Visi Misi Perusahaan: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

visi misi perusahaan

Visi misi menjadi bagian penting bagi sebuah perusahaan. Ini menjadi salah satu yang membentuk bisnis dan dijadikan sebagai pedoman dalam operasional bisnis atau perusahaan.

Jadi, ketika sebuah perusahaan baru berdiri, visi dan misi jadi hal yang harus ditentukan. Visi dan misi harus bisa menggambarkan apa yang dilakukan oleh bisnis, bagaimana kontribusi bisnis atau perusahaan untuk orang lain, dan bagaimana cara agar bisnis bisa mencapai tujuan tersebut.

Apakah bisnis Anda sudah memiliki visi dan misi ini? Atau Anda ingin mendapatkan informasi mengenai visi dan misi ini secara lengkap?

Yuk simak penjelasan lengkapnya yang ada di bawah ini:

Pengertian Visi dan Misi Perusahaan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai visi dan misi ini, apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan visi dan misi ini? Visi dan misi berasal dari dua kata yang berbeda yakni visi dan misi.

Visi merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan atau organisasi dalam jangka waktu panjang. Sedangkan misi merupakan tindakan atau langkah yang dilakukan untuk bisa mencapai tujuan perusahaan.

Bisa dikatakan bahwa visi merupakan cita-cita, impian, atau tujuan yang ingin Anda capai di masa depan dan misi adalah apa saja yang Anda lakukan untuk bisa mencapai cita-cita, impian, dan tujuan tersebut.

Dari penjelasan ini bisa diketahui bahwa visi dan misi ini saling berhubungan satu sama lain, makanya tidak heran jika keduanya sering dikaitkan satu sama lain.

Baca Juga: Hak Karyawan Tetap dan Bedanya dengan Karyawan Tidak Tetap

Manfaat Visi dan Misi Perusahaan

Setelah mengetahui pengertian dari visi dan misi, kini saatnya Anda mengetahui manfaat dari visi dan misi ini. Berikut penjelasan manfaat dari visi dan misi ini:

  1. Untuk membangun sense of belongin dan juga identitas dari bisnis
  2. Untuk memastikan setiap keputusan atau pilihan yang diambil telah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai perusahaan
  3. Membantu perusahaan dalam membuat struktur yang disesuai dengan tujuan bisnis
  4. Mematikan setiap karyawan yang bekerja memiliki tujuan yang sama
  5. Untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan dalam bekerja
  6. Agar bisa memberikan makna dan juga nilai kepada setiap karyawan yang bekerja di perusahana tersebut

gajihub 5

Baca Juga: Tips Mengadakan Rapat Kerja yang Efektif dan Efisien

Tujuan Visi dan Misi Perusahaan

Berikut beberapa tujuan dari visi dan misi yang dimiliki oleh bisnis:

1. Sebagai Standar Kerja

Visi dan misi memiliki tujuan sebagai standar kerja. Perusahaan menggunakan visi dan misi ini sebagai standar kerja yang ditetapkan baik itu untuk karyawan, produksi, dan lainnya.

2. Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja

Bisnis membutuhkan visi misi untuk meningkatkan motivasi kerja para karyawannya. Ini dikarenakan dengan adanya visi dan misi ini, karyawan akan lebih mudah untuk memahami tujuan dari pekerjaan sehingga lebih mudah untuk memacu semangat mereka.

3. Untuk Meningkatkan Produktivitas

Selain motivasi kerja, visi dan misi juga bisa turut berperan dalam meningkatkan produktivitas. Ketika karyawan mengetahui apa tujuan dari kantor tempatnya bekerja, karyawan akan menjadi semangat dan secara tidak langsung produktivitas dapat meningkat.

4. Menjadi Acuan Perusahaan

Visi dan misi juga turut berperan dalam memberikan acuan bagi sebuah bisnis. Bisnis bisa berpacu dalam memberikan inovasi dan perkembangan yang memang diperlukan. Dengan adanya visi dan misi ini, bisnis jadi memiliki acuan agar tetap berada di jalan yang diinginkan.

5. Sebagai Pedoman Kerja

Dalam operasional bisnis, dibutuhkan pedoman kerja yang akan menjadi batas-batas yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Di sinilah peran visi dan misi ini. Ketika bisnis memiliki visi dan misi, bisnis akan mengetahui apa tujuannya dan hal itu dijadikan pedoman dalam bekerja.

6. Untuk Meningkatkan Loyalitas

Ketika sebuah bisnis memiliki visi dan misi yang jelas, ia juga bisa meningkatkan loyalitas karyawan yang bekerja di sana. Ini dikarenakan karyawan bisa memberikan yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

7. Landasan dalam Mengambil Keputusan

Visi dan misi juga memiki tujuan sebagai landasan ketika mengambil keputusan. Dengan adanya visi dan misi ini, bisnis dapat mencegah hal-hal menyimpang yang bisa saja terjadi.

8. Sebagai Tujuan Dasar Perusahaan

Tujuan terakhir dari visi dan misi adalah sebagai tujuan dasar perusahaan. Dari tujuan dasar ini, setiap karyawan dan anggota yang ada di organisasi atau bisnis bisa mengetahui gambaran tugas dan tanggung jawab yang mereka pegang.

Baca Juga: Pengertian Tuckman Theory dan Berbagai Manfaatnya

Cara Membuat Visi dan Misi Perusahaan

visi misi perusahaan

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat visi dan misi perusahaan:

1. Pahami Pengertian Visi Misi

Untuk membaut visi dan misi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami pengertian dari visi dan misi ini. Dengan memahami pengertiannya, Anda kedepannya mampu membuat visi dan misi sesuai yang Anda harapkan.

2. Tentukan Tujuan dari Perusahaan Anda

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan tujuan dari perusahaan Anda. Sebuah bisnis harus memiliki tujuan sejak awal berdiri.

Jadi, sejak Anda membangun bisnis Anda, Anda harus memiliki tujuan dan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dari sinilah visi dan misi bisa mulai dibuat.

3. Buatlah Vision Board

Setelah menentukan tujuan dari bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah dengan membuat vision board atau papan visi. Anda bisa membuat vision board dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Siapa yang akan terbantu dengan adanya bisnis Anda ini?
  • Apa tujuan dari bisnis Anda?
  • Bagaimana cara bisnis ini membuat dunia menjadi lebih baik?
  • Masalah apa saja yang bisa diselesaikan dengan adanya bisnis ini?
  • Hal apa saja yang ingin Anda raih dari bisnis ini?

4. Pilihlah Hal yang Esensial

Setelah Anda membuat vision board, dari daftar tersebut tidak bisa Anda pilih semuanya. Jadi, Anda bisa memilih salah satu hal yang paling esensial untuk dijadikan tujuan utama dari bisnis Anda.

5. Tuliskan Visi dan Misi

Ketika Anda mengunjungi sebuah kantor atau organisasi, pernahkah Anda melihat tulisan visi dan misi? Pasti pernah, bukan?

Anda bisa mengikuti cara ini yakni menuliskan visi dan misi dan memajangnya di kantor. Jika memang memungkinkan Anda bisa membuat tulisan besar di bagian depan kantor dengan tujuan setiap orang yang masuk ke kantor bisa mengetahui apa tujuan dari perusahaan.

6. Kumpulkan Ulasan dan Feedback

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengumpulkan ulasan dan feedback yang didapatkan oleh bisnis Anda. Mendapatkan ulasan dan feedback ini biasanya terjadi setelah bisnis Anda berjalan beberapa tahun.

Dari ulasan dan feedback yang didapatkan Anda bisa membuat visi dan misi sesuai masukan yang didapatkan.

7. Review Visi Misi secara Berkala

Semakin berjalannya waktu, bisnis akan mengalami perubahan. Secara bersamaan visi dan misi yang dimiliki juga mengalami perubahan.

Jadi, hal terakhir yang harus dilakukan dalam membuat visi dan misi adalah dengan mereview visi dan misi secara berkala. Review visi dan misi ini sesuai dengan perkembangan bisnis Anda.

gajihub 2

Baca Juga: 9 Jenis Struktur Komisi Penjualan dan Cara Memilihnya

Contoh Visi dan Misi Perusahaan yang Inspiratif

Berikut beberapa contoh visi misi yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk bisnis Anda:

1. Indofood

Indofood merupakan salah satu perusahaan yang ada di Indonesia. Indofood atau PT Indofood Sukses Makmur merupakan produsen makanan yang ada di Indonesia.

Indofood memiliki produk di antaranya mie instan, es krim, dan makanan ringan lainnya. Berikut visi dan misi yang dimiliki oleh Indofood:

Visi: Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan.

Misi: Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan.

2. AQUA

AQUA atau AQUA Group merupakan perusahaan yang bergerak di bidang air minum kemasan. AQUA berada di bawah naungan Danone. Berikut visi dan misi yang dimiliki oleh AQUA:

Visi: Nilai Kemanusiaan, Keterbukaan, Kedekatan dan Antusiasme dipupuk dan terus ditanamkan pada karyawan guna menggerakkan Perusahaan ke arah yang lebih baik

Misi: Memberikan inspirasi kepada masyarakat Indonesia mengenai hidrasi yang sehat. AQUA Grup memproduksi AMDK dan minuman ringan non karbonasi yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

3. Google

Google merupakan company dari Amerika Serikat yang bergerak di bidang jasa dan produk internet. Berikut visi dan misi yang dimiliki oleh Google:

Visi:Mengorganisasi seluruh informasi yang ada di dunia sehingga mudah diakses dan dapat diambil manfaatnya secara universal.

Misi: Mengelola informasi dunia serta membuatnya berguna dan dapat diakses semua orang.

4. Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan di seluruh dunia. Berikut visi dan misi yang dimiliki oleh Facebook:

Visi: Tetap terhubung dengan teman dan keluarga, sehingga bisa mengetahui keadaan di dunia, saling berbagi, dan mengekspresikan hal-hal penting dalam hidup.

Misi: Memberikan kekuatan untuk membangun komunitas dan membawa dunia menjadi lebih dekat.

5. Microsoft

Microsoft merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan, pembuatan, pemberian lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa yang berkaitan dengan komputer. Berikut visi dan misi yang dimiliki oleh Microsoft:

Visi: Memberdayakan melalui perangkat lunak yang hebat kapan saja, di mana saja, dan perangkat apa saja.

Misi: Menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi semua orang.

6. Apple

Apple merupakan perusahaan dari Amerika Serikat yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, dan layanan daring. Berikut visi dan misi yang dimiliki oleh Apple:

Visi: Membuat produk yang hebat di muka bumi dan hal itu tidak akan berubah.

Misi: Menghadirkan pengalaman terbaik bagi pengguna melalui perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan yang inovatif.

7. IKEA

IKEA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perabotan rumah tangga yang berasal dari Swedia. IKEA telah tersebar lebih di 45 negara di seluruh dunia. Berikut visi dan misi yang dimiliki oleh IKEA:

Visi: MMenciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang.

Misi: Menawarkan berbagai rancangan yang didesain dengan baik, produk perabotan rumah yang fungsional dengan harga yang sangat rendah sehingga sebanyak mungkin orang akan mampu membelinya.

Baca Juga: Manfaat Daya Saing Perusahaan dan Cara Meningkatkannya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai visi misi perusahaan mulai dari pengertian, manfaat, tujuan, cara membuat, hingga contohnya. Memiliki visi dan misi adalah sesuatu yang penting, jadi pastikan bisnis Anda memilikinya ya!

Selain visi dan misi, Anda juga wajib melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan membantu memudahkan pengelolaan karyawan.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh GajiHub antara lain absensi, payroll, pengajuan izin dan cuti, BPJS, kelola PPh 21, ESS, hingga analisis data. Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan bersama GajiHub.

2 thoughts on “Visi Misi Perusahaan: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *