10 Rekomendasi Software HRIS Manufaktur dan Tips Memilihnya

software HRIS manufaktur banner

Perusahaan manufaktur sangat bergantung pada pengelolaan tenaga kerja untuk menghasilkan pendatan dan menjaga kelancaran bisnis. Inilah yang membuat software HRIS sangat dibutuhkan di industri manufaktur.

Melalui software HRIS, perusahaan dapat mengelola berbagai proses yang berhubungan dengan karyawan, seperti data personal, jadwal kerja, gaji, cuti, dan masih banyak lagi secara lebih modern dan efisien.

Dengan demikian, perusahaan dapat mengoptimalkan produktivitas dan mengurangi kesalahan dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas manfaat software HRIS bagi perusahaan manufaktur, fitur penting, hingga tips memilihnya.

Apa Saja Manfaat dari Software HRIS Manufaktur?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, software HRIS mendatangkan banyak manfaat, terutama dalam industri manufaktur yang melibatkan banyak tenaga kerja.

Berikut sejumlah manfaatnya:

1. Mengelola Penggajian dengan Mudah

Pengelolaan gaji merupakan hal yang cukup rumit di perusahaan manfaktur, sebab terdapat perbedaan jam kerja, pembayaran berdasarkan hasil, dan sebagainya.

Selain itu, banyaknya komponen gaji karyawan, mulai dair gaji pokok, bonus, upah lembur, dan sebagainya juga membuat proses payroll semakin rumit jika dilakukan secara manual.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan software HR yang sudah terintegrasi dengan sistem payroll, agar proses penggajian menjadi lebih mudah dan dapat meminimalisir kesalahan.

2. Membuat Pelacakan Jam Kerja Menjadi Lebih Sederhana

Melalui solusi software HR yang komprehensif, Anda dapat melacak jam kerja secara langsung, yang juga terhubung dengan pengeloloaan payroll. 

Dengan demikian, manajer dapat memantau jam kerja dan lembur karyawannya dan tim HR dapat menyederhanakan proses pelacakan tersebut.

3. Meningkatkan Kinerja

Software HRIS dapat membantu mengelola karyawan secara individu, sehingga memungkinkan manajemen mengumpulkan dokumentasi tentang kinerja, feedback, dan KPI yang relevan.

Dengan memiliki semua informasi tersebut di dalam satu tempat, Anda dapat mengidentifikasi di mana produktivitas bisa ditingkatkan.

4. Menyederhanakan Proses HR dengan Employee Self Service

Employee self service (ESS) dalam software HRIS, dapat membantu karyawan mengajukan cuti, izin, reimbursement, hingga pencatatan jam lembur secara lebih mudah melalui pernagkat mereka masing-masing.

Sementara itu, Anda dapat memproses pengajuan tersebut melalui platform yang sama.

5. Terhubung dengan Data Keuangan

Beberapa software HRIS terhubung dengan software akuntansi, yang dapat memberikan gambaran besar terkait kesehatan dan strategi perusahaan secara keseluruhan.

Dengan memanfaatkan data ini, Anda bisa mengelola tenaga kerja secara lebih efisien untuk memaksimalkan keuntungan.

Baca Juga: 10+ Rekomendasi Aplikasi Absensi Kontraktor Terbaik

software HRIS manufaktur 1

Apa Saja Fitur yang Wajib Ada dalam Software HRIS Manufaktur?

Dalam memilih software HRIS untuk industri manufaktur, ada beberapa fitur penting yang dapat menjadi pertimbangan Anda saat memilih penyedia layanan tersebut, di antaranya adalah:

1. Employee Self Service

Employee self service sangat membantu dalam produktivitas karyawan, yang memungkinkan mereka dapat dengan mudah menemukan dan melihat informasi seperti sisa cuti, slip gaji, dan data HR lainnya.

Software HRIS yang Anda pilih seharusnya juga bisa diakses dengan berbagai perangkat, termasuk smartphone, agar baik karyawan maupun tim HR dapat menggunakannya kapan pun dan di mana pun.

Seperti yang Anda ketahui, dalam industri manufaktur waktu merupakan hal yangs angat berharga. Oleh karena itu, dengan fitur ESS, karyawan dapat dengan mudah melakukan presensi, mengajukan izin atau cuti, dan sebagainya tanpa menganggu proses produksi.

2. Database Karyawan

Memiliki database karyawan yang terorganisir adalah kunci untuk menjaga informasi karaywan tetap up-to-date dan akurat.

Software HRIS memungkinkan penyimpanan semua data karaywan dalam satu tempat yang terpusat. Dalam lingkungan manufaktur, hal ini dapat membantu memastikan koordinasi yang lancar antar berbagai departemen dan staf produksi.

3. Sistem Penggajian

Dengan sistem pengajian dalam HRIS, tim HR dapat dengan mudah dalam memproses penggajian karyawan, termasuk dalam penghitungan bonus, lembur, dan potongan seperti pajak PPh 21.

Sementara itu, karyawan dapat melihat riwayat gaji mereka melalui aplikasi di smartphone dan perusahaan dapat menyediakan slip gaji setiap bulannya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software HRIS Industri Retail Terbaik, Apa Saja?

software HRIS manufaktur 2

4. Manajemen Kehadiran dan Jadwal

HRIS membantu dalam pelacakan kehadiran karyawan dan membantu mengelola jadwal shift secara efisien.

Data kehadiran karyawan juga dapat diekspor secara otomatis ke dalam sistem penggajian, sehingga menghemat waktu dan meminalisir pekerjaan berulang.

Di lingkungan manufaktur dengan jadwal shift yang kompleks, fitur ini sangat dibutuhkan agar dapat memastikan kelancaran proses produksi.

5. Analisis dan Pelaporan

Fitur analisis dalam HRIS memberikan wawasan yang berharga tentang kinerja perusahaan dan karyawan. Hal ini membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Dalam industri manufaktur, analisis dan pelaporan dapat membantu manajemen dalam mengidentifikasi area apa saja yang perlu ditingkatkan dan proses apa yang bisa dioptimalkan.

6. Kepatuhan

Software HRIS yang Anda pilih harus bisa memastikan kepatuhan terhadap berbagai peraturan dan regulasi yang berlaku, termasuk pelapora pajak, kepatuhan standar kerja, dan sebagainya.

Di lingkungan produksi yang serba teratur, kepatuhan terhadap peraturan dan regulasi sangat penting untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan karaywan, serta keberlanjutan dalam kegiatan operasional pabrik.

7. Pengelolaan BPJS

Pengelolaan BPJS merupakan hal yang penting bagi perusahaan, terutama dalam industri manufaktur. Perusahaan diwajibkan untuk menyediakan asuransi minimal BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan untuk para pekerja.

Untuk memudahkan pengelolaan BPJS, pastikan software HRIS yang Anda pilih memiliki fitur khusus untuk mengelola BPJS.

Baca Juga: 16 Manfaat Software HR, Jenis, Hingga Cara Memilihnya

Apa Saja Rekomendasi Software HRIS Manufaktur?

Industri manufaktur merupakan salah satu industri yang cukup kompleks. Oleh karena itu, dibutuhkan software HRIS yang dapat mendukung proses pengelolaan SDM, agar kegiatan produksi tetap berjalan lancar.

Berikut adalah rekomendasi software HRIS terbaik untuk industri manufaktur:

1. Gajihub

Rekomendasi software HRIS pertama yang wajib Anda pertimbangkan adalah Gajihub.

Gajihub merupakan sebuah software payroll dan HR yang dapat membantu perusahaan manunfaktur dalam mengoptimalkan proses manajemen SDM.

Melalui software ini, perusahaan dapat memusatkan berbagai aspek HR dalam 1 platform canggih, mulai dari pengelolaan data karyawan, HR, dan operasional, hingga pemantauan kehadiran karyawan secara real-time, dan pengambilan keputusan secara tepat.

Gajihub juga dapat memudahkan karyawan dengan fitur employee self service-nya, yang memungkinkan mereka untuk mengajukan cuti dan izin secara mandiri melalui smartphone masing-masing.

Sebagai salah satu software yang cocok digunakan di industri manufaktur, Gajihub menawarkan berbagai fitur seperti penjadwalan shift, pelacakan waktu, manajemen absensi, hingga payroll

Misalnya, melalui penjadwalan karyawan, tim HR atau manajer dapat mengatur jadwal shift para staf dengan cara yang sangat mudah, berikut tutorialnya:

 

Fitur Utama

  • Payroll
  • Absensi
  • Kelola PPh 21
  • BPJS
  • AkuntansiEmployee Self Service
  • Kelola Cuti dan Izin
  • Analisa DataReimbursement
  • Kasbon

Harga

Anda dapat berlangganan Gajihub mulai dari Rp4.900/karyawan/bulan dan Anda akan mendapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

2. OpportuneHR

OpportuneHR dirancang khusus untuk mengatasi masalah kompleks dalam SDM manufaktur seperti penggajian, kehadirna, dan pekerja kontrak.

Software ini cocok untuk berbagai industri manufaktur, baik yang masih kecil dengan 100 karyawan hingga 30.000 karyawan.

OpportuneHR juga dilengkapi oleh berbagai fitur seperti pegelolaan kehadiran karyawan, jadwal clock-in dan clock-out, serta struktur gaji yang fleksibel.

Fitur Utama

  • Konfigurasi kehadiran kompleks
  • Jadwal in-out
  • Pengaturan struktur gaji
  • Aplikasi mobile
  • Manajemen kinerja
  • Manajemen siklus hidup karyawan

HaRga

Mulai dari 2.00 INR.

3. BambooHR

BambooHR menggabungkan berbagai fitur HR mulai dari payroll, pelacakan waktu, keterlibatan karyawan, ATS, dan masih banyak lagi dalam satu sistem.

Meskipun sangat cocok untuk industri besar seperti manufaktur, BambooHR juga bisa digunakan untuk usaha kecil dan menengah yang ingin mengoptimalkan proses SDM mereka.

Fitur Utama

  • Manajemen data karyawan
  • Employee self service
  • Manajemen kinerja
  • Perekrutan
  • Manajemen cuti
  • Laporan dan analitik
  • Onboarding

Harga

Mulai dari USD $250.00.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Pabrik Terbaik

gajihub 1

4. HRCloud

Rekomendasi software HRIS selanjutnya adalah HRCloud yang dapat menyederhanakan berbagai proses HR, mulai dari otomatisasi alur kerja, berbagi akses folder, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, penggunaan software ini dapat meningkatkan pengalaman karyawan, yang pada akhirnya juga turut meningkatkan produktivitas mereka dalam bekerja.

Fitur Utama

  • Alat komunikasi (panggilan, pesan teks, pesan langsung)
  • Kustomisasi dan otomatisasi
  • Berbagi akses folder, halaman, formulir
  • Otomatisasi alur kerja
  • Sistem reward dan employee recognition
  • Aplikasi mobile

Harga

Mulai dari USD $5.00 per bulan.

5. GoCo

GoCO merupakan solusi HR modern lengkap  yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola berbagai proses dan data SDM.

Fitur Utama

Di dalamnya, terdapat fitur-fitur seperti onboarding, tunjangan karyawan, hingga manajemen kinerja, dan payroll. 

  • Pembuatan Surat Penawaran
  • Onboarding
  • Manajemen Penggajian
  • Tinjauan Kinerja
  • Penjadwalan
  • Portal Self-Service (Self-Service Portal)
  • Kehadiran Waktu
  • Manajemen Waktu Libur (Time Off Management)
  • Manajemen Alur Kerja (Workflow Management)

Harga

Mulai dari USD $5.00 per bulan.

6. factoHR

factoHR merupakan platform HRIS berbasis cloud yang memiliki berbagai fitur untuk mengelola sumber daya manusia di perusahaan.

factoHR tersedia dalam versi web dan mobile (Android & iOS) dengan dukungan Bahasa Inggris.

Fitur Utama

  • Pengelolaan aset
  • Pengelolaan kehadiran
  • Bonus
  • Manajemen Pinjaman & Uang Muka
  • Layanan Mandiri Karyawan
  • Pelacakan Pengeluaran
  • HR & Payroll
  • Manajemen Penggajian
  • Manajemen Proyek
  • Manajemen Rekrutmen
  • Manajemen Reimbursement
  • Manajemen Shift
  • Kepatuhan Aturan

Harga

USD $0.01 per bulan.

7. Paycor

Paycor menyediakan berbabagi fitur untuk mengelola tenaga kerja, merekrut karyawan berbakat, memberikan pengalaman pelanggan secara optimal, dan menjalin komunikasi serta kerja sama yang efektif.

Selain itu, Paycor juga membantu mengatasi tantangan unik dalam industri manufaktur seperti pelatihan dan manajemen biaya tenaga kerja.

Fitur Utama

  • Kemudahan penggunaan
  • Layanan pajak dan kepatuhan regulasi
  • Pelacakan jam kerja karyawan
  • Analitik dan laporan terkait persamaan upah, cuti berbayar, dan benefit
  • Analisis benefit

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Manufaktur, Nomor 1 Terbaik!

aplikasi absensi manufaktur

8. PeopleHR

Software HRIS manufaktur dari PeopleHR memungkinkan pengelolaan berbagai aspek SDM mulai dari waktu kerja, penggajian, manajemen karyawan, dan rekrutmen.

Software ini membuat semua karyawan, termasuk departemen produksi yang bekerja di lapangan, bisa tetap terhubung dan mengakses informasi cuti, pemberitahuan penting, dan dokumen HR melalui aplikasi di smartphone. 

Fitur Utama

  • Penggajian
  • Pengelolaan cuti
  • Pelacakan waktu dan kehadiran
  • Kebutuhan rekrutmen
  • Integrasi dengan aplikasi lain
  • Laporan dan analisis
  • Kepatuhan dengan peraturan

Harga

Mulai dari USD $99.00 per bulan.

9. Keka

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan Keka sebagai software yang dirancang khusus untuk perusahaan manufaktur. Platform ini membantu Anda mengelola kehadiran karyawan, melacak waktu, dan meningkatkan efisiensi dalam proses operasional.

Fitur Utama

  • Performa dan Karir
  • Absensi dan Pelacakan Waktu
  • PSA Software
  • Modern HR
  • Hiring dan Onboarding

Harga

Mulai dari USD $20.00 per bulan.

10. SpineHR

SpineHR adalah software HRIS yang sederhana, fleksibel, dan ramah pengguna. Melalui software ini, Anda dapat menyimpan data karyawan secara lengkap dan memastikan ketaatan perusahaan terhadap aturan yang berlaku.

Selain itu, software ini juga dapat membantu Anda mengelola administrasi HR, alur kerja, dan gaji karyawan.

Fitur Utama

  • Manajemen Aset
  • Pengelolaan Kehadiran
  • Bonus
  • Manajemen Pinjaman
  • Forum Diskusi
  • Manajemen Dokumen
  • HR & Payroll
  • Manajemen Pengetahuan

Harga

Mulai dari 330 INR per bulan.

Baca Juga: 9 Daftar Aplikasi Absensi dan Tips Memilihnya

software HRIS manufaktur 3

Bagaimana Tips Memilih Software HRIS untuk Perusahaan Manufaktur?

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih software HRIS yang tepat, berikut beberapa di antaranya:

1. Tentukan Kebutuhan Anda

Sebelum memilih software, pahami dulu kebutuhan spesifik departemen SDM Anda dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan seperti:

  1. Apa yang kurang dari sistem SDM yang Anda gunakan sekarang?
  2. Apa tantangan umum yang dihadapi departemen SDM?
  3. Apa hal terbesar yang menghambat pengalaman positif karyawan?
  4. Proses SDM mana yang paling memakan waktu? Bisakah mereka dipercepat dengan software yang tepat?
  5. Apa software SDM yang sudah Anda gunakan? Bagaimana perangkat lunak baru akan berintegrasi dengan sistem SDM Anda?
  6. Apa keluhan administrasi SDM yang sering dilontarkan oleh karyawan?
  7. Apa kebijakan dan persyaratan regulasi perusahaan Anda terkait keamanan data, keberagaman pemasok, dan kontrak vendor?
  8. Seberapa akrab tim Anda dengan teknologi? Apakah software yang dipilih akan mudah diatur dan digunakan oleh mereka?
  9. Berapa anggaran Anda dan berapa ROI yang Anda harapkan?

2. Cari Tahu Vendor

Kumpulkan informasi tentang vendor terkemuka dengan menanyakan hal-hal seperti:

  • Apa fitur terbaik dari setiap software?
  • Apa pendapat pelanggan tentang kelebihan dan kekurangannya?
  • Apa dukungan yang ditawarkan vendor?
  • Apakah fitur yang ada dalam software tersebut memenuhi kebutuhan Anda?
  • Apakah tampilan dan pengalaman pengguna intuitif bagi tim Anda?
  • Apakah harganya sesuai dengan anggaran Anda?
  • Apakah ada versi uji coba atau demonstrasi yang tersedia?

3. Buat Daftar Software

Pilih beberapa solusi perangkat lunak terbaik berdasarkan penelitian Anda sebelumnya. Bandingkan mereka berdasarkan kinerja, fitur, dukungan, dan harga.

4. Uji Coba dan Evaluasi

Selanjutnya, lakukan uji coba pada solusi perangkat lunak yang dipilih untuk memahami cara kerjanya dalam lingkungan Anda. Mintalah masukan dari tim SDM Anda dan pertimbangkan biaya total kepemilikan.

5. Buat Keputusan dan Implementasikan

Setelah mempertimbangkan semua faktor, buat keputusan akhir dan lakukan implementasi. Pastikan perangkat lunak yang dipilih memenuhi kebutuhan utama Anda dan sesuai dengan anggaran Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memilih perangkat lunak SDM yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Software Payroll Kontraktor Terbaik

Kesimpulan

Dalam industri manufaktur yang melibatkan banyak tenaga kerja, dibutuhkan software HRIS yang dapat mengelola berbagai aspek SDM, mulai dari penggajian, pelacakan jam kerja, manajemen cuti, dan masih banyak lagi.

Melalui software HRIS, perusahaan dapat menyederhanakan berbagai proses tersebut, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan produktivitas karyawan.

Dari berbagai rekomendasi yang tersedia, Gajihub dapat menjadi software HRIS terbaik untuk perusahaan manufaktur, karena software ini tidak hanya menyediakan fitur-fitur penting seperti penggajian, manajemen kehadiran, dan analisis data, melainkan juga dilengkapi fitur BPJS, ESS, hingga kasbon karyawan.

Dengan harga yang terjangkau, Gajihub dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengoptimalkan pengelolaan SDM di perusahaan manufaktur.

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *