
(Jenis gelar dan jurusan) – (IPK)
Pencapaian/penghargaan

KEMAMPUAN

Tools
Tulis tools yang dikuasai

Hard Skills
Tulis hard skill atau kemampuan teknis yang dimiliki

Soft Skills
Tulis soft skill yang dimiliki

Skill Bahasa
Tulis bahasa yang dikuasai serta tingkat keahliannya

Anda Bisa download template CV digital marketing di bawah ini:

Download CV Digital Marketing Bahasa Indonesia

Download CV Digital Marketing Bahasa Inggris

Bagaimana Cara Agar CV Dilirik?

Selain konten CV standar, ada beberapa informasi lain yang bisa Anda sertakan untuk memperkuat lamaran Anda:

1. Klien/industri tempat Anda pernah bekerja

Anda tidak perlu mencantumkan nama klien, namun memberikan industri tempat Anda pernah bekerja adalah cara yang bagus untuk menunjukkan pengalaman yang bisa Anda berikan.

Jika Anda melamar pekerjaan tertentu, lihatlah situs web agensi. Apakah mereka mencantumkan daftar klien di industri apa pun yang pernah Anda kerjakan, dan dapat menarik pengalaman dari sana?

Jika ya, pastikan untuk menyertakan informasi ini dalam CV atau surat lamaran Anda!

2. Fakta dan angka

Cara apa pun yang bisa Anda lakukan untuk menunjukkan bahwa Anda terdorong untuk memberikan hasil terbaik untuk klien dan bisnis Anda adalah cara yang pasti untuk membantu Anda menonjol. Pastikan untuk menyertakan contoh hasil yang terukur jika memungkinkan.

Anda juga dapat menyoroti ukuran akun atau klien yang pernah Anda tangani sebelumnya. Misalnya – ‘Saya memiliki pengalaman dalam mengerjakan akun klien senilai £100k+.

3. Tautan yang Relevan

Pastikan untuk menyertakan tautan ke Linkedin Anda, serta blog Anda, media sosial, dan lain-lain jika relevan. Dengan adanya tautan ini, tim rekruter dapat langsung mengunjungi media sosial atau blog yang Anda miliki untuk melihat portofolio Anda.

gajihub 3

Baca Juga: Cara Membuat CV yang Menarik dan Dilirik HRD

Kesimpulan

Contoh CV digital marketing dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin berkarir di bidang ini. Dengan membuat CV digital marketing yang efektif, Anda bisa meyakinkan tim rekruter ketika melamar pekerjaan dan Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Bagi perusahaan, jangan lupa untuk melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan, mulai dari fitur payroll, absensi, PPh 21, BPJS, akuntansi, cuti dan izin, analisis data, rembursement, hingga kasbon.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *