Apa itu SMART Goals dan Bagaimana Penerapannya dalam Proses HR

SMART goals 1

Manajer HR dapat menggunakan tujuan spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan tepat waktu atau specific, measurable, achievable, realistic dan timely atau biasa disingkat dengan SMART goals untuk merampingkan proses bisnis organisasi.

Dengan menerapkan tujuan dalam proses kerja mereka dan untuk karyawan mereka, mereka dapat membantu organisasi berjalan secara efisien dan efektif.

Manajer SDM yang ingin meningkatkan tujuan bisnis dapat memperoleh manfaat dari mempelajari cara menerapkan SMART Goals dalam proses kerja sehari-hari mereka.

Pada artikel ini, kami mendefinisikan SMART Goals dan memberikan daftar 15 contoh tujuan cerdas yang dapat digunakan manajer SDM untuk memperkuat kinerja perusahaan.

Apa itu SMART Goals?

SMART Goals adalah teknik penetapan tujuan populer yang menguraikan strategi untuk mencapai tujuan apa pun. Langkah-langkah proses didefinisikan dalam akronimnya untuk mengingat kembali mnemonic.

Berikut adalah detail yang dapat Anda sertakan dalam setiap langkah proses dalam membua SMART Goals:

  • Spesifik: Buat tujuan spesifik dengan mengidentifikasi apa yang ingin Anda capai. Langkah awal ini dapat mencakup hasil yang Anda inginkan. Tujuan spesifik menjawab pertanyaan seperti: Apa yang perlu dicapai? Siapa yang bertanggung jawab untuk itu? Langkah apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya?
  • Measurable: Identifikasi tujuan dari tujuan dan bagaimana Anda dapat mencapainya. Tujuan mungkin dapat diukur atau diukur.
  • Achievable: Setiap tujuan karyawan dapat menggunakan variabel yang berbeda untuk dicapai, termasuk kemampuan, sumber daya dan dukungan yang mungkin diperlukan. Tujuan bisa berada di luar wilayah karyawan, tetapi masih dapat dicapai.
  • Relevan: Sasaran yang ditetapkan mungkin berlaku untuk objek dan misi organisasi. Mereka juga dapat melamar posisi karyawan.
  • Time-bound: Mencapai tujuan harus peka terhadap waktu. Mempekerjakan manajer dapat menetapkan tujuan kecil atau tujuan besar yang terpisah dengan pencapaian per langkah atau berdasarkan tanggal.

Baca juga: Ketahui Prosedur PHK Karyawan Berdasarkan Aturan yang Berlaku

Bagaimana SMART Goals dapat Berguna dalam Proses HR?

Manajer SDM dapat menggunakan  proses penentuan tujuan yang SMART untuk menyelesaikan berbagai objek bisnis, termasuk kinerja karyawan, pengembangan pribadi, dan manajemen proyek.

Manajer SDM dapat meningkatkan kinerja anggota tim mereka dengan membantu mereka menetapkan tujuan ini, yang lebih dapat dikelola dan dicapai secara pribadi.

Anggota tim dapat menjadi bagian dari penetapan tujuan yang dapat mereka ukur dan capai namun tetap mengembangkan pertumbuhan mereka. Sasaran ini dapat spesifik untuk tugas dan kinerja pekerjaan dan terkait dengan tanggal peninjauan kinerja.

Mempekerjakan manajer dapat menggunakan penentuan tujuan SMART sebelum, selama dan setelah pelatihan dan perekrutan karyawan.

Baca juga: Aplikasi Cuti Online: Pengertian Lengkap dan Manfaat Menggunakannya

SMART goals 2

15 Contoh SMART Goals dalam Proses Pengeolaan HR

Berikut adalah 15 penentuan tujuan SMART yang dapat digunakan manajer SDM saat membuat tujuan bisnis untuk staf perusahaan mereka:

1. Memperkuat feedback karyawan

Manajer sumber daya manusia dapat menggunakan SMART Goals untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan inspiratif bagi tim mereka.

Ini membantu setiap karyawan untuk mendengar penegasan tentang kontribusi dan nilai mereka bagi suatu organisasi. Umpan balik yang spesifik dan positif ini dapat meningkatkan kepuasan di tempat kerja, yang dapat membantu meningkatkan tingkat produktivitas.

Dengan menggunakan umpan balik yang konstruktif, Anda juga dapat menetapkan tujuan baru yang dapat diukur, dapat dicapai, dan relevan. Anda dapat memberikan umpan balik ini dalam interval bulanan atau triwulanan.

2. Memeperbaiki budaya perusahaan

Dengan menerapkan tujuan spesifik dan terukur untuk karyawan Anda, Anda dapat membantu meningkatkan budaya perusahaan.

Beberapa tujuan mungkin termasuk memupuk hubungan kerja, mempromosikan suasana tim atau menghargai kontribusi yang berharga. Setiap tujuan mungkin dapat dicapai dan relevan.

Untuk membantu meningkatkan budaya perusahaan, interval waktu dapat diterapkan untuk memastikan proses diselesaikan secara efisien dan efektif. Anda mendapatkan hasil dengan memberikan survei berkala kepada karyawan Anda.

3. Membangun keunggulan dalam proses berorganisasi

Anda dapat mencapai keunggulan organisasi dengan mempertahankan kepuasan karyawan dan memenuhi anggaran. Manajer SDM dapat menetapkan tujuan perekrutan yang spesifik dan terukur.

Masing-masing mungkin dapat dicapai dan relevan untuk memenuhi tingkat retensi karyawan baru perusahaan. Tenggat waktu perekrutan yang ditetapkan mungkin dapat dicapai untuk diselesaikan tepat waktu.

Baca juga: Aplikasi Cuti Online: Pengertian Lengkap dan Manfaat Menggunakannya

4. Meningkatkan kinerja staf

Dengan sering mengelola kinerja staf dan menetapkan tujuan SMART jangka pendek, manajer SDM dapat membantu memastikan karyawan menahan diri dari penundaan atau gangguan di tempat kerja.

Dengan menetapkan tujuan yang relevan dan dapat dicapai bagi karyawan, manajer dapat memastikan pekerjaan selesai tepat waktu dan mencapai tenggat waktu.

5. Tingkatkan retensi staf

Memiliki tujuan retensi karyawan dapat membantu menghemat waktu dan uang perusahaan. Untuk mempertahankan staf, manajer SDM perlu menetapkan tujuan yang spesifik dan terukur agar karyawan tidak ingin meninggalkan perusahaan.

Dengan tujuan yang dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu, manajer SDM dapat membantu menghemat biaya yang terkait dengan perekrutan karyawan baru. Memiliki tujuan SMART dapat membantu meningkatkan tingkat retensi tahunan.

SMART Goals: Mempertahankan karyawan terbaik dan mengurangi biaya perekrutan kami dengan meningkatkan tingkat retensi tahunan kami selama tahun depan dari 70% menjadi 80%.

  • Spesifik: Tingkatkan tingkat retensi tahunan kami
  • Measurable: Dari 70% menjadi 80% (peningkatan 10 poin)
  • Achievable: Akan memerlukan perekrutan anggota tim SDM tambahan untuk mengubah proses perekrutan, melakukan survei tentang alasan karyawan keluar, dan menyesuaikan manfaat dan budaya
  • Relevan: Pertahankan karyawan top dan kurangi biaya perekrutan
  • Terikat waktu: Di tahun depan

6. Meningkatkan kolaborasi tim

Menerapkan SMART Goals antara manajer organisasi dan tim mereka dapat membantu menciptakan kolaborasi di dalam perusahaan.

Manajer SDM dapat membantu manajer departemen berkomunikasi dengan tim mereka secara teratur, yang dapat membantu membuat percakapan yang sulit menjadi lebih mudah dan dapat membantu menghilangkan hal negatif atau kekhawatiran antara anggota tim dan manajer mereka.

SMART Goal: Dalam 180 hari ke depan, HR akan meningkatkan employee engagement 20 poin menjadi 65% dengan menambahkan manfaat perusahaan dan meningkatkan pengakuan karyawan untuk mencapai produktivitas karyawan yang lebih tinggi.

  • Achievable: Tingkatkan keterlibatan karyawan melalui manfaat tambahan tunjangan karyawan
  • Measurable: Targetkan keterlibatan 65%, naik dari 45%
  • Achievable: Akan memerlukan perekrutan satu anggota tim SDM tambahan atau konsultan keterlibatan karyawan untuk menentukan alasan rendahnya keterlibatan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan, termasuk menambah dan meningkatkan manfaat selama periode pendaftaran terbuka berikutnya
  • Relevan: Mencapai produktivitas karyawan yang lebih tinggi
  • Terikat waktu: Dalam 180 hari ke depan

gajihub 2

Baca juga: 10 Keuntungan Menggunakan Sistem Absensi Online Bagi Bisnis

7. Meningkatkan pengalaman karyawan

Manajer SDM dapat menerapkan tujuan spesifik dan terukur untuk meningkatkan pengalaman karyawan dengan pengakuan dan penghargaan.

Pengalaman karyawan yang lebih baik dapat membantu meningkatkan produktivitas. Pertimbangkan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan dengan ulasan kinerja yang sangat baik dan menawarkan insentif kinerja.

8. Mengembangkan program pelatihan

Sumber daya manusia dapat membuat program pelatihan yang efektif bagi karyawan untuk membantu mereka berhasil.

Menetapkan tujuan yang spesifik dan terukur untuk karyawan dapat membantu staf mencapai tujuan pelatihan mereka tepat waktu.

Kursus orientasi dapat membantu staf baru mempelajari kebijakan dan prosedur perusahaan. Pelatihan kerja berkelanjutan dapat memungkinkan staf saat ini untuk maju dalam keterampilan yang relevan atau mempelajari pelatihan silang yang berlaku.

9. Meningkatkan perolehan bakat

Manajer SDM dapat menetapkan sasaran perekrutan baru yang spesifik dan terukur untuk membantu meningkatkan tingkat perekrutan baru.

Dengan tujuan dan tenggat waktu perekrutan, manajer perekrutan dapat membantu memaksimalkan efektivitas perekrutan. Dengan mengiklankan posisi dengan benar, HR dapat mencapai tingkat aplikasi kandidat yang relevan yang mengurangi tarif biaya untuk menyewa dan meningkatkan peluang untuk mempekerjakan kandidat yang sangat berkualitas.

Baca juga: Angkatan Kerja: Pengertian, Jenis dan Bedanya dengan Tenaga Kerja

10. Memberikan motivasi positif

Untuk karyawan baru, penting untuk memastikan karyawan Anda mengetahui bagaimana pelatihan berhubungan dengan pekerjaan baru mereka.

Untuk membantu karyawan baru agar berhasil, jelaskan bagaimana posisi mereka menguntungkan organisasi dan bagaimana pelatihan dapat membantu mereka menjadi lebih sukses. Ini mungkin memberi mereka apresiasi yang lebih besar untuk proses pelatihan.

11. Memperkuat proses peninjauan

Menerapkan proses peninjauan baru dapat membantu organisasi menentukan kebutuhan perusahaan dan tim. Dengan SMART Goals, sumber daya manusia dapat memberikan ulasan karyawan, yang dapat membantu manajer menentukan apakah karyawan mereka memenuhi standar departemen dan perusahaan.

Proses tinjauan standar dapat membantu manajer menetapkan tujuan dan pencapaian bagi karyawan mereka untuk memenuhi tuntutan ini dan meningkatkan kinerja.

12. Meningkatkan pengembangan profesional

Manajer SDM dapat membantu organisasi meningkatkan proses perekrutan dan sumber daya manusia dengan meningkatkan keterampilan mereka.

Ini mungkin termasuk menetapkan tujuan untuk mempelajari teknologi baru atau melanjutkan pendidikan mereka di industri perwakilan.

Mempekerjakan manajer dapat menetapkan SMART Goals pribadi untuk membantu pengembangan rekrutmen dan retensi karyawan.

Baca juga: Contoh Surat Cuti dan Cara Membuatnya dengan Mudah

13. Merampingkan proses manajemen

Departemen sumber daya manusia dapat membantu tim manajemen organisasi memperkuat proses manajemen dengan memberikan pelatihan linier dan metode pembinaan menggunakan penentuan tujuan yang SMART.

Manajer departemen dapat mencapai tujuan yang dapat dicapai dan relevan dalam kerangka waktu yang sama untuk membantu mengelola tim mereka secara lebih efektif.

Hal ini dapat membantu manajer perusahaan menjadi lebih kompeten dan percaya diri saat mengelola departemennya.

14. Menetapkan nilai

Menetapkan nilai dalam tim dan organisasi Anda dapat membantu karyawan menghargai dan menghormati perusahaan. Tim dan perusahaan Anda dapat menetapkan nilai dengan menetapkan tujuan perusahaan tertentu yang relevan bagi semua orang, namun terukur sehingga Anda dapat merayakan kesuksesan.

Tetapkan waktu untuk mencapai tujuan nilai dan rayakan nilai perusahaan atau tim ini. Setiap nilai dapat membantu menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa perusahaan peduli terhadap anggota stafnya.

15. Memeriksa tanggung jawab karyawan

Manajer SDM mungkin bertanggung jawab untuk mengawasi produktivitas karyawan. Dengan menerapkan SMART Goals, Anda dapat membantu karyawan tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu mereka sendiri.

Memegang anggota tim yang bertanggung jawab atas tugas mereka sendiri dapat membantu mencegah kesalahan di tempat kerja dan menjaga proses berjalan secara efektif.

Baca juga: Human Capital Management: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Tips Mengelolanya

Kesimpulan

Menggunakan SMART Goals dalam proses HR memang memiliki banyak manfaat untuk memudahkan dan mengoptimalkan proses dan perencanaan HR dalam bisnis Anda.

Selain perencanaan yang baik, kesuksesan bisnis dalam mengelola proses HR juga bisa dengan menggunakan sistem yang tepat dan modern, salah satunya adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software HR dan payroll buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap dan mudah untuk digunakan.

Dengan menggunakan Gajihub Anda akan mendapatkan solusi terintegrasi dalam proses pengelolaan HR mulai dari payroll, pengelolaan manajemen cuti, absensi, penghitungan pajak dan BPJS, employee self service, solusi akuntansi, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan software Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *