Mengetahui Apa itu Yield Ratio dalam Proses Rekrutmen

Anda mungkin pernah mendengar istilah ‘yield ratio,’ yang sering digunakan dalam industri keuangan perusahaan. Namun, yield ratio juga merupakan metrik HR yang dapat meningkatkan proses rekrutmen dan seleksi Anda.

Meskipun merupakan indikator kinerja utama untuk tim HR, banyak yang mengetahui secara jelas apa artinya, bagaimana cara menghitung yield ratio, rumus yield ratio yang tepat, dan bagaimana cara mulai melacaknya di organisasi Anda.

Ini adalah metrik yang wajib digunakan oleh manajer, perekrut, atau tim HR. Artikel ini akan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang yield ratio.

Apa yang Dimaksud dengan Yield Ratio?

Yield ratio adalah metrik perekrutan yang menunjukkan persentase perpindahan kandidat dari satu bagian proses perekrutan ke bagian berikutnya.

Rasio ini mengukur pergerakan di antara setiap tahap (misalnya, dari lamaran hingga panggilan seleksi) dan juga dari awal hingga akhir (jumlah lamaran hingga jumlah karyawan yang diterima).

Contoh bagaimana piramida hasil rekrutmen akan terlihat dalam praktiknya dapat dilihat di bawah ini:

yield ratio 2

Anda mungkin pernah mendengar istilah yield ratio di bidang keuangan. Yield ratio dividen digunakan di bidang keuangan untuk menghitung berapa banyak dividen yang dibayarkan perusahaan setiap tahun dalam kaitannya dengan harga sahamnya.

Yield ratio dalam perekrutan digunakan untuk mengukur sesuatu yang lain, tetapi sama berharganya dan penting bagi organisasi mana pun.

Baca juga: Mengenal Pengertian Compa Ratio dan Cara Mengukurnya

Mengapa Penting Menghitung Yield Ratio?

Ada beberapa alasan mengapa menghitung yield ratio berguna:

Mengukur efektivitas strategi sourcing

Anda dapat menilai apakah strategi sourcing dan rekrutmen Anda memberikan hasil yang diinginkan. Beberapa strategi pencarian termasuk media sosial, papan lowongan kerja, agen eksternal, referensi, dll.

Sebagai contoh, Anda dapat menilai efektivitas papan lowongan kerja tertentu dengan menghitung yield ratio.  Jika lowongan pekerjaan Anda menerima 1.000 CV yang dikirimkan di papan pekerjaan tertentu, dan hanya 2% dari mereka yang dapat melewati tahap penyaringan, ini akan menjadi hasil yang rendah.

Anda tidak menarik banyak kandidat yang berkualitas. Ini bisa menandakan bahwa pasar sedang lemah, atau iklan lowongan yang ditulis tidak efektif. Anda bisa menggunakan rasio ini di semua sumber dan menilai strategi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menentukan hambatan dalam proses rekrutmen Anda

Waktu untuk merekrut mengukur waktu antara saat calon karyawan Anda memasuki pipeline Anda melalui sumber atau aplikasi dan saat mereka menerima tawaran pekerjaan Anda.

Ini adalah titik fokus yang krusial bagi perekrut, karena biaya akan meningkat semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk merekrut seseorang. yield ratio adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi proses rekrutmen, karena dapat menunjukkan dengan tepat kemacetan dalam siklus.

Sebagai contoh, mungkin ada penugasan yang tidak proporsional dan memiliki jumlah kandidat yang lulus rendah. Ini juga dapat mengidentifikasi pewawancara yang memiliki ekspektasi yang tidak realistis.

Atau mungkin saja, proses penyaringan awal Anda mengeliminasi kandidat yang cocok karena filter yang diterapkan.

Baca juga: Hiring Manager: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Wajib Dimiliki

Mengidentifikasi bias dalam proses

Yield ratio membantu mengidentifikasi bias wawancara atau bias bawaan yang mungkin Anda miliki dalam proses rekrutmen.

Sebagai contoh, proses penyaringan Anda mungkin menghasilkan jumlah pelamar pria dan wanita yang sama, namun Anda melihat bahwa hanya tiga pria yang diwawancarai di babak final.

Hal ini dapat mengindikasikan adanya bias gender di suatu tempat dalam proses rekrutmen, yang dapat diidentifikasi oleh metrik ini

Dan semua informasi ini membantu Anda membuat proses rekrutmen lebih efektif dan adil.

Baca juga: Pengertian Employee Spotlight dan Contohnya

gajihub 2

Rumus Menghitung Yield Ratio

Yield ratio adalah perhitungan yang cukup mudah yang dapat dilakukan dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Jumlah kandidat yang dihasilkan dari tahapan / jumlah kandidat yang melewati tahapan = yield ratio.

Jadi, sebagai contoh, tahapan-tahapannya bisa jadi:

  • Proses penyaringan hingga wawancara pertama atau
  • Wawancara kedua hingga tahap akhir
  • Wawancara pertama hingga tahap akhir

Rasio ini tergantung dari tahapan yang ingin Anda hitung yield-nya.

Tentu saja, Anda juga bisa menghitung rasio di seluruh proses rekrutmen – dari lamaran hingga perekrutan. Ini akan memberi Anda indikasi berapa banyak pelamar yang biasanya Anda perlukan untuk melakukan satu perekrutan, seperti yang dilakukan oleh FBI.

Cara Menghitung Yield Ratio

Sekarang mari kita bahas langkah-langkah praktis tentang cara menghitung yield ratio.

Pertama-tama, Anda perlu mengumpulkan data untuk dapat melacak metrik ini, misalnya, jumlah kandidat di setiap tahap proses rekrutmen, atau data demografis.

Kabar baiknya, sistem pelacakan pelamar atau Applicant Tracking System(ATS) Anda dapat membantu Anda mengumpulkan data yang Anda butuhkan.

Rasio dihitung sesederhana yang dinyatakan.

Sebagai contoh, jika 150 orang (110 perempuan dan 40 laki-laki) melamar di papan lowongan kerja, dan 10 orang berhasil lolos ke tahap wawancara, di mana 9 di antaranya adalah laki-laki, maka perhitungan Anda akan terlihat seperti ini:

10 / 150 x 100% = 6.6%

Yield ratio perempuan Anda akan terlihat seperti ini:

1 / 110 x 100% = 0.9%

Itu akan menunjukkan tingkat push-through 0,9% untuk perempuan pada tahap proses rekrutmen ini, yang mana sangat rendah.

Sebagai solusinya, Anda mungkin ingin melihat prosesnya, apakah ada bias yang melekat atau pertanyaan yang mendiskriminasi perempuan secara eksplisit atau implisit.

Contoh lainnya: Jika Anda memiliki 100 kandidat yang menyelesaikan studi kasus, dan 5 dari mereka berhasil lolos ke penilaian kelompok (tahap selanjutnya), perhitungannya adalah

5 / 100 x 100% = 5%

Itu berarti hanya 5% dari kandidat yang berhasil melewati proses tersebut. Ini akan menciptakan bottleneck – yaitu, Anda menugaskan studi kasus kepada terlalu banyak kandidat, dan mayoritas dari mereka tidak memenuhi syarat.

Bisa disimpulkan Anda membuang-buang waktu Anda dan kandidat. Selain itu, Anda tidak akan memiliki cukup kandidat untuk melanjutkan dengan penilaian kelompok, sehingga proses rekrutmen Anda akan terganggu.

Inilah mengapa yield ratio menjadi sangat berharga karena sekarang Anda bisa menyelami lebih dalam masalah ini.

Hasilnya mungkin mengindikasikan bahwa Anda perlu mengubah siapa yang Anda berikan studi kasus dan membuat kriteria seleksi yang lebih ketat.

Anda mungkin memutuskan untuk menugaskan studi kasus tersebut di kemudian hari dalam proses seleksi. Hal ini juga dapat berarti bahwa studi kasus Anda terlalu sulit dan Anda harus mengubahnya.

Pertimbangkan juga tingkat penilaian Anda. Sebagai contoh, jika kandidat harus mendapatkan nilai 80% pada studi kasus, dan hanya lima kandidat yang lolos, Anda mungkin ingin mengubahnya menjadi 60%. Ini akan membuat lebih banyak kandidat yang lolos dan proses rekrutmen yang lebih berkualitas.

Baca juga: Cover Letter: Pengertian, Tujuan, Cara Membuat, dan Contohnya

Berapa Tingkat Yield Ratio yang Baik?

yield ratio 3

Apakah 50% adalah yield ratio yang baik? 5%? Atau 10%?

Tidak ada jawaban langsung. Ini semua didasarkan pada kriteria penargetan dan seleksi Anda, dan pada tahap proses perekrutan yang Anda hitung rasionya.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki yield ratio 25% dari pelamar ke wawancara penyaringan, ini bisa mengindikasikan bahwa kampanye iklan lowongan kerja Anda berjalan dengan baik tetapi juga terlalu luas.

Pada akhirnya, Anda perlu membatasi jumlah orang untuk memilih talenta terbaik. Anda mungkin ingin menyesuaikan filter dan kampanye atau kriteria seleksi Anda agar lebih spesifik dan tertarget.

Dengan melacak metrik ini di berbagai kelompok demografis, Anda memastikan bahwa Anda memitigasi dampak buruk dalam upaya perekrutan.

Praktik terbaik lainnya adalah menghitung yield ratio perekrutan di berbagai departemen Anda (misalnya, hukum, TI, keuangan) dan membuat perbandingan. Lacak juga metrik ini di seluruh tingkat senioritas.

Secara umum, ketika menghitung dan melacak yield ratio di seluruh organisasi Anda, analisis dan interpretasikan hasilnya dengan hati-hati. Ini akan membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih rinci tentang di mana proses rekrutmen dan seleksi Anda perlu disesuaikan.

Misalnya, meskipun yield ratio untuk pekerjaan entry-level mungkin sama untuk wanita dan pria, Anda mungkin menemukan perbedaan untuk posisi yang lebih senior.

Anda juga bisa mengambil langkah lebih jauh dan mengukur yield ratio dari masing-masing perekrut. Bergantung pada hasil dari rasio ini, Anda bisa memfasilitasi berbagi pengetahuan di antara para manajer dan perekrut.

Mereka dapat berbagi praktik dan teknik terbaik yang menghasilkan kandidat berkualitas tinggi.

Anda juga bisa menggunakan tolok ukur industri untuk membandingkan perusahaan Anda. Dalam hal ini, penting untuk mempertimbangkan karakteristik spesifik dari organisasi Anda, yaitu ukurannya dan industri yang Anda geluti, dan karakteristik dari peran yang dimaksud.

Laporan Jobvite menyediakan tolok ukur industri yang bisa Anda gunakan untuk membandingkan proses Anda. Ambil data dengan hati-hati, karena pasar tenaga kerja telah berubah sejak Jobvite mengumpulkan tolok ukur ini.

2016 2017 2018
Click to Apply (%) 7.5% 7.5% 5.6%
Tampilan Halaman Karier untuk Pelamar (%) 8% 13% 18%
Aplikasi per Open Requisition (#) 52 36 29
Aplikasi untuk Interview (%) 15.25% 12.31% 12%
Tawaran Interview (%) 19.78% 28% 28%
Tawaran untuk Perekrutan (%) 83% 90.64% 95%
Top to Bottom Conversion (%) 0.19% 0.41% 0.56%
Rata-rata Waktu Pengisian Jabatan (Hari) 39 38 38

Ini adalah tolok ukur umum, tetapi laporan ini juga mengacu pada industri tertentu termasuk perawatan kesehatan, manufaktur, atau layanan profesional yang dapat Anda lihat.

Baca juga: Pengertian Job Simplification dan Tahapannya

Kesimpulan

Yield ratio adalah metrik yang berharga untuk tim SDM dan perekrutan Anda. Tidak hanya membantu Anda merencanakan aktivitas rekrutmen (dan anggaran) dengan lebih baik, namun juga membuat proses rekrutmen Anda lebih efisien dan efektif serta mengurangi bias.

Kumpulkan data di ATS Anda dan jadikan analisis sebagai proses yang berkesinambungan untuk meningkatkan aktivitas rekrutmen Anda.

Lalu, pastikan juga Anda menggunakan sistem HR untuk manajemen data seluruh karyawan lebih baik. Salah satu sistem HR yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah melakukan penghitungan dan pengelolaan payroll yang terintegrasi dengan data kehadiran karyawan, dan memudahkan seluruh karyawan Anda untuk melakukan pencatatan kehadiran, pengajuan cuti, dan melihat slip gaji hanya melalui smartphone.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *