Contoh CV Customer Service dan Template yang Bisa Diunduh

contoh cv customer service banner

Dengan tingginya minat orang-orang untuk bekerja sebagai customer service, penting bagi Anda untuk mengoptimalkan CV dengan melakukan riset terkait contoh CV customer service yang baik.

Melalui CV yang disusun dengan baik, Anda dapat menunjukkan pengalaman dan kemampuan Anda dalam bidang layanan pelanggan, yang tentunya dapat membantu Anda dalam menarik minat rekruter.

Artinya, Anda harus menyoroti pengalaman konkret Anda di bidang pelayanan pelanggan, keterampilan komunikasi yang kuat, dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah secara efektif. Bagaimana caranya?

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa saja yang perlu dicantukan pada CV, cara menyusunnya secara efektif, hingga contoh dan templatenya yang bisa diunduh.

Apa Saja yang erlu Dicantumkan pada CV Customer Service?

Saat menyusun CV untuk customerr service, Anda harus memahami poin-poin penting yang harus dicantumkan, seperti:

1. Header

CV yang Anda buat harus dimulai dari bagian header, yang berisi nama lengkapi di bagian atas, diikuti dengan alamat Anad, nomor telepon, email, hingga link porofolio atau LinkedIn.

Kemudian, Anda juga perlu menambahkan ringkasan singkat tentang diri Anda di bagian header, untuk menonjolkan tujuan dan nilai Anda sebagai customer service. 

2. Ringkasan Profesional

Ringkasan ini menjadi gambaran singkat tentang kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman Anda yang relevan dengan industri customer service. 

Bagian ini bertujuan untuk menarik perhatian pembaca dan memberikan gambaran singkat tentang apa yang Anda tawarkan sebagai karyawan.

Baca Juga: 20+ Contoh Deskripsi Diri di CV dan Cara Membuatnya

3. Prestasi

Sertakan daftar prestasi dalam karier Anda, terutama yang berkaitan langsung dengan CS. Misalnya, penghargaan atas pelayanan pelanggan yang luar biasa, peningkatan kepuasan pelanggan, atau prestasi dalam mencapai target penjualan.

4. Pengalaman Kerja

Kemudian, jelaskan setiap pengalaman kerja Anda secara detail, termasuk posisi, tanggung jawab, pencapaian, dan kontribusi Anda dalam setiap peran.

Berikan contoh konkret tentang bagaimana Anda menerapkan keterampilan Anda dalam mengatasi masalah pelanggan yang berbeda.

Baca Juga: 10 Contoh Portofolio Kerja dan Cara Membuatnya

contoh cv customer service 1

5. Pendidikan

Cantumkan semua pendidikan formal Anda, mulai dari gelar sarjana hingga sertifikasi pendidikan lanjutan. Sertakan nama institusi, jurusan, tanggal lulus, dan penghargaan atau prestasi akademis yang relevan.

Baca Juga: Cara Mencantumkan Riwayat Pendidikan di CV

6. Pengalaman Pelatihan

Rincikan pengalaman pelatihan atau kursus yang pernah Anda ikuti, jika relevan dengan industri layanan pelanggan. Cantumkan informasi tentang topik pelatihan, penyelanggara, dan sertifikat yang Anda peroleh.

7. Keterampilan

Buat daftar keterampilan baik soft skill maupun hard skill yang Anda miliki. Jelaskan secara singkat bagaimana keterampilan tersebut relevan dengan pekerjaan customer service. 

8. Bahasa Asing

Jika Anda menguasai lebih dari satu bahasa, jelaskan tingkat kemarin Anda dalam setiap bahasa tersebut. Selain itu, berikan juga informasi megenai kemampuan bicara, menulis, dan memahami bahasa yang Anda kuasai.

10. Pengalaman Sukarela

Sertakan informasi tentang pengalaman sukarela atau volunteer yang relevan dengan pekerjaan layanan pelanggan. Jelaskan peran Anda, organisasi, dan dampak positif yang Anda ciptakan melalui kegiatan tersebut.

Baca Juga: Download Contoh CV Data Analysis dan Cara Membuatnya

Bagaimana Cara Membuat CV Customer Service?

Di atas merupakan berbagai di atas yang harus Anda cantumkan dalam CV customer service. Namun, bagaimana cara menulis masing-masing komponen tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Tonjolkan diri Anda dalam Bagian Ringkasan

Bagian ringkasan/ summary adalah kesempatan Anda untuk menonjolkan diri, dengan memberikan gambaran singkat kepada rekruter tentang siapa diri Anda, apa yang Anda tawarkan, dan megapa Anda cocok dengan posisi tersebut.

Untuk menulis ringkasan yang menarik, cantumkan beberapa informasi berikut:

  1. Kata sifat yang menggambarkan diri Anda.
  2. Judul pekerjaan yang Anda inginkan.
  3. Jumlah tahun pengalaman Anda.
  4. Apa yang Anda tawarkan dan bagaimana itu akan membantu.
  5. Pencapaian terbesar Anda.

Contoh

Seorang customer service representative yang kooperatif dan dapat diandalkan dengan pengalaman lebih dari 3 tahun. Pada peran sebelumnya, berhasil mengoptimalkan proses layanan pelanggan dengan meningkatkan waktu tanggapan permintaan pelanggan sebesar 200%, dan menerima hasil survei pelanggan positif sebesar 95%.

Bagaimana jika Anda belum memiliki pengalaman?

Jika Anda merupakan seorang fresh graduate atau seorang profesional yang berencana switch career ke bidang ini, Anda bisa mencantumkan hal relevan lainnya, seperti pendidikan, pengalaman pelanggan, pengalaman volunteer. 

Selain itu, Anda bisa mencantumkan tujuan kaerier Anda untuk menunjukkan kepada rekruter bahwa Anda berminat pada posisi CS.

Contoh

Seorang customer service yang dapat diandalkan dengan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Bangun Jaya. Tertarik untuk bergabung dengan DigiCom untuk membantu menjaga tingkat kepuasan layanan pelanggan. Memiliki keahlian komunikasi yang kuat.

Baca Juga: Berapa Gaji Customer Service di Indonesia? Ini Rata-ratanya

gajihub 2

2. Cantumkan Contoh Konkret di Bagian Pengalaman Kerja

Bagian ini memberikan Anda kesempatan untuk menunjukkan contoh konkret bagaimana Anda bekerja.Oleh karena itu, jangan hanya menulis jobdesk customer service secara umum, melainkan gambarkan pengalaman profesional Anda dengan jelas melalui kata kerja yang kuat, data, dan pencapaian yang konkret.

Setiap entri harus mencantumkan nama perusahaan dan lokasi, jabatan Anda, dan periode Anda bekerja di sana. Kemudian, tambahkan 3-5 poin yang menjelaskan tugas dan prestasi Anda.

Contoh

Customer Service Representative | Happy Customer | Juli 2018 – Saat Ini

  • Mencapai skor kepuasan pelanggan 98% dalam survei triwulanan, melebihi standar departemen.
  • Menangani rata-rata 50 pertanyaan pelanggan setiap hari melalui telepon, email, dan obrolan langsung, dengan tingkat resolusi pertama sebesar 95%.
  • Memimpin sesi pelatihan mingguan untuk karyawan baru, menghasilkan pengurangan waktu pelatihan 30% dan mempercepat produktivitas.
  • Mengimplementasikan sistem tiket yang lebih efisien, mengurangi waktu penanganan pertanyaan pelanggan sebesar 20%.
  • Diakui sebagai “Top Performer” selama tiga kuartal berturut-turut berdasarkan kinerja yang baik dalam kepuasan pelanggan dan produktivitas.

Baca Juga: 7 Contoh Pengalaman Organisasi di CV dan Tips Menulisnya

curriculum vitae CS 3

3. Masukkan Daftar Keterampilan yang Relevan

Untuk menjadi seorang customer service, Anda membutuhkan berbagai keterampilan. Namun, ingatlah bahwa di dunia layanan pelanggan, Anda tidak hanya perlu memiliki keterampilan teknis seperti computer skills, melainkan Anda juga harus menguasai keterampilan interpersonal seperti komunikasi dan problem solving. 

Dengan demikian, Anda harus secara seimbang menunjukkan baik hard skill maupun soft skill di dalam CV Anda. Berikut beberapa contoh skill yang bisa Anda cantumkan:

Hard Skill

  • Pengetahuan produk
  • Keterampilan komputer
  • Penjualan telepon
  • Taktik penjualan tambahan
  • Software CRM
  • Analisis data

Keterampilan Personal

  • Pelayanan pelanggan yang luar biasa
  • Pembangunan hubungan
  • Kolaborasi
  • Manajemen waktu
  • Komunikasi
  • Penyelesaian konflik

4. Tampilkan Pendidikan Anda

Saat membuat bagian pendidikan di CV Anda, ada beberapa aturan yang perlu Anda pahami, seperti:

  • Jika Anda memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi, tidak perlu menyebutkan pendidikan sekolah menengah.
  • Mulailah dengan pendidikan terakhir Anda dan susun gelar dari yang terbaru.
  • Pastikan konsistensi dalam setiap entri. Tulis nama gelar Anda, nama perguruan tinggi atau universitas.

Contoh

  1. Sarjana Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Bangun Jaya, Jakarta – 2021
  2. Sarjana Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Bangun Jaya, Jakarta – Diperkirakan lulus pada Juni 2024

Baca Juga: Download Contoh Template CV Gratis dan Tips Menulisnya

5. Sertakan Bagian Khusus

Anda pasti memiliki pengalaman di luar pekerjaan CS yang bisa Anda cantumkan di dalam CV Anda, seperti:

Sertifikasi

Berikut beberapa contoh sertifikasi yang bisa Anda masukkan dalam CV:

  • Sertifikasi Layanan Pelanggan
  • Sertifikasi Help Desk
  • Sertifikasi Pusat Panggilan
  • Sertifikasi Layanan Klien
  • Sertifikasi Manajer Layanan Klien
  • Sertifikasi Pengalaman Pelanggan
  • Sertifikasi Kepemimpinan Layanan Pelanggan

Kemampuan Bahasa

Jika Anda menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, cantumkan hal tersebut untuk membuat Anda lebih menonjol dibanding kandidat lain.

Tuliskan bahasa yang Anda kuasai dan sebutkan seberapa mahir Anda, misalnya dengan menyebutkan skor TOEFL, IELTS, dan sebagainya.

Saat Anda menulliskan sertifikasi di dalam CV, pastikan untuk menuliskan nama lengkap sertifikasi dan akronimnya. Hal ini membantu sistem pelacak pelamar (ATS) memahami tingkat keahlian Anda.

Baca Juga: Tips Membuat CV ATS Friendly dan Juga Contohnya

contoh cv customer service 2

Bagaimana Contoh CV Customer Service?

Berikut adalah beberapa contoh CV customer service yang bisa Anda jadikan referensi:

Contoh CV Customer Service bahasa Indonesia 1

contoh cv cs 1

Contoh CV Customer Service bahasa Indonesia 2

 

Gita Wandansari 

085678420 – gitawanda@yahoo.com – linkedin.com/gitawandansari

Ringkasan:
Saya spesialis layanan pelanggan yang ramah dan sabar dengan pengalaman lebih dari 12 tahun menangani berbagai macam pertanyaan pelanggan. Tertarik untuk bergabung dengan ExxCom untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan mempertahankan layanan pelanggan terbaik. Di posisi sebelumnya, saya berhasil mempertahankan tingkat retensi pelanggan 45% di atas rata-rata perusahaan dan menerima hasil survei kepuasan pelanggan sebesar 99% positif.

Pengalaman:

Manajer Customer Service
DaStuff, Jakarta Januari 2018 – Mei 2023

• Meningkatkan skor NPS pelanggan baru sebesar 10%.
• Mempertahankan tingkat retensi pelanggan 40% di atas rata-rata perusahaan.
• Menyiapkan laporan bulanan tentang kepuasan pelanggan (konsisten mendapat skor 90-98%).

Pencapaian Utama:
• Membantu menyelesaikan keluhan produk berulang dengan menganalisis laporan dan mengidentifikasi hambatan proses utama, yang berujung pada pengurangan tiket sebesar 70% untuk masalah khusus ini.

Customer Service Representative
Produx, Jakarta Desember 2011 – Desember 2017

• Menjawab pertanyaan tentang produk dan layanan serta menawarkan informasi mengenai produk dan layanan terkait.
• Memelihara database informasi akun pelanggan (termasuk pembatalan dan pembaruan akun pelanggan).
• Melakukan dan membatalkan rata-rata 200+ pesanan setiap minggu dari pelanggan, distributor, dan agen.

Keahlian:
• Jira Service Desk
• Salesforce
• Entri data
• Komunikasi lisan dan tulisan
• Membangun loyalitas pelanggan
• Pemecahan masalah
• Keterampilan analitis
• Manajemen waktu

Contoh CV Customer Service bahasa Indonesia 3

 

Contoh CV Customer Service bahasa Inggris 1

contoh cv customer service 3

Contoh CV Customer Service 2

contoh CV customer service 4

Contoh CV Customer Service bahasa Inggris 3

Isla Cahya – islacahya@email.com – 08976543

Professional Summary

I am a patient, friendly, and personable customer service professional with nearly 10 years of experience helping consumers better understand products and services. I am passionate about listening and understanding, which enables me to intervene, communicate, and respond appropriately to the needs and requests of customers. I am devoted to providing customers with insightful information to help them make better decisions about their purchases. I strive to build brand awareness and create brand loyalty through honest and effective communication.

Work Experience

Customer Escalation Specialist – 2011 to present

  • Manage a daily flow of 15-20 customer escalations.
  • Work with customers to identify a root problem, create a solution, and rebuild trust in the brand.
  • Ensure timely follow-up to confirm that concerns were addressed, solutions were delivered, and satisfaction was attained.
  • Lead monthly trainings to educate customer service reps on how to handle escalated issues. Reduce customer escalation by nearly 10 percent.

Customer Service Manager 2009 – 2011

  • Oversaw a group of 14 customer service representatives. Performed weekly evaluations to determine the effectiveness of the team and identify areas for improvement.
  • Reduced employee turnover by 5 percent on my team through incentives and regular trainings about effective customer service strategies.
  • Managed daily responsibilities such as clearing customer requests from the email queue, responding to escalated issues, and addressing employee needs within the team.

Customer Service 2008 – 2009

  • Responded to between 40-60 calls per day in regards to customer accounts, purchase requests, product returns, billing inquiries, and questions about product usage.
  • Completed a series of customer service trainings to learn skills such as interpersonal communication and listening.

Education and Training

Bachelor of Science in Communication2010
University NameCity, State
Graduated on Dean’s List

Skills

  • Competent communication skills to better work with customers and respond to their individual needs and concerns
  • Personable and enthusiastic personality to make communicating with customers a pleasant and positive experience
  • Exceptional listening skills to accurately identify customer concerns and reach a beneficial solution
  • Strong organizational and time management skills to ensure timely and effective response to customer inquiries

Contoh Template CV Customer Service

Selain dengan melihat contoh di atas, berikut template CV customer service yang bisa Anda unduh:

Download Template CV Customer Service

curriculum vitae CS 1

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat dipahami bahwa CV customer service yang efektif harus menyoroti pengalaman konkret dalam layanan pelanggan, keterampilan komunikasi yang kuat, hingga kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Untuk menonjolkan berbagai hal tersebut, Anda perlu mencantummkan ringkasan, pengalaman kerja, pendidikan, pengalaman pelatihan, hingga keterampilan secara detail, guna meningkatkan ketertarikan rekruter kepada Anda.

Jika saat ini Anda adalah seorang profesional HR yang tengah mencari customer service untuk perusahaan, Anda dapat menggunakan software payroll dari HR dan Gajihub, untuk membantu Anda lebih fokus dalam melakukan screening CV. 

Dengan Gajihub, karyawan dapat secara mandiri mengurus urusan administrasinya masing-masing, seperti absensi, kelola cuti dan izin, kasbon, hingga reimbursement. 

Sementara itu, Anda juga melakukan proses penggajian dengan lebih mudah dan akurat.

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *