Overtime Adalah: Berikut Pengertian Lengkap dan Cara Penghitungannya

overtime adalah 1

Overtime atau bekerja lembur bisa menjadi cara yang bagus untuk membuktikan bahwa Anda adalah karyawan yang berdedikasi pada peran dan perusahaan Anda sambil juga mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Sebelum Anda berkomitmen untuk melakukan kerja overtime, Anda harus memastikan bahwa Anda menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat dan lembur Anda akan produktif.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan overtime adalah, pro dan kontra, bagaimana memutuskan apakah Anda harus bekerja lembur dan juga cara menghitung overtime menurut undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Pengertian Overtime Adalah?

Overtime atau lembur adalah mengacu pada jam kerja seorang karyawan yang melebihi jam kerja yang dijadwalkan secara teratur. Beberapa perusahaan membayar Anda lebih untuk jam kerja ekstra, dan jumlahnya seringkali dapat bervariasi antar perusahaan.

Ada beberapa contoh di mana karyawan yang digaji dibebaskan dari menerima uang lembur, biasanya jika mereka mendapatkan jumlah gaji tertentu.

Belum mengetahui kebijakan overtime di perusahaan Anda? Temui manajer sumber daya manusia Anda atau tinjau kebijakan perusahaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka izinkan dalam hal upah lembur.

Baca juga: Aturan Jam Kerja, Shift, Lembur, dan Cuti Menurut Undang-undang

Apakah Overtime Adalah Hal yang Baik?

Overtime memiliki keuntungan dan kerugian, baik bagi perusahaan maupun karyawannya. Berikut adalah beberapa pro dan kontra umum:

Kelebihan

Bagi karyawan, bekerja lembur berarti Anda mendapatkan uang tambahan, biasanya setengah jam atau dua kali lipat tarif per jam Anda.

Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan gaji Anda dan memiliki lebih banyak pengeluaran untuk hal-hal di luar pekerjaan, termasuk liburan keluarga atau meningkatkan dana tabungan Anda.

Mengambil overtime juga dapat membantu memajukan karir Anda dengan membuktikan bahwa Anda dapat diandalkan dan termotivasi dalam peran Anda.

Bagi pemberi kerja, kelebihan lembur termasuk memiliki lebih banyak karyawan per jam yang tidak perlu dibayar gaji atau tunjangan tambahan sebagai imbalan atas hasil yang lebih tinggi bila diperlukan.

Lembur musiman mungkin diperlukan, dan karyawan per jam mungkin merasa lebih dihargai mendapatkan uang ekstra dibandingkan karyawan yang digaji tidak selalu memenuhi syarat untuk lembur dan tidak dibayar untuk jam tambahan selama periode sibuk.

Hal ini dapat meningkatkan moral dan retensi karyawan, terutama jika lembur bersifat opsional atau dikomunikasikan dengan baik sebelumnya.

Kekurangan

Untuk karyawan, Anda mungkin ingin beristirahat saat mengambil overtime dan Anda mungkin kehilangan fokus dan produktivitas secara alami saat jam kerja Anda meningkat.

Bekerja lebih lama juga bisa berbahaya, tergantung pada pekerjaannya, meskipun banyak perusahaan membatasi jumlah jam kerja karyawan dalam posisi seperti ini, seperti pengemudi truk.

Bekerja lembur dalam jumlah besar secara teratur juga dapat mengganggu keseimbangan kehidupan kerja dan dapat menyebabkan kelelahan atau masalah lainnya.

Untuk pemilik bisnis, kekurangan dari lembur termasuk biaya overhead yang lebih tinggi karena tenaga kerja Anda kemungkinan akan dibayar dengan tarif yang lebih tinggi, dan berpotensi, mengurangi pengembalian jika produktivitas menurun.

Pembayaran lembur juga membutuhkan perencanaan dan penganggaran. Majikan mungkin memperhatikan tenaga kerja yang lebih stres jika mereka menerapkan terlalu banyak lembur atau mewajibkannya.

Baca juga: Ketahui Prosedur PHK Karyawan Berdasarkan Aturan yang Berlaku

overtime adalah 2

Bagaimana Cara Memutuskan Anda Harus Mengambil Overtime atau Tidak?

Ikuti lima langkah berikut untuk menentukan apakah bekerja lembur tepat untuk Anda:

1. Tinjau kebijakan perusahaan

Beberapa perusahaan memiliki batasan atau pedoman tertentu tentang apa yang mereka anggap sebagai upah lembur dan apakah mereka akan mengizinkan karyawan untuk bekerja dengan jam tambahan di luar jadwal reguler mereka.

Misalnya, perusahaan mungkin membatasi jam overtime dalam seminggu. Tinjau dengan cermat dan ingat aturan ini saat Anda membuat keputusan untuk bekerja lembur, dan temui departemen sumber daya manusia Anda jika Anda memiliki pertanyaan tambahan.

2. Atur strategi jam lembur Anda

Untuk membantu Anda memutuskan apakah Anda harus bekerja overtime, buat jadwal kerja dan rencanakan tugas harian Anda. Ini dapat membantu Anda menentukan kapan Anda memiliki proyek yang lebih besar yang akan datang dengan tenggat waktu yang ketat atau memiliki terlalu banyak tugas yang diperlukan untuk diselesaikan selama jam-jam reguler.

Menyusun strategi potensi overtime Anda memungkinkan Anda untuk mempertimbangkan dengan cermat seberapa banyak Anda perlu bekerja daripada bekerja terlalu banyak, yang dapat menyebabkan stres atau kelelahan.

Baca juga: Bonus dan Insentif: Pengertian, Manfaat dan Perbedaan Keduanya

3. Tentukan kapan Anda paling produktif

Jika Anda menyadari bahwa Anda lebih fokus dan biasanya menyelesaikan sebagian besar tugas Anda di pagi hari, Anda dapat memutuskan untuk menambah jam kerja selama waktu itu.

Memetakan waktu paling produktif secara alami dalam sehari dapat membantu Anda tetap fokus selama jadwal kerja reguler dan lembur Anda.

4. Putuskan apakah Anda membutuhkan uang tambahan

Kerja overtime bisa menjadi alternatif yang bagus untuk pekerjaan kedua jika Anda ingin mendapatkan uang tambahan. Anda dapat terus menyelesaikan pekerjaan Anda sendiri tanpa harus melamar ke peran lain atau merasa kewalahan dengan pekerjaan terpisah dengan tugas yang berpotensi berbeda.

5. Analisis apakah manajer Anda menghargai pekerjaan ekstra

Sebelum Anda berkomitmen untuk bekerja lembur, Anda mungkin ingin menentukan apakah manajer Anda tampaknya menghargai anggota tim lain yang bekerja overtime.

Jika Anda memperhatikan rekan kerja mendapatkan promosi setelah secara teratur melakukan lembur, maka bekerja lembur juga bisa menjadi cara yang bagus bagi Anda untuk menerima pengakuan atas kerja keras Anda.

Baca juga: Payroll Accounting: Pengertian, Tahapan, Cara Hitung dan Tipsnya

Peraturan Overtime Menurut Undang-undang yang Berlaku

Pasal 78 ayat (1) dan (2)UU Ketenagakerjaan No. 13/2003 jo. UU Cipta Kerja No. 11/2020, serta pasal 28 dan 29 Peraturan Pemerintah No. 35/2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja menegaskan beberapa syarat pemberlakukan waktu kerja lembur (Peraturan Pemerintah No. 35/2021), yakni:

  • Waktu kerja lembur hanya dapat dilakukan paling lama 4 (empat) jam dalam 1 (satu) hari dan 18 (delapan belas) jam dalam 1 (satu) minggu
  • Ada perintah dari Pengusaha dan persetujuan dari Pekerja/Buruh yang bersangkutan secara tertulis dan/atau melalui media digital.
  • Perintah dan persetujuan sebagaimana dimaksud dapat dibuat dalam bentuk daftar Pekerja/Buruh yang bersedia bekerja lembur yang ditandatangani oleh Pekerja/Buruh yang bersangkutan dan Pengusaha.
  • Pengusaha harus membuat daftar pelaksanaan kerja lembur yang memuat nama Pekerja/Buruh yang bekerja lembur dan lamanya Waktu Kerja Lembur.
  • Wajib membayar Upah Kerja Lembur, memberi kesempatan untuk istirahat secukupnya, dan memberikan makanan dan minuman paling sedikit 1.400 (seribu empat ratus) kilo kalori, apabila kerja lembur dilakukan selama 4 (empat) jam atau lebih. Pemberian makanan dan minuman tersebut tidak dapat digantikan dalam bentuk uang.

gajihub 1

Baca juga: Apa itu SMART Goals dan Bagaimana Penerapannya dalam Proses HR

Cara Menghitung Upah Overtime Menurut Undang-undang

Ketentuan mengenai perhitungan upah overtime terbaru terdapat dalam Pasal 13 PP No 35 Tahun 2021. Perhitungan ini dibedakan berdasarkan waktu kerja lembur, yakni pada saat hari kerja dan hari libur resmi atau istirahat mingguan.

Overtime  pada hari kerja

  • Satu jam pertama dibayar 1,5 kali upah sejam
  • Setiap jam berikutnya dibayar 2 kali upah sejam

Overtime pada hari libur resmi atau istirahat mingguan untuk 6 hari kerja dan 40 jam seminggu

  • Jam ke-1 sampai jam ke-7, masing-masing dibayar 2 kali upah sejam
  • Jam ke-8 dibayar 3 kali upah sejam
  • Jam ke-9 sampai jam ke-11, masing-masing dibayar 4 kali upah sejam

Untuk hari libur resmi yang jatuh pada hari kerja terpendek:

  • Jam ke-1 sampai jam ke-5, masing-masing dibayar 2 kali upah sejam
  • Jam ke-6 dibayar 3 kali upah sejam
  • Jam ke-7 sampai jam ke-9, masing-masing dibayar 4 kali upah sejam

Overtime pada hari libur resmi atau istirahat mingguan untuk 5 hari kerja dan 40 jam seminggu

  • Jam ke-1 sampai jam ke-8, masing-masing dibayar 2 kali upah sejam
  • Jam ke-9 dibayar 3 kali upah sejam
  • Jam ke-10 sampai jam ke-12, masing-masing dibayar 4 kali upah sejam

Baca juga: Mengetahui Aturan Cuti Menikah yang Berlaku di Indonesia

Contoh

Cara menghitung overtime karyawan paling umum adalah dengan metode manual. Rumus hitung lembur mengikuti aturan terbaru di atas, di mana lembur dihitung per jam.

Berikut ini contoh perhitungan lembur UU Cipta Kerja untuk karyawan yang memiliki gaji Rp5.190.000 sebulan di perusahaan yang menerapkan 5 hari kerja. Selama bulan Mei 2021, karyawan tersebut bekerja lembur pada Senin (3/5) 4 jam, Selasa (4/5) 4 jam, Rabu (5/5) 3 jam, Kamis (6/5) 2 jam, dan hari Sabtu ( 8/5) 10 jam, Sabtu (22/5) 9 jam.

Overtime pada hari kerja

HARI /TANGGAL JUMLAH JAM PERHITUNGAN UPAH LEMBUR JUMLAH UPAH
Senin, 3 Mei 4 jam (1,5 + 2 + 2 + 2) x upah sejam 7,5 x upah sejam
Selasa, 4 Mei 4 jam (1,5 + 2 + 2 + 2) x upah sejam 7,5 x upah sejam
Rabu, 5 Mei 3 jam (1,5 + 2 + 2) x upah sejam 5,5 x upah sejam
Kamis, 6 Mei 2 jam (1,5 + 2) x upah sejam 3,5 x upah sejam
Total 24 x upah sejam

Overtime pada hari libur

HARI /TANGGAL JUMLAH JAM PERHITUNGAN UPAH overtime JUMLAH UPAH
Sabtu, 8 Mei 10 jam {(2 x 8) + 3 + 4}x upah sejam 23 x upah sejam
Sabtu, 22 Mei 9 jam {(2 x 8) + 3} x upah sejam 19 x upah sejam
Total 42 x upah sejam

Nilai upah overtime

JUMLAH UPAH overtime (24 + 42) X UPAH SEJAM = 66 X UPAH SEJAM
Upah sejam 1/173 x Rp5.190.000 = Rp30.000
Nilai upah lembur 66 x Rp30.000 = Rp1.980.000

Untuk mengetahui lebih jauh tentang pembahasan upah lembur secara lengkap, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Tips Dalam Melakukan Kerja Overtime

Berikut adalah tips yang bisa membantu Anda tetap efisien dan menikmati bekerja overtime:

Pertimbangkan untuk menambah jam kerja selama liburan

Saat musim liburan mendekat, Anda mungkin menginginkan penghasilan tambahan untuk pembelian pribadi, seperti hadiah untuk teman dan keluarga.

Perusahaan Anda mungkin perlu mencapai kuota pada akhir tahun dan mendorong lembur untuk mencapai tujuan tersebut. Menyesuaikan sebagian besar pekerjaan lembur Anda menjelang akhir tahun dapat membantu mencapai keduanya.

Pertahankan produktivitas

Meskipun bekerja overtime berarti banyak waktu yang harus diselesaikan dalam sehari, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda tetap produktif sepanjang shift Anda.

Beristirahatlah secara teratur pada hari-hari Anda berencana untuk bekerja lembur untuk mengistirahatkan mata dan otak Anda sehingga Anda dapat tetap fokus dan mengerjakan tugas.

Baca juga: Payroll Performance: Pengertian Lengkap dan Metrik untuk Mengukurnya

Pastikan Anda mendapatkan work life balance

Mendapatkan penghasilan tambahan memang bagus, tetapi penting juga untuk memastikan Anda menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda.

Cobalah untuk bekerja overtime hanya dua atau tiga hari dalam seminggu dan gunakan sisa hari untuk bersantai, menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga atau fokus pada hobi Anda.

Ini membantu otak Anda merasa segar, berenergi dan siap untuk kembali ke jadwal kerja reguler dan lembur Anda.

Minta pengakuan

Jika salah satu tujuan utama Anda bekerja lembur adalah untuk menerima promosi atau kenaikan gaji dari manajer Anda, penting untuk memastikan bahwa mereka memberi Anda pengakuan.

Ini membantu Anda merasa yakin bahwa manajer Anda menyadari upaya tambahan yang Anda lakukan untuk peran Anda. Jika Anda merasa sulit untuk mempertahankan jam overtime dan tidak melihat pengakuan yang Anda inginkan, pertimbangkan untuk kembali ke jam reguler.

Baca juga: Cara Menghitung Pesangon Sesuai Undang Undang Terbaru

Kesimpulan

Diatas adalah pembahasan overtime secara lengkap dan mendalam beserta contoh penghitungan upah overtime menurut undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Jika Anda pemilik bisnis yang memiliki banyak karyawan dan kantor Anda memiliki kebijakan overtime, tentu menghitung upah lembur karyawan merupakan hal yang memakan waktu jika dilakukan dengan manual.

Untuk proses penghitungan overtime karyawan otomatis, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR Gajihub yang memiliki fitur terlengkap untuk penghitungan payroll dan upah overtime yang langsung terintegrasi dengan sistem absensi karyawan.

Dengan begitu, sistem Gajihub akan bekerja secara otomatis dalam penghitungan upah lembur dan menjumlahkannya dalam sistem payroll lengkap beserta potongan karyawan baik dari itu BPJS TK, pajak penghasilan dan atau potongan lainnya secara praktis.

Kini Anda sebagai pemilik bisnis bisa dengan mudah mematuhi peraturan kerja lembur terbaru, sekaligus memberikan tingkat kepuasan karyawan yang lebih baik dengan proses payroll dan HR yang terotomasi, praktis dan memudahkan.

Tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

 

3 thoughts on “Overtime Adalah: Berikut Pengertian Lengkap dan Cara Penghitungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *