Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Bisa di Download dan Tips Menulisnya

daftar riwayat hidup 1

Saat melamar posisi tertentu di luar negeri atau perusahaan tertentu, serta pekerjaan secara internasional, Anda mungkin diminta untuk menyerahkan daftar riwayat hidup daripada resume.

Daftar riwayat hidup atau CV, mencakup lebih banyak informasi daripada resume pada umumnya, termasuk rincian pendidikan dan prestasi akademis, penelitian, publikasi, penghargaan, afiliasi, dan banyak lagi.

Pada artikel kali ini kita akan membahas daftar riwayat hidup, contoh, file yang bisa Anda download, dan tips dalam menulisnya.

Apa yang Dimaksud dengan Daftar Riwayat Hidup?

Daftar riwayat hidup (CV) memberikan ringkasan pengalaman Anda, latar belakang akademis termasuk pengalaman mengajar, gelar, penelitian, penghargaan, publikasi, presentasi, dan prestasi, keterampilan, dan kredensial lainnya.1 CV biasanya digunakan untuk aplikasi akademis, medis, penelitian, dan ilmiah di AS.

Tinjau contoh riwayat hidup, pelajari perbedaan antara CV dan resume, dan dapatkan tips dan saran tentang cara menulis CV di bawah ini.

Baca juga: Cara Menghitung Kenaikan Gaji Secara Berkala

Kapan harus menggunakan CV dan bukanResume?

Di Amerika Serikat, daftar riwayat hidup digunakan saat melamar posisi akademis, pendidikan, ilmiah, atau penelitian.

Daftar riwayat hidup juga dapat digunakan untuk melamar beasiswa atau hibah. Di Eropa, Timur Tengah, Afrika, atau Asia, pemberi kerja mungkin mengharapkan untuk menerima surat riwayat hidup daripada resume.

Daftar riwayat hidup, biasanya disebut sebagai “CV,” adalah sinopsis yang lebih panjang (dua halaman atau lebih) dan lebih rinci daripada resume.

Ada juga perbedaan dalam hal apa yang disertakan, dan kapan masing-masing dokumen digunakan.

Baca juga: Resume dan CV: Pengertian, Perbedaan, dan Tips Membuatnya

Apa yang harus dicantumkan dalam daftar riwayat hidup?

Berikut ini adalah contoh-contoh informasi yang dapat dimasukkan dalam CV Anda.

Elemen-elemen yang Anda sertakan akan tergantung pada apa yang Anda lamar, jadi pastikan untuk memasukkan informasi yang paling relevan untuk mendukung pencalonan Anda dalam CV Anda.

  • Detail pribadi dan informasi kontak. Sebagian besar CV dimulai dengan informasi kontak dan data pribadi, tetapi berhati-hatilah untuk menghindari detail yang berlebihan, seperti afiliasi agama, nama anak, dan sebagainya.
  • Pendidikan dan kualifikasi. Pastikan untuk menyertakan nama institusi dan tanggal kuliah dalam urutan terbalik: Ph.D., Master, Sarjana.
  • Pengalaman kerja/riwayat pekerjaan. Gaya catatan pekerjaan yang paling banyak diterima adalah riwayat hidup kronologis. Riwayat karir Anda disajikan dalam urutan tanggal terbalik dimulai dengan penunjukan terbaru. Lebih banyak penekanan/informasi harus ditempatkan pada pekerjaan terbaru Anda.
  • Keterampilan. Sertakan keterampilan komputer, keterampilan bahasa asing, dan pelatihan terbaru lainnya yang relevan dengan peran yang dilamar.
  • Pelatihan / Kerja Lapangan Pascasarjana / Belajar di Luar Negeri
  • Disertasi / Tesis
  • Pengalaman penelitian
  • Pengalaman mengajar
  • Publikasi
  • Presentasi, kuliah, dan pameran
  • Hibah, beasiswa, fellowship, dan asisten
  • Penghargaan dan kehormatan
  • Keterampilan teknis, komputer, dan bahasa
  • Lisensi, sertifikasi, dan keanggotaan profesional

Baca juga: Etos Kerja: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

Berapa panjang CV yang seharusnya?

Riwayat hidup yang baik untuk tingkat pemula idealnya mencakup dua hingga tiga halaman (CV untuk profesional tingkat menengah, terutama dalam peran akademisi dan penelitian medis, bisa lebih panjang).

Hal ini untuk bertujuan untuk memastikan kontennya jelas, terstruktur, ringkas, dan relevan. Menggunakan poin-poin daripada kalimat penuh dapat membantu meminimalkan penggunaan kata.

daftar riwayat hidup 2

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Berikut ini adalah contoh daftar riwayat hidup untuk kandidat tingkat pemula untuk posisi melamar pekerjaan terkait akademisi.

CV ini mencakup riwayat pekerjaan, pendidikan, kompetensi, penghargaan, keterampilan, dan minat pribadi. Anda juga bisa mengunduh templat CV secara gratis pada di bawah ini:

Contoh daftar riwayat hidup (versi teks)

Anita Hernanda
Jl Anggur 82,
Tanjung Priuk, Jakarta Selatan
Anitaher@email.com
021250212121(Sel)

MINAT PENELITIAN

Sastra Hispanik, Bahasa Spanyol, Sejarah Asia Tenggara

PENDIDIKAN

Ph.D. dalam bahasa Spanyol (Sastra Hispanik AS), 2018 – Universitas Houston.
Disertasi: Quixote Terlahir Kembali: Sang Pengembara dalam Sastra Hispanik AS. Sancho Rodriguez, Ketua

M.A. dalam bahasa Spanyol, Juni 2015 – Universitas Houston

B.A. dalam bahasa Spanyol, Juni 2013 – Universitas Houston

PENUNJUKAN

Dosen Ajun: Universitas Houston, Departemen Studi Hispanik, September 2018 hingga Sekarang.

PUBLIKASI

Buku

Hernanda, Anita. Quixote Terlahir Kembali: Sang Pengembara dalam Sastra Hispanik AS. New Haven: Yale University Press (akan terbit)

Jurnal yang diulas sejawat

Hernanda, Anita. “Kisah-kisah Imigran Bangladesh dari Rohingnya,” Lady Liberty Journal, 6(1): 24-41.

Hernanda, Anita. “Membandingkan Pengalaman Imigran Hispanik dan Eropa melalui Cerita,” Hispanic Literature Today 12(3): 25-35.

Hernanda, Anita. “Yearning to Be Free: 3 Hispanic Women’s Diaries,” Hispanic Literature Today: 11(2): 18-31.

PRESENTASI KONFERENSI

2020. Hernanda, Anita. “Storytelling Methods in the Central Valley.” Hispanic Storytelling Association Annual Conference, San Francisco, CA

2019. Hernanda, Anita. “When Cultures Merge: Themes of Exclusion in Mexican-American Literature.” US Hispanic Literature Annual Conference, Tucson, AZ.

PENGALAMAN MENGAJAR

Dosen Ajun, Universitas Houston

  • Sastra Meksiko-Amerika, Bahasa Spanyol 3331
  • Perempuan dalam Sastra, Bahasa Indonesia 3350
  • Cerita Pendek Sansekerta-Amerika, Bahasa Inggris 4339

Asisten Pengajar Pascasarjana, Universitas Northwestern

  • Bahasa Spanyol Dasar 1501, 1502, 1505
  • Bahasa Spanyol Menengah 2301, 2302, 2610

PENGHARGAAN / PENGHARGAAN

  • Indonesian Study Abroad Summer Grant, 2018
  • Penghargaan Pengajaran UH, 2017, 2018, 2020
  • Beasiswa Disertasi, 2017

BAHASA

Bahas Indonesia (Native)
Bahasa Inggris (Native)
Bahasa Spanyol (kefasihan lisan dan tulisan bilingual)
Bahasa Latin Klasik (tertulis)

KEANGGOTAAN / AFILIASI

  • Asosiasi Nasional Seni dan Budaya Latin
  • Asociación Internacional de Literatura y Cultura Femenina Hispánica
  • Asosiasi Bahasa Modern

Download versi .docs pada tautan ini

gajihub 1

Baca juga: Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja Terbaik 

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup

Miliki beberapa versi CV Anda

Jangan hanya menulis satu CV dan menggunakannya untuk setiap posisi yang Anda lamar.

Pastikan CV Anda ringkas

Bila memungkinkan, usahakan agar CV Anda singkat dan padat. Sertakan ringkasan pekerjaan dan pendidikan Anda, daripada banyak detail. Gunakan bahasa formal (tanpa bahasa gaul atau singkatan), tulis dengan sederhana dan jelas.

Katakan yang sebenarnya

Kita bisa tergoda untuk memoles riwayat hidup secara berlebihan dan membuat kualifikasi pendidikan atau riwayat pekerjaan kita terdengar sedikit lebih baik daripada yang sebenarnya.

Jika Anda tergoda untuk meregangkan kebenaran tentang riwayat pekerjaan Anda – jangan!. Ini akan malah merugikan AndaAnda.

Sebagian besar perusahaan melakukan pemeriksaan referensi dan latar belakang, dan jika riwayat hidup Anda tidak sesuai dengan riwayat pekerjaan atau pendidikan Anda yang sebenarnya, kemungkinan besar Anda akan ketahuan – baik Anda akan dikeluarkan sebagai kandidat atau Anda akan dipecat jika Anda sudah dipekerjakan.

Periksa formatnya

Lihatlah format surat riwayat hidup Anda. Apakah ada banyak ruang kosong? Apakah berantakan? Apakah format Anda konsisten (tebal, miring, spasi, dll.) dan apakah gambaran keseluruhan yang diberikan CV Anda profesional dan dipoles?

Periksa kembali CV Anda

Periksa kembali surat riwayat hidup Anda dari kesalahan ketik dan kesalahan tata bahasa. Kemudian, mintalah orang lain untuk memeriksanya untuk Anda – seringkali sulit untuk menangkap kesalahan kita.

Baca juga: 25+ Contoh Pertanyaan Interview Kerja Beserta Cara Menjawabnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai daftar riwayat hidup atau CV beserta contoh dan juga file yang bisa Anda unduh secara gratis.

Saat Anda membuat CV, pastikan Anda memasukan informasi yanga valid dan bisa dipertanggungjawabkan supaya tidak menyusahkan Anda saat proses interview dengan recruiter. Memasukan informasi yang bias atau palsu hanya akan merugikan Anda dan membuat reputasi Anda tercoreng.

Disisi lain, jika Anda adalah pemilik bisnis atau bagian dari tim HR yang memiliki masalah dengan pengelolaan proses HR dan payroll dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software HR dan payroll modern dari Gajihub.

Gajihub adalah software HR dan payroll buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan memiliki harga terjangkau.

Tidak hanya perusahaan Anda yang akan mendapatkan kemudahan dalam pengelolaan HR dan payroll, karyawan Anda juga akan mendapatkan kemudahan dengan proses pencatatan kehadiran, pengajuan cuti, sampai melihat slip gaji dengan praktis hanya melalui smartphone.

Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *