SEO untuk Rekrutmen: Panduan Menarik Kandidat Terbaik

SEO untuk rekrutmen banner

Selain membantu Anda dalam memasarkan produk, SEO ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menarik kandidat berbakat. Strategi SEO untuk rekrutmen dapat membuat perusahaan menjadi lebih unggul dibandingkan pesaing yang juga tengah mencari kandidat.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas tentang apa itu SEO untuk rekrutmen, manfaat, hingga strukturnya.

Sekilas Tentang SEO

Sebelum membahas lebih lanjut tentang SEO untuk rekrutmen, Anda perlu memahami apa yang dimaksud dengan SEO. Searh Engine Optimization (SEO) adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat situs web Anda lebih mudah ditemukan di halaman pencarian Google.

Hal ini penting, sebab jika website Anda muncul di halaman pertama hasil pencairan, kemungkinan pengguna berkunjung akan lebih besar.

Beberapa cara untuk mengoptimalisasi SEO yitu dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang sesuai dengan topik pada website Anda, membuat konten yang menarik dan berguna, serta memastikan situs mudah diakses melalui perangkat seluler.

Mesin pencari seperti Google menggunakan rumus khusus yang disebut algoritma untuk menentukan peringkat situs web. Mereka mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk relevansi konten, kepopuleran situs, dan kepercayaan yang diberikan oleh orang lain melalui tautan atau rekomendasi.

Dengan melakukan optimalisasi SEO, Anda dapat meningkatkan peluang website perusahaan muncul di halaman pertama pada hasil pencarian dan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Baca Juga: Apa itu Skills Inventory? Simak Arti, Manfaat, Hingga Cara Membuatnya

SEO untuk rekrutmen

Apa itu SEO untuk Rekrutmen?

Secera sederhana, SEO melibatkan upaya untuk memeproleh peringkat teratas di halaman hasil pencairan seperti Google dan Bing. Mayoritas user menggunakan Google dan 75% dari mereka mengklik hasil yang berada di peringkat pertama atau kedua.

Oleh karena itu, selain menggunakan iklan berbayar atau pay per click Anda juga bisa memanfaatkan SEO, karena sebagian besar orang justru lebih memilih untuk mengklik hasil organik, yaitu hasil yang muncul secara alami berdasarkan relevansi dengan kata kunci yang mereka cari.

Namun, SEO bukan hanya tentang muncul di peringkat tinggi dalam harsil pencarian, melainkan Anda juga harus membuat situs web perusahaan menarik bagi mesin pencari maupun pengguna.

Sebab, tujuan Anda adalah memudahkan pengguna untuk menemukan lowongan pekerjaan atau informasi tentang perusahaan Anda. Jadi, saat mereka mengunjungi website perusahaan Anda, mereka harus menemukan informasi yang relevan dan bermanfaat.

Melalui SEO yang dioptimalisasi dengan baik, Anda dapat meningkatkan pengunjung mengklik situs web perusahaan, melamar pekerjaan, atau mendaftar melalui email yang tertera.

Oleh karena itu, Anda dapat mengoptimalisasi SEO untuk rekrutmen sebagai upaya mendapatkan bakat terbaik.

Baca Juga: Pahami Pentingnya Menyusun Strategi Kompensasi dengan Tepat

Peluang SEO untuk Rekrutmen

Seperti yang Anda ketahui, saat ini industri rekrutmen sangat kompetitif, termasuk dalam mencari peluang kata kunci atau keyword yang tepat. Sebagai contoh, keyword ‘rekrutmen’ memiliki banyak pencairan sebanyak 23 ribu dengan tingkat kesulitannya juga tinggi, yaitu 30.

Artinya, Anda perlu memiliki sekitar 36 backlink agar bisa masuk dalam 10 besar hasil pencairan. Jadi, meskipun keyword tersebut mengundang banyak pengunjung, namun keyword yang lebih spesifik lagi bisa menarik pengunjung dengan tujuan yang lebih jelas.

Selain itu, dalam industri rekrutmen spesifik keyword juga bergantung pada industri lain. Misalnya, pada keyword ‘lowongan kerja teknik’, kata kunci tersebut memiliki tingkat kesulitan yang lebih rendah, serta tingkat klik sebesar 59%, di mana 64% kllik tersebut berasal dari hasil pencairan organik.

‘Lowongan kerja teknik’ adalah kata kunci yang lebih spesifik, sehingga bisa menarik pengunjung yang bertujuan untuk mencari pekerjaan di bidang teknik. Setiap bulan, ada sekitar 7,3 ribu pencairan untuk kata kunci ini dan data tersebut hanay menunjukkan satu kata kunci.

Menurut Ahrefs, salah satu tools SEO terpercaya, ada sekitar 17 ribu peluang kata kunci yang terkait dengan topik ‘lowongan kerja teknik’. Itu berarti ada ribuan kata kunci serupa yang dapat digunakan dalam satu industri saja.

Melalui strategi SEO untuk rekrutmen yang tepat, Anda dapat menarik lebih banyak pengunjung yang berminat melamar pekerjaan di perusahaan Anda.

gajihub 3

Baca Juga: Skills Taxonomy: Arti, Manfaat, Hingga Cara Membangunnya

Peran Penting SEO untuk Proses Rekrutmen

Sebagai profesional HR yang melakukan proses rekrutmen, SEO dapat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan situs web ditemukan oleh calon kandidat. Tanpa SEO, situs web perusahaan akan sulit ditemukan di mesin pencari.

Berikut adalah beberapa peran penting SEO untuk rekrutmen:

1. Meningkatkan Brand Visibility 

Dengan menerapkan SEO, perusahaan Anda akan terlihat menonjol di industri. Hal ini memudahkan calon kandidat untuk menemukan perusahaan, sehingga Anda dapat menjangkau lebih banyak kandidat potensial sekaligus memperkuat brand visibility. 

2. Lebih Mudah Ditemukan di Google

Agar situs web Anda ditemukan oleh kandidat yang tepat, maka website tersebut penting untuk muncul pada hasil pencarian google di search engine seperti Google.

Melalui optimalisasi SEO untuk rekrutmen, peringkat situs web perusahaan pun akan mengalami peningkatan, sehingga para bakat terbaik yang sedang mencari pekerjaan tertarik untuk melamar di perusahaan Anda.

3. Meningkatkan Visibilitas di LinkedIn

LinkedIn merupakan platform yang sering digunakan oleh rekruter untuk mencari kandidat. Sebagai upaya memastikan profil LinkedIn perusahaan mudah ditemukan dan terpercaya, penting untuk mengoptimalkan kontennya sesuai dengan kata kunci rekrutmen.

Hal ini akan membantu profil LinkedIn perusahaan muncul di antara jutaan rekruter lain yang mencari posisi serupa. Menurut Laporan Job Seeker Nation tahun 2022, sebanyak 39% pencari kerja mencari lowongan pekerjaan di media sosial seperti LinkedIn atau Facebook.

Oleh karena itu, memanfaatkan media sosial dan mengoptimalkan SEO penting untuk menarik talenta terbaik, menjaga keterlibatan kandidat terbaik, serta mendapatkan aplikasi pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Screening Interview dalam Proses Rekrutmen

SEO untuk rekrutmen

9 Tips Optimalisasi SEO untuk Rekrutmen

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan SEO sebagai salah satu upaya rekrutmen yang berkualitas:

1. Riset Kata Kunci

Untuk menentukan kata kunci Anda perlu melakukan riset. Mulailah dengan mencari ide kata kunci dan melihat iklan lowongan, serta kata kunci dari kompetitor.

Selain itu, gunakan tools riset kata kunci, seperti Google Keyword Planner, Ahrefs Keyword Generator, SEMrush Keyword Magic Tool, dan sebagainya.

Pastikan kata kunci yang Anda pilih lebih spesifik dan menckaup nama industri, judul pekerjaan, lokasi, dan nama perusahaan.

2. Gunakan Kata Kunci di Situs Web

Setelah menentukan kata kunci, tambahkan kata kunci tersebut ke situs website Anda. Siapkan kata kunci tersebut ke dalam teks halaman, serta dalam elemen HTML seperti judul halaman dan header. 

Namun, ingatlah untuk menggunakan kata kunci yang relevan. Kemudian, jangan gunakan kata kunci terlalu berlebihan dalam sebuah artikel atau biasa disebut dengan keyword stuffing, sebab hal tersebut bisa merugikan peringkat situs Anda.

3. Optimalkan Situs Web untuk Perangkat Mobile

Sebagian besar calon kandidat akan mencari pekerjaan melalui perangkat mobile atau smartphone. Oleh karena itu, pastikan situs web Anda ramah mobile dan dapat dioptimalkan untuk pencairan melalui perangkat mobile. 

Gunakan desain responsif untuk memastikan konten mudah dibaca dan dinavigasi tanpa user perlu melakukan zoom in atau zoom out. Pastikan juga pencari kerja dapat mengirimkan resume mereka langsung dari perangkat mobile. 

4. Publikasikan Konten Berkualitas

Google menghargai konten-konten berkualitas dengan memberikan peringkat tinggi pada hasil pencairan. Oleh karena itu, Anda perlu membuat konten yang bermanfaat, misalnya tentang peluang karier secara konsisten.

Gunakan setiap konten baru untuk menyisipkan kata kunci yang akan meningkatkan visibilitas situs Anda. Lakukan riset kata kunci untuk mengidentifikasi topik yang diminati oleh audiens target Anda.

Baca Juga: 11 KPI untuk Rekrutmen yang Wajib HR Pahami

5. Selalu Perbarui Konten

Dengan rutin memperbarui konten di situs web Anda, pengunjung akan memiliki alasan untuk kembali ke website perusahaan. Hal ini juga akan membantu mesin pencari mengetahui bahwa situs Anda terus diperbarui.

Selain menambahkan lowongan pekerjaan baru, Anda juga bisa membuat konten menarikseperti blog, artikel, atau konten lainnya guna meningkatkan SEO untuk rekrutmen Anda.

6. Link Building

Mesin pencari seperti Google menganggap link atau tautan dari situs web lain merupakan tanda bahwa situs Anda berkualitas dan memiliki otoritas. Oleh karena itu, semakin banyak tautan dari situs terpercaya yang mengarah ke situs Anda, akan semakin tinggi perkingkat website perusahaan dalam hasil pencarian.

Namun, mendapatkan tautan ke situs Anda tidaklah mudah. Anda perlu menghubungi pemilik situs lain dan menjelaskan mengapa konten Anda penting bagi pembaca mereka. pastikan untuk menghubungi situs berita, blog, dan publikasi lain yang relevan dengan konten Anda.

7. Gunakan Kata Kunci Berbasis Lokasi

anyak pencari kerja mencari pekerjaan di daerah tertentu, sehingga penting untuk menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan lokasi pekerjaan Anda. Sertakan nama kota, negara bagian, atau wilayah dalam kata kunci Anda.

8. Bagikan Lowongan Pekerjaan di Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk membangun brand awareness, berbagi lowongan pekerjaan, dan meningkatkan traffic situs web Anda. Bagikan lowongan pekerjaan di platform media sosial perusahaan seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Rekruter individu juga dapat membagikan saran karier di media sosial mereka sendiri untuk memperluas jangkauan bisnis rekrutmen Anda secara online.

9. Buat Halaman FAQ

Halaman FAQ adalah halaman yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung website. Melalui halaman ini, Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan singkat dan jelas.

Dengan adanya halaman FAQ, situs Anda akan lebih mudah dinavigasi dan pengunjung tidak perlu mencari jawaban secara terpisah.

Hal ini akan mencegah calon kandidat bertanya melalui email kepada tim Anda atau meninggalkan situs website Anda dan melupakan keberadaannya.

Baca Juga: Recruitment Funnel: Panduan Lengkap Untuk Tim HR

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa SEO dapat menjadi salah satu alat perekrutan dan branding yang penting untuk Anda optimalisasi. Melalui SEO untuk rekrutmen, calon kandidat akan lebih mudah dalam menemukan lowongan kerja dan membuat perusahaan Anda unggul di industrinya.

Setelah mengoptimalkan SEO untuk rekrutmen dan mendapatkan kandidat terbaik, Anda juga perlu melakukan efisiensi terkait pengelolaan data karyawan dengan menggunakan Gajihub, sebuah software payroll dan HR.

Dengan Gajihub Anda akan merasakan kemudahan dalam pengelolaan SDM, mulai dari slip gaji, mengelola absensi dan HRIS, penghitungan pajak PPh 21 dan BPJSreimbursementemployee self service (ESS), dan masih banyak lagi.

Yuk, coba gratis selama 14 hari melalui tautan ini dan rasakan kemudahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *