Jobdesk Digital Marketing Manager dan Skill yang Perlu Dikuasai

jobdesk digital marketing manager banner

Di era pentingnya peningkatan brand awareness perusahaan, jobdesk digital marketing manager kian semakin kompleks. Posisi tersebut bertanggung jawab untuk menyusun dan melaksanakan strategi digital marketing. 

Beberapa hal yang menjadi tanggung jawab digital marketing manager termask memastikan visibilitas brand, meningkatkan interaksi pelanggan, dan merancang campaign pemasaran secara efektif.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas tentang apa itu digital marketing manager, jobdesk, skill, pendidikan, hingga kisaran gajinya.

Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing Manager?

Digital marketing manager adalah seseorang yang bertanggung jawab mengembangkan dan melaksanakan kampanye pemasaran di media sosial dan berbagai platform digital lainnya.

Posisi ini juga berperan dalam mempromosikan produk dan layanan perusahaan, serta meningkatkan brand awareness perusahaan di dunia digital.

Selain itu, sebagai seorang manajer, Anda juga akan melakukan eksplorasi terkait pemasaran produk.

Misalnya, menggunakan tools analisis web untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran, mulai dari media sosial, hingga iklan berbayar. Melalui hal tersebut, Anda dapat memahami informasi mengenai target konsumen.

Nantinya, peran Anda juga melibatkan kerjasama dengan social media manager dan tim marketing lainnya untuk memastikan kesesuaian pesan yang ingin disampaikan perusahaan di semua channel pemasaran.

Posisi ini dibutuhkan di berbagai industri seperti teknologi, layanan keuangan, telekomunikasi, hingga perusahaan konsultan marketing.

Baca Juga: Jobdesk Performance Marketing, Skill, dan Kisaran Gajinya

ejobdesk digital manager 2

Apa Saja Jenis Digital Marketing Manager?

Ada beberapa jenis pekerjaan terkait digital marketing manager, yaitu:

1. Social Media Manager

Sebagai seorang social media manager, tanggung jawab Anda berfokus untuk meningkatan traffic dan meningkatkan brand awareness melalui platform media sosial.

Tugas Anda mencakup membuat dan membagikan konten yang relevan untuk audiens guna meningkatkan konversi dan memimbing pengguna terkait penjualan produk atau layanan.

2. Content Marketing

Beberapa manajer digital marketing memiliki spesialisasi dalam pemasaran konten, di mana fokusnya adalah menciptan konten dan cerita untuk memberikan informasi kepada audiens target.

Tugas Anda melibatkan membangun hubungan dengan calon pelanggan dengan menyajikan konten yang relevan dan berharga.

Selain itu, dalam lingkup manajemen digital marketing juga terdapat:

3. SEO Specialist

Spesialisasi ini melibatkan peningkatkan optimalisasi mesin pencarian atau search engine optimalization (SEO) untuk meningkatkan traffic bagi perusahaan Anda.

Strategi yang digunakan bertujuan untuk menghasilkan prospek berkuailtas tinggi dan meningkatkan konversi. Selain itu, strategi ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness. 

Baca Juga: 9 Tips LinkedIn Digital Marketing untuk Tingkatkan Peluang

Apa Saja Jobdesk Digital Marketing Manager?

Berikut beberapa jobdesk digital marketing manager yang perlu Anda pahami:

 1. Search Engine Optimization (SEO)

Sebagai digital marketing manager, Anda bertugas merencanakan, dan melaksanakan campaign SEO untuk meningkatkan peringkat dan pengunjung dari mesin pencari.

Hal tersebut merupakan hal penting dalam strategi digital marketing, dan jika di dalam perusahaan tidak terdapat posisi SEO Specialist, maka Anda harus memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk menangani semua tugas terkait SEO.

2. Content Marketing

Di dunia digital, konten diperlukan dalam bentuk apa pun (teks, gambar, video, audio, dll.). Sebab, tanpa konten, perusahaan tidak bisa melasanakan strategi pemasaran melalui online.

Oleh karena itu, Anda bertugas untuk menyusun jenis-jenis konten yang dibutuhkan, mengatur siapa yang akan membuatnya, topik, judul, hingga durasi konten, dan sebagainya.

3. Social Media Marketing

Jobdesk digital marketing manager selanjutnya adalah memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran bisnis.

Dalam hal ini, Anda perlu memilih channel marketing secara tepat, menetapkan tujuan, dan jenis konten yang akan dipublikasikan bersama social media manager atau social media specialist.

4. Paid Ads

Paid ads atau iklan berbayar seperti pada Google, Facebook, atau platform lainnya sangat penting untuk hampir semua jenis kampanya digital marketing. 

Untuk perusahaan besar atau digital marketing agency, biasanya terdapat peran advertising specialist yang menangani tugas-tugas ini.

Namun, untuk perusahaan startup atau bisnis kecil, biasanya tugas terkait paid advertising juga menjadi tanggung jawab manajer digital marketing. Misalnya untuk menjalankan dan mengoptimalkan kampanye iklan berbayar.

5. Email Marketing

Pemasaran melalui email atau email marketing mungkin tidak melibatkan manajer khusus, kecuali jika Anda menggunakan email dengan cara yang lebih kompleks daripada sekadar mengirimkan newsletter dan penawaran langganan.

Dalam hal ini, Anda bertanggung jawab untuk merancang strategi pemasaran email yang sejalan dengan strategi pemasaran digital secara keseluruhan.

6. Mobile Marketing

Setiap bisnis sebaiknya memiliki rencana pemasaran khusus untuk perangkat mobile atau smartphone. Hal ini bisa mencup membuat situs web yang mudah diakses melalui ponsel atau bahkan menciptakan aplikasi untuk berbagai platform.

Sebagai digital marketing manager, Anda perlu tahu banyak tentang pasar dan cara terbaik untuk menghadapi tugas ini.

Selain yang telah disebutkan di atas, berikut sejumlah jobdesk digital marketing manager lainnya:

  • Menemukan dan mencoba saluran dan alat digital baru.
  • Meneliti dan menerapkan strategi pemasaran terbaru.
  • Mengukur dan melaporkan performa kampanye serta key performance indicator (KPI).
  • Menggunakan alat analisis web untuk memantau kunjungan situs.
  • Menghasilkan ide kreatif untuk kampanye dan strategi pertumbuhan.
  • Membantu meningkatkan pengalaman pengguna di situs web perusahaan dan membantu membuat halaman arahan.
  • Melacak cara pembelian konsumen.
  • Mengumpulkan calon pelanggan dan mengonversi mereka menjadi pelanggan.
  • Mengoptimalkan kampanye pemasaran, termasuk pemasaran email, media sosial, dan iklan digital.
  • Membuat presentasi kampanye untuk menunjukkan awal, pelaksanaan, dan hasilnya.
  • Memaparkan kampanye kepada seluruh tim.
  • Menanggapi pertanyaan tentang proyek dan keberhasilan kepada manajemen, klien, dan pemangku kepentingan.
  • Menganalisis para brand ambassador dan statistik mereka.
  • Menemukan influencer berbeda untuk bekerja sama sepanjang tahun dan kampanye tertentu.
  • Bekerja sama dengan influencer untuk memastikan mereka membuat konten sesuai dengan brand perusahaan, memposting pada waktu yang disepakati, dan menanggapi komentar positif atau negatif.

Baca Juga: Tugas Staff Marketing, Skill, Hingga Jenjang Kariernya

gajihub 3

Apa Saja Keterampilan yang Dibutuhkan Seorang Digital Marketing Manager?

Agar dapat melaksanakan berbagai jobdesk digital marketing manager secara optimal, berikut beberapa skill atau keterampilan yang perlu Anda kuasai:

1. Keterampilan Desain UX

Pengalaman pengguna pada situs web dan content marketing sangat membenatu karier Anda di bidang ini.

Untuk itu, sebagai digital marketing manager, Anda harus mampu mengidentifikasi dan membimbing desain UX yang efektif dan meyakinkan. Ini melibatkan penguasaan A/B testing dan optimasi penggunaan situs.

Baca Juga: Jobdesk UI/UX, Keterampilan, Hingga Kisaran Gajinya

2. Keterampilan SEO & SEM

Selain mengusai keterampilan SEO dan SEM, Anda juga perlu mampu untuk menjelaskan aktivitas tersebut kepada anggota tim.

Anda perlu mengikuti perkembang dalam dunia SEO dan SEM, termasuk white hat marketing seperti blogging.

3. Keterampilan Manajemen Konten

Mengelola pembuatan serta publikasi konten memerlukan keterampilan untuk mengoptimalkan konten di berbagai saluran digital seperti email, paid advertising, dan media sosial.

4. Keterampilan Media Sosial

Anda perlu memiliki pemahaman mendalam tentang setiap platform media sosial, termasuk kapan waktu yang potensial untuk melakukan posting, jenis konten yang paling efektif, penggunaan promosi berbayar, dan optimalisasi analitik media sosial.

Baca Juga: Sosial Media Rekrutmen: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

5. Keterampilan Desain

Seiring dengan interaksi konsumen melalui berbagai perangkat digital, Anda harus memastikan bahwa konten dan kampanye tetap jelas dan meyakinkan, tidak peduli perangkat yang digunakan.

6. Keterampilan Analisis dan Alat Teknologi

Analisis data menjadi kunci untuk perbaikan terkait digital marketing. Menguasai alat dan teknik analisis data membantu pengambilan keputusan secara tepat, yang menjadi aspek penting dalam manajemen pemasaran digital.

7. Keterampilan Manajemen Distribusi

Jobdesk digital marketing manager melibatkan banyak keterampilan manajemen proyek. Dengan demikian, Anda perlu mengoptimalkan efisiensi tim secara keseluruhan, terutama jika tim bekerja secara remote working. 

Hal ini membutuhkan kemampuan manajemen tingkat lanjut untuk mengelola delegasi tugas terhadap setiap proyek yang ada.

8. Keterampilan Komunikasi dan Hubungan Masyarakat

Di era digital, memiliki keterampilan komunikasi dan hubungan masyarakat yang kuat menjadi suatu kewajiban.

Keterampilan ini melibatkan kemampuan untuk memahami audiens target perusahaan, menggunakan software customer relation management (CRM) untuk organisasi dan pemasaran ulang, serta kemampuan untuk mengelola tim.

9. Keterampilan Memotivasi dan Membangun Tim

Selanjutnya, digital marketing management juga memerlukan kemampuan untuk memicu rasa kerjasama dan motivasi di antara anggota tim Anda.

10. Keterampilan Jaringan dengan Klien

Sebagai manajer, Anda juga berperan sebagai perwakilan perusahaan antara bisnis Anda dan mitra serta klien yang relevan.

Artinya, Anda harus bisa mendekati klien potensial, menyampaikan kemampuan tim Anda dengan sebaik mungkin, dan mengajukan penawaran untuk kontrak serta kemitraan.

Baca Juga: Komunikasi Bisnis: Pengertian, Manfaat, Jenis, Masalah dan Solusinya

Bagaimana Jenjang Karier Digital Marketing Manager?

Untuk menjadi seorang digital marketing manager, ada beberapa tingkatan karier yang perlu Anda tempuh terlebih dahulu, seperti:

1. Entry Level

Untuk mengawali karier sebagai seorang digital marketer, Anda dapat memulai dari posisi seperti staff media sosial, content writer, copywriter, desainer grafis, editor, dan sejenisnya.

2. Specialis

Di tingkat specialist, Anda akan menjadi lead untuk rekan-rekan entry level. Beberapa contoh jabatan spesialis meliputi content specialistsenior content writer, social media specialist, SEO specialist, dan lainnya.

3. Digital Marketing Lead

Posisi ini umumnya bekerja di perusahaan yang sudah cukup besar. Tugasnya melibatkan pengawasan terhadap entry level dan specialist, serta pembuatan strategi pemasaran dan penetapan target.

4. Digital Marketing Manager

Seorang digital marketing manager bertanggung jawab atas pengawasan seluruh kegiatan pemasaran digital, termasuk melalui media sosial, situs web, email, dan platform lainnya.

Untuk mencapai posisi ini, diperlukan penguasaan hampir semua keterampilan pemasaran digital dan pengalaman kerja selama lima hingga tujuh tahun.

Baca Juga: 8 Contoh OKR Marketing, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Bagaimana Latar Pendidikan Seorang Digital Marketing Manager?

Digital marketing manager pada entry level umumnya memiliki gelar sarjana dalam pemasaran, periklanan, atau bidang terkait. Beberapa perusahaan terkadang lebih menyukai kandidat dengan sertifikasi khusus.

Selain itu, Anda juga bisa menempuh berbagai jurusan yang relevan, seperti administrasi bisnis atau bahkan teknlogi informasi. Melalui berbagai pendidikan tersebut, sebagai digital marketing manager Anda akan mengusai:

  • Bahasa pemrograman
  • SEO
  • E-commerce
  • Alat analisis web
  • Penulisan dan pemasaran konten
  • Pemasaran melalui email

Baca Juga: 25 KPI Marketing untuk Mengukur Keberhasilan Pemasaran

ojobdesk digital marketing manager 1

Berapa Kisaran Gaji Seorang Digital Marketing?

Berikut gaji digital marketing berdasarkan jenjang kariernya:

  • Digital Marketing Staff: Rp5.000.000 – Rp8.000.000
  • Digital Marketing Specialist: Rp6.000.000 – Rp10.000.000
  • Digital Marketing Analyst: sekitar Rp10.000.000
  • Digital Marketing Manager: Rp12.000.000 – Rp18.000.000

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Digital Marketing Manager?

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menjadi seorang digital marketing manager:

1. Dapatkan Gelar Sarjana

Sebagian besar perusahaan menginginkan digital marketing manager memiliki gelar sarjana.

Cari tahu persyaratan yang diperlukan dan dapatkan tingkat pendidikan yang sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan. Apabila memungkinkan, pilih bidang studi yang relevan dengan industri yang Anda minati.

2. Dapatkan Pengalaman Kerja

Mulailah membangun pengalaman kerja melalui pekerjaan staf digital marketing melalui magang. Kemudian, pengalaman di posisi pemasaran entry level juga dapat melengkapi pendidikan Anda dan membantu perkembangan karier Anda.

3. Peroleh Sertifikasi Teknis

Terlepas dari pendidikan dan pengalaman Anda, pertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi dalam bidang pemasaran konten, media sosial, atau pemasaran digital lainnya.

Sertifikasi ini akan membantu mempersiapkan Anda untuk tanggung jawab sebagai manajer pemasaran digital.

4. Siapkan Resume Anda

Resume Anda sebaiknya mencakup informasi tentang tingkat pendidikan tertinggi, sertifikasi yang dimiliki, dan pengalaman kerja. Jelaskan tanggung jawab, kontribusi, dan pencapaian Anda di tempat kerja sebelumnya.

5. Tunjukkan Keterampilan Pemasaran Anda secara Online

Buat portofolio online atau situs web satu halaman yang mencantumkan keterampilan pemasaran Anda dan proyek-proyek yang telah Anda kerjakan.

Karena pekerjaan ini bersifat digital, penting untuk menunjukkan pekerjaan Anda secara online. Jika memungkinkan, tambahkan testimoni dari klien atau atasan di pekerjaan sebelumnya.

6. Lamar Pekerjaan yang Tersedia

Setelah memperoleh pendidikan, sertifikasi, dan pengalaman kerja, carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan lokasi Anda.

Gunakan situs web pencarian pekerjaan atau jaringan profesional Anda. Pastikan untuk menonjolkan kualifikasi Anda agar menarik perhatian manajer perekrutan.

Baca Juga: Jobdesk Data Analysis, Jenis, Skill, dan Gajinya

Kesimpulan

Secara keseluruhan, jobdesk digital marketing manager mencakup menyusun dan melaksanakan strategi pemasaran digital.

Posisi ini berfokus pada peningkatan brand awareness, interaksi pelanggan, dan merancang campaign pemasaran yang efektif.

Gaji posisi di bidang digital markering bervariasi berdasarkan jenjang kariernya, dengan rentang Rp12.000.000 – Rp18.000.000 untuk posisi digital marketing manager.

Untuk membantu perusahaan mengelola gaji dan sumber daya manusia secara efisien, Anda dapat menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Melalui software ini, karyawan dapat dengan mudah melakukan absensi dan pengajuan cuti serta izin menggunakan smartphone masing-masing.

Selain itu, untuk meningkatkan proses transparansi dalam proses penggajian, perusahaan dapat menyediakan slip gaji yang dapat diunduh karyawan dalam format PDF.

Tertarik untuk mencobanya? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *