LinkedIn Learning: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Kursusnya

linkedin learning

LinkedIn Learning adalah anak perusahaan LinkedIn di mana Anda dapat membekali diri Anda dengan keterampilan yang dibutuhkan dan meningkatkan perjalanan karir profesional Anda. Ini adalah platform yang sangat baik untuk kursus online karena menawarkan banyak sekali konten berharga bagi siapa saja yang ingin mempelajari keterampilan baru atau memperluas basis pengetahuan mereka.

Platform e-learning yang hebat ini tidak mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa tahun pertama perkembangannya. Namun, hal itu berubah pada tahun 2020 dengan munculnya COVID-19 ketika semakin banyak orang yang bekerja dari rumah dan mencari pendidikan serta pelatihan online yang spesifik untuk industri tertentu.

LinkedIn Learning adalah pililihan terbaik bagi Anda yang ingin mengembangkan diri sehingga bisa mendapatkan pekerjaan impian Anda. Di sini Anda juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih dekat platform LinkedIn sehingga bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan di LinkedIn.

Lalu bagaimana cara mendaftar LinkedIn Learning ini dan apa saja fitur yang dimilikinya? Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai LinkedIn Learning

Baik Anda ingin mengubah karier atau sekadar ingin meningkatkan keahlian, LinkedIn Learning layak untuk dicoba! Baca selengkapnya hanya di bawah ini:

Apa itu LinkedIn Learning?

linkedin learning

Sebelumnya dikenal sebagai Lynda.com, LinkedIn Learning adalah platform pembelajaran berbasis video sesuai permintaan. Platform ini terdiri dari lebih dari 16.000 kursus, yang tersegmentasi dalam video-video pendek dengan tujuan pembelajaran yang spesifik.

Kursus-kursus ini juga dilengkapi dengan latihan soal dan kuis yang dapat diunduh yang dapat Anda pelajari sesuai keinginan Anda.

LinkedIn Learning menawarkan kursus di bawah tiga kategori – bisnis, teknologi, dan kreatif – masing-masing dibagi menjadi subkategori. Jadi, jika kita berbicara tentang bisnis saja, ini terbagi menjadi 15 subkategori, termasuk pelatihan pemasaran online, keterampilan lunak, pengembangan profesional, dan banyak lagi.

Selain kursus dasar, platform ini juga menawarkan program sertifikasi. Ini ditujukan untuk individu yang sedang mempersiapkan ujian sertifikasi profesional atau mereka yang mencari kredit pendidikan berkelanjutan.

Selain individu, pembelajaran LinkedIn juga menyasar perusahaan, perpustakaan, lembaga pemerintah, dan institusi pendidikan. Platform ini melayani siswa dengan menyediakan materi pembelajaran tambahan, meningkatkan keterlibatan karyawan bisnis, dan membantu lulusan menemukan peluang karier yang baik.

Baca Juga: 7 Cara Membuat LinkedIn Profile yang Menarik dan Dilirik HRD

Apa Saja Fitur LinkedIn Learning?

Apa saja yang termasuk dalam langganan pembelajaran LinkedIn? Berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan platform ini:

  • Offline Viewing – Anda dapat dengan mudah mengunduh konten kursus dan mengaksesnya di mana saja tanpa koneksi internet.
  • Akses Perpustakaan Tanpa Batas – Tidak ada batasan jumlah kursus yang dapat Anda ambil. Ini membuka pintu untuk 16.000+ kursus yang diajarkan oleh para profesional di dunia nyata.
  • Uji Coba Gratis – Anda mendapatkan uji coba gratis selama 1 bulan, memungkinkan Anda untuk mengakses 17.000+ kursus dan sumber daya terkait.
  • Sertifikat Penyelesaian – Platform ini menawarkan bukti penyelesaian kursus dalam bentuk sertifikat.
  • Multiple Languages – Untuk mengakomodasi pelajar global, pembelajaran LinkedIn mendukung enam bahasa selain bahasa Inggris – Prancis, Jerman, Spanyol, Jepang, Brasil, dan Portugis.
  • Kuis dan Tes – Setiap mata kuliah dilengkapi dengan sumber daya interaktif yang membantu Anda berlatih dan memperkuat konten pembelajaran.
  • Transkrip – Setiap video kuliah berisi skrip yang ditautkan ke stempel waktu di dalam video. Hal ini memudahkan Anda untuk mengikuti atau mengklik kembali ke bagian yang ingin Anda kunjungi kembali.
  • Learning Path – Fitur ini menyarankan kursus yang berpusat pada keterampilan tertentu atau pilihan karier.
  • Rekomendasi Kursus – Berdasarkan keterampilan atau minat yang Anda miliki, Anda akan mendapatkan rekomendasi kursus yang dipersonalisasi.
  • Bagian Tanya Jawab – Di sinilah Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada instruktur atau mencari solusi untuk masalah yang Anda hadapi.

Baca Juga: 35 Contoh Motto Profesional LinkedIn dan Cara Menulisnya

Berapa Biaya Pembelajaran LinkedIn?

Pembelajaran LinkedIn mendukung dua jenis opsi pembayaran. Anda dapat membayar untuk kursus individu atau mendaftar untuk berlangganan bulanan atau tahunan.

Langganan bulanan: Muncul dengan biaya berlangganan $ 39,99 per bulan

Langganan tahunan: Ini akan dikenakan biaya $239,88 per tahun, dengan biaya $19,99 per bulan.

Satu-satunya perbedaan antara kedua opsi ini adalah Anda akan menghemat 50% dengan berlangganan tahunan. Namun, dengan kedua paket langganan pembelajaran LinkedIn, Anda akan mendapatkan akses ke fitur-fitur lengkap dan uji coba gratis selama 1 bulan.

Di sisi lain, membeli kursus individu akan berkisar antara $20 dan $40, termasuk pajak.

Baca Juga: 11 Tips Mengoptimalkan LinkedIn untuk Peran Data Analyst

Apa Manfaat LinkedIn Learning?

linkedin learning

Dengan menganalisis data real-time untuk mengidentifikasi keterampilan yang Anda butuhkan, LinkedIn Learning menyiapkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi untuk Anda.

LinkedIn menilai profil Anda untuk menentukan keterampilan apa yang telah Anda cantumkan, siapa saja yang ada di jaringan Anda, jenis konten yang Anda sukai, dan peluang apa yang Anda incar.

Selain itu, kursus-kursus di LinkedIn Learning dilengkapi dengan keterampilan yang ditandai. Hal ini memungkinkan Anda untuk membagikan keterampilan tersebut di profil LinkedIn Anda setelah Anda mendapatkannya.

Selain itu, ketika Anda mencari keterampilan tertentu, algoritmanya akan mencocokkan dengan yang ada di perpustakaan kursus untuk memberikan saran yang sesuai.

Faktor lain yang membedakan pembelajaran di LinkedIn adalah bagaimana platform ini terus berkembang. Platform ini merilis 50 kursus baru setiap minggu dan memastikan kursus-kursus tersebut relevan, diminati, dan menarik.

Selain itu, kursus-kursus tersebut disiapkan oleh para pakar industri yang menyiapkan konten berdasarkan kesenjangan pasar dan kepraktisan.

Yang terpenting, pembelajaran di LinkedIn membantu Anda mengembangkan jaringan. Caranya? Anda dapat melakukannya dengan membiarkan Anda menjadi bagian dari kelompok belajar untuk mendiskusikan topik umum dan berbagi pengetahuan dan ide.

Selain manfaat tersebut, ada manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari LinkedIn Learning:

  • Memperluas pengetahuan Anda di bidang Anda atau bidang baru yang sebelumnya tidak Anda ketahui.
  • Mempermudah Anda dalam mempelajari manajemen bisnis. Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis atau mempelajari bidang manajemen bisnis.
  • Menemukan cara unik memperkenalkan karya dan portofolio Anda. Portofolio akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian Anda, LinkedIn Learning akan membantu Anda menemukan cara cepat memperkenalkan kemampuan dan portofolio Anda.
  • Mendapatkan informasi mengenai pengembangan software terbaru.
  • Membantu Anda tumbuh dan berkembang secara profesional.

Baca Juga: 15 Tips LinkedIn Content Writer untuk Menarik Klien dan Rekruter

Apa Saja Contoh Kursus di LinkedIn Learning?

linkedin learning

Mari kita lihat beberapa kursus yang paling banyak dicari dan memiliki rating tinggi di LinkedIn learning.

1. Tips Keuangan dan Akuntansi oleh Jim dan Kay Stice

Tingkat kesulitan: Pemula hingga Menengah

Jumlah pelajar: 516,889

Keterampilan yang dicakup: Keuangan perusahaan, Akuntansi

Deskripsi kursus: mencakup rincian keuangan dan mengajarkan dasar-dasar neraca, debit dan kredit, siklus operasi perusahaan, dan banyak lagi.

2. Mendengarkan dengan Efektif oleh Tatiana Kolovou dan Branda Bailey-Hughes

Tingkat kesulitan: Pemula

Jumlah peserta didik: 1,188,548

Keterampilan yang dicakup: Mendengarkan secara aktif

Deskripsi kursus: Berfokus pada mengasah kemampuan mendengarkan dan mengatasi hambatan dalam kemampuan mendengarkan efektif Anda.

3. Pengantar Desain Grafis oleh Tony Harmer

Tingkat kesulitan: Pemula

Jumlah peserta didik: 202,970

Keterampilan yang dicakup: Desain grafis

Deskripsi kursus: Melibatkan konsep dan perangkat lunak kreatif tingkat tinggi untuk proyek desain grafis.

4. Pelatihan Esensial Python oleh Bill Weinman

Tingkat kesulitan: Pemula hingga Menengah

Jumlah peserta didik: 534,538

Keterampilan yang dicakup: Python (Bahasa Pemrograman)

Deskripsi kursus: Memberikan pemahaman mendalam tentang Python versi terbaru untuk membantu Anda menguasai skrip. Ini termasuk dasar-dasar sintaks bahasa dan penggunaan serta fitur-fitur canggih seperti objek, generator, dan pengecualian.

Baca Juga: 11 Cara dan Tips LinkedIn Untuk Peran Sales

Bagaimana Mendapatkan Kursus LinkedIn Learning dengan Sertifikasi?

kursus

Sebagian besar kursus dan jalur pembelajaran dilengkapi dengan Sertifikat Kelulusan. Anda dapat memilih kursus pilihan Anda, menyelesaikannya, dan mendapatkan sertifikat kelulusan.

Namun, beberapa kursus, seperti kursus tips mingguan, terdapat update yang cukup sering. Hal ini membuat mereka tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan Sertifikat Kelulusan.

Bagaimana Anda tahu jika suatu kursus akan memberikan sertifikat?

Periksa ikhtisar kursus untuk melihat apakah kursus tersebut sering mendapatkan pembaruan. Jika deskripsi kursus menyatakan bahwa itu adalah kursus seri, maka tidak ada sertifikasi.

Meskipun demikian, sertifikat LinkedIn tidak didukung atau diakui oleh pihak ketiga, dan juga tidak setara dengan gelar atau sertifikasi profesional apa pun. Sebaliknya, sertifikat ini berfungsi sebagai tanda pengakuan atau bukti penyelesaian yang dapat Anda tampilkan di profil LinkedIn atau fitur dalam resume Anda.

Meskipun LinkedIn tidak menawarkan sertifikasi profesional, namun LinkedIn dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk ujian sertifikasi dan mendapatkan kredit pendidikan berkelanjutan (CEU).

Pilih tab Kursus, dan Anda dapat mengklik Program sertifikasi. Ini akan membuka jendela baru di mana Anda akan dapat menemukan daftar 48 sertifikasi profesional yang populer. Dengan memilih sertifikasi yang Anda inginkan, Anda akan disarankan semua jalur pembelajaran dan kursus yang paling sesuai.

gajihub 3

Baca Juga: 13 Tips LinkedIn HR untuk Menarik Rekruter Hingga Bakat Terbaik

Apa Saja Tips untuk Menemukan Kursus Pembelajaran LinkedIn Terbaik?

Dengan satu klik, Anda akan menemukan banyak kursus yang termasuk dalam berbagai kategori. Namun, ketika menjelajahi 17000+ kursus, mungkin tidak mudah untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah 5 cara untuk mempersempit pilihan Anda atau menemukan kursus yang tepat untuk Anda:

1. Pratinjau Kursus

Rasakan nuansa kursus dan lihat apakah Anda dapat mengikuti instruktur dengan melihat pratinjau kursus. Dengan menonton beberapa contoh video, Anda dapat memutuskan apakah mengambil kursus tertentu akan sepadan.

Rekomendasi diberikan berdasarkan keahlian, aktivitas profil, atau mata pelajaran yang Anda minati. Tag seperti Trending sekarang, Belajar dalam 30 menit, Rilis baru membantu Anda memilih kursus yang tepat.

Jika Anda ingin mendapatkan rekomendasi yang dipersonalisasi, Anda dapat menentukan keterampilan yang diminati.

2. Baca Deskripsi Kursus

Setiap kursus berisi deskripsi yang menyoroti isinya, tujuan pembelajaran, dan bagaimana kursus tersebut akan membantu karier Anda. Pastikan untuk memeriksa instruktur kursus, keterampilan yang dicakup, dan tingkat kesulitan saat memilih kursus tertentu.

3. Gunakan Fitur Learning Path

Fitur yang sangat inovatif dan berharga dari platform ini adalah Learning Path. Dengan memanfaatkan fitur ni, Anda dapat memilih kursus yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, dengan memanfaatkan jalur pembelajaran, Anda akan mendapatkan saran untuk serangkaian kursus yang dapat Anda ambil untuk mencapai tujuan yang lebih besar – seperti pengembang web, ahli Photoshop, dan banyak lagi.

4. Jelajahi Pertanyaan dan Jawaban

Setiap kursus berisi bagian Tanya Jawab. Jika Anda tidak yakin apakah kursus tersebut cocok untuk Anda, pertimbangkan untuk mengunjungi tab ini.

Kemungkinan Anda akan menemukan pertanyaan serupa yang sudah ditanyakan dan dijawab. Apa pun itu, ada baiknya Anda mengutarakan pendapat Anda dan mengajukan pertanyaan di sini untuk membantu Anda menemukan kejelasan tentang konten kursus.

Baca Juga: 9 Tips LinkedIn Digital Marketing untuk Tingkatkan Peluang

Bagaimana Cara Membuka Akun LinkedIn Learning?

linkedin learning

Ikuti 4 langkah sederhana ini untuk mendaftar akun pembelajaran LinkedIn:

  1. Buka browser Anda dan kunjungi https://www.linkedin.com/learning/.
  2. Masukkan alamat email dan kata sandi yang sama dengan akun LinkedIn Anda, lalu klik Lanjutkan.
  3. Klik Gabung sekarang jika Anda belum memiliki akun LinkedIn.
  4. Berikan alamat email dan buat kata sandi yang unik, lalu pilih Setuju & Gabung.

Baca Juga: 5 Cara dan Tips LinkedIn Programmer untuk Menarik HRD

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan LinkedIn Learning?

Kelebihan

  • Berbagai macam kursus dengan akses tak terbatas
  • Mudah dinavigasi, ditambah dengan desain yang bersih
  • Semua kursus bersifat mandiri, yang berarti Anda bisa belajar sesuai keinginan Anda
  • Dapat diakses dari desktop, laptop, atau ponsel pintar (menggunakan aplikasi pembelajaran LinkedIn)
  • Memberi Anda uji coba gratis selama 1 bulan untuk membantu mengambil keputusan
  • Mengakomodasi audiens dari wilayah yang tidak berbahasa Inggris dengan menawarkan kursus dalam berbagai bahasa
  • Menawarkan kursus yang dipersonalisasi dan memberikan rekomendasi yang tepat
  • Menyediakan dukungan kuat dalam bentuk Pusat Bantuan serta bagian Tanya Jawab dengan setiap kursus

Kekurangan

  • Sertifikat kelulusan tidak diakreditasi oleh lembaga eksternal mana pun
  • Tidak ada kursus gratis setelah masa uji coba
  • Tidak menawarkan pengembalian dana untuk langganan kursus
  • Akankah LinkedIn Learning Membantu Karier Saya?
  • Jika Anda ingin mengejar karier di bidang Bisnis, Teknologi, atau Kreatif, LinkedIn
  • Learning adalah pilihan terbaik. Fitur-fitur seperti jalur pembelajaran dan rekomendasi kursus memungkinkan Anda untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk karier tertentu.

Baca Juga: 10 Contoh CV Tulis Tangan dan Cara Membuatnya

Bagaimana Cara Membatalkan Pembelajaran LinkedIn?

Berikut ini adalah cara untuk membatalkan langganan pembelajaran LinkedIn Anda:

  • Klik ikon foto Anda di sudut kanan atas beranda LinkedIn Anda.
  • Dari menu tarik-turun, pilih Pengaturan.
  • Klik Kelola di bagian Jenis akun: Bagian Pembelajaran. Ini akan mengarahkan Anda ke halaman LinkedIn PREMIUM SAYA.
  • Dari rel sebelah kanan, pilih Kelola akun Premium.
  • Klik Batalkan langganan.
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses penonaktifan akun.

Baca Juga: Contoh CV Sosmed Specialist Lengkap dengan Cara Membuatnya

Bagaimana Perbandingan Alternatif Pembelajaran LinkedIn?

kursus

Untuk mengetahui apakah LinkedIn Learning cocok untuk Anda, membandingkan LinkedIn Learning dengan platform kursus online lainnya bisa menjadi pilihan. Berikut perbandingkan LinkedIn Learning dengan kursus online lainnya yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

Udemy vs LinkedIn Learning

Seperti Linkedin Learning, Udemy menawarkan kursus berbasis langganan tentang pengembangan profesional dari para pakar industri. Sementara LinkedIn Learning memiliki 16000+ kursus di bawah tiga kategori utama, Udemy memiliki 5000 kursus yang tersebar di 75 kategori.

Baik Udemy maupun LinkedIn Learning mendukung berbagai bahasa untuk mendorong partisipasi global. Selain bahasa Prancis, Jerman, Spanyol, Jepang, dan Brasil, LinkedIn Learning juga memiliki kursus dalam bahasa Mandarin.

Tidak seperti LinkedIn Learning, Udemy menyediakan beberapa kursus gratis, dengan pembatasan fitur seperti sertifikat, tanya jawab dengan instruktur, dan pesan langsung dari instruktur.

Situs web: https://www.udemy.com/.

Pluralsight vs LinkedIn Learning

Pluralsight adalah perusahaan pendidikan berbayar lain yang menyelenggarakan berbagai kursus berbasis video.

Salah satu perbedaannya dengan LinkedIn Learning adalah kategori kursusnya. Sementara LinkedIn Learning mencakup tiga domain – bisnis, teknologi, dan kreatif – Pluralsight menawarkan konten berbasis teknologi. Beberapa contohnya termasuk operasi TI, Profesional data, Manufaktur & desain, dan Pengembangan web.

Kedua platform ini menyediakan jalur pembelajaran, dengan Pluralsight berbeda dalam hal 50+ kursus gratis dan tes IQ keterampilan dan peran.

Situs web: https://www.pluralsight.com/.

Coursera vs Pembelajaran LinkedIn

Coursera adalah platform pembelajaran lain yang dirancang untuk siswa, profesional, dan pemilik bisnis.

Meskipun Coursera memiliki jumlah kursus yang jauh lebih sedikit daripada LinkedIn Learning (masing-masing 4000 vs 16000), Coursera menawarkan sekitar 1600 kursus gratis dengan tugas bertingkat (tanpa sertifikat).

Cara lain Coursera berbeda dari LinkedIn Learning adalah dengan menawarkan proyek-proyek terbimbing untuk ilmu data, ilmu komputer, dan bisnis. Tidak hanya itu, platform ini bermitra dengan perusahaan dan institusi. Platform ini juga menyediakan jalur pendidikan berkelanjutan dan spesialisasi untuk keterampilan kerja.

Situs web: https://www.coursera.org/.

Lynda vs LinkedIn Learning

Didirikan 20 tahun yang lalu, Lynda.com adalah platform e-learning yang paling awal. Pada tahun 2015, LinkedIn membeli Lynda.com, kemudian menggabungkan dan mengganti namanya menjadi LinkedIn Learning pada tahun 2017.

Kemudian pada tahun 2019, LinkedIn mengumumkan bahwa pengguna akan memerlukan profil LinkedIn untuk mengakses LinkedIn Learning.

Dari perspektif kursus dan konten, Anda akan menemukan LinkedIn Learning sama dengan Lynda.com, kecuali beberapa tambahan baru. Selain menampung kursus-kursus yang sebelumnya ditawarkan di Lynda.com, LinkedIn Learning memberikan rekomendasi kursus yang dipersonalisasi dan mengintegrasikan sertifikat kelulusan dengan profil LinkedIn Anda.

Situs web: https://www.linkedin.com/learning/.

Skillshare vs LinkedIn Learning

Jika ada platform yang mengalahkan LinkedIn Learning dalam hal jumlah kursus, itu adalah Skillshare. Menawarkan 25.000+ kursus, Skillshare tetap menjadi bentuk pasar kursus online yang menarik, yang mencakup beragam topik dan mata pelajaran.

Selain menjadi pilihan yang jauh lebih murah, Anda mendapatkan uji coba gratis selama dua bulan dengan Skillshare (vs. 1 bulan di LinkedIn Learning).

Salah satu kekurangan dari Skillshare adalah memungkinkan siapa saja untuk menjadi instruktur, sedangkan LinkedIn Learning hanya mengizinkan profesional bersertifikat dan pakar industri.

Baca Juga: 20 Contoh CV Menarik dan Download Templatenya di Sini

Penutup

LinkedIn Learning menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mendapatkan kursus online untuk pengembangan karir profesional Anda. Dengan semua fitur yang dimiliki, LinkedIn Learning akan memberikan pembelajaran yang Anda butuhkan.

Bagi perusahaan, jangan lupa untuk melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur seperti payroll, absensi, akuntansi, PPh 21, BPJS, cuti dan izin, analisis data, hingga pengajuan reimbursement dan kasbon.

Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *