Program Kesejahteraan Karyawan: Pengertian dan Jenisnya

program kesejahteraan karyawan 1

Program kesejahteraan karyawan menjadi salah satu strategi perusahaan agar kesehatan dan kesejahteraan karyawan dapat terjaga. Ada beberapa kesehatan dan kesejahteraan yang ada di dalam program ini yaitu kesehatan fisik, psikologi, kesehatan sosial, dan juga kesehatan finansial.

Mengapa program kesejahteraan karyawan ini penting untuk dilakukan? Hal ini berhubungan dengan indikator kepuasan karyawan. Dengan meningkatnya indikator kepuasan karyawan ini, karyawan bisa bekerja lebih baik dan lebih bersemangat lagi.

Lalu apa saja jenis program kesejahteraan karyawan ini dan bagaimana tips agar program ini bisa berjalan dengan lancar? Buat Anda yang ingin tahu, Anda bisa menyimak penjelasan yang ada di bawah ini:

Pengertian Program Kesejahteraan Karyawan

Program kesejahteraan karyawan merupakan strategi yang dilakukan oleh perusahaan guna meningkatkan kenyamanan dan produktivitas karyawan dalam bekerja. Kesejahteraan ini berhubungan dengan keseluruhan aspek yang ada dalam dunia kerja, mulai dari kualitas dan keamanan lingkungan kerja, kenyamanan saat bekerja, lingkungan dan suasana kantor, hingga organisasi yang ada di perusahaan.

Dengan adanya kesejahteraan ini, karyawan bisa lebih fokus dalam bekerja. Ini sesuai dengan pengakuan dari para karyawan, dimana dari 90% karyawan yang meninggalkan pekerjaannya, ada 30% mengurangi jam kerja demi tanggung jawab keluarga.

Selain itu, ada 41% karyawan merasa kinerja mereka terganggung karena kurangnya tunjungan dari perusahaan dan ada 62% karyawan yang bersedia meninggalkan perusahaan demi benefit yang lebih baik.

Dari penjelasan ini dapat diketahui bahwa kesejahteraan karyawan jadi bagian yang sangat penting dalam meningkatkan produktifitas karyawan dalam bekerja.

Baca Juga: Activity Based Working: Arti, Manfaat, Hingga Tips Penerapannya

Tujuan Program Kesejahteraan Karyawan

Berikut beberapa tujuan dari adanya program kesejahteraan karyawan:

1. Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Tujuan dari adanya program kesejahteraan karyawan yang pertama adalah untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Produktivitas karyawan sangat berpengaruh kepada produktivitas perusahaan.

Semakin besar motivasi karyawan untuk lebih produktif akan membuat perusahaan semakin berkembang. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi ini adalah dengan memberikan kesejahteraan kepada para karyawan.

Sebagai contoh, perusahaan memberikan program kesejahteraan berupa keanggotaan gym, dari sini karyawan bisa memanfaatkannya untuk berolahraga. Dengan olahraga yang teratur ini, karyawan bisa lebih segar saat bekerja.

2. Agar Karyawan Dapat Terlibat

Tujuan yang kedua adalah agar karyawan dapat lebih terlibat. Ini dikarenakan dengan adanya kebjakan ini karyawan bisa lebih terlibat dengan kegiatan yang ada di perusahaan.

Program-program yang dibuat untuk kesejahteraan seperti penurunan berat badan, olahraga teratur, cek kesehatan akan membuat karyawan merasa lebih terhubung dengan perusahaan dan rekan kerja di perusahaan tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini karyawan bisa lebih dekat dengan sesama rekan kerja dan secara tidak langsung bisa membuat karyawan betah bekerja di perusahaan tersebut.

4. Meningkatkan Solidaritas Antar Karyawan

Tujuan yang terakhir adalah untuk meningkatkan solidaritas antar karyawan. Setelah karyawan merasa terlibat dengan adanya kegiatan bersama yang dibuat oleh perusahaan, solidaritas antar karyawan dapat meningkat dengan sendirinya.

Karyawan satu dengan karyawan lainnya akan merasa menjadi bagian di dalamnya dan memiliki kesamaan sehingga solidaritas meningkat. Apalagi jika perusahaan membuat kegiatan bersama, karyawan di perusahaan bisa lebih kompak dan solid.

gajihub 5

Baca Juga: Talent Management Metrics: Arti, Manfaat, dan Contoh Metriksnya

Pilar Kesejahteraan Karyawan

Ada 5 (lima) pilar kesejahteraan karyawan yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu:

1. Kesehatan Fisik

Pilar yang pertama adalah kesehatan fisik. Kesehatan fisik menjadi sesuatu yang sangat penting karena produktivitas kerja ditentukan oleh kesehatan fisik ini.

Jadi, perusahaan berkewajiban untuk memberikan tunjangan yang berhubungan dengan kesehatan fisik ini, misalnya seperti memberikan BPJS Kesehatan. Dengan kesehatan fisik yang terjaga, karyawan bisa bekerja dengan efektif dan juga bersemangat.

2. Kesehatan Mental

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga sama pentingnya di dunia kerja. Perusahaan juga memiliki kewajiban untuk memberikan kesejahteraan yang berhubungan dengan kesehatan mental ini.

Fasilitas yang bisa diberikan untuk mendukung kesehatan mental adalah fasilitas layanan ke psikolog, jam kerja yang fleksibel, dan juga cuti.

3. Kesehatan Keuangan

Siapa sih yang tidak pening ketika tidak memiliki uang, dari sini tergambar jelas bahwa kesehatan keuangan sama pentingnya dengan kesehatan fisik dan kesehatan mental.

Untuk memberikan perlindungan kesehatan finansial karyawannya, perusahaan bisa memberikan kebijakan terkait perlindungan masa tua hingga menyediakan pinjaman kepada karyawan.

4. Kesehatan Sosial

Work life balance menjadi salah satu bentuk kesehatan sosial yang bisa diberikan perusahaan kepada karyawan. Kesehatan sosial ini diberikan agar karyawan bisa bersosialisasi dengan orang lain dan hidupnya tidak hanya terpaku pada pekerjaan.

5. Profesionalitas

Pilar yang terakhir dalam kesejahteraan karyawan adalah profesionalitas. Profesionalitas diberikan kepada karyawan agar karyawan bisa meningkatkan skill yang dimiliki.

Perusahaan bisa memberikan program berupa pelatihan atau kursus kepada karyawan agar skill mereka dapat meningkat.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Menghitung Biaya HR bagi Perusahaan

Jenis Program Kesejahteraan Karyawan

Ada beberapa  jenis kesejaheraan karyawan yang bisa dipilih perusahaan, yaitu:

1. Jaminan Hari Tua

Jaminan hari tua jadi pilihan pertama untuk memberikan kesejahteraan kepada karyawan. Jaminan hari tua merupakan salah satu program yang ada di dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi, perusahaan bisa bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan jaminan hari tua kepada karyawan. Karyawan akan mendapatkan potongan gaji setiap bulan untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan ini.

2. Tunjangan Karyawan

Tunjangan merupakan salah satu kebijakan yang diberikan perusahaan untuk kesejahteraan karyawan. Tunjangan karyawan diberikan pada saat penerimaan gaji setiap bulan.

Ada beberapa jenis tunjangan yang bisa diberikan perusahaan kepada para karyawan, yaitu tunjangan makan, tunjangan rumah, tunjangan transportasi, dan lainnya. Memberikan tunjagan juga bisa menjadi salah satu bentuk apresiasi atas kinerja karyawan untuk perusahaan.

3. Jaminan Kesehatan

Perusahaan memberikan jaminan kesehatan melalui BPJS baik itu BPJS Kesehatan ataupun BPJS Ketenagekerjaan. BPJS Kesehatan digunakan ketika karyawan mengalami gangguan kesehatan yang bukan disebabkan oleh pekerjaan, seperti flu, batuk, atau sakit lainnya.

Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan digunakan ketika karyawan mengalami gangguan kesehatan yang disebabkan oleh pekerjaan yang dilakukan, misalnya kecelakaan saat berangkat kerja atau kecelakaan di lingkungan kerja.

gajihub 2

4. Perumahan

Perumahan juga bisa menjadi salah satu program yang diberikan untuk mendukung kesejahteraan karyawan. Perusahaan bisa memberikan tunjangan perumahan atau akses untuk menyicil rumah secara KPR.

Lalu bagaimana caranya agar perusahaan bisa memberikan fasilitas cicilan KPR ini? Perusahaan bisa bekerja sama dengan instansi atau developer untuk pembuatan rumah bersubsidi.

Selain perumahan, perusahaan juga bisa memberikan fasilitas berupa mess atau asrama kepada karyawan. Dengan adanya fasilitas ini karyawan bisa menghemat budget untuk tempat tinggal.

5. Jaminan Keselamatan Jiwa

Jaminan keselamatan jiwa menjadi program kesejahteraan karyawan selanjutnya yang bisa dipilih oleh perusahaan. Jaminan keselamatan ini memberikan tunjangan berupa jaminan keselamatan ketika karyawan mengalami kecelakaan kerja.

Jaminan keselamatan jiwa ini termasuk ke dalam BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, buat perusahaan yang telah memberikan BPJS  Ketenagakerjaan, itu artinya telah memberikan jaminan keselamatan jiwa kepada karyawan.

6. Koperasi dan Perlindungan Perusahaan

Perusahaan juga bisa memberikan kesejahteraan dalam bentuk koperasi dan perlindungan perusahaan. Koperasi akan memudahkan karyawan dalam mengajukan pinjaman.

Ini adalah fasilitas yang sangat menggiurkan, karena ketika karyawan membutuhkan uang, ia bisa meminjam terlebih dahulu di koperasi dan mengembalikannya setelah gajian.

7. Cuti

Tahukah Anda bahwa cuti merupakan salah satu bentuk kesejahteraan yang diberikan perusahaan kepada karyawan? Cuti adalah hak setiap karyawan dan menurut Undang-Undang, setiap perusahaan wajib memberikan cuti tahunan kepada karyawan yang lebih bekerja lebih dari satu tahun.

Ketika karyawan mengajukan cuti, karyawan bisa menggunakannya untuk istirahat. Jadi, ketika masuk kembali karyawan bisa lebih bersemangat dalam bekerja.

8. Pendidikan Anak

Pendidikan anak juga bisa menjadi salah satu kesejahteraan yang diberikan perusahaan. Dana pendidikan anak akan sangat membantu karyawan mengingat saat ini dibutuhkan dana yang besar untuk pendidikan anak.

9. Kendaraan

Memiliki kendaraan akan membantu mobilitas karyawan ketika bekerja. Perusahaan bisa memberikan program kesejahteraan berupa kendaraan kepada karyawan.

Perusahaan bisa meminjamkan atau memberikan pinjaman untuk pembelian kendaraan. Dengan adanya kesejahteraan ini, karyawan akan merasa terbantu dan bisa lebih semangat dalam bekerja.

10. Gadget untuk Menunjang Pekerjaan

Memberikan gadget untuk bekerja bisa menjadi salah satu kesehateraan yang diberikan perusahaan kepada karyawan. Terlebih jika untuk bekerja dibutuhkan, program ini akan sangat membantu karyawan.

Baca Juga: Agile Performance Management: Arti, Manfaat, hingga Langkahnya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai program kesejahteraan karyawan. Program kesejahteraan karyawan ini menjadi hal penting yang akan membantu karyawan lebih bersemangat kerja dan juga lebih produktif.

Selain program-program yang telah dijelaskan di atas, perusahaan juga bisa memberikan kesejahteraan karyawan dengan kemudahan dalam melakukan absensi dan pengelolaan karyawan lainnya.

Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub dilengkapi berbagai fitur seperti absensi, payroll, kelola PPh 21, akuntansi, BPJS, ESS, cuti dan izin, hingga analisis data yang akan membuat pengelolaan karyawan menjadi super mudah.

Yuk daftar GajiHub sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. Klik tautan ini untuk daftar GajiHub sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *