10 Contoh Portofolio Kerja dan Cara Membuatnya

contoh portofolio kerja

Ketika jobseeker menjadi pekerjaan, ada beberapa dokumen yang harus disertakan saat melamar pekerjaan, salah satunya adalah portofolio kerja. Meski begitu, masih banyak pencari kerja yang bingung bagaimana cara membuatnya dan membutuhkan contoh portofolio kerja.

Meski penting, namun masih banyak yang belum memahami bagaimana cara membuat portofolio kerja yang baik dan benar. Masih banyak di antara pencari kerja yang menganggap portofolio sama seperti resume dan CV.

Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Buat Anda yang sedang mencari kerja, wajib banget untuk memahami bagiaman cara membuat portofolio kerja yang baik dan benar.

Di artikel ini GajiHub akan menjelaskan bagaimana cara membuat portofolio dan contoh portofolio kerja. Anda bisa menjadikan contoh portofolio kerja di artikel ini sebagai referensi.

Yuk simak lebih lengkapnya di penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Pengertian Portofolio Kerja?

contoh portofolio kerja

Portofolio kerja isebut juga “portofolio karier”, “portofolio pekerjaan” atau “portofolio profesional”. Portofolio kerja adalah cara untuk menampilkan koleksi komprehensif pekerjaan terbaik Anda yang ditujukan kepada calon pemberi kerja.

Portofolio Anda dapat berisi bukti keahlian Anda, sampel, demonstrasi visual dari keahlian Anda, dan surat rekomendasi bersama dengan resume Anda. Portofolio biasanya diperlukan selama proses perekrutan untuk pekerjaan di industri seni, desain, penerbitan, dan teknologi, beberapa pekerjaan yang mungkin memerlukan portofolio antara lain:

  • Fotografer
  • Desainer grafis
  • Web developer
  • Penulis konten
  • Editor
  • Direktur kreatif
  • Model
  • Videografer
  • Seniman
  • Penata rias
  • Guru

Baca Juga: 10 Contoh Cover Letter Yang Bisa di Unduh dan Bedanya dengan Resume

Apa yang Harus Dimasukkan dalam Portofolio

contoh portofolio kerja

Baik Anda menulis portofolio profesional maupun portofolio pribadi, pastikan untuk menyertakan elemen-elemen berikut ini:

1. Halaman sampul

Bayangkan manajer perekrutan dan klien membuka portofolio pekerjaan Anda bersama dengan banyak portofolio lainnya pada waktu yang sama. Halaman sampullah yang akan menarik perhatian mereka dan memberikan kesan pertama.

Untuk memastikan mereka tidak langsung menutup portofolio profesional online Anda, Anda harus berusaha keras untuk mendesainnya dengan hati-hati agar sesuai dengan tujuannya dan menunjukkan selera pribadi Anda.

Tidak perlu terlalu heboh dalam membuat halaman sampul ini. Anda bisa membuatnya dengan sederhana namun terkesan elegan. Lebih dari itu, pastikan halaman sampul dapat mewakili diri dari portofolio Anda.

Berikut elemen-elemen kunci yang perlu Anda perhatikan ketika membuat halaman sampul portofolio:

  • Jenis huruf
  • Warna
  • Latar Belakang
  • Tata letak
  • Hirarki visual

2. Perkenalan diri

Perkenalan diri untuk portofolio karier mirip dengan pernyataan ringkasan CV. Anda perlu menampilkan poin-poin penting tentang diri Anda, termasuk:

  • Gelar profesional
  • Pengalaman bertahun-tahun
  • Semangat dan keahlian Anda
  • Keterampilan utama
  • Pencapaian yang luar biasa

Tips singkat: Perkenalan Anda tidak perlu terlalu detail dan panjang. Sebaliknya, fokuslah untuk mendeskripsikan siapa Anda dan nilai apa yang dapat Anda berikan kepada klien atau perusahaan.

Anda juga bisa memasukkan resume Anda ke dalam portofolio pribadi atau portofolio karier Anda, jika tujuan Anda adalah untuk menunjukkan perjalanan karier Anda. Memasukkan riwayat pekerjaan Anda dalam portofolio pribadi Anda dengan resume yang ringkas dapat menjadi alat yang efektif untuk menunjukkan kualifikasi dan kemampuan Anda.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Portofolio yang Menarik, Apa Saja?

3. Sampel pekerjaan

Informasi ini sangat penting untuk portofolio pekerjaan. Tanpa adanya contoh kerja, tidak perlu menyertakan portofolio dalam lamaran kerja Anda. Berdasarkan profesi Anda, Anda bisa mempresentasikan karya-karya Anda dalam berbagai format seperti gambar, video, ilustrasi, dll.

Sebagai contoh, portofolio fotografi harus menampilkan foto-foto yang menawan, sedangkan portofolio guru yang paling penting untuk wawancara adalah video pembelajaran dan rencana pembelajaran digital yang mengesankan.

Tips singkat: Pastikan Anda memeriksa kualitas sampel pekerjaan Anda sebelum mempublikasikannya ke dalam portofolio karir Anda.

4. Proyek sampingan

Pernahkah Anda mengerjakan sesuatu yang tidak dibayar atau hanya untuk hiburan – namun sebenarnya relevan dengan apa yang dicari oleh calon pemberi kerja dan klien?
Lanjutkan dan sisakan ruang untuk itu dalam portofolio pribadi Anda!

Dengan melakukan itu, kamu bisa dengan mudah menunjukkan pekerjaan yang pernah kamu kerjakan di masa lalu, dan dengan demikian kamu bisa lebih unggul dalam persaingan.

Tips singkat: Ketika mencantumkan proyek pada portofolio pekerjaan Anda, semakin spesifik, semakin baik. Sangat penting untuk menunjukkan kepada audiens tentang apa yang telah Anda lakukan dan apa yang telah Anda capai.

5. Lisensi atau sertifikasi

Dokumen pendukung ini adalah bukti berkualitas tinggi tentang bagaimana Anda memperoleh pengetahuan tingkat tinggi dan menguasai keterampilan di bidang Anda. Dengan demikian, menyertakan lisensi, sertifikat, atau seminar pengembangan profesional yang pernah Anda ikuti akan meningkatkan kredibilitas Anda dan menyoroti kualifikasi Anda untuk posisi tersebut.

Tips singkat: Terutama jika Anda membuat portofolio perawat, lisensi dan sertifikasi dapat dianggap sebagai komponen yang harus dimiliki.

Baca Juga: 7 Contoh CV Content Writer, Template, dan Cara Membuat

6. Penghargaan atau bukti pencapaian lainnya

Memiliki prestasi di bidang yang relevan dapat menunjukkan tingkat kompetensi Anda yang lebih tinggi. Maka tidak ada salahnya untuk menyertakan bukti-bukti ini dalam portofolio Anda.

Dalam portofolio pekerjaan Anda, Anda juga bisa menyertakan berbagai jenis artefak seperti:

  • Sertifikat penghargaan / hadiah
  • Materi publikasi
  • Testimoni dari klien yang puas

7. Referensi

Sangat disarankan agar Anda menyusun daftar referensi atau testimoni untuk portofolio karier Anda. Dengan begitu, Anda bisa menarik lebih banyak klien potensial di masa depan.

Namun, pertimbangkanlah hal ini jika Anda memutuskan untuk menyertakan portofolio Anda dalam lamaran kerja.

Beberapa pemberi kerja mungkin meragukan kebenaran klaim tersebut, kecuali jika mereka benar-benar ingin mengetahui lebih lanjut tentang performa kerja dan sikap kerja Anda di masa lalu.

Tips singkat: Jika Anda bekerja sebagai pekerja lepas, menyertakan testimoni klien Anda juga bisa menjadi bukti sosial yang bagus untuk menunjukkan kemampuan dan kualifikasi Anda.

Baca Juga: 10 Contoh CV Digital Marketing Terbaik dan Templatenya

Bagaimana Cara Membuat Portofolio Kerja?

contoh portofolio kerja

Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat portofolio kerja:

1. Pilih format yang sesuai untuk portofolio Anda.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pilihan format portofolio bervariasi di antara industri dan jenis konten yang ingin Anda sertakan. Misalnya, videografer atau pembuat film akan merasa portofolio digital atau online lebih nyaman karena lebih mudah untuk mengakses karya video dalam format digital.

Ini berbeda dengan artis atau model yang mungkin ingin memiliki portofolio fisik yang dipersiapkan ketika mereka menghadiri audisi atau wawancara.

Penting untuk mengikuti instruksi dari manajer perekrutan. Anda bisa membuat portofolio profesional online yang bisa dilihat dari mana saja, namun Anda juga bisa menyiapkan beberapa salinan fisik untuk wawancara.

2. Susun materi dengan tata letak & desain yang konsisten.

Ingatlah untuk mengkategorikan karya-karya Anda agar mudah dilihat. Hal ini akan memudahkan pengunjung situs atau pembaca portofolio Anda untuk menavigasinya dan juga membantu menunjukkan profesionalisme Anda.

Katakanlah Anda membuat portofolio desain untuk lamaran pekerjaan Anda, karya-karya Anda dapat diurutkan secara kronologis atau berdasarkan gaya yang berbeda dan alat yang Anda gunakan.

Untuk portofolio fisik atau kertas, Anda bisa menggunakan binder, folder, atau kotak portofolio agar halaman-halamannya mudah dibolak-balik. Cara lain untuk membantu pemberi kerja menemukan informasi dengan mudah adalah dengan menggunakan pembatas bagian, tab, dan kode warna.

3. Pilihlah palet warna yang sederhana & gaya huruf yang jelas.

Adalah ide yang bagus untuk membuat portofolio pribadi Anda menarik secara visual, terutama untuk kandidat di bidang seni atau desain. Karena itu, pastikan Anda memilih palet warna yang sederhana dan font yang mudah dibaca.

Tujuan akhirnya adalah untuk mempertahankan pengunjung di halaman web Anda.

4. Koreksi portofolio Anda.

Jangan terburu-buru mempublikasikan data apa pun tanpa melakukan pemeriksaan menyeluruh. Portofolio profesional online mungkin mengalami beberapa bug atau mungkin ada kesalahan ketik.

5. Sering-seringlah memperbarui portofolio Anda.

Ini mungkin akan menghabiskan banyak waktu dan energi, tetapi ini sangat berharga! Pastikan Anda memperhatikan konten dan desain portofolio pekerjaan Anda dan tidak melewatkan sesuatu yang penting.

gajihub 2

Baca Juga: Assessment as Learning: Arti, Manfaat, Hingga Tahapannya

Bagaimana Contoh Portofolio Kerja?

Dapatkan inspirasi dari 10 contoh portofolio berikut ini yang bisa membantu Anda membuat portofolio dalam lamaran kerja.

Contoh portofolio guru

Dalam membuat portofolio guru, Anda bisa menyertakan desain pembelajaran yang pernah Anda buat. Termasuk ketika Anda memiliki pengalaman lain yang relevan untuk pekerjaan Anda, misalnya proyek yang pernah Anda lakukan hingga pencapaiannya di bidang pendidikan.

Anda bisa merangkum semua itu di sebuah website. Hal ini juga memudahkan kita untuk menceritakan keahliannya melalui proyek-proyeknya, pameran, dan juga pencapaian profesionalnya di bidangnya.

portofolio guru

Contoh portofolio guru sekolah dasar

Portofolio guru sekolah dasar harus mampu menceriyalan “Saya adalah seorang guru sekolah dasar.” Anda bisa membuat perkenalan dirinya ditulis sebagai orang ketiga, dimana akan memberikan kesan dukungan kepada audiens.

Selain itu, pastikan contoh portofolio karir ini menunjukkan pengetahuan yang baik tentang format situs web dengan memberikan poin-poin pengantar tentang keterampilan dan sertifikasinya daripada menulis banyak teks.

porofolio guru sd

Contoh portofolio guru seni

Seni memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri. Oleh karena itu, menunjukkan kepribadian Anda dalam portofolio pribadi Anda akan membuatnya lebih mengesankan dan mudah diingat.

Anda bisa merasakan hal itu saat melihat situs web Allison Watkins. Situs web ini juga mudah dinavigasi karena ia mengurutkan semua karyanya berdasarkan tahun dan gaya yang berbeda.

guru seni

Contoh portofolio perawat

Portofolio Olivia Darling ditulis dalam format file digital. Portofolio ini mencakup semua elemen penting seperti CV yang mendetail, pekerjaan profesional, keterlibatan dalam komunitas, dan lisensi & sertifikasi.

Oleh karena itu, simaklah contoh portofolio kerja ini untuk karier keperawatan Anda.

perawat

Contoh portofolio fotografi

Pada portofolio fotografi, Anda bisa menunjukan karya-karya yang telah Anda buat. Anda bisa mengupload karya tersebut di halaman utama website Anda.

Dengan begitu, tim rekrutmen akan langsung fokus ke karya Anda dan ini bisa jadi cara jitu untuk menarik minat mereka.

contoh portofolio kerja fotografi

Portofolio untuk contoh magang

Ketika melamar pekerjaan magang, Anda juga wajib memperhatikan portofolio yang Anda buat. Anda bisa melihat contoh portofolio kerja miliki Rose van der Ende di bawah ini:

portofolio magang

Contoh portofolio pengembang perangkat lunak

Anda mungkin pernah melihat nama ini di antara portofolio karier teratas, sangat direkomendasikan oleh banyak situs web dan profesional. Situs web Daniel terlihat seperti beranda perusahaan karena desainnya yang profesional dan minimalis.

software engineer

Contoh portofolio penulis konten

Bagi seseorang yang berkarir di bidang penulis konten, portofolio mereka berisi tulisan yang pernah mereka buat. Jika memiliki prestasi di bidang penulisan, Anda juga bisa menyertakannya.

Dari contoh tulisan di portofolio, tim rekrutmen akan melihat apakah Anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

contoh portofolio kerja content writer

Portofolio desain grafis untuk melamar pekerjaan

Jika content writer akan menampilkan karya berupa tulisan, desainer grafis menampilkan karya berupa desain-desain yang telah mereka buat sebelumnya. Berikut contoh portofolio kerja desainer grafis:

portofolio desainer grafis

Contoh portofolio siswa pengembang web

Seorang pengembang web bisa menggunakan website yang dikembangkannya sebagai portofolio. Di website ini, Anda bisa menunjukan karya dan proyek yang telah Anda buat sebelumnya.

Berikut contoh dari portofolio web developer:

web developer

Baca Juga: 20+ Contoh Deskripsi Diri di CV dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai contoh portofolio kerja yang bisa Anda jadikan referensi. Portofolio kerja adalah hal yang penting yang akan menjadi penilaian rekruter kepada Anda, jadi pastikan Anda membuatnya dengan baik.

Anda bisa mengikuti langkah pembuatan portofolio seperti penjelasan di atas. Jika Anda memiliki prestasi atau pengalaman yang relevan, jangan ragu untuk menyertakannya.

Ada alasan mengapa tim rekruter membutuhkan portofolio ini yakni untuk mematikan kandidat pelamar kerja memiliki kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Dengan memilih kandidat yang memenuhi kualifikasi akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pengelolaan karyawan.

Selain dengan memilih karyawan yang tepat, pengelolaan karyawan juga bisa dilakukan dengan menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi absensi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan.

Salah satu fitur yang dimilikinya adalah Employee Self Service (ESS) dimana karyawan bisa melakukan layanan mandiri sehingga akan membuat operasional perusahaan menjadi lebih efektif.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *