10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Tambang dan Tips Memilihnya

Setiap perusahaan yang bergerak di industri apa pun, termasuk pertambangan atau mining tentunya membutuhkan sistem manajemen tenaga kerja yang baik. Inilah yang membuat aplikasi absensi juga dibutuhkan oleh industri tambang, terutama karena karyawannya kerap bekerja di lapangan.

Dengan aplikasi absensi yang mendukung, tidak ada alasan lagi bagi karyawan untuk melakukan presensi sekalipun berada di lingkungan kerja yang memiliki berbagai tantangan.

Selain itu, perusahaan juga dapat mengatur pekerjaan karyawan secara lebih mudah, meningkatkan keakuratan data kehadiran karyawan, serta membuat kegiatan operasional menjadi lebih efisien.

Nah, pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas tips memilih aplikasi absensi untuk perusahaan tambang, fitur yang harus dimiliki, hingga rekomendasi terbaiknya.

Apakah Aplikasi Absensi Penting untuk Perusahaan Tambang?

Ya, sangat penting, sebab aplikasi absensi memiliki sejumlah manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan tambang, seperti:

1. Visibilitas dan Pelacakan Real-time

Salah satu hal penting dalam mengelola tenaga kerja di pertambangan adalah melihat dan melacak karyawan secara real-time atau langsung.

Di sinilah, aplikasi absensi tambang akan sangat berguna untuk mengetahui di mana karyawan berada, apa yang mereka lakukan, dan bagaimana kinerja mereka.

Misalnya, dengan bantuan teknologi GPS yang ada di aplikasi absensi, tim HR dan manajer dapat memantau karyawan mereka baik saat berada di lokasi tambang maupun di dalam kantor.

Visibilitas ini juga membantu memastikan karyawan mematuhi peraturan keselamatan dan menggunakan perlindungan yang tepat melalui aplikasi absensi yang dilengkapi oleh absensi dengan foto.

Dengan demikian, perusahaan dapat mencegah kecelakaan dan mengurangi risiko yang mungkin terjadi.

2. Perencanaan Jadwal dan Shift

Sebagian besar perusahaan tambang mungkin menggunakan sistem shift dalam bekerja, yang membuat tim HR dan manajer perlu mengatur jadwal secara tepat.

Dalam hal ini, aplikasi absensi dapat membantu untuk mengotomatisasi proses tersebut, misalnya melalui sistem drag and drop yang memudahkan manajer dalam mengatur jadwal dan mampu meminimalisir kesalahan.

Dengan demikian, perusahaan dapat memastikan jumlah karyawan secara tepat untuk setiap shift-nya, meningkatkan produktivitas, dan membantu mengelola ketahanan tubuh karyawan, karena mereka diberikan shift yang sesuai dengan pola istirahat dan kerja mereka.

3. Analisis dan Wawasan Tenaga Kerja

Selain membantu pelacakan dan penjadwalan, aplikasi absensi tambang juga memberikan wawasan penting jika di dalamnya memuat fitur analisis tenaga kerja.

Analisis ini memungkinkan manajemen perusahaan untuk mengevaluasi kinerja karyawan dari watu ke waktu. Misalnya, dengan menganalisis data terkait kehadiran dan produktivitas karyawan, perusahaan bisa menentukan apakah dibutuhkan pelatihan tambahan atau apakah perlu dilakukan penyesuaian terkait tugas-tugas mereka.

Dengan kata lain, fitur analisis ini dapat membantu perencanaan jangka panjang dan prediksi kebutuhan tenaga kerja di masa depan berdasarkan data yang ada.

4. Manajemen Waktu dan Kehadiran

Manajemen waktu dan kehadiran yang akurat sangat penting di industri pertambangan, baik untuk penggajian maupun menjaga standar keselamatan.

Aplikasi absensi yang dilengkapi dengan fitur absensi dengan foto dan GPS dapat memastikan keakuratan terkait kehadiran mereka sekalipun berada di lokasi pertambangan yang terpencil.

Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga memungkinkan karyawan mencatat jam lembur jika memang dibutuhkan, melalui smartphone masing-masing.

Baca Juga: 10 Aplikasi Absensi Retail Terbaik, Rekomendasi Nomor 1

aplikasi absensi tambang 1

Apa Saja Fitur yang Wajib Ada dalam Aplikasi Absensi Tambang?

Setelah memahami pentingnya aplikasi absensi untuk industri tambang, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa saja fitur penting yang perlu dimiliki aplikasi tersebut:

1. Geo-fencing Lokasi

Operasi tambang yang luas seringkali membuat karyawan harus bekerja di lokasi terpencil, untuk itu diperlukan sistem geofencing dalam absensi karyawan.

Dengan sistem tersebut, perusahaan dapat memantau kehadiran karyawan di lokasi kerja yang telah ditentukan serta memastikan keamanan dan kepatuhan.

2. Manajemen Karyawan

Dalam lingkungan kerja yang dinamis dan memiliki risiko yang cukup tinggi, penting untuk memiliki informasi lengkap tentang setiap karyawan, seperti posisi dan departemen mereka.

Dengan demikian, Anda dapat memastikan penempatan secara tepat dan keamanan di tempat kerja.

3. Pengelolaan Shift Karyawan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, industri tambang kerap menggunakan sistem shift dalam pekerjaannya. Oleh karena itu, Anda perlu memilih aplikasi absensi yang dilengkapi dengan fitur pengelolaan jadwal shift karyawan.

Melalui fitur ini, Anda dapat memastikan kebutuhan tenaga kerja pada waktu yang telah ditentukan. Sementara itu, karyawan juga dapat melihat jadwal mereka masing-masing melalui smartphone.

4. Manajemen Cuti dan Libur

Jam kerja di industri tambang dapat berbeda dari pekerjaan biasanya, seperti tidak ada tanggal merah di kalender, bahkan mereka tetap harus bekerja di hari Minggu.

Hal ini disebabkan karena perusahaan tambang biasanya menggunakan sistem roster, yaitu jumlah hari libur yang diambil tergantung pada berapa lama karyawan bekerja.

Misalnya, dengan metode 4:2, pekerja tambang harus bekerja 4 mingu dan diperbolehkan mengambil 2 minggu cuti.

Dengan demikian, fitur manajemen cuti dan libur di industri tambang sangat dibutuhkan, agar manajemen dapat mengelola cuti tanpa merasa kerepotan dan meminimalisir kesalahan.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan para karyawan untuk melihat saldo cuti yang dimilikinya.

Baca Juga: 7 Jenis Cuti Karyawan Menurut Undang-Undang Terbaru

aplikasi absensi tambang 3

5. Integrasi dengan Payroll

Industri tambang yang kompleks tentunya melibatkan berbagai staf dengan tingkat jabatan yang berbeda-beda. Artinya, kompensasi yang harus diberikan perusahaan pun akan berbeda.

Oleh karena itu, fitur integrasi dengan payroll ini akan sangat bermanfaat untuk memastikan penghitungan gaji dilakukan secara akurat dan tepat waktu.

6. Employee Self-Service

Dengan banyaknya karyawan yang bekerja di lokasi terpencil dan berbeda-beda atau di luar jam kerja normal, fitur employee self service (ESS) memungkinkan mereka untuk mengelola waktu kerja secara mandiri, sehingga membantu mengurangi beban administratif pada tim HR.

7. Kepatuhan dengan Hukum Tenaga Kerja

Industri tambang sering kali melibatkan pekerjaan yang cukup berbahaya, terutama karena lingkungan kerjanya.

Berdasarkan hal tersebut, perusahaan perlu memilih aplikasi absensi tambang yang patuh terhadap peraturan dan undang-undang tenaga kerja, untuk melindungi karyawan dari bahaya serta meningkatkan keselamatan dan keamanan karyawan.

Baca Juga: Peraturan Kerja 12 Jam Menurut Undang-Undang dan Sanksinya

Apa Saja Rekomendasi Aplikasi Absensi untuk Perusahaan Tambang?

Untuk membantu Anda dalam memilih aplikasi absensi yang paling tepat, simak 10 rekomendasi terbaiknya berikut ini:

1. Aplikasi Absensi Gajihub

Rekomendasi pertama yang wajib Anda pertimbangkan adalah Gajihub, sebuah software payroll dan HR yang memiliki berbagai fitur-fitur penting untuk industri tambang.

Sebagai contoh, fitur absensi di dalam Gajihub dilengkapi dengan presensi berdasarkan GPS, yang memungkinkan tim HR atau pun manajer memantau kehadiran karyawan secara akurat di lokasi yang telah ditentukan.

Selain itu, fitur ini juga mengharuskan karyawan untuk melakukan selfie saat presensi, sehingga sistem akan menolak jika karyawan berusaha melakukan penipuan terkait kehadiran.

Fitur absensi dari Gajihub juga sudah dilengkapi dengan abuse detection, yang akan menolak jika karyawan diketahui menggunakan fake GPS dan fake IP. 

Tak hanya itu, Gajihub pun memilliki sejumlah fitur-fitur lain yang akan memudahkan perusahaan dalam memantau tenaga kerja hingga dalam melakukan proses payroll.

Fitur utama:

  1. Pencatatan kehadiran real time.
  2. Pencatatan kehadiran dengan GPS dan alamat IP.
  3. Pengaturan jadwal dan shift kerja.
  4. Fitur approval presensi, cuti, dan izin.
  5. Pencatatan waktu lembur.
  6. ESS Employee Self Service.
  7. Pengelolaan PPh 21.
  8. Pengelolaan BPJS.
  9. Integrasi software akuntansi.
  10. Analisis data.
  11. Pengajuan reimbursement.
  12. Pengajuan kasbon.

Harga

Anda dapat berlangganan Gajihub mulai dari Rp4.900/karyawan/bulan dan Anda akan mendapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Selain harga murah dan fiturnya yang lengkap, Gajihub juga menawarkan kemudahan dalam hal pendaftaran akun, berikut tutorialnya:

 

2. Mining Site Attendance

Kedua, terdapat Mining Site Attendance yakni sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk memantau kehadiran karyawan dan memastikan keselamatan semua pekerja di lokasi tambang.

Melalui aplikasi ini, manajer dapat mengontrol kehadiran dan pekerjaan karyawan secara cepat dan efisien di lokasi tertentu.

Fitur Utama:

  1. Monitor kehadiran karyawan
  2. Real-time supervision
  3. Pemantauan multi-situs
  4. Informasi karyawan
  5. Peningkatan akurasi data
  6. Pencatatan waktu dan lokasi masuk dan keluar.
  7. Evakuasi yang mulus
  8. Informasi kehadiran real-time.
  9. Pengalokasian biaya tenaga kerja
  10. Overview kehadiran

Harga:

Harga dimulai dari 25 € atau 26,58 dolar setiap bulannya untuk 1 pengguna.

3. Noah Face

Noah Face merupakan aplikasi absensi tambang yang menawarkan fitur smart time clock khusus untuk perusahaan tambang. Aplikasi ini dapat diakses lewat smartphone maupun iPad sehingga memudahkan karyawan.

Fitur utama:

  1. Konfigurasi tanpa sentuhan
  2. Dapat diakses secara offline
  3. Pemantauan kondisi fisik karyawan
  4. Laporan kehadiran saat evakuasi
  5. Pengenalan wajah

Harga:

Disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Raj Global Mining Solutions (RGMS)

Aplikasi absensi tambang selanjutnya adalah RGMS yang memugkinkan manajer untuk mengelola tambang dengan lebih efisien dan efektif, meningkatkan produktivitas, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan keselamatan industri.

Fitur Utama:

  1. Kehadiran dengan PPE Kit
  2. Pembagian tugas harian dilengkapi dengan progress masing-masing.
  3. Pelaporan secara real-time
  4. Manajemen siap kerja
  5. Manajemen keselamatan kerja harian
  6. Rekaman penyerahan tanggung jawab pekerja

Harga:

Disesuaikan dengan kebutuhan.

5. FacetoTime

FacetoTime adalah aplikasi absensi yang cocok untuk semua industri, termasuk pertambangan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melacak waktu kerja karyawan dengan otomatisasi cloud. 

FacetoTime dapat diakses di sistem operasi Android maupun iOS, sehingga memungkinkan semua karyawan untuk mengunduhnya.

Fitur Utama:

  1. Punch-in karyawan dengan selfie dan pelacakan lokasi atau kode QR
  2. Sistem kehadiran berbasis GPS
  3. Penjadwalan shiftKalender Kerja
  4. Kalender libur
  5. Pelacakan riwayat rute
  6. Pelaporan yang dapat diimpor

Harga:

Paket premium dimulai dari $6.99/bulan untuk 5 pengguna.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Pabrik Terbaik

aplikasi absensi

6. connecteam

connecteam dapat membantu Anda meningkatkan pengelolaan waktu dan kehadiran karyawan di industri pertambangan.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat memastikan bahwa pekerja di lokasi tambang hadir secara teratur dan efisien, sehingga membantu meningkatkan produktivitas dan memastikan keselamatan kerja.

Fitur Utama:

  1. Time clock dengan selfie atau kode QR
  2. Pelacakan lokasi GPS untuk memastikan keberadaan karyawan
  3. Penjadwalan shift untuk mengatur jadwal kerja karyawan
  4. Manajemen absensi dan cuti untuk mengelola ketidakhadiran karyawan
  5. Pembuatan timesheet otomatis untuk mencatat jam kerja karyawan
  6. Komunikasi internal melalui fitur obrolan dalam aplikasi

Harga:

Connecteam menawarkan paket gratis dan paket premium dimulai dari $29 per bulan untuk 30 pengguna.

7. Buddy Punch

Rekomendasi selanjutnya adalah Buddy Punch yang dapat Anda gunakan untuk melacak kehadiran karyawan, termasuk waktu kerja dan cuti berbayar, serta mengatur fitur akuntabilitas karyawan, mengelola payroll, dan masih banyak lagi.

Fitur Utama:

  1. Clock-in dan Clock-out via perangkat mobile.
  2. Perhitungan otomatis jam kerja, cuti, dan lembur.
  3. Fitur-fitur keamanan termasuk foto saat absensi, Geofencing, dan IP Address Locking.
  4. Integrasi penggajian otomatis.

Harga:

Paket Standar mulai dari $3.99/bulan per pengguna, Paket Pro mulai dari $4.99/bulan per pengguna, Paket Premium mulai dari $6.99/bulan per pengguna, dan Paket Enterprise tersedia sesuai dengan permintaan.

8. Sage HR

Aplikasi absensi yang bisa direkomendasikan untuk industri tambang selanjutnya adalah Sage HR. Aplikasi ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna, misalnya menambahkan modul tertentu dan membuat laporan untuk metrik HR yang dibutuhkan.

Fitur Utama:

  1. Sistem yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan
  2. Tanda tangan elektronik
  3. Laporan yang bisa disesuaikan
  4. Kolom data yang bisa disesuaikan
  5. Alur kerja yang bisa disesuaikan
  6. Berbagai macam contoh pola
  7. Kalender cuti bersama
  8. Tersedia dalam berbagai bahasa
  9. Akses melalui aplikasi seluler
  10. Mudah digunakan

Harga:

Mulai dari $US5.50 per karyawan per bulan.

9. Avaza

Avaza juga menjadi salah satu pilihan untuk mengelola berbagai aspe dalam bisnis, seperti manajemen proyek, pengeluaran, waktu kerja, dan lain-lain.

Dengan kemampuannya yang dapat disesuaikan, Avaza juga cocok untuk digunakan di industri tambang.

Fitur Utama:

  1. Pelacakan Waktu
  2. Impor/Ekspor Data
  3. Berbagi file
  4. Manajemen tugas
  5. Integrasi akuntansi
  6. Perencanaan proyek
  7. Manajemen SDM
  8. Pelacakan status
  9. Pengelolaan anggaran proyek
  10. Pelaporan
  11. Template proyek

Harga:

Paket berbayar tersedia mulai dari $5 hingga $19 per bulan per pengguna.

10. Rippling

Rippling adalah aplikasi komprehensif yang dapat membantu Anda mengeola SDM, IT, sekaligus menjadi alat akuntasi bisnis.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau tenaga kerja sekaligus mengelola keuangan perusahaan dengan mudah.

Fitur Utama

  1. Manajemen terpadu SDM dan IT
  2. Penggajian otomatis dan kepatuhan pajak
  3. Onboarding karyawan yang dapat disesuaikan
  4. Integrasi dengan lebih dari 500 aplikasi pihak ke tiga

Harga:

Mulai dari $35 ditambah $8 per karyawan per bulan. Untuk informasi lebih lanjut tentang harga dan paket yang tersedia, hubungi agen penjualan Rippling.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Manufaktur, Nomor 1 Terbaik!

aplikasi absensi tambang 2

Apa Saja Tips Memilih Aplikasi Absensi untuk Industri Tambang?

Dengan banyaknya rekomendasi yang ditawarkan, selain mempertimbangkan fitur-fitur di dalamnya, tentu Anda membutuhkan tips tambahan untuk  memilih aplikasi terbaik.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Kenali Kebutuhan Perusahaan Anda

Pertama-tama, mulailah dengan memahami kebutuhan khusus perusahaan yang bergerak di bidang industri tambang, misalnya kebutuhan akan fitur geo-fencing, absensi dengan foto, manajemen cuti dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kebutuhan yang berkaitan dengan ukuran tenaga kerja dan kompleksitas pelacakan kehadiran.

2. Tetapkan Anggaran

Selanjutnya, tentukan anggaran yang tersedia untuk berinvestasi dalam absensi aplikasi tambang. Misalnya, dengan mempertimbangkan fitur dan skalabilitasnya.

3. Perhatikan Kemudahan Penguna

Pilihlah perangkat lunak atau apliaksi yang mudah digunakan baik untuk karyawan maupun manajemen. Selain itu, jika memungkinkan, pilihlah aplikasi yang bisa diakses di berbagai device, seperti smartphone dengan berbagai sistem operasi atupun laptop.

4. Utamakan Aplikasi yang Sudah Terintegrasi

Untuk menghindari masalah pengelolaan data yang berulang, Anda bisa memilih aplikasi absensi yang sudah terintegrasi berbagai sistem, seperti sistem payroll dan juga akuntansi.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Aplikasi Absensi Terbaik untuk Perusahaan

gajihub 3

5. Pastikan Keamanan yang Kuat

Pastikan aplikasi yang dipilih sudah dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan yang kuat, seperti enkripsi data dan kontrol akses berbasis peran, untuk melindungi informasi sensitif perusahaan dari ancaman keamanan.

6. Skalabilitas yang Berkelanjutan

Selain itu, pilihlah aplikasi yang dapat berkembang seiring dengan pertumbuhan industri tambang Anda.

Pastikan sistem tersebut dapat menangani jumlah pengguna yang meningkat dan volume data tanpa mengalami penurunan dalam performa dan fungsinya.

7. Dukungan dan Pelatihan

Anda juga perlu memastikan bahwa aplikasi yang dipilih memiliki dukungan yang andal dan sumber daya pelatihan yang memadai bagi pengguna.

Hal ini membantu Anda memastikan karyawan memiliki pemahaman yang baik tentang cara menggunakan aplikasi secara optimal.

8. Feedback Pengguna

Terakhir, jangan lupa untuk melibatkan karyawan dalam proses pengambilan keputusan terkait aplikasi yang dipilih.

Dalam hal ini, Anda perlu memahami kebutuhan dan preferensi karyawan untuk membantu aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dan juga bisnis.

Baca Juga: Kekurangan Mesin Absensi Dibanding Aplikasi Absensi, Apa Saja?

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat dipahami bahwa aplikasi absensi sangat dibutuhkan dalam industri tambang untuk pelacakan kehadiran karyawan, perencanaan jadwal shift, analisis tenaga kerja, hingga manajemen waktu secara akurat.

Beberapa fitur penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih aplikasi absensi untuk tambang di ataranya adalah geo-fencing lokasi, manajemen karyawan, pengelolaan cuti, integrasi dengan sistem payroll, serta kepatuhan terhadap hukum tenaga kerja.

Dari berbagai rekomendasi di atas, salah satu aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Gajihub.

Dengan berbagai fitur-fitur yang dimilikinya, aplikasi ini dapat memenuhi berbagai kebutuhan khusus untuk industri tambang, misalnya pencatatan kehadiran secara real-time, absen dengan GPS dan selfie, hingga employee self service. 

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *