Budaya Hierarki dalam Organisasi: Panduan Untuk Tim HR

budaya hierarki 1

Hierarki telah menjadi struktur masyarakat sepanjang sejarah umat manusia. Hal ini juga berlaku dalam konteks bisnis. Budaya hierarki dalam organisasi mengupayakan kejelasan dan efisiensi melalui struktur yang menyerupai piramida.

Apa yang dimaksud dengan budaya hierarki dalam konteks bisnis, dan bagaimana tim HR dapat mempromosikan elemen-elemennya dalam organisasi?

Baca terus artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam.

Apa yang Dimaksud dengan Budaya Hierarki?

Budaya perusahaan hierarki dicirikan oleh struktur, prosedur yang ditetapkan, dan tingkat otoritas. Karyawan mengetahui posisi mereka dalam rantai komando – siapa yang bertanggung jawab kepada mereka, kepada siapa mereka melapor, dan apa saja peraturannya.

Perusahaan di industri keuangan, kesehatan, dan minyak dan gas sering kali mengikuti budaya hierarkis untuk mengelola risiko, lebih stabil, dan beroperasi dengan lebih efisien.

hierarki adalah salah satu dari empat jenis budaya organisasi yang didefinisikan dalam competing values framework. Kerangka kerja ini menetapkan tipe-tipe budaya ini:

  • Budaya Adhokrasi – Menciptakan/Melakukan sesuatu terlebih dahulu
  • Budaya klan – Berkolaborasi/Melakukan sesuatu bersama-sama
  • Budaya hierarki – Kontrol/Lakukan sesuatu dengan benar
  • Budaya pasar – Bersaing/Melakukan sesuatu dengan cepat

Umumnya sebagian besar organisasi memiliki lebih dari satu jenis budaya, namun biasanya, ada satu budaya yang dominan dalam perusahaan.

Anda perlu memilih dan membangun jenis struktur organisasi yang sesuai dengan bisnis dan tujuan Anda.

Meskipun transformasi budaya merupakan proses perubahan yang menantang, namun pada akhirnya akan meningkatkan kinerja organisasi dan profitabilitas perusahaan Anda.

Baca juga: Analisis Rekrutmen: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya

gajihub 1

Karakteristik Utama dari Budaya Hierarki

Struktur formal dengan tingkat otoritas yang jelas dan kontrol dari atas ke bawah

Desain organisasi hierarkis dimulai dari CEO di bagian atas, kemudian manajemen menengah, lalu pemimpin tim yang mengarahkan anggota tim.

Manajemen tingkat atas menentukan semua keputusan bisnis. Dari manajemen menengah hingga staf tingkat pemula, setiap orang harus menjalankan tanggung jawab yang membantu memenuhi keputusan tersebut.

Dengan menerapkan pendekatan yang mengukur kinerja karyawan berdasarkan status pekerjaan dan hierarki ini, para pemimpin merasa bahwa anggota staf yang lebih berpengalaman dapat dipercaya dan lebih mungkin membuat keputusan yang tepat.

Baca juga: 9 Tahap dalam Membuat Benefit Strategy yang Baik

Proses yang mapan yang memungkinkan kelancaran fungsi

Peran manajemen lebih jelas, sehingga membantu karyawan memahami berbagai tingkat kepemimpinan.

Desain hierarkis cocok untuk bisnis besar. Rantai komando yang terdefinisi dengan baik dapat membantu menghindari kebingungan dan menghasilkan lebih banyak koordinasi.

Aturan, kebijakan, dan peran yang jelas yang mengatur pekerjaan karyawan

Aturan diterapkan secara ketat sehingga karyawan memahami tanggung jawab mereka dan bertanggung jawab atas tindakan mereka di tingkat manajemen yang berbeda.

Perusahaan dengan budaya hierarkis berpegang teguh pada tradisi dan aturan untuk menghindari risiko, mencegah kesalahan, dan mengelola kegagalan.

Biasanya, perusahaan di industri berisiko tinggi, seperti minyak dan gas, perawatan kesehatan, dan lembaga pemerintah, mendapat manfaat dari jenis budaya perusahaan ini.

Kepatuhan terhadap praktik terbaik dan proses bisnis sangat penting bagi kesuksesan dan produktivitas perusahaan.

Stabilitas: Arah, tujuan, dan ekspektasi yang jelas dari pihak berwenang

Dalam organisasi hierarkis, stabilitas dan kontrol sangat penting. Misalnya, manajer menginstruksikan karyawan tentang tugas harian mereka dan menetapkan ekspektasi yang jelas.

Nilai-nilai organisasi dipatuhi secara konsisten, menetapkan kode etik dan menetapkan ekspektasi untuk setiap karyawan.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Non-Discrimination Policy

Contoh-contoh Budaya Hierarki

Militer

Di militer, hierarki dan rantai komando terlihat jelas. Orang-orang bekerja dalam pangkat tertentu, dan setiap posisi melapor ke posisi di atasnya. Peran dan peluang promosi didefinisikan dengan jelas.

Lembaga keuangan besar

Seperti halnya militer, lembaga keuangan seperti bank investasi beroperasi dalam hierarki yang ketat dan kaku. Setiap pangkat sangat penting dan memiliki tanggung jawab masing-masing.

Menurut Andrew Guttmann, penulis “How to Be an Investment Banker: Recruiting, Interviewing, and Landing the Job, pangkat di bank adalah status sosial yang berbeda antara jabatan.

Dalam hierarki perbankan investasi di Indonesia, misalnya, entry-level adalah posisi analis, diikuti oleh associate, VP, VP senior, dan akhirnya Managing Director sebagai posisi tertinggi.

Sistem politik

Sistem politik memastikan setiap orang memahami posisi mereka sehingga mereka dapat menjalankan tugas mereka.

Namun, birokrasi dan birokrasi mempersulit pengambilan keputusan, yang dapat mengakibatkan penundaan tindakan.

Baca juga: 12 Jenis Budaya Organisasi dan Peran HR dalam Membentuknya

Keuntungan dari Budaya Hierarki

Lingkungan kerja yang stabil Banyak orang bekerja dengan baik di lingkungan di mana mereka tahu persis apa yang diharapkan dan apa yang harus dilakukan.

Orang yang berkembang dengan rutinitas akan menganggap pekerjaan yang berwibawa itu menarik. Mereka tahu kapan mereka harus masuk kerja, mengerjakan tugas mereka, pulang, dan selesai. Mereka juga menghargai keamanan karena mereka tahu apa yang diharapkan dari mereka.

Rantai komando yang jelas Pengambilan keputusan menjadi lancar karena orang-orang tahu siapa yang bertanggung jawab atas apa dan memutuskan apa yang harus dilakukan.

Karena rantai komando ditekankan, karyawan tahu di mana posisi mereka, siapa yang melapor, dan siapa yang melapor kepada mereka.

Memiliki kejelasan akan tanggung jawab seseorang akan menghasilkan kepuasan kerja ketika karyawan merasa memiliki rasa kepemilikan atas karier mereka. Hal ini juga membuat proses kerja menjadi lebih efisien, yang sangat berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis.

Jalur karier dan promosi yang jelas Dalam budaya hierarki, karyawan secara harfiah dapat “menaiki tangga perusahaan” dan termotivasi untuk membuktikan diri mereka untuk mendapatkan promosi.

Karena kemajuan karier dihargai, karyawan terdorong untuk meningkatkan dan mempelajari keterampilan baru. Mereka mendapatkan pelatihan yang relevan dan menerima lebih banyak tanggung jawab untuk dipromosikan.

Dengan promosi, datanglah peningkatan status dan tunjangan, sebuah motivator yang hebat bagi karyawan

.

Keamanan kerja Memiliki tanggung jawab dan pekerjaan yang jelas, karyawan cenderung tetap setia pada perusahaan tempat mereka bekerja. Mereka merasa aman karena mereka dibayar selama mereka memenuhi tugasnya.

Baca juga: Budaya Kerja: Pengertian Lengkap dan Cara Membangunnya

Keuntungan dari Budaya Hierarki

budaya hierarki 3

Ketidakfleksibelan Dengan budaya dan birokrasi yang kaku, tidak mudah untuk merespons perubahan dengan cepat.

Mungkin ada keterlambatan dalam beradaptasi dengan keputusan pasar yang baru, tren industri, atau kemajuan teknologi. Ini adalah tantangan, terutama selama pandemi, inflasi, dan Pengunduran Diri Besar-besaran.

Pergerakan yang lambat dari manajemen puncak dapat membuat frustasi beberapa karyawan atau bahkan pelanggan. Ketidakfleksibelan ini dapat berdampak negatif pada produktivitas, motivasi, dan kinerja tenaga kerja.

Menciptakan silo-silo organisasi Struktur formal mungkin berkontribusi pada kurangnya kolaborasi di berbagai departemen.

Dalam lingkungan bisnis saat ini, di mana kerja sama tim sangat dihargai, perusahaan hierarkis mungkin akan lebih sedikit meraih prestasi karena mereka bertindak sedikit lebih lambat. Tim bekerja secara mandiri, sehingga kehilangan manfaat dari kerja kolaboratif, seperti keterlibatan dan retensi karyawan yang lebih tinggi.

Persaingan tim juga dapat muncul karena tim bekerja secara individual. Semakin tinggi taruhan untuk setiap promosi, semakin ketat pula persaingannya. Dengan demikian, tujuan departemen dapat mengalahkan visi perusahaan.

Kurangnya inovasi dan pemikiran kelompok Rantai komando yang kaku dapat menurunkan motivasi orang untuk menyampaikan ide mereka dan hanya menyetujui apa pun yang ditawarkan oleh pimpinan.

Budaya perusahaan yang dikontrol secara ketat oleh para petinggi dapat membuat karyawan tingkat pemula enggan untuk menyuarakan ide-ide segar, yang dapat menghambat inovasi. Kurangnya inovasi menyebabkan perusahaan kehilangan daya saing.

Baca juga: 7 Jenis Tes Pre-Employment Assessment dan Toolsnya

Apa yang dapat Dilakukan oleh HR untuk Mempromosikan Elemen Budaya Hierarki?

budaya hierarki 2

Jika dijalankan dengan benar, organisasi dengan proses yang jelas, tingkat otoritas, dan jalur karier bagi karyawan akan menjadi mesin yang diminyaki dengan baik dan siap untuk sukses.

Bagaimana Anda sebagai HR departemen dapat mempromosikan aspek-aspek budaya hierarki dalam bisnis Anda?

1. Bantu karyawan memetakan jalur karier mereka

Karyawan Anda perlu memiliki sesuatu untuk dikerjakan. Kurangnya pertumbuhan karier dan pengembangan profesional adalah salah satu alasan utama mengapa orang meninggalkan perusahaan.

Misalkan Anda menunjukkan kepada karyawan Anda bagaimana mereka dapat berkembang dalam organisasi dan apa yang perlu mereka lakukan untuk mencapainya, seperti program bimbingan dan pelatihan.

Dalam hal ini, Anda meningkatkan peluang untuk mempertahankan mereka sekaligus memastikan masa depan organisasi Anda dengan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan.

2. Membuat dan membagikan bagan organisasi

Memiliki bagan organisasi terbaru yang dapat diakses oleh karyawan akan membantu mereka memahami peran, tanggung jawab, dan rantai komando organisasi. Hal ini akan menghasilkan kolaborasi yang lebih lancar.

Anda juga perlu memastikan bahwa rantai komando dan proses bisnis Anda sudah lengkap, tanpa ada kesenjangan atau ketidakkonsistenan.

Demikian pula, setiap departemen harus memiliki tujuan yang jelas, seperti yang telah ditinjau dan disetujui oleh C-suite.

Baca juga: 10 Skill Teknis yang Wajib di Kuasai oleh Tim HR

3. Memberdayakan para manajer untuk menetapkan ekspektasi

Manajer yang efektif menetapkan ekspektasi sehingga anggota tim mereka tahu apa yang sedang mereka kerjakan.

Manajer harus mengartikulasikan tujuan dan hasilnya, sehingga karyawan memahami apa yang perlu mereka lakukan.

Untuk itu, penting untuk membuat tujuan dan pencapaian bersama untuk melacak kemajuan. Dengan begitu, karyawan Anda menjadi sadar dan bertanggung jawab atas tindakan mereka.

4. Sempurnakan strategi tunjangan Anda

Di perusahaan dengan budaya hierarki, strategi kompensasi dapat diprediksi, konsisten, dan memiliki fokus jangka panjang.

Misalnya, ada perbedaan gaji yang kecil di antara karyawan yang berkinerja baik. Mereka yang memiliki peringkat kinerja yang lebih rendah memiliki kenaikan gaji yang jauh lebih rendah. Dan karyawan bintang mendapatkan promosi atau kenaikan gaji besar-besaran.

Ada aturan dan prinsip yang jelas tentang bagaimana organisasi menghitung dan memberikan kenaikan gaji. Anda bisa membedakan beberapa penghargaan dan kompensasi berdasarkan level karyawan (karyawan, manajer, manajer senior, dll).

Lalu untuk memudahkan Anda dalam mengelola proses pengelolaan tunjangan dan penggajian seluruh karyawan, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

Baca juga: Pengertian Otomatisasi HR, Manfaat, dan Hal yang Anda Dapatkan

Kesimpulan

Budaya hierarki bertujuan untuk menghindari ambiguitas dan menciptakan aturan dan norma berdasarkan struktur untuk mendorong ketertiban, efisiensi, dan konsistensi.

Meskipun jenis struktur ini sering dianggap kaku dan ketinggalan zaman, banyak organisasi mendapatkan manfaat dari pembagian tanggung jawab yang jelas dan proses yang mapan untuk melaksanakan pekerjaan dengan cara yang efisien.

Ketika Anda memahami jenis budaya organisasi yang paling mendukung tujuan bisnis Anda, Anda dapat membuat strategi untuk mengarahkan budaya tersebut.

 

2 thoughts on “Budaya Hierarki dalam Organisasi: Panduan Untuk Tim HR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *