7 Jenis Tes Pre-Employment Assessment dan Toolsnya

Pre-Employment Assessment 1

Lulus pre-employment assessment atau tes pra-kerja akan membawa calon kandidat ke tahap berikutnya dalam proses perekrutan.

Pemberi kerja menggunakan penilaian dan penyaringan pra-kerja untuk mengetahui apakah kandidat cocok untuk lowongan pekerjaan tertentu.

Mempelajari berbagai jenis pre-employment assessment akan membantu Anda sebagai HR mempersiapkan diri untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu pre-employment assessment, mengapa pemberi kerja menggunakannya, dan tujuh jenis pre-employment assessment yang mungkin akan Anda ikuti.

Apa yang Dimaksud dengan Pre-Employment Assessment?

Pre-employment assessment atau tes pra-kerja adalah metode terpusat untuk memperoleh dan mendokumentasikan informasi tentang kandidat selama proses perekrutan.

Ada berbagai macam tes dan penyaringan yang dapat merinci bagaimana calon karyawan dapat melakukan tugas-tugas secara efektif di tempat kerja.

Beberapa perusahaan mungkin memiliki pre-employment assessment sebagai persyaratan sebelum mereka mewawancarai kandidat.

Baca juga: 10 Skill Teknis yang Wajib di Kuasai oleh Tim HR

gajihub 1

Mengapa Pemberi Kerja Menggunakan Pre-Employment Assessment?

Pemberi kerja atau tim rekrutmen dan HR memiliki banyak alasan untuk menggunakan pre-employment assessment, termasuk:

Untuk mempercepat proses perekrutan

Tim rekrutmen dapat menggunakan tes ini untuk mempersempit jumlah pelamar yang akan mereka rekrut, terutama jika mereka memiliki banyak resume yang harus disortir.

Untuk menguji keterampilan pelamar

Pemberi kerja memberikan pre-employment assessment untuk melihat apakah keterampilan calon karyawan sesuai dengan persyaratan dalam deskripsi pekerjaan.

Sebagai contoh, jika pemberi kerja merekrut untuk posisi copywriter, mereka mungkin akan memberikan tes menulis untuk mengetahui apakah kemampuan Anda sesuai dengan ekspektasi mereka.

Pemberi kerja dapat mengurangi tingkat pergantian karyawan di perusahaan mereka jika mereka mempekerjakan seseorang yang lulus tes keterampilan karena tes ini menunjukkan bagaimana pelamar dapat menerapkan pengetahuan mereka.

Untuk meningkatkan kualitas wawancara

Dengan mengumpulkan data yang cukup mengenai pelamar, tim HR atau rekrutmen dapat menggunakan hasil tes untuk mengajukan pertanyaan spesifik yang berkaitan dengan keterampilan dan pengalaman kerja Anda.

Baca juga: Skill Gap Analysis: Pengertian dan Cara Melakukannya

7 Jenis Pre-Employment Assessment

Pre-Employment Assessment 2

Berikut adalah beberapa pre-employment assessment yang bisa Anda persiapkan untuk dilakukan saat mencari kandidat yang sesuai:

1. Tes pengetahuan pekerjaan

Jika Anda merupakan bagian tim rekrutmen, Anda bisa memberikan tes pengetahuan pekerjaan atau job knowledge tests untuk mengidentifikasi pengetahuan pelamar tentang pekerjaan yang ia lamar.

Misalnya, jika calon Anda membutuhkan seorang akuntan manajerial, Anda mungkin harus membuat tes pengetahuan pekerjaan tentang proses akuntansi internal pemberi kerja.

Nantinya kandidat akan diuji pada elemen pekerjaan tertentu untuk membantu menentukan apakah ia dapat menerapkan keahlian yang telah diperoleh dari posisi akuntansi sebelumnya.

Tekankan pada kandidat yang mengikuti tes untuk memahami materi tes dan bacalah pertanyaan dengan seksama untuk meningkatkan peluang mereka untuk lulus.

2. Tes integritas

Tes integritas adalah salah satu tes paling objektif yang dapat diberikan oleh perusahaan, dan tes ini membantu mengukur keandalan pelamar.

Pemberi kerja menyesuaikan pertanyaan-pertanyaan dengan tingkat integritas dan panduan etika yang Anda miliki ketika menghadapi situasi tertentu di tempat kerja.

Integritas calon karyawan dapat membuktikan bahwa mereka cocok dengan budaya perusahaan dan menunjukkan bahwa mereka dapat bekerja sama dengan baik dengan rekan kerja.

Pastikan mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur untuk memberikan gambaran yang akurat kepada tim rekrutmen tentang tipe karyawan yang akan dipekerjakan untuk posisi tersebut.

Beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh pemberi kerja dalam tes integritas antara lain:

  • Apakah Anda memiliki nilai-nilai inti yang sama di dalam dan di luar tempat kerja?
  • Bagaimana Anda akan bertindak jika manajer atau rekan kerja memberi Anda tugas yang melanggar kebijakan perusahaan?
  • Apakah etis mempublikasikan contoh pekerjaan di webiste pribadi Anda?
  • Pernahkah Anda berbohong kepada manajer Anda dalam jabatan sebelumnya?
  • Jika klien meminta Anda melakukan sesuatu yang ilegal, apakah Anda akan melakukannya?

Baca juga: Pengertian Otomatisasi HR, Manfaat, dan Hal yang Anda Dapatkan

3. Tes kemampuan kognitif

Tes kemampuan kognitif mengajukan pertanyaan tentang kapasitas mental kandidat untuk bekerja di suatu posisi.

Jawaban yang mereka berikan akan membantu pemberi kerja memprediksi performa kerja mereka karena tim rekrutmen akan tahu lebih banyak tentang bagaimana calon kandidat menangani kerumitan.

Salah satu tes kemampuan kognitif yang umum adalah General Aptitude Test (GAT), yang menyoroti kemampuan kandidat dalam menggunakan penalaran logis, verbal, dan numerik untuk mengerjakan tugas.

4. Tes kepribadian

Tes kepribadian menunjukkan kepada pemberi kerja apakah kandidat cocok dengan budaya perusahaan dan apakah kepribadian mereka  dapat meningkatkan produktivitas.

Hasil tes dapat membantu pemberi kerja mengevaluasi tingkat keterlibatan calon karyawan dan apakah ia tertarik untuk berkarier jangka panjang di perusahaan tersebut.

Anda bisa meninjau berbagai jenis psikotes kepribadian untuk memahami format dan pertanyaan yang diajukan sehingga kandidat dapat merepresentasikan kepribadian mereka dengan baik kepada tim rekrutmen.

Beberapa tes kepribadian pra-kerja yang dapat Anda ikuti antara lain:

  • Caliper Profile

  • Myers-Briggs Type Indicator

  • SHL Occupational Personality Questionaire

  • Hogan Personality Inventory (HPI)

  • DiSC Behavioral Inventory

Baca juga: Mengetahui Apa itu Yield Ratio dalam Proses Rekrutmen

5. Tes kecerdasan emosional

Tes kecerdasan emosional menganalisis kemampuan membangun hubungan dan pengetahuan calon karyawan tentang emosi.

Memiliki kecerdasan emosional yang tinggi menunjukkan bagaimana karyawan dapat meredakan konflik dan meredakan kecemasan rekan kerja jika mereka frustrasi atau kecewa.

Beberapa tim rekrutmen dan HR dapat menggunakan penilaian Berke untuk meninjau berbagai keterampilan emosional mereka untuk melihat apakah keterampilan tersebut sesuai dengan posisi yang kandidat lamar.

Beberapa keterampilan yang dapat diungkap selama tes kecerdasan emosional untuk calon karyawan meliputi:

Kerja sama tim

Karyawan dengan kemampuan kerja sama tim dapat sukses jika mereka dapat berkolaborasi dengan rekan kerja yang memiliki latar belakang dan kepribadian yang berbeda.

Dengan bekerja sama dengan tim Anda, calon karyawan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mencapai tujuan Anda dan mendapatkan promosi ke posisi yang lebih tinggi.

Kemampuan beradaptasi

Kemampuan beradaptasi menunjukkan bagaimana kandidat dapat berubah untuk memenuhi tuntutan perusahaan saat ini.

Misalnya, jika kandidat melamar sebagai seorang manajer proyek dan klien perlu mengubah tenggat waktu proyek, kandidat perlu memprioritaskan ulang tugas-tugasnya untuk memenuhi ekspektasi mereka.

Empati

Empati adalah cara karyawan memahami perasaan orang lain dalam situasi tertentu. Sifat ini menunjukkan bahwa kandidat berbelas kasih dan bersedia membantu rekan kerja untuk meningkatkan pola pikir dan mencapai tujuan mereka.

6. Tes penilaian keterampilan

Tes penilaian keterampilan memberikan gambaran umum tentang soft skill dan hard skill kandidat karyawan Anda.

Tim rekrutmen menguji keterampilan ini ketika mereka berada di tahap akhir proses perekrutan untuk memahami siapa yang akan mereka rekrut.

Misalnya, jika pemberi kerja ingin mempekerjakan karayawan untuk posisi koordinator hubungan masyarakat, mereka mungkin akan memberikan tes menulis untuk melihat berapa banyak kata yang calon karyawan ketik per menit, apakah ia bisa menulis konten yang layak diberitakan dalam jangka waktu tertentu, dan seberapa baik ia mengoreksi konten Anda sebelum dikirim.

Tes penilaian keterampilan tambahan mungkin mengharuskan calon karyawan untuk menunjukkan kemampuan riset, presentasi, atau kepemimpinan untuk maju dalam proses perekrutan.

Baca juga: Tips Lolos Psikotest dan Manfaatnya untuk Bisnis

7. Tes kemampuan fisik

Tes kemampuan fisik menampilkan kekuatan dan stamina kandidat. Tes ini juga mengungkap apakah calon karyawan mampu melakukan peran yang membutuhkan kerja fisik, seperti pemadam kebakaran atau polisi.

Menguji kompetensi fisik menambah satu langkah lagi dalam proses perekrutan untuk pemberi kerja sehingga mereka mengurangi kemungkinan kecelakaan di tempat kerja selain menemukan kandidat yang memenuhi syarat.

5 Tools yang Akan Membantu Anda dalam Melakukan Pre-Employment Assessment

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan alat pre-employment assessment untuk membandingkan kompetensi penting dari kandidat mereka dan membantu mereka menemukan yang terbaik untuk pekerjaan dan organisasi.

Alat-alat ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari penilaian kepribadian dan keterampilan hingga kecocokan budaya, keterampilan sosial, dan lainnya.

Berikut adalah 5 contoh alatnya:

1. Harver

Pre-Employment Assessment harver

Harver membangun  software penilaian pra-kerja bertenaga AI yang digunakan oleh beberapa merek paling sukses di dunia.

Algoritme AI milik Harver menggunakan data dan ilmu pengetahuan untuk membantu Anda memprediksi kualitas karyawan dengan mengukur bakat, kecocokan budaya, keterampilan lunak, dan kemampuan kandidat untuk sukses sepanjang karier mereka.

Teknologi ini memberikan pengalaman perekrutan yang dapat disesuaikan sepenuhnya dengan beragam jenis penilaian. Tambahkan video, gambar, permainan penilaian situasional, apa saja.

2. Interview Mocha

Pre-Employment Assessment mocha

Interview Mocha adalah solusi pengujian keterampilan online untuk membuat penyaringan pra-rekrutmen menjadi cepat dan mudah bagi pemberi kerja.

Library tes Interview Mocha terdiri dari berbagai penilaian untuk bakat, coding, keterampilan bisnis, keuangan, dan banyak lagi.

Platform perusahaan ini memiliki lebih dari 1000 templat keterampilan yang berbeda yang dapat dikombinasikan dengan pertanyaan Anda sendiri untuk membuat tes yang unik.

Baca juga: Pengertian Employee Spotlight dan Contohnya

3. Vervoe

Pre-Employment Assessment vervoe

Vervoe adalah platform perekrutan cerdas yang mengungkap bakat tersembunyi melalui apa yang disebut Talent Trials yang dirancang oleh para ahli industri terkemuka.

Vervoe mengalihkan fokus dari memutuskan siapa yang akan diwawancarai menjadi memutuskan siapa yang berkinerja baik dalam wawancara itu sendiri, memberikan setiap orang kesempatan untuk melakukannya.

Vervoe memberikan Anda pandangan 360 derajat tentang kandidat Anda dengan pengujian keterampilan dan sikap yang terintegrasi.

4. HackerRank

Pre-Employment Assessment hackerrank

HackerRank merupakan platform perekrutan yang menjadi standar untuk menilai keahlian pengembang atau developer. Platform ini digunakan oleh lebih dari 1000 perusahaan di seluruh dunia dan memungkinkan perekrut teknologi dan manajer perekrutan untuk mengevaluasi bakat secara objektif pada setiap tahap proses perekrutan.

Salah satu hal yang unik dari HackerRank adalah fakta bahwa setiap 8 detik seseorang di seluruh dunia akan menyelesaikan salah satu penilaian di platform ini.

5. HireVue

Pre-Employment Assessment hirevue

HireVue merupakan penyedia software wawancara dan penilaian video, yang membantu perusahaan global mendapatkan keunggulan kompetitif dalam pasar talenta modern.

Software mereka menggabungkan wawancara video dengan ilmu pengetahuan I-O yang prediktif dan tervalidasi serta kecerdasan buatan.

Keahlian HireVue dalam software wawancara video yang dikombinasikan dengan penilaian pra-rekrutmen berbasis game, ilmu pengetahuan I-O, dan kecerdasan buatan.

Baca juga: Tips Memilih Karyawan Fresh Graduate Bagi Bisnis

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai pre-employment assessment beserta jenis dan tools yang bisa Anda pilih untuk mempermudah proses tes pra-kerja seluruh calon karyawan Anda.

Fase pre-employment assessment merupakan fase penting untuk memastikan Anda sebagai tim HR, rekrutmen, atau pemilik bisnis mendapatkan calon karyawan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis.

Lalu setelah itu, Anda juga bisa menggunakan tools HR dan payroll modern untuk memastikan seluruh data karyawan dan proses pengelolaan HR, payroll, sampai absensi karyawan bisa dikelola dengan baik dan praktis. Salah satu software payroll dan HR yang bisa Anda coba adalah Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR online buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang terjangkau.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamnya melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *