Download Contoh CV Data Analysis dan Cara Membuatnya

contoh cv data analysis banner

Saat ini, profesi di bidang data semakin banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, untuk dapat menjolkan diri dan meningkatkan peluang diterima pekerjaan, Anda dapat memanfaatkan berbagai contoh CV data analysis.

Selain itu, Anda juga perlu memahami bagaimana cara membuat CV yang tepat untuk seorang data analyst, mulai dari bagaimana cara menunjukkan kemampuan teknis Anda, pencapaian, dan tentunya pengalaman kerja yang relevan.

Melalui CV yang disusun secara maksimal, rekruter pun akan lebih tertarik untuk memberi Anda kesempatan dalam mengikuti tahap selanjutnya, seperti wawancara, penugasan, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana cara menyusun CV untuk data analyst? Simak langkah-langkahnya berikut ini, struktur, hingga contoh dan template yang bisa diunduh.

Bagaimana Struktur CV Data Analyst?

Untuk membuat CV data analyst lebih menarik, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan agar Anda bisa menonjol dan menarik perhatian rekruter.

Berikut adalah beberapa poin penting dalam membuat CV:

1. Detail Kontak

Pertama-tama, pastikan rekruter dapat dengan mudah menghubungi Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menambahkan informasi kontak seperti nomor telepon, alamat email, lokasi, dan link yang mengarah ke profil LinkedIn Anda.

2. Ringkasan dan Summary

Selanjutnya, Anda harus membuat ringkasan atau summary yang dapat menjelaskan peran Anda sebagai data analyst secara singkat dan padat.

Bagian ini harus disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar dan menyebutkan keterampilan atau pencapaian khusus yang relevan dengan posisi yang diincar.

3. Hard Skill

Sebagai seorang data analyst, Anda perlu menunjukkan keahlian Anda dalam menggunakan alat-alat seperti SQL, Python, R, dan Excel.

Pastikan untuk mencantumkan keterampilan teknis atau hard skill pada bagian terpisah dan sebutkan sertifikasi atau pelatihan yang pernah Anda ikuti.

curriculum vitae data analyst 4

4. Pengalaman Kerja

Bagian pengalaman kerja sangat penting untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam mengaplikasikan keterampilan teknis Anda di dunia kerja.

Oleh karena itu, pastikan untuk menyoroti pengalaman Anda di bidang analisis data, manajemen basis data, dan visualisasi data.

5. Riwayat Pendidikan dan Sertifikasi

Meskipun saat ini banyak perusahaan yang lebih tertarik pada pengalaman praktis, pendidikan dan setifikasi Anda tetap menjadi hal yang penting.

Dengan demikian, Anda perlu menonjolkan tingkat pendidikan Anda, nama institusi tempat Anda belajar, gelar pendidikan, dan jika memungkinkan cantumkan nilai IPK.

6. Pencapaian Berbasis Data

Gunakan pencapaian yang dapat diukur, seperti jumlah laporan yang Anda buat, ukuran set data yang Anda tangani, atau perbaikan yang Anda lakukan pada proses bisnis melalui analisis Anda.

Hal ini menunjukkan dampak Anda terhadap peran-peran sebelumnya dan memberikan gambaran konkret kepada calon pemberi kerja tentang apa yang telah Anda capai selama ini.

Jika saat  ini Anda adalah seorang data analyst entry level, Anda bisa mengandalkan proyek-proyek yang telah diselesaikan dan portfolio kerja untuk menunjukkan pencapaian Anda saat ini.

Selain itu, Anda juga bisa menyertakan penghargaan atau prestasi di bidang analisis data.

Baca Juga: 7 Contoh CV Content Writer, Template, dan Cara Membuat

curriculum vitae data analyst 1

Bagaimana Cara Membuat CV untuk Data Analyst?

Sebelum membahas cara membuat CV, sebelumnya Anda perlu memahami tips untuk menyusun format CV secara tepat, seperti:

  1. Pastikan halaman pertama CV Anda berisi: Tujuan, Ringkasan Profil, Keterampilan Utama, Keterampilan Teknis (hard skill), Sorotan Utama/Penghargaan, dan soft skill.
  2. Gunakan gaya font yang mudah dibaca, seperti Cambria, Calibri, Tahoma, Verdana, atau Arial. Pastikan ukuran font untuk judul lebih besar dari teks sub.
  3. CV yang lebih ringkas cenderung lebih disukai, usahakan agar resume Anda tidak melebihi 2 halaman.
  4. Informasi tambahan dapat ditambahkan dalam bagian terpisah yang disebut “lampiran”.
  5. Disarankan untuk mengunggah CV dalam bentuk PDF untuk memastikan penataan yang sempurna.

Selain hal di atas, berikut cara menulis CV untuk setiap bagian-bagiannya:

1. Cara Menulis Ringkasan atau Summary

Saat menulis ringkasan atau summary, cantumkan 2 baris yang memberikan gambaran tentang tujuan dan keahlian Anda sebagai seorang data analyst.

Meskipun tidak selalu diperlukan, namun bagian ringkasan ini dapat membantu fresh graduate atau junior yang belum memiliki banyak pengalaman untuk menonjolkan keahlian dan harapan mereka mengenai karier di bidang analisis data.

Namun, ingatlah untuk jangan menulis tujuan yang klise, seperti:

“Seorang data analyst dengan berbagai pengalaman, ingin bekerja di bidang analisis data/ data mining did perusahaan ternama.”

Sebagai gantinya, Anda dapat menulis ringkasan yang mencantumkan skill dan pencapaian Anda, seperti:

“Seorang data analyst dengan kemampuan dalam membantu perusahaan menghadapi situasi kompetitif. Memiliki pengalaman dalam memimpin tim untuk meningkatkan efisiensi dalam mengerjakan suatu proyek.”

Selain itu, hindari penulisan ringkasan yang terlalu panjang, agar rekruter tidak kehilangan minat terlebih dahulu saat akan membaca CV Anda.

Baca Juga: 20+ Contoh Deskripsi Diri di CV dan Cara Membuatnya

contoh cv data analysis 5

2. Cara Mencantumkan Riwayat Pendidikan

Letakkan informasi pendidikan Anda di bagian awal, karena bagian ini dapat memberikan nilai tambah Anda sebagai kandidat.

Berikut contoh penulisan pendidikan pada CV:

Teknik Informatika – Fakultas Teknik

Universitas Bangun Jaya, 2015–2019

Selain itu, jika Anda pernah memiliki program kursus atau sertifikasi di bidang analis, Anda juga bisa mencantumkannya di dalam riwayat pendidikan.

Baca Juga: Cara Mencantumkan Riwayat Pendidikan di CV

3. Cara Menyusun Riwayat Kerja

Saat menyusun riwayat kerja, pastikan untuk menyusunnya dari yang terbaru ke yang terlama. Tuliskan sesuai dengan deskripsi pekerjaan dan cantumkan setidaknya empat tugas dan pencapainnya.

Hindari menyertakan pengalaman kerja yang tidak relevan dengan posisi data analyst. Berikut contohnya:

Pengalaman Kerja

Data Analyst
ABC Logistics, Januari 2017 – Sekarang

  • Meningkatkan efisiensi operasi dan kinerja pengangkutan sebesar 18% dengan memprediksi permintaan pasar secara akurat.
  • Merancang algoritma prediksi yang akurat untuk alat internal.
  • Mengoptimalkan jalur pengiriman, jaringan kendaraan, dan jadwal penggunaan data besar.
  • Mengelola interaksi dan pelaporan kepada manajemen dan pemangku kepentingan secara mandiri.

Di atas adalah contoh riwayat kerja dengan beberapa pengalaman kerja, lantas bagaimana contoh CV data analyst yang belum memiliki pengalaman kerja?

Kunci utamanya adalah dengan membuat CV yang menunjukkan potensi dan kelebihan Anda. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Soroti Pendidikan: Tekankan kursus yang relevan, gelar, atau sertifikasi yang Anda peroleh dalam analisis data.
  2. Cantumkan Soft Skill yang Relevan: Keterampilan seperti kemampuan pemecahan masalah dan perhatian terhadap detail dapat sangat berguna dalam analisis data.
  3. Sertakan Proyek yang Relevan: Ceritakan proyek akademis atau pribadi yang melibatkan analisis data.
  4. Tunjukkan Antusiasme Belajar: Tunjukkan bahwa Anda berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang dalam bidang analisis data.
  5. Manfaatkan Pengalaman Magang: Jika Anda memiliki pengalaman magang, gunakan untuk menunjukkan kemampuan dan adaptabilitas Anda di tempat kerja.
  6. Tulis Tujuan secara Jelas: Buatlah tujuan resume yang jelas dan fokus pada keinginan Anda untuk bekerja dalam analisis data.

Baca Juga: Contoh Surat Pengalaman Kerja, Arti, dan Manfaatnya

gajihub 2

4. Cara Mencantumkan Keterampilan

Menyebutkan kata kunci atau keyword pada CV Anda dapat memudahkan rekruter dalam memilih Anda, terutama jika perusahaan yang Anda lamar telah menggunakan applicant tracking system (ATS).

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencantumkan keterampilan yang sesuai dengan keyword data analyst dan hindari mencantumkan skill yang terlalu umum dan tidak relevan.

Berikut adalah beberapa skill yang bisa Anda cantumkan dalam CV data analysis:

  • Pemahaman dan Analisis Data
  • Data Mining
  • Komunikasi
  • Statistik, baik prediktif maupun deskriptif
  • Pemecahan Masalah
  • Pemodelan Data
  • Detail-oriented
  • Berpikir Kritis
  • Learning Machine
  • Presentasi
  • Manajemen Hubungan
  • Keterampilan Interpersonal
  • Keterampilan Teknis seperti pemrograman seperti XML, ETL, atau kerangka kerja JavaScript. Teknik visualisasi dan pelaporan data.
  • Basis data SQL dan kueri basis data Excel, SAS Enterprise Miner, SQL, dan program Mini tab MS Access, Basis data Oracle 8i.

Baca Juga: 65 Contoh Keahlian dalam CV, Cara, Hingga Tips Menulisnya

5. Bagian Tambahan untuk CV Data Analysis

Selain bagian-bagian di atas, ada beberapa bagian tambahan dalam CV yang dapat meningkatkan gambaran rekruter tentang Anda.

Bagian tambahan ini akan membuat berkas lamaran kerja Anda menjadi lebih menarik dengan memberikan informasi yang lebih mendalam tentang siapa minat dan kemampuan Anda.

Berikut adalah beberapa bagian tambahan terbaik yang perlu dipertimbangkan untuk CV Anda:

  1. Proyek: Tampilkan proyek-proyek khusus analisis data yang pernah Anda kerjakan, terutama yang memiliki dampak besar atau menampilkan keahlian khusus Anda.
  2. Penghargaan: Daftar semua penghargaan yang pernah Anda terima, baik dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan, untuk menunjukkan pengakuan terhadap dedikasi dan keunggulan Anda.
  3. Pencapaian: Sebutkan pencapaian yang signifikan, baik dalam karier maupun kehidupan pribadi, yang menunjukkan ketekunan dan kemampuan Anda untuk berkembang.
  4. Minat pribadi: Sertakan minat atau kegemaran pribadi yang relevan dengan bidang analisis data. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk menunjukkan antusiasme dan komitmen Anda terhadap bidang tersebut.

Baca Juga: 10 Contoh CV Digital Marketing Terbaik dan Templatenya

contoh cv data analysis 6

Bagaimana Contoh CV Data Analysis?

Untuk lebih memudahkan Anda dalam penyusunan CV, simak beberapa contoh CV data analysis berikut ini:

Contoh CV Data Analysis Bahasa Indonesia 1

Sarah Wijaya – 0857- 755-8356 – linkedin.com/sarahwijaya

DATA ANALYST

Analis data yang terbukti dengan pengalaman 4 tahun dalam menggali, menginterpretasikan, dan menyajikan kumpulan data besar untuk meningkatkan efisiensi pengeluaran di seluruh organisasi. Memimpin implementasi sistem analisis data baru dan mencapai pengurangan kesalahan sebesar 15% dan peningkatan keakuratan data sebesar 20%. Mampu berkolaborasi dengan berbagai tim dan menyelesaikan proyek tepat waktu dan sesuai anggaran.

PENDIDIKAN

Sarjana Teknik Informatika (S.Kom)
2015-2019
Universitas Bangun Jaya

KURSUS / SERTIFIKASI

Profesional Analisis Bersertifikat (CAP) – Maret 2022
Sertifikat Profesional Google Data Analytics – Oktober 2021
Google Sertifikat Analis Data IBM – Oktober 2020

PENGALAMAN KERJA

Analis Data
Maret 2022 – Sekarang
Data Utama

  • Menganalisis kumpulan data yang besar, menghasilkan peningkatan efisiensi dan produktivitas sebesar 20%.
  • Memimpin implementasi sistem analisis data baru, menghasilkan pengurangan kesalahan sebesar 15% dan peningkatan keakuratan data sebesar 20%.
  • Bekerja sama dengan tim lintas fungsi untuk memberikan proyek dan inisiatif tepat waktu dan sesuai anggaran.

Analis Data Junior
Maret 2020 –Maret 2022
Emergent Technologies

  • Melaksanakan tugas secara efektif dan efisien, menghasilkan peningkatan produktivitas departemen sebesar 15%
  • Menunjukkan kemampuan yang kuat untuk melakukan pekerjaan berkualitas untuk proyek-proyek biasa yang akan ditugaskan kepada individu pada level ini
  • Menganalisis kumpulan data yang besar, menghasilkan peningkatan efisiensi dan produktivitas sebesar 10%

KETERAMPILAN & KOMPETENSI

  • Analisis Data
  • Manajemen Data
  • Analisis Statistik
  • Pelaporan dan Visualisasi
  • Penggalian Data
  • Pemecahan Masalah
  • Manajemen Proyek
  • Perhatian terhadap Detail
  • Keterampilan Komunikasi

Contoh CV Data Analysis Bahasa Indonesia 2

contoh cv data analyst 2

Contoh CV Data Analysis Bahasa Inggris 1

contoh cv data analysis 3

Contoh CV Data Analysis Bahasa Inggris 2

contoh cv data analyst 4

Contoh Template CV Data Analysis

Untuk mempermudah Anda dalam menyusun CV untuk data analyst, berikut template CV yang bisa Anda unduh:

DOWNLOAD TEMPLATE CV DATA ANALYSIS

Baca Juga: Download Contoh Template CV Gratis dan Tips Menulisnya

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, dapat dipahami bahwa untuk meningkatkan peluang diterima sebagai seorang data analysis, penting bagi Anda untuk menyusun CV secara efektif.

Pastikan CV yang Anda buat mencantumkan komponen-komponen penting seperti detail kontak yang jelas, ringkasan singkat tentang keterampilan dan pengalaman Anda, serta riwayat pendidikan dan sertifikasi yang relevan.

Pada bagian pengalaman kerja, soroti pencapaian dan tanggung jawab yang menonjol dalam analisis data.

Selain itu, sebutkan keterampilan teknis yang Anda kuasai, seperti SQL, Python, atau Excel, dan tambahkan bagian tambahan seperti proyek-proyek terkait, penghargaan, atau minat pribadi yang relevan.

Terakhir, pastikan jugua Anda telah menyusun CV secara rapi dan mudah dibaca, serta hindari informasi yang panjang dan berlebihan.

Dengan mengikuti struktur yang baik dan menonjolkan keunggulan Anda sebagai seorang data analyst, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Untuk memudahkan tim HR dalam melakukan proses rekrutmen, perusahaan dapat mempertimbangkan penggunaan software payroll dan HR dari Gajihub.

Dengan software ini, tim HR tidak perlu khawatir mengenai masalah administrasi karyawan dan mereka tetap bisa fokus pada tugas-tugas terkait rekrutmen yang membutuhkan banyak pertimbangan dan strategi.

Misalnnya, melalui fitur Kelola Cuti dan Izin, karyawan dapat secara mandiri mengajukan cuti melalui smartphone mereka masing-masing tanpa harus melalui prosedur yang rumit, sementara itu tim HR dan manajer dapat melakukan approval melalui website Gajihub.

Selain itu, perusaan juga dapat mengatur tanggal maksimal pengajuan cuti bagi karyawan yang ingin mengambil cuti tahunan. Caranya pun mudah, berikut tutorialnya:

Sangat praktis, bukan? Yuk, kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *