10 Software HRIS Kontraktor, Fitur Penting, dan Tips Memilihnya

software HRIS kontraktor banner

Industri konstruksi kerap menghadapi berbagai tantangan dalam pengelolaan SDM, mengingat pekerjaan mereka yang membutuhkan mobilisasi tinggi dan selalu berubah. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan penggunaan software HRIS kontraktor.

Karyawan di industri kontraktor seringkali harus bekerja di lokasi proyek yang berbeda-beda, dan kebutuhan kerja dapat berubah tergantung proyek yang sedang berlangsung, sehingga menghadapi tantangan dalam pengelolaan HR.

Dengan berbagai fitur canggih dari software HRIS, perusahaan dapat mengatasi berbagai tantangan tersebut yang sekaligus meningkatkan efisiensi pada kegiatan operasional.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas manfaat HRIS bagi indutri kontraktor, fitur penting, rekomendasi software, hingga tips memilihnya.

Apa Saja Manfaat Software HRIS bagi Perusaahaan Kontraktor?

Software HRIS memberikan banyak manfaat bagi perusahaan kontraktor, misalnya memudahkan dalam pelacakan kehadiran karyawannya yang seringkali berada di beberapa lokasi proyek.

Selain itu, juga terdapat beberapa manfaat lain yang bisa perusahaan Anda rasakan, seperti:

1. Memudahkan Pelacakan Jam Kerja dan Kehadiran

Pekerja di industri kontraktor memiliki banyak tugas di berbagai lokasi proyek yang beberda. Inilah yang membuat perusahaan perlu menggunakan software HRIS, untuk mencatat waktu kehadiran karyawan.

Melalui fitur pelacakan waktu dan kehadiran di dalamnya, Anda dapat menyederhanakan proses tersebut, dibandingkan jika dilakukan secara manual.

Sementara itu, karyawan dapat melakukan presensi melalui smartphone mereka dengan sangat mudah.

Melalui informasi kehadiran, manajemen perusahaan juga lebih mudah dalam mengidentifikasi masalah-masalah  terkait ketidakhadiran atau pelanggaran karyawan secara cepat.

2. Mengatasi Tantangan terkait Penggajian

Software HRIS kontraktor juga dapat bermanfaat untuk mengatasi tantangan terkait penggajian. Di dalam industri kontraktor, mungkin terdapat perbedaan upah antara pekerja satu dengan yag lainnya.

Dengan menggunakan software payroll, sebagai tim HR, Anda dapat dengan mudah menghitung seluruh komponen gaji masing-masing karyawan, mulai dari gaji pokok, lembur, atau pun potongan sesuai dengan aturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Selain itu, Anda juga dapat terhindar dari kesalahan dalam penghitungan gaji seperti saat menggunakan sistem manual.

3. Memastikan Terhadap Aturan SDM

Industri konstruksi merupakan lingkungan kerja yang memiliki sejumlah aturan tertentu untuk melindungi karyawan. Dalam hal ini, software HRIS dapat membantu manajemen dan tim HR melaksanakan pengelolaan SDM sesuai aturan tersebut.

Dengan demikian, perusaahan terhindar dari risiko pelanggaran, sementara keselamatan karyawan tetap terjaga.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software HRIS Manufaktur dan Tips Memilihnya

software HR perusahaan konstruksi

Apa Saja Fitur yang Wajib Ada pada Software HRIS Kontraktor?

Dalam memilih penyedia software HRIS, tentunya fitur yang ditawarkan menjadi salah satu pertimbangan paling penting. Berikut beberapa fitur yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Core HRIS

Software HRIS yang baik menyediakan paket all-in-on, termasuk pengelolaan data karyawan hingga payroll dalam satu tempat yang terintegrasi.

Hal ini sangat penting bagi perusahaan kontraktor karena memudahkan Anda dalam mengelola semua informasi karyawan, mulai dari detail gaji hingga seluruh kompensasi yag mereka terima.

3. Pengelolaan Payroll

Software HRIS yang Anda pilih harus bisa memproses gaji karyawan dengan lebih mudah, baik untuk karyawan yang bekerja dengan bayaran per jam, gaji bulanan, atau pekerja part time. 

Dengan demikian, perusahaan dapat mengatasi berbagai tantangan dalam proses penggajian, termasuk penghitungan potongan PPh 21 yang sesuai.

4. Manajemen Benefit

Manajemen benefit adalah fitur penting bagi perusahaan kontraktor karena umumnya harus mengelola berbagai benefit atau kompensasi keseluruhan untuk karyawan mereka, seperti BPJS dan sebagainya.

Dengan memilih software HRIS yang tepat, proses ini dapat dilakukan tanpa harus melibatkan pekerjaan manual yang melelahkan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software HRIS Industri Retail Terbaik, Apa Saja

software HRIS kontraktor 2

5. Pelacakan Waktu dan Kehadiran

Pelacakan waktu dan kehadiran sangat penting dalam industri konstruksi, di mana karyawan sering bekerja di berbagai lokasi proyek.

Dengan fitur ini, Anda dapat melacak jam kerja karyawan dengan mudah, sehingga memastikan bahwa mereka menerima gaji sesuai dengan waktu kerja mereka.

6. Pelaporan/ Analitik

Pelaporan dan analitik memberikan perusahaan kontraktor wawasan penting tentang kinerja karyawan dan aspek lain dari kegiatan operasional Anda.

Dengan melacak data ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang rencana rekrutmen, pengelolaan kinerja, dan strategi bisnis lainnya.

7. Keterlibatan Karyawan

Meningkatkan keterlibatan karyawa atau employee engagement adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas dan retensi karyawan di perusahaan kontraktor.

Oleh karena itu, software HRIS kontraktor yang Anda pilih harus memiliki fitur yang dapat meningkatkan keterlibatan karyawan, misalnya dengan fitur timeline atau dashboard yang memungkinkan mereka untuk saling berinteraksi dengan pekerja lainnya serta menerima informasi dari perusahaan.

Baca Juga: 10+ Rekomendasi Software HRIS Terbaik dan Terlengkap

Apa Saja Rekomendasi Software HRIS Kontraktor?

Berikut adalah sejumlah rekomendasi software HRIS untuk perusahaan kontraktor yang bisa menjadi pertimbangan Anda:

1. Gajihub

Rekomendasi pertama datang dari software payroll dan HR yang berbasis di Indonesia, yaitu Gajihub. Software ini memiliki banyak fitur canggih yang dapat mendukung pengelolaan SDM untuk industri apapun, termasuk kontraktor.

Dengan Gajihub, Anda dapat memantau jam kerja karyawan dan memastikan bahwa mereka telah melakukan presensi secara jujur, sekali pun dilakukan dari tempat yang berbeda.

Hal ini dikarenakan Gajihub dilengkapi dengan face recognition dan GPS yang akan mencegah kecurangan dalam proses presensi.

Selain itu, tim HR juga akan dimudahkan dalam proses penggajian karyawan di perusahaan konstruksi, mengingat mereka kerap dibayar berdasarkan waktu dan sering mengambil jam lembur saat mendekati deadline proyek.

Penghitungan gaji tersebut nantinya juga akan tercatat secara otomatis di software akuntansi Kledo, karena keduanya merupakan software yang saling terintegrasi.

Jadi, selain memudahkan dalam pengelolaan SDM, Gajihub juga akan meningkatkan efisiensi bisnis Anda secara keseluruhan.

Fitur Utama

  • Payroll
  • Absensi
  • Kelola PPh 21
  • BPJS
  • Akuntansi
  • Employee Self Service
  • Kelola Cuti dan Izin
  • Analisa Data
  • Reimbursement
  • Kasbon

Harga

Anda dapat berlangganan Gajihub mulai dari Rp4.900/karyawan/bulan dan Anda akan mendapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Selain memiliki harga yang sangat terjangkau dan dilengkapi fitur-fitur canggih, proses pendaftarannya pun sangat mudah. Simak tutorialnya berikut ini:

Sangat mudah, bukan? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya dengan klik gambar berikut ini:

gajihub 1

2. ADP

Rekomendasi selanjutnya adalah ADP yang merupakan software payroll dan manajemen tenaga kerja, yang sangat cocok untuk perusahaan konstruksi dengan berbagai ukuran.

Fitur Utama

  • Manajemen tenaga kerja, pajak, dan penggajian.
  • Penyimpanan rekaman digital.
  • Analitik.
  • Onboarding.
  • Alat HR.
  • Perekrutan bakat.
  • Manajemen kinerja.
  • Manajemen kompensasi.

Harga

Harga ADP bervariasi tergantung pada paket fitur yang dipilih dan ukuran bisnis Anda, dengan opsi untuk kualifikasi diskon atau penawaran promo tertentu.

3. Factorial HR

Rekomendasi selanjutnya datang dari Factorial HR yang khusus untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan unik terkait SDM di industri konstruksi.

Melalui platform yang sangat mudah digunakan ini, Anda dapat menyederhanakan proses HR dan berfokus pada pengelolaan tim.

Fitur Utama

  • Pelacakan Waktu
  • Pencarian kandidat
  • Manajemen Dokumen
  • Jadwal Shift
  • Komunikasi Internal

Harga

Harga mulai dari $4.50 per bulan, per pengguna.

4. Natural HR

Natural HR dirancang khusus untuk membantu industri konstruksi dalam mengelola, terlibat, dan menggaji karyawan dengan lebih baik.

Dengan berfokus pada kebutuhan sektor konstruksi, software ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi tantangan yang sering dihadapi oleh perusahaan konstruksi.

Fitur Utama:

  • Pelacakan Absensi
  • Proses Berbasis Kertas
  • Kepatuhan Hukum
  • Restriksi Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Kompleksitas Penggajian
  • Rekrutmen dan Retensi Bakat

Harga

Harga tidak dijelaskan secara langsung, namun tersedia opsi untuk uji coba gratis.

5. HRX People

HRX People adalah software HRIS yang komprehensif untuk bisnis kontraktor. Dengan sistem yang dirancang khusus, sofware ini dapat membantu menyederhanakan semua proses HR dalam 1 tempat, sehingga memungkinkan tim HR untuk mengakses berbagai informasi kapan pun dan di mana pun.

Fitur Utama:

  • Pelaporan Absensi yang Cepat
  • Penyimpanan Informasi Pribadi
  • Kepatuhan Hukum
  • Akses Cloud
  • Manajemen Cuti
  • Pelacakan Status Karyawan

Baca Juga: 16 Manfaat Software HR, Jenis, Hingga Cara Memilihnya

software HRIS kontraktor 3

6. Rippling

Rippling adalah software HR all-in-one, lengkapi dengan fitur payroll, administrasi benefit, rerkrutmen, hingga manajemen pembelajaran.

Dengan software ini, Anda dapat mengotomatisasi seluruh proses penggajian, termasuk laporan pajak dan sebagainya sesuai aturan yang berlaku.

Fitur Utama

  • Otomatisasi pelaporan pajak untuk karyawan dan kontraktor.
  • Pelaporan yang kuat, dengan opsi laporan yang sudah jadi atau disesuaikan.
  • Lebih dari 500 integrasi, termasuk QuickBooks dan NetSuite untuk akuntansi.
  • Modul manajemen pengeluaran untuk pekerja domestik dan internasional.
  • Pembayaran kepada kontraktor di lebih dari 50 negara.

Harga

Mulai dari $8 per bulan.

7. Gusto

Gusto menjadi salah satu software HRIS terbaik untuk perusahaan kontrakktor, karena memungkinkan pengelolaan gaji dalam satu platform. 

Hal ini akan memudahkan Anda sebagai tim HR, sebab Anda tidak perlu menggunakan beberapa platform untuk mengelola data karyawan sekaligus keuangan perusahaan.

Fitur Utama

  • Penggajian kontraktor di lebih dari 120 negara.
  • Pelaporan penerimaan karyawan baru
  • Integrasi dengan perangkat lunak akuntansi, termasuk QuickBooks dan Xero.
  • Pelacakan waktu proyek kontraktor pada rencana Plus dan Premium.

Harga

Mulai dari $46 per bulan.

8. Arcoro

Arcoro adalah software yang dirancang untuk mendukung bisnis di berbagai industri, termasuk konstruksi, manufaktur, keuangan, dan lain-lain.

Software ini menyediakan berbagai fitur yang memudahkan Anda dalam pengelolaan jam kerja karyawan, penggajian, hingga pelacakan lokasi kerja karyawan.

Fitur utama

  • Pelacakan pelamar
  • Penggajian
  • Kepatuhan
  • Pengolahan gaji
  • Sinkronisasi informasi karyawan
  • Penjadwalan shift kerja

Harga

USD $3000.00.

9. Raken

Raken merupakan software HRIS kontraktor yang juga dapat membantu Anda dalam pengelolaan SDM di perusahaan kontraktor.

Dengan Raken, Anda dapat melacak jam kerja karyawan secara akurat, dan karyawan dapat mengelola presensi, izin, atau cuti melalui fitur self-service. 

Fitur Utama

  • Laporan harian dengan catatan, pelacakan waktu, dan foto
  • Kartu waktu untuk alokasi jam kerja
  • Pembicaraan Toolbox untuk keselamatan
  • Dua opsi software: Raken in the Field dan Raken in Office
  • Integrasi dengan berbagai software lain
  • Wawasan terkait pemantauan proyek

Harga

Informasi harga belum tersedia namun Raken menyediakan uji coba gratis.

10. SagePeople

Terakhir, ada dari SagePeople yang sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan bisnis. Software ini juga menggunakan sistem cloud, sehingga memungkinkan untuk diakses kapan pun dan di mana pun.

Selain itu, SagePeople dilengkapi dengan data dan analisis yang kuat mengenai SDM untuk membantu pengambilan keputusan bisnis.

Fitur Utama

  • Wawasan data yang ramah pengguna
  • Jaminan kepatuhan
  • Opsi integrasi yang kuat
  • Komunikasi yang efektif
  • Perekrutan yang efisien
  • Manajemen onboarding
  • Basis data terpusat

Harga

Harga mulai $10 per karyawan setiap bulannya.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Software HR Terbaik untuk Semua Jenis Usaha

software HRIS kontraktor 4

Bagaimana Tips Memilih Software HRIS untuk Perusahaan Kontraktor?

Setelah mengetahui rekomendasi HRIS terbaik, berikut tips tambahan yang bisa Anda terapkan dalam memilih layanan software:

1. Pahami Kebutuhan Anda

Mulailah dengan memahami apa yang ingin Anda capai dengan sistem HRIS. Misalnya, dengan mengidentifikasi tugas-tugas yang ingin Anda otomatisasi dan pertimbangkan ukuran serta kebutuhan tim HR Anda.

2. Libatkan Semua Pihak Terkait

Sebelum memilih, bicarakan dengan semua pihak yang akan terpengaruh, seperti tim HR, IT, dan manajer. Dengarkan kebutuhan dan kekhawatiran mereka.

3. Tetapkan Anggaran

Tentukan anggaran untuk sistem HRIS Anda. Kemudian, pahami fitur yang penting dan mana yang dapat dikompromikan jika perlu.

4. Hubungi Vendor

Bicaralah dengan beberapa vendor HRIS tentang solusi yang mereka tawarkan, termasuk fitur, keamanan, integrasi, dan biaya.

5. Ikuti Demo

Ikuti demo dari vendor yang Anda pertimbangkan. Biasanya layanan software HRIS seperti Gajihub menyediakan demo sebelum Anda memutuskan untuk berlangganan.

Jangan lupa mengajak staf HR Anda untuk berpartisipasi dan memberikan pendapat.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software HR yang Cocok untuk Usaha Dagang

Kesimpulan

Industri konstruksi sering menghadapi tantangan dalam pengelolaan SDM karena pekerjaannya yang sering berpindah lokasi dan berubah-ubah. Oleh karena itu, penggunaan software HRIS kontraktor sangat penting untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Software HRIS dapat memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan kontraktor, seperti memudahkan pelacakan kehadiran karyawan yang sering bekerja di lokasi proyek yang berbeda.

Salah satu software payroll dan HR yang sangat direkomendasikan adalah Gajihub. Dengan software all-in-one ini, Anda dapat mengelola seluruh urusan karyawan, mulai dari absensi hingga payroll

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *