Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Tips Mengelolanya

manajemen bisnis1

Ketika Anda memiliki peran kepemimpinan, Anda harus dapat memahami bagaimana mengelola praktik bisnis dengan benar. Manajemen bisnis yang baik melibatkan partisipasi aktif dalam semua aspek operasi perusahaan, mulai dari memelihara alat-alat penting perusahaan hingga mendukung anggota staf.

Manajer dan pemimpin harus berusaha untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan mereka sendiri dan menerapkan teknik manajemen bisnis yang membantu bekerja menuju tujuan organisasi.

Pada arrtikel kali ini kami akan manbahasn manajemen bisnis secara lengkap mulai dari pengertian, fungsi, komponen, dan tips menghadirkan manajemen bisnis yang lebih baik dalam perusahaan Anda.

Apa itu Manajemen Bisnis?

Manajemen bisnis adalah tindakan mengelola koordinasi dan organisasi kegiatan dalam bisnis. Ini sering melibatkan perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengendalian sumber daya bisnis untuk memenuhi tujuan organisasi.

Manajemen bisnis diperlukan untuk menjalankan kegiatan organisasi. Memiliki keterampilan kritis seperti komunikasi, delegasi, pemikiran strategis, dan komunikasi membuat organisasi sukses dalam lingkungan yang jenuh di era bisnis global ini.

Sebagai manajer bisnis, berbagai tanggung jawab diberikan untuk mengelola tugas-tugas administrasi. Dari membantu program pemasaran perusahaan hingga melakukan analisis anggaran yang andal hingga menemukan cara perusahaan Anda dapat mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan, manajemen bisnis adalah tentang menjalankan bisnis.

Baca juga: Cara dan Panduan Membuat NPWP Karyawan

Fungsi Manajemen Bisnis

Perencanaan

Ini adalah fungsi dasar manajemen. Ini berkaitan dengan menorehkan tindakan di masa depan & memutuskan terlebih dahulu tindakan yang paling tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Menurut KOONTZ, “Perencanaan adalah memutuskan terlebih dahulu – apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan & bagaimana melakukannya. Ini menjembatani kesenjangan dari tempat kita berada & di mana kita ingin berada”.

Rencana adalah arah tindakan di masa depan. Ini adalah latihan dalam pemecahan masalah & pengambilan keputusan.

Perencanaan adalah penentuan tindakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan demikian, perencanaan adalah pemikiran sistematis tentang cara & sarana untuk pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Perencanaan diperlukan untuk memastikan pemanfaatan yang tepat dari sumber daya manusia & non-manusia. Itu semua meresap, itu adalah aktivitas intelektual dan juga membantu dalam menghindari kebingungan, ketidakpastian, risiko, pemborosan, dll.

Pengorganisasian

Ini adalah proses menyatukan sumber daya fisik, keuangan dan manusia dan mengembangkan hubungan produktif di antara mereka untuk pencapaian tujuan organisasi.

Menurut Henry Fayol, “Untuk mengatur bisnis adalah menyediakan segala sesuatu yang berguna atau fungsinya, yaitu bahan baku, peralatan, modal, dan personel”.

Untuk mengatur bisnis melibatkan menentukan & menyediakan sumber daya manusia dan non-manusia untuk struktur organisasi. Pengorganisasian sebagai sebuah proses melibatkan:

  • Identifikasi kegiatan.
  • Klasifikasi pengelompokan kegiatan.
  • Pembagian tugas.
  • Pendelegasian wewenang dan penciptaan tanggung jawab.
  • Mengkoordinasikan hubungan wewenang dan tanggung jawab.

Baca juga: Overtime Adalah: Berikut Pengertian Lengkap dan Cara Penghitungannya

Kepegawaian

Ini adalah fungsi menjaga struktur organisasi dan menjaganya tetap terjaga. Kepegawaian telah dianggap lebih penting dalam beberapa tahun terakhir karena kemajuan teknologi, peningkatan ukuran bisnis, kompleksitas perilaku manusia, dll.

Tujuan utama penempatan staf adalah untuk menempatkan orang yang tepat pada pekerjaan yang benar yaitu pasak persegi di lubang persegi dan pasak bundar di lubang bundar. Menurut Kootz & O’Donell, “Fungsi manajerial kepegawaian melibatkan pengelolaan struktur organisasi melalui seleksi, penilaian & pengembangan personel yang tepat dan efektif untuk mengisi peran yang dirancang dalam struktur”.

Kepegawaian melibatkan:

  • Manpower Planning (memperkirakan tenaga manusia dalam hal mencari, memilih orang dan memberikan tempat yang tepat).
  • Rekrutmen, Seleksi & Penempatan.
  • Pelatihan.
  • Remunerasi.
  • Penilaian Kinerja.
  • Promosi & Transfer.

Pendelegasian

Ini adalah bagian dari fungsi manajemen bisnis yang menggerakkan metode organisasi untuk bekerja secara efisien untuk pencapaian tujuan organisasi.

Ini dianggap sebagai percikan kehidupan perusahaan yang menggerakkan tindakan orang-orang karena perencanaan, pengorganisasian, dan penempatan staf hanyalah persiapan untuk melakukan pekerjaan.

Pengarahan adalah aspek inert-personil manajemen yang berhubungan langsung dengan mempengaruhi, membimbing, mengawasi, memotivasi bawahan untuk pencapaian tujuan organisasi. Arah memiliki elemen berikut:

  • Pengawasan
  • Motivasi
  • Kepemimpinan
  • Komunikasi

Pengawasan– menyiratkan mengawasi pekerjaan bawahan oleh atasan mereka. Ini adalah tindakan mengawasi & mengarahkan pekerjaan & pekerja.

Motivasi– berarti menginspirasi, merangsang atau mendorong bawahan dengan semangat untuk bekerja. Insentif positif, negatif, moneter, non-moneter dapat digunakan untuk tujuan ini.

Kepemimpinan– dapat didefinisikan sebagai proses dimana manajer membimbing dan mempengaruhi pekerjaan bawahan ke arah yang diinginkan.

Komunikasi– adalah proses menyampaikan informasi, pengalaman, pendapat dll dari satu orang ke orang lain. Ini adalah jembatan pemahaman.

Mengontrol

Ini menyiratkan pengukuran pencapaian terhadap standar dan koreksi penyimpangan jika ada untuk memastikan pencapaian tujuan organisasi.

Tujuan pengendalian adalah untuk memastikan bahwa segala sesuatu terjadi sesuai dengan standar. Sistem kontrol yang efisien membantu memprediksi penyimpangan sebelum benar-benar terjadi.

Menurut Theo Haimann, “Pengendalian dan kontrol adalah proses memeriksa apakah kemajuan yang tepat sedang dibuat menuju tujuan dan sasaran dan bertindak jika perlu, untuk memperbaiki setiap penyimpangan”.

Menurut Koontz & O’Donell “Pengendalian dan kontrol adalah pengukuran & koreksi aktivitas kinerja bawahan untuk memastikan bahwa tujuan dan rencana perusahaan yang diinginkan untuk mendapatkannya tercapai”. Oleh karena itu pengendalian memiliki langkah-langkah sebagai berikut:

  • Penetapan kinerja standar.
  • Pengukuran kinerja yang sebenarnya.
  • Perbandingan kinerja aktual dengan standar dan mencari tahu penyimpangan jika ada.
  • Tindakan perbaikan.

Baca juga: Remote Working: Pengertian dan Tips Perusahaan Mudah Memantaunya

manajemen bisnis 2

Komponen dalam Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis bukanlah industri atau fungsi tunggal. Ini adalah bidang yang luas yang mencakup berbagai bidang. Berikut adalah ikhtisar dari jenis-jenis esensial:

Manajemen keuangan

Manajemen keuangan adalah semua tentang mengawasi sumber daya moneter bisnis. Ini melibatkan perencanaan, pengarahan, dan koordinasi semua proses yang terkait dengan pengelolaan modal keuangan perusahaan.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Singkatnya, manajemen sumber daya manusia mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan perekrutan, pelatihan, dan mempertahankan modal manusia dalam bisnis.

Manajemen operasional

Jenis manajemen bisnis ini sering disebut juga sebagai manajemen produksi. Ini mengacu pada semua operasi yang terlibat dalam menciptakan efisiensi tertinggi dalam sebuah perusahaan. Selain itu, seseorang juga bertanggung jawab untuk mengubah sumber daya mentah menjadi barang dan jasa.

Manajemen teknologi informasi

Manajer TI menjaga teknologi bisnis. Tanggung jawab utama mereka adalah menjalankan dan juga menciptakan infrastruktur teknologi yang selaras dengan tujuan perusahaan.

Manajemen penjualan dan pemasaran

Seringkali, kedua jenis manajemen ini berada di bawah satu atap. Pemasaran terutama mempromosikan barang dan jasa bisnis. Sebagai perbandingan, fungsi penjualan berfokus pada penjualan produk dan layanan. Mereka biasanya digabung di bawah satu departemen, bahkan dalam organisasi yang lebih besar.

Manajemen strategis

Manajemen strategis berfokus pada gambaran besar perusahaan. Ini semua tentang di mana Anda ingin berada dan bagaimana Anda berencana untuk sampai ke sana. Proses tersebut melibatkan perumusan tujuan dan sasaran perusahaan.

Baca juga: Project Management Plan: Pengertian Lengkap dan Cara Membuatnya

Tips Terbaik dalam Mengelola Manajamen Bisnis yang Efektif

Setelah Anda memasuki peran manajemen, mulailah mengoptimalkan praktik bisnis dengan mempertimbangkan tips berikut:

1. Otomatiskan proses dengan alat yang tepat

Sebagai seorang manajer, penting untuk memastikan bahwa Anda menggunakan waktu Anda dengan bijaksana dan berfokus pada masalah tingkat tinggi.

Mengotomatiskan tugas bisnis sebanyak mungkin dengan menggunakan program perangkat lunak bisnis dapat membantu Anda dan karyawan Anda melindungi waktu Anda dan mengelola prioritas Anda dengan lebih baik.

Daripada harus menyelesaikan tugas administratif secara manual, Anda menggunakan sistem perangkat lunak otomatis untuk menyelesaikan tugas yang telah diprogram dengan cepat setiap kali Anda memasukkan informasi baru.

Menerapkan sistem otomatis juga dapat membuat praktik bisnis Anda lebih andal. Karena perangkat lunak bisnis menggunakan fungsi otomatis, Anda tidak perlu khawatir tentang kesalahan ketik atau kesalahan manusia yang terjadi di antara setiap langkah proyek. Beberapa jenis perangkat lunak yang umum untuk otomatisasi bisnis adalah:

Untuk software payroll dan HR, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 2

2. Jadikan teknologi Anda up-to-date

Memiliki teknologi yang up-to-date dapat memudahkan karyawan sebuah bisnis untuk menyelesaikan pekerjaannya dan membuat produk perusahaan lebih mudah diakses oleh pelanggan.

Menggunakan teknologi usang di tempat kerja dapat mempersulit orang untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, terutama jika mereka lebih nyaman dengan bentuk teknologi lainnya.

Misalnya, menggunakan kalender kertas untuk menjadwalkan rapat dapat menyebabkan frustrasi bagi karyawan yang terbiasa menggunakan perangkat lunak penjadwalan online.

Teliti alat teknologi apa yang digunakan anggota tim dan pelanggan Anda, lalu berusaha keras untuk mengintegrasikan teknologi tersebut di tempat kerja.

3. Audit anggaran Anda secara teratur

Aspek penting menjadi seorang manajer adalah memastikan bahwa Anda memiliki cukup dana untuk menyelesaikan semua departemen atau operasi bisnis.

Bahkan jika Anda memiliki anggaran, Anda harus secara aktif mengelolanya untuk mendapatkan hasil terbaik. Tingkatkan manajemen bisnis secara keseluruhan dengan menilai ulang anggaran Anda secara berkala dibandingkan dengan pengeluaran aktual.

Selama audit anggaran Anda, tinjau tanda terima dan rekening perusahaan untuk memverifikasi pengeluaran dan mengidentifikasi kemungkinan sumber pemborosan.

Cari tempat untuk memotong biaya dan tentukan proyek atau inisiatif yang berhasil yang dapat menggunakan dana tambahan. Dengan bersikap proaktif dalam menyesuaikan anggaran, Anda dapat mengoptimalkan efisiensi dan menghemat uang sambil mengenali perubahan kebutuhan keuangan.

Baca juga: Hubungan Industrial: Pengertian, Manfaat, dan Tips Mengelolanya

4. Optimalkan manajemen persediaan Anda

Manajemen persediaan adalah salah satu aspek inti dari operasi bisnis dan logistik. Strategi manajemen inventaris Anda harus mencakup produk konsumen dan perlengkapan tempat kerja seperti peralatan kantor.

Mengoptimalkan inventaris Anda melibatkan mengetahui jumlah persediaan yang tepat untuk dipesan dan kapan harus memesannya.

Untuk menyempurnakan praktik inventaris Anda dengan tepat, tinjau setiap langkah rantai pasokan. Pertimbangkan biaya penyimpanan dan pengiriman untuk menentukan jumlah maksimum inventaris yang dapat Anda miliki untuk mencegah kekurangan produk, peralatan, atau pasokan.

Terapkan sistem yang memungkinkan Anda melacak berapa banyak produk yang Anda miliki pada waktu tertentu dan mengatur peringatan saat tingkat inventaris turun di bawah jumlah tertentu.

5. Berhati-hatilah dengan budaya perusahaan

Budaya perusahaan dapat memiliki dampak yang signifikan pada seberapa baik fungsi bisnis. Sebagai seorang manajer, Anda bertanggung jawab untuk membimbing budaya perusahaan di antara staf Anda.

Berkomunikasi dengan pemimpin perusahaan dan anggota tim untuk mempelajari tentang jenis budaya perusahaan yang ingin Anda bangun.

Tentukan nilai inti yang Anda butuhkan untuk mendukung misi perusahaan, kemudian buat strategi untuk mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam praktik di tempat kerja.

Misalnya, Anda dapat memberikan dukungan terus-menerus kepada karyawan Anda dan mendorong mereka untuk saling mendukung guna menciptakan budaya perusahaan yang tangguh.

Mengembangkan sistem penghargaan untuk mencapai tujuan kinerja utama untuk mempromosikan etos kerja sebagai bagian dari budaya perusahaan.

Saat Anda menerapkan rencana budaya Anda, periksa secara teratur untuk menentukan bagaimana inisiatif budaya perusahaan memengaruhi kinerja.

6. Kumpulkan data untuk ditinjau

Salah satu cara terbaik untuk mengelola bisnis adalah dengan memahaminya. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk setiap aspek bisnis.

Kembangkan berbagai metrik kinerja utama untuk hal-hal seperti kepuasan karyawan, pendapatan, keterlibatan media sosial, dan detail lainnya untuk dilacak.

Gunakan analitik digital, survei, jajak pendapat, dan grup fokus untuk mengumpulkan informasi dari waktu ke waktu, lalu menyimpannya di database perusahaan.

Anda dapat menghemat waktu dan sumber daya pada proyek penelitian skala besar dengan mengumpulkan informasi secara perlahan dari waktu ke waktu.

Bahkan jika Anda tidak segera menganalisis informasi, memiliki database detail yang berguna tentang bisnis dapat memungkinkan Anda untuk menyelesaikan proyek analisis data di masa mendatang.

Baca juga: Manajemen Kinerja: Pengertian, Manfaat, Proses dan Strateginya

7. Bandingkan outsourcing dan operasi internal

Sebagai manajer bisnis, bersikaplah strategis tentang operasi bisnis apa yang Anda selesaikan di rumah dan mana yang Anda alihkan ke perusahaan lain.

Untuk setiap tugas bisnis, bandingkan keuntungan dan kerugian dari outsourcing. Tentukan berapa biaya untuk mengembangkan infrastruktur untuk menyelesaikan pekerjaan di dalam perusahaan, dan buat daftar pengeluaran yang terkait dengan pemeliharaan.

Kemudian, teliti biaya rata-rata untuk membayar perusahaan lain untuk menyelesaikan tugas itu. Pikirkan tentang manfaat jangka pendek dan jangka panjang dari setiap opsi, kurasi praktik bisnis Anda dengan operasi outsourcing yang strategis.

8. Kembangkan materi pelatihan yang jelas

Salah satu cara terbaik untuk mengelola bisnis adalah dengan mengembangkan praktik pelatihan yang konsisten. Memiliki program pelatihan yang baik memberi semua karyawan baru kesempatan untuk menstandardisasi alur kerja mereka.

Materi pelatihan Anda juga dapat berfungsi sebagai sumber referensi setiap kali karyawan memiliki pertanyaan tentang praktik terbaik untuk berbagai situasi tempat kerja.

Buat dokumen dan buku pegangan yang membahas semua informasi yang harus diketahui oleh karyawan baru, lalu tempelkan di lokasi yang mudah diakses di tempat kerja.

Selain materi pelatihan umum, kembangkan materi pelatihan khusus departemen atau posisi sehingga setiap orang yang bekerja di tim langsung yang sama memahami tempat mereka dalam alur kerja perusahaan.

9. Berinvestasi dalam pengembangan profesional

Bagian dari menjadi manajer bisnis yang baik adalah memiliki pola pikir yang berorientasi pada pertumbuhan untuk diri sendiri dan tim Anda.

Memberi tim Anda peluang pengembangan profesional secara teratur dapat membantu Anda memperkuat keahlian karyawan yang ada dan berkontribusi pada budaya perusahaan yang ambisius.

Pengembangan profesional juga memastikan bahwa tim Anda tetap mengetahui tren industri saat ini, pembaruan teknologi, dan harapan profesional yang berubah.

Membangun strategi rencana pengembangan profesional yang baik dapat melibatkan pemberian gaji kepada karyawan untuk melanjutkan pendidikan, membayar anggota tim untuk mengunjungi konferensi industri, menjadwalkan pakar untuk memberikan presentasi di tempat kerja atau merencanakan lokakarya sertifikasi.

10. Belajar dari bisnis lain

Bahkan jika tempat kerja Anda beroperasi dengan sempurna, selalu ada ruang untuk perbaikan. Anda dapat belajar dari bisnis lain dengan mempertimbangkan praktik tempat kerja di perusahaan sebelumnya.

Renungkan apa yang Anda nikmati tentang manajer masa lalu Anda dan apa yang bisa mereka lakukan dengan lebih baik untuk mendukung tujuan organisasi.

Pesaing Anda juga merupakan sumber yang bagus untuk belajar bagaimana membuat operasi bisnis Anda sendiri lebih baik. Jangkau manajer lain dalam industri Anda dan tanyakan tentang taktik manajemen mereka sendiri.

Cari tahu apa yang dilakukan perusahaan lain untuk berkontribusi pada kesuksesan mereka dan pertimbangkan cara untuk menerapkan strategi tersebut di tempat kerja Anda sendiri.

Baca juga: Manajemen Konflik: Pengertian, Gaya, Manfaat, dan Strateginya

Kesimpulan

Mengelola manajemen bisnis yang optimal tidak bisa Anda kerjakan dalam satu malam. Dibutuhkan rencana, penerapan, dan tools yang tepat untuk membuat semua itu berjalan saecara efisien.

Untuk proses HR misalnya, Anda bisa mencoba sistem pengelolaan HR yang modern dengan menggunakan software HR dan payroll dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR yang memiliki fitur terintegrasi sehingga memudahkan proses operasional dalam bisnis Anda.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah melakukan manajemen payroll yang efisien, pengelolaan HR, pencatatan absensi karyawan, penghitungan pajak penghasilan, dan semua proses yang saling terintegrasi dalam satu platform.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub untuk proses manajemen bisnis yang lebih baik secara gratis melalui tautan ini.

2 thoughts on “Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Tips Mengelolanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *