Pengertian Remunerasi, Fungsi, Komponen, dan Cara Negoisasinya

Pengertian remunerasi 1

Jika Anda mempertimbangkan untuk menerima pekerjaan baru di sebuah perusahaan, mengetahui paket remunerasi kemungkinan merupakan pertimbangan utama. Namun apa itu pengertian remunerasi?

Negosiasi untuk paket remunerasi sama pentingnya dengan menyesuaikan resume Anda dan mempersiapkan wawancara. Mempelajari berbagai remunerasi tunai dan non-tunai yang disertakan dalam paket remunerasi dapat membantu Anda menentukan dengan lebih baik apa yang paling penting bagi Anda.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan pengertian remunerasi, mengapa penting, apa saja yang termasuk dalam paket remunerasi dan bagaimana menegosiasikan paket remunerasi yang komprehensif.

Pengertian Remunerasi

Remunerasi adalah paket tunjangan karyawan yang mencakup insentif tunai seperti gaji, bonus dan komisi serta insentif non-tunai seperti jadwal kerja yang fleksibel atau akses ke kendaraan perusahaan. Paket remunerasi diberikan kepada karyawan dengan imbalan pekerjaan.

Terdapat dua unsur utama remunerasi yaitu kompensasi dan bonus (komisi). Kompensasi yang berhubungan dengan keseluruhan yang diterima tenaga kerja baik dalam bentuk fisik maupun non fisik. Dalam beberapa hal, sering kali tidak dikenai pajak pendapatan.

Sedangkan komisi atau bonus merupakan bentuk ketidakseimbangan yang diberikan kepada pegawai dengan perhitungan prosentase hasil penjualan. Bonus juga diberikan berdasarkan kemampuan pegawai untuk mencapai target.

Baca juga: Mengetahui Aturan Cuti Menikah yang Berlaku di Indonesia

Pengertian remunerasi 2

Mengapa Remunerasi Penting?

Remunerasi penting karena menunjukkan bahwa perusahaan berinvestasi pada karyawannya. Ini juga dapat membantu upaya perekrutan perusahaan.

Bakat yang terampil dan berkualitas tinggi sangat diminati, dan banyak perusahaan bersaing untuk mendapatkan kandidat terbaik. Paket remunerasi yang kuat dapat membuat bisnis lebih menarik bagi kandidat yang terampil.

Paket remunerasi juga dapat mendorong karyawan untuk berpartisipasi dalam program kesehatan. Meningkatkan kesehatan karyawan dapat mengurangi biaya perawatan kesehatan bagi perusahaan dan meningkatkan produktivitas perusahaan secara keseluruhan, karena karyawan akan menggunakan lebih sedikit hari sakit.

Namun untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa tujuan :

Mendapatkan SDM yang berkualitas

Dengan adanya remunerasi diharapkan terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di sebuah perusahaan atau organisasi. Adanya peningkatan kerja tambahan juga akan mendorong tenaga untuk meningkatkan kualitas kerja.

Memotivasi karyawan untuk lebih produktif

Remunerasi akan memicu adanya motivasi dalam diri pekerja untuk bekerja lebih baik dan juga bisa mengenbangkan potensi dirinya. Hal ini juga bisa mencipatakan pesaingan yang positif antar karyawan di perusahaan.

Perusahaan akan menilai mana karyawan yang memiliki semangat kerja tinggi serta memiliki keinerja yang baik atau tidak. Pastinya hal ini sangat menyenangkan bagi perusahaan agar dapat memotivasi karyawannya untuk terus mengembangkan dirinya.

Baca juga: Payroll Performance: Pengertian Lengkap dan Metrik untuk Mengukurnya

Mensejahterakan karyawan

Tentu dengan adanya remunerasi akan sangat membantu kesejateraan karyawan di perusahaan. Karyawan yang biasanya hanya memperoleh gaji pokok saja kini mendapatkan tambahan. Hal ini akan membuat karyawan lebih semangat dalam bekerja.

Menciptakan keuntungan perusahaan

Perusahaan yang memberikan remunerasi justru memiliki keuntungan. Laba yang dihasilkan oleh perusahaan akan semakin besar karena perusahan dapat memanfaatkan modal yang efektif.

Perusahaan tidak perlu merekrut karyawan baru yang akan mengeluarkan biaya yang besardalam proses pencapaian karyawan baru.

Apa Saja Komponen yang Termasuk dalam Paket Remunerasi?

Paket remunerasi dapat dibagi menjadi dua kategori kompensasi:

Kompensasi langsung

Kompensasi langsung mencakup berbagai jenis pembayaran yang berbeda:

  • Gaji: Jumlah kompensasi tetap, biasanya dibayarkan setiap bulan atau dua mingguan
  • Upah Per Jam: Kompensasi yang diperoleh karyawan berdasarkan jumlah jam kerja karyawan dan dibayar setiap minggu, dua mingguan, atau bulanan
  • Komisi: Pembayaran yang dilakukan berdasarkan kinerja karyawan dan dirancang untuk mendorong kinerja dan produktivitas maksimum
  • Bonus: Pembayaran yang diberikan kepada karyawan selain gaji pokok mereka dan biasanya dimaksudkan untuk mendorong kinerja terbaik

Baca juga: Pengertian Prorata dan Cara Menghitung Gaji Prorata

Kompensasi tidak langsung

Kompensasi tidak langsung mencakup insentif tunai dan non-tunai, seperti:

  • Asuransi kesehatan dan jiwa
  • Cuti berbayar
  • BPJS TK
  • Penggunaan mobil perusahaan
  • Program saham untuk karyawan
  • Cuti sakit
  • Bagi hasil
  • Jam kerja yang fleksibel atau pilihan untuk bekerja dari rumah

gajihub 1

Bagaimana Cara Negosiasi untuk Paket Remunerasi Anda

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menegosiasikan paket remunerasi yang lebih komprehensif:

1. Teliti pasar tenaga kerja

Cara terbaik untuk bersiap bernegosiasi adalah mengetahui nilai Anda di pasar. Mulailah dengan meneliti kisaran gaji untuk posisi tersebut.

Ketahui berapa gaji rata-rata untuk seseorang di posisi itu dengan perkiraan tingkat pengalaman Anda. Juga, tentukan gaji rata-rata untuk lokasi geografis tersebut dan apakah lebih tinggi atau lebih rendah dari rata-rata nasional.

Ini akan membantu Anda mengevaluasi, berdasarkan pengalaman Anda, kira-kira apa nilai Anda di pasar kerja Anda.

2. Tentukan apakah ada ruang untuk bernegosiasi

Ketika perusahaan mengonfirmasi bahwa mereka ingin mempekerjakan Anda dan memberikan paket tunjangan, Anda harus mulai dengan menanyakan apakah gaji dan tunjangan dapat dinegosiasikan.

Jika manajer perekrutan memberi tahu Anda bahwa tidak ada ruang untuk bernegosiasi saat ini, Anda dapat menanyakan apakah akan ada opsi untuk melakukan negosiasi ulang di kemudian hari.

Jika tidak ada, Anda kemudian dapat menentukan apakah tawaran itu kompetitif dan sesuai dengan gaji yang Anda cari.

Sesuatu yang perlu diingat adalah bahwa bahkan jika perusahaan tidak mau menegosiasikan gaji, mereka mungkin bersedia untuk menegosiasikan paket remunerasi Anda dengan insentif non-tunai seperti jam kerja yang fleksibel atau waktu istirahat yang dibayar.

Baca juga: Mengenal Prosedur Sistem Penggajian dan Cara Kerjanya

3. Pertimbangkan nilai take-home pay

Jika perusahaan bersedia untuk bernegosiasi, Anda harus melihat lebih dekat pada gaji yang Anda bawa pulang, karena pajak, asuransi, biaya transit, dan biaya parkir semuanya akan memengaruhi gaji Anda yang sebenarnya.

Setelah Anda mengetahui take-home pay yang sebenarnya, Anda dapat menggunakan ini untuk bernegosiasi.

4. Evaluasi kompensasi Anda

Gaji hanyalah salah satu komponen dalam paket remunerasi Anda. Anda dapat bernegosiasi untuk keuntungan non-tunai seperti waktu liburan, hari pribadi, dan saham jika tersedia.

Asumsikan bahwa segala sesuatu yang Anda pedulikan layak untuk diutarakan selama proses negosiasi. Bahkan jika Anda tidak dapat memenuhi semua yang Anda inginkan pada awalnya, Anda mungkin dapat meninjau kembali negosiasi untuk mendapatkan keuntungan pada tinjauan tiga sampai enam bulan setelah pekerjaan Anda.

Tanyakan apakah perusahaan memiliki dokumen yang disebut pernyataan manfaat tahunan yang dapat Anda lihat. Dokumen ini akan memungkinkan Anda untuk melihat nilai paket remunerasi Anda dengan memberikan nilai moneter untuk setiap manfaat.

Dokumen ini juga kadang-kadang disebut sebagai pernyataan kompensasi total. Ini dapat membantu Anda mengevaluasi apakah tunjangan Anda memberikan kompensasi tambahan yang Anda cari dalam suatu posisi, bahkan jika gajinya tidak dapat dinegosiasikan.

5. Mintalah waktu untuk mengevaluasi penawaran

Sebaiknya beri diri Anda waktu untuk mengevaluasi tawaran sebelum menerima. Dengan sopan berterima kasih kepada manajer perekrutan atas tawaran itu dan beri tahu mereka bahwa Anda ingin lebih banyak waktu untuk mempertimbangkannya.

Setelah Anda memutuskan untuk menerima tawaran tersebut, kirimkan tanggapan Anda secara tertulis secepat mungkin sehingga perusahaan berhenti mempertimbangkan kandidat lain. Selalu tanggapi setiap tawaran dalam waktu 24 jam.

6. Dapatkan penawaran Anda secara tertulis

Pastikan bahwa semua yang Anda setujui selama proses negosiasi disertakan dalam surat penawaran Anda. Surat itu harus mencantumkan semua yang ada dalam paket remunerasi Anda, mulai dari gaji Anda hingga rincian tunjangan Anda.

Baca juga: Tunjangan Karyawan: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya

Kesimpulan

Dengan mengetahui pengertian remunerasi dan pemberian remunerasi pada karyawan yang tepat, diharapkan tercipta hubungan baik antara karyawan dan juga pada setiap karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut.

Selain itu pemberian remunerasi juga akan meningkatkan loyalitas dan secara tidak langsung membuat kualitas karyawan menjadi lebih baik.

Proses pemberian remunerasi kepada seluruh karyawan dalam bisnis terkadang memang merepotkan dan memakan banyak waktu jika dilakukan secara manual.

Oleh sebab itu, Anda memerlukan sistem modern untuk mempermudah Anda dalam melakukan penghitungan remunerasi dan juga payroll dengan lebih cepat dan praktis. Salah satunya adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan memiliki harga terjangkau yang cocok untuk setiap jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah melakukan penghitungan payrollmengelola absensi dan HRIS, penghitungan pajak PPh 21 dan BPJSproses akuntansi dan reimbursementemployee self service (ESS)mengelola aset, mengelola izin dan cuti karyawan Anda, dan juga melakukan analisa data dari manajemen SDM Anda.

Jadi tunggu apalagi? Jadikan proses penghitungan payroll dan remunerasi untuk karyawan Anda lebih mudah dengan menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

2 thoughts on “Pengertian Remunerasi, Fungsi, Komponen, dan Cara Negoisasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *