Hubungan Industrial: Pengertian, Manfaat, dan Tips Mengelolanya

hubungan industrial 1

Memahami hubungan industrial penting bagi profesional sumber daya manusia (SDM), karena memungkinkan mereka untuk mengembangkan hubungan kerja yang positif.

Mengetahui bagaimana mengelola hubungan ini secara efektif dapat memberi perusahaan metode yang mendorong produktivitas dan kesuksesan. Jika Anda seorang profesional sumber daya manusia yang ingin memastikan kesuksesan di perusahaan Anda, mungkin akan membantu untuk mempelajari lebih lanjut tentang hubungan industrial.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu hubungan industrial dalam sumber daya manusia, berbagi pentingnya dan menawarkan tujuh langkah yang dapat Anda gunakan untuk mengelola hubungan industrial Anda.

Apa itu Hubungan Industrial dalam Sumber Daya Manusia?

Hubungan industrial dalam SDM mencakup hubungan antara pengusaha dan karyawan. Jenis hubungan ini dapat mencakup interaksi apa pun yang dimiliki perusahaan dan karyawannya satu sama lain, seperti tinjauan kinerja atau pertemuan bisnis.

Biasanya, profesional SDM mendokumentasikan dan memelihara catatan semua aspek hubungan ini jika mereka perlu merujuk atau membagikannya karena alasan apa pun.

Mengapa hubungan industrial itu penting?

Ada banyak alasan mengapa hubungan industrial penting bagi bisnis, antara lain:

Pengembangan karyawan

Hubungan industrial penting untuk pengembangan karyawan karena memberikan mereka sumber daya yang mereka butuhkan untuk berhasil dalam posisi mereka.

Sumber daya ini mungkin termasuk materi pelatihan, dukungan administratif atau pertemuan individu. Menawarkan karyawan kemampuan untuk terus berkembang dalam perusahaan Anda juga dapat membantu meningkatkan tingkat produktivitas karena mereka dapat mencari cara untuk mengembangkan keterampilan atau menjadi sukarelawan untuk tanggung jawab baru.

Tingkat keterlibatan yang lebih tinggi

Perusahaan Anda mungkin mengalami tingkat keterlibatan karyawan yang lebih tinggi setelah menerapkan hubungan industrial yang efektif karena karyawan yang percaya bahwa perusahaan mereka berinvestasi di dalamnya mungkin memiliki lebih banyak motivasi untuk mencapai tujuan.

Ini juga dapat membantu menurunkan tingkat turnover perusahaan Anda karena anggota tim yang terlibat mungkin cenderung tidak mencari pekerjaan di tempat lain.

Tingkat keterlibatan yang lebih tinggi yang berasal dari hubungan industrial yang positif juga bermanfaat untuk meningkatkan output perusahaan, yang memungkinkan perusahaan Anda tumbuh di pasarnya dan akhirnya berkembang.

Baca juga: Surat Peringatan Karyawan: Pembahasan Lengkap dan Contoh yang Bisa Anda Download

Mengurangi konflik tempat kerja

Hubungan yang transparan dan positif antara pengusaha dan karyawan juga penting, karena membantu mengurangi jumlah konflik di tempat kerja yang terjadi. Jika Anda mengomunikasikan kebijakan, aturan, dan nilai dengan jelas, perusahaan Anda mungkin mengalami lebih sedikit miskomunikasi.

Selain itu, jika setiap orang dalam perusahaan bekerja sama dan memelihara komunikasi yang saling menghormati, konflik mungkin akan berkurang jika timbul masalah.

Produksi tanpa gangguan

Manfaat terpenting lainnya dari hubungan industrial adalah menjamin kelangsungan produksi. Ini berarti, pekerjaan berkelanjutan untuk semua dari manajer hingga pekerja. Sumber daya dimanfaatkan sepenuhnya, menghasilkan produksi semaksimal mungkin.

Ada aliran pendapatan yang tidak terputus untuk semua. Kelancaran suatu industri sangat penting bagi beberapa industri lainnya; kepada industri lain apabila produknya merupakan perantara atau input; kepada eksportir jika barang tersebut merupakan barang ekspor; kepada konsumen dan pekerja, jika ini adalah barang konsumsi massal.

Revolusi mental

Tujuan utama hubungan industrial adalah revolusi mental pekerja dan pekerja secara utuh. Kedamaian industri pada akhirnya terletak pada pandangan yang berubah dari keduanya.

Adalah tugas kepemimpinan di jajaran pekerja, karyawan, dan Pemerintah untuk menjalin hubungan baru yang selaras dengan semangat demokrasi sejati.

Keduanya harus menganggap diri mereka sebagai mitra industri dan peran pekerja dalam kemitraan semacam itu harus diakui. Di sisi lain, pekerja harus mengakui otoritas majikan.

Pengurangan pemborosan

Hubungan industrial yang baik dipelihara atas dasar kerjasama dan pengakuan satu sama lain. Ini akan membantu meningkatkan produksi.

gajihub 1

Baca juga: Freelance Adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Contoh Pekerjaannya

Penyebab Hubungan Industrial yang Buruk

Penyebab ekonomi

Upah yang buruk dan kondisi kerja yang buruk adalah alasan utama hubungan yang tidak sehat antara manajemen dan buruh. Potongan upah yang tidak sah, kurangnya tunjangan, tidak adanya peluang promosi, ketidakpuasan dengan evaluasi pekerjaan dan metode penilaian kinerja, skema insentif yang salah adalah penyebab ekonomi lainnya.

Penyebab organisasi

Sistem komunikasi yang salah, pengenceran pengawasan dan komando, tidak diakuinya serikat pekerja, praktik yang tidak adil, pelanggaran perjanjian bersama dan aturan tetap dan undang-undang perburuhan adalah penyebab organisasi dari hubungan yang buruk dalam industri.

Penyebab sosial

Sifat pekerjaan yang tidak menarik adalah penyebab sosial utama. Sistem dan spesialisasi pabrik telah membuat pekerja menjadi bawahan mesin.

Pekerja telah kehilangan rasa bangga dan kepuasan dalam pekerjaannya. Ketegangan dan konflik dalam masyarakat, kurangnya sistem kekeluargaan, tumbuhnya intoleransi juga telah menyebabkan hubungan perusahaan-karyawan yang buruk. Ketidakpuasan dengan pekerjaan dan kehidupan pribadi memuncak menjadi konflik industri

Penyebab psikologis

Kurangnya keamanan kerja, budaya organisasi yang buruk, tidak adanya pengakuan atas prestasi dan kinerja, administrasi yang berwibawa dan hubungan interpersonal yang buruk adalah alasan psikologis untuk hubungan majikan-karyawan yang tidak memuaskan.

Penyebab politik

Sifat politik serikat pekerja, serikat pekerja ganda dan persaingan antar serikat pekerja melemahkan gerakan serikat pekerja. Dengan tidak adanya serikat pekerja yang kuat dan bertanggung jawab, perundingan bersama menjadi tidak efektif. Status serikat pekerja direduksi menjadi komite pemogokan belaka.

Baca juga: Manajemen Kinerja: Pengertian, Manfaat, Proses dan Strateginya

Pengaruh Hubungan Industrial yang Buruk

Hubungan Industrial yang buruk menghasilkan efek buruk pada kehidupan ekonomi negara. Kami dapat menyebutkan dampak buruk dari hubungan industrial yang buruk seperti di bawah ini:

  • Efek domino: Industri modern dan ekonomi modern keduanya saling bergantung. Oleh karena itu, meskipun kerugian langsung yang disebabkan oleh konflik industri di salah satu pabrik mungkin tidak terlalu besar, kerugian total yang disebabkan karena efek penggandanya terhadap ekonomi total selalu sangat besar.
  • Semangat dan motivasi rendah: Hubungan Industrial yang buruk berdampak buruk pada tempo kerja normal sehingga pekerjaan jauh di bawah tingkat optimal. Biaya menumpuk. Ketidakhadiran dan perputaran tenaga kerja meningkat. Disiplin tanaman rusak dan kualitas dan kualitas produksi menurun.
  • Resistensi perubahan: Situasi industri yang dinamis menuntut perubahan lebih atau kurang terus menerus. Metode harus ditingkatkan. Ekonomi harus diperkenalkan. Produk baru harus dirancang, diproduksi, dan dipasarkan. Masing-masing tugas ini melibatkan seluruh rantai perubahan dan ini ditentang habis-habisan jika ini adalah konflik industri.
  • Frustrasi dan biaya sosial: Setiap orang datang ke tempat kerja tidak hanya untuk mencari nafkah. Dia ingin memuaskan kebutuhan sosial dan egoistiknya juga. Ketika dia menemukan kesulitan dalam memuaskan kebutuhan ini dia merasa frustrasi. Hubungan Industrial yang buruk membawa banyak korban dalam hal frustrasi manusia. Mereka mengurangi keramahan dan memperburuk ketegangan sosial.

Baca juga: Manajemen Konflik: Pengertian, Gaya, Manfaat, dan Strateginya

hubungan industrial 2

Bagaimana Cara Mengelola Hubungan Industrial yang Baik?

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana mengelola hubungan industrial di dalam perusahaan Anda, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda rujuk:

1. Temui semua anggota tim secara rutin

Bertemu dengan semua anggota tim dalam perusahaan Anda adalah penting jika Anda bekerja dalam peran SDM karena akan lebih mudah untuk mengelola hubungan internal ketika Anda mengenal karyawan secara pribadi.

Misalnya, setelah bertemu dan menjadi akrab dengan rekan kerja Anda, Anda mungkin lebih memahami bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan mereka jika muncul kekhawatiran.

Salah satu strategi yang dapat Anda terapkan untuk membantu Anda membiasakan diri dengan karyawan internal perusahaan Anda adalah mengadakan pertemuan individu dengan mereka ketika mereka pertama kali memulai posisi mereka.

Selama percakapan ini, Anda dapat memberi mereka informasi latar belakang tentang perusahaan atau tim mereka dan mengizinkan mereka mengajukan pertanyaan apa pun kepada Anda.

Ini juga dapat membantu mereka mengidentifikasi Anda sebagai seseorang yang dapat mereka hubungi jika mereka memiliki kekhawatiran mengenai posisi mereka atau perusahaan.

2. Promosikan komunikasi yang konstan

Mempromosikan komunikasi yang konstan antara anggota tim internal dan SDM memastikan bahwa karyawan memiliki sumber daya yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif.

Secara khusus, ini dapat memberi mereka kemampuan untuk mengajukan pertanyaan teknis tentang kebijakan dan aturan perusahaan.

Misalnya, seorang karyawan mungkin memiliki pertanyaan tentang kebijakan cuti berbayar perusahaan. Dalam skenario ini, karyawan dapat menggunakan saluran komunikasi yang Anda berikan untuk mengajukan pertanyaan kepada Anda.

Komunikasi terbuka bermanfaat karena dapat memberdayakan karyawan untuk mengajukan pertanyaan kapan pun mereka muncul, tanpa harus menjadwalkan pertemuan formal.

Terkadang, jenis komunikasi konstan ini dapat terjadi melalui email atau alat komunikasi digital. Jika Anda tertarik menggunakan teknologi untuk pesan instan, pertimbangkan untuk meneliti berbagai opsi dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

3. Mendorong umpan balik

Mendorong umpan balik dari anggota tim internal memberi karyawan kesempatan untuk secara terbuka berbagi pemikiran dan pengalaman mereka.

Ini mungkin memerlukan meminta karyawan untuk mengirimkan umpan balik mingguan, bulanan atau triwulanan tentang perusahaan dan pengalaman kerja mereka.

Misalnya, Anda dapat bertanya kepada karyawan apakah mereka merasa didukung dalam posisi mereka atau apakah mereka merasa tugas mereka jelas.

Langkah-langkah ini dapat membantu perusahaan Anda memahami di mana ia menyediakan tim dengan dukungan yang efektif dan area yang mungkin memerlukan penyesuaian.

Salah satu alat yang dapat Anda gunakan untuk mengumpulkan umpan balik adalah survei singkat, yang terkadang dapat Anda kelola melalui sistem teknologi manajemen.

Mengirimnya melalui sistem manajemen memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan pesan umpan balik. Anda juga dapat memutuskan apakah Anda ingin umpan balik yang Anda terima bersifat anonim.

Jika ini adalah sesuatu yang Anda minati, pertimbangkan untuk memeriksa fitur pada sistem manajemen Anda untuk menentukan apakah Anda dapat mengotomatiskan umpan balik yang Anda dorong untuk diberikan oleh karyawan.

Baca juga: Notula Rapat: Pengertian, Tips Menulis, dan Contohnya

4. Tekankan nilai pada karyawan

Memastikan bahwa anggota tim internal perusahaan Anda merasa berharga adalah penting karena mereka mungkin lebih mungkin memberikan umpan balik yang berarti jika mereka tahu perusahaan mereka mendengarkan secara aktif.

Misalnya, jika sebagian besar karyawan mengirimkan umpan balik yang menyoroti kurangnya materi pelatihan yang bermanfaat, mereka mungkin merasa komentar mereka berharga jika perusahaan menyediakan sumber daya ini.

5. Tetapkan batasan

Saat mengelola hubungan industrial, ada baiknya juga menetapkan batasan untuk memastikan ada protokol yang diterapkan untuk menangani situasi tertentu.

Biasanya, protokol ini berfokus pada penanganan situasi yang menantang dan memberikan dasar bagaimana para pemimpin dapat mengelolanya.

Misalnya, perusahaan Anda mungkin menetapkan batas hubungan industrial yang menyatakan bahwa tidak ada karyawan yang boleh menggunakan ujaran kebencian terhadap rekan kerja, yang juga menentukan kriteria perusahaan untuk ujaran kebencian. Batasan juga dapat bertindak sebagai panduan saat bekerja untuk menyelesaikan potensi konflik antar karyawan.

6. Memasukkan nilai-nilai

Nilai-nilai perusahaan bermanfaat untuk dijadikan acuan dalam mengelola hubungan industrial karena dapat membantu Anda menjaga hubungan yang kuat dengan karyawan yang selaras dengan misi perusahaan.

Misalnya, jika salah satu nilai perusahaan Anda adalah kerja tim, Anda dapat memastikan bahwa semua karyawan memiliki sumber daya yang mereka butuhkan untuk berkolaborasi secara efektif.

Nilai-nilai individu perusahaan Anda dapat mempengaruhi bagaimana Anda mengelola hubungan industrial Anda karena tidak setiap perusahaan memiliki misi atau tujuan yang sama.

7. Meningkatkan keterlibatan

Tetap hadir untuk anggota tim internal Anda adalah komponen penting dari manajemen hubungan industrial yang efektif karena memberikan mereka dukungan terus-menerus dan dapat membantu meningkatkan keterlibatan.

Dukungan ini bisa bersifat teknis, seperti menjawab pertanyaan atau menyelesaikan konflik. Anda juga dapat hadir untuk karyawan Anda dengan memberi mereka kesempatan interaktif untuk membiasakan diri satu sama lain.

Misalnya, Anda dapat menyelenggarakan aktivitas perusahaan seperti acara musiman, trivia, atau kompetisi membangun tim. Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk terlibat satu sama lain juga dapat membantu meningkatkan moral perusahaan.

Baca juga: Revolusi Industri: Pengertian, Sejarah, dan Dampaknya di Berbagai Bidang

Kesimpulan

Mengetahui tentang apa itu hubungan industrial adalah hal penting untuk menjaga budaya kerja yang baik. Hubungan ini bukan hanya tanggung jawab bagian SDM, tapi juga seluruh anggota organisasi dalam bisnis tersebut.

Jika Anda adalah pemilik bisnis atau tim yang menangani manajemen SDM, tentu Anda sering merasakan kesulitan dalam mengelola data karyawan dan mengoptimalkan urusan HR dengan cara yang manual.

Untuk solusi terbaik urusan HR dan pengelolaan payroll dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR Gajihub.

Gajihub merupakan softwaer payroll dan HR yang memiliki fitur terlengkap dan harga terjengkau. Anda bisa dengan mudah membuat pengelolaan absensi, penggajian, HRIS, sampai penghitungan pajak penghasilan dalam satu platform.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

2 thoughts on “Hubungan Industrial: Pengertian, Manfaat, dan Tips Mengelolanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *