Pengertian Politik Kantor dan Cara Menghadapinya

politik kantor 1

Cara orang bersaing dan berhubungan satu sama lain di lingkungan kantor sering disebut sebagai “politik kantor.”

Memahami berbagai faktor yang terlibat dan cara mengelola berbagai tipe kepribadian dapat membantu Anda menavigasi politik di kantor dengan lebih baik di perusahaan Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu politik kantor, berbagai jenis perilaku yang akan Anda temukan di kantor dan bagaimana menangani politik kantor di perusahaan Anda sendiri.

Apa yang Dimaksud dengan Politik Organisasi?

Setiap bisnis memiliki hierarki, dan dengan hierarki ini muncul distribusi kekuasaan yang tidak merata.

Karyawan tertentu lebih cenderung mengejar kekuasaan ini daripada yang lain, yang dianggap sebagai perilaku politik di kantor. Istilah ‘politik kantor’, yang juga dikenal sebagai politik di organisasi, mengacu pada agenda setiap karyawan di dalam perusahaan dan kegiatan yang mereka lakukan untuk memperoleh, meningkatkan, dan menggunakan kekuasaan dan sumber daya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Politik kantor ada di sebagian besar organisasi. Semua karyawan mengalami dampak dari politik organisasi sepanjang karier mereka, baik positif maupun negatif.

Bagi sebagian orang, hal ini berarti terlibat dalam gosip kantor atau bertindak sebagai bagian dari klik, sementara bagi yang lain, hal ini berarti menaiki tangga karier dan menjadi seproduktif dan seefisien mungkin di kantor.

Baca juga: 12 Jenis Budaya Organisasi dan Peran HR dalam Membentuknya

gajihub 2

Apa saja Jenis Politik Kantor?

Self-promotion

Ketika seorang karyawan bertindak untuk memajukan karier mereka tanpa memperhatikan dampaknya terhadap orang lain di sekitar mereka.

Hal ini termasuk hal-hal seperti mengambil pujian atas ide orang lain dan merendahkan rekan kerja untuk membangun diri mereka sendiri. 

Faksionalisme

Sebuah kelompok menjadi terpecah berdasarkan tugas-tugas umum dan kepentingan bersama, dan kelompok-kelompok kecil ini membentuk aliansi yang selaras dengan tujuan mereka.

Dalam organisasi yang lebih besar, hal ini dapat membantu meningkatkan inovasi dan kelincahan. Namun, hal ini sering kali memiliki konsekuensi negatif karena setiap faksi berkomitmen untuk menang dengan cara apa pun.

Gatekeeping

Seorang karyawan atau sekelompok karyawan yang telah memiliki tingkat kekuasaan tertentu memblokir karyawan dan ide lain.

Mereka melakukan ini untuk mempertahankan kekuasaan mereka dan menghindari tantangan. Namun, hal ini menghambat inovasi dan mencegah talenta untuk berkembang di dalam organisasi.  

Teritorialisme

Seorang karyawan menjadi sangat terikat pada peran atau tugas tertentu dan tidak akan mengizinkan orang lain untuk melakukannya. Misalnya, seorang manajer yang menolak untuk menyerahkan kendali sebuah proyek.

Baca juga: Cara Melakukan Upskill Karyawan dan Contohnya

Tingkatan politik di kantor

Seringkali, politik di kantor dapat berada dalam tingkatan tertentu. Misalnya, beberapa contoh politik di kantor tampaknya tidak ada atau moderat, sementara yang lain sangat intens.

Derajat atau tingkatan politik di kantor ini terkadang memiliki perilaku yang berbeda sesuai dengan dinamika kantor:

Rendah hingga tidak ada

Politik di kantor yang rendah hingga tidak ada dapat menunjukkan bahwa perusahaan lebih mengutamakan hasil daripada menciptakan budaya dan membangun hubungan dengan rekan kerja.

Ketika suasana politik sangat minim, persyaratan untuk promosi, standar untuk memimpin dan mengelola tim, serta ekspektasi perilaku biasanya diuraikan dengan jelas. Rekan kerja dapat memahami peran mereka dan dapat menikmati rasa kebersamaan satu sama lain.

Moderat

Di kantor yang berpolitik moderat, standar perilaku dan peraturan masih dapat diikuti, ditegakkan dan dipahami. Namun, tingkat politik di kantor ini mungkin ada di dalam tim atau departemen kecil, dan meskipun mungkin ada konflik, namun jarang terjadi dan mudah diselesaikan.

Mungkin juga terdapat mentalitas “team player“, di mana karyawan perusahaan mungkin mampu menghadapi contoh-contoh kecil politik di kantor, meskipun mereka lebih memilih untuk menghindarinya.

Baca juga: Mengetahui Graphic Rating Scale dalam Penilaian Kinerja

Tinggi

Di kantor yang sangat politis, peraturan formal, ekspektasi manajemen dan standar perilaku mungkin ada, namun mungkin hanya ditegakkan pada saat-saat yang tepat bagi karyawan yang memiliki posisi lebih tinggi.

Mungkin juga ada sekelompok kecil kolega yang menyingkirkan kelompok kecil atau individu lainnya. Meremehkan pekerjaan staf lain mungkin juga merupakan karakteristik dari lingkungan yang sangat politis.

Seringkali, bekerja di organisasi dengan karakteristik ini bisa sangat menegangkan, namun, banyak pebisnis yang mungkin juga belajar bagaimana berinteraksi dan mengelola karier mereka di tempat yang memiliki tingkat politik seperti ini.

Patologis

Ketika politik di kantor mencapai tingkat patologis, interaksi dan aktivitas sehari-hari bisa menjadi sangat menegangkan.

Di kantor seperti ini, mungkin merupakan hal yang biasa bagi staf untuk mencapai tujuan dan memenuhi sasaran dengan mengabaikan persyaratan formal, aturan dan peraturan, serta menghindari pengawasan atasan terhadap perilaku politik.

Rekan kerja yang bekerja di lingkungan seperti ini biasanya menunjukkan tingkat ketidakpercayaan yang tinggi, yang pada akhirnya berakibat pada penurunan produktivitas.

Baca juga: Apa itu Budaya Organisasi Clan Culture?

Faktor yang Berkontribusi Terhadap Politik Kantor

politik kantor 2

Ada beberapa faktor yang berkontribusi pada tingkat politik di kantor, yang paling kecil di antaranya adalah keinginan karyawan untuk memajukan karier mereka.

Selain itu, faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberadaan politik di kantor dapat bersifat organisasional atau faktor individu yang berperan dalam menciptakan atmosfer politik.

Berikut ini adalah contoh-contoh faktor organisasi atau individu yang dapat berkontribusi terhadap politik di kantor:

  • Investasi yang tinggi dari seorang karyawan di perusahaan dapat menyebabkan manipulasi promosi, kenaikan jabatan, atau bantuan yang mereka rasa menjadi hak mereka.
  • Seorang karyawan yang mungkin bercita-cita untuk mendapatkan popularitas sambil menghindari kerja keras yang konsisten.
  • Kurangnya pengawasan atau penegakan protokol.
  • Terbentuknya kelompok-kelompok kecil karena kurangnya organisasi bisnis, atau karena merajalelanya rumor atau gosip.
  • Supervisor, manajer dan atasan lain dalam organisasi yang mungkin sombong, suka menghakimi atau bersikap keras dan tidak bisa didekati.

Meskipun mungkin selalu ada tingkat mentalitas “team player” atau tingkat politik kantor, ada juga cara yang efektif untuk mengelola cara Anda menghadapinya.

Baca juga: Cara Membuat CV yang Menarik dan Dilirik HRD

Cara Mengelola dan Menghadapi Politik Kantor

Politik di kantor tidak selalu berarti kejadian atau tindakan negatif. Jika digunakan secara positif, politik di kantor tidak hanya dapat membantu menumbuhkan lingkungan yang penuh persahabatan, membantu memotivasi tim proyek, departemen penjualan, atau anggota tim dan staf lainnya untuk bekerja mencapai tujuan bersama bagi organisasi mereka.

Strategi berikut ini dapat digunakan untuk mengatasi lingkungan yang sangat politis, dan juga membantu mengubah politik menjadi alat yang positif:

1. Memahami dinamika organisasi

Politik di kantor terkadang dapat melewati atau menghindari struktur organisasi resmi. Salah satu cara untuk menghadapi politik di kantor adalah dengan mengamati bagaimana rekan kerja dan atasan Anda menavigasi struktur ini.

Demikian pula, perhatikan ketika jabatan atau atasan seseorang diabaikan demi kepentingan mereka yang memiliki kekuasaan dan pengaruh dalam organisasi Anda.

Selain itu, Anda dapat mengamati dan mencatat politik positif yang ada di kantor Anda. Rekan kerja yang dapat Anda pelajari dapat mencakup mereka yang bertindak sebagai mentor, supervisor yang memberikan umpan balik yang efektif dan berkesinambungan, atau rekan kerja lain yang memiliki pengaruh positif di kantor Anda.

2. Pelajari tentang jaringan informal

Setelah mengamati dinamika organisasi formal, Anda juga dapat mempelajari jaringan informal yang ada di kantor.

Misalnya, Anda dapat memperhatikan bagaimana orang-orang bersosialisasi dengan mereka yang memiliki kekuasaan dibandingkan dengan mereka yang memiliki kekuasaan yang minim.

Anda juga dapat memperhatikan kolega mana yang bergaul dengan baik dan kolega mana yang tampaknya lebih suka menghindari satu sama lain.

Memahami bagaimana jaringan sosial perusahaan Anda pada akhirnya dapat membantu Anda menavigasi lingkungan politik yang negatif sambil meningkatkan atmosfer positif.

3. Membangun hubungan dengan kolega

Setelah Anda belajar dan memahami norma-norma sosial di kantor Anda, Anda bisa mulai membangun hubungan dengan kolega Anda.

Anda selalu dapat bersikap ramah dan mendukung rekan kerja yang berinteraksi dengan Anda, namun, Anda dapat mempertimbangkan untuk tidak memihak pada individu atau tim tertentu daripada yang lain.

Ketika Anda tetap bersikap ramah kepada semua kolega Anda dan menawarkan persahabatan. Anda dapat menunjukkan bahwa Anda terbuka untuk membangun hubungan profesional dan memperluas jaringan Anda.

Baca juga: HR Operation: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Tujuannya

4. Memanfaatkan jaringan Anda

Ketika Anda mulai membangun hubungan dengan rekan kerja dan memperluas jaringan, Anda dapat memanfaatkan jaringan Anda sebagai sarana untuk menawarkan dukungan dalam situasi yang penuh tekanan, berkolaborasi dalam ide-ide untuk perbaikan dan menerapkan tujuan tim dan strategi motivasi positif untuk membantu memberi manfaat bagi kantor Anda.

Memiliki jaringan profesional yang kuat juga dapat meyakinkan Anda bahwa Anda percaya diri dalam menavigasi politik di kantor yang minimal hingga moderat.

5. Mengembangkan keterampilan interpersonal

Ketika Anda membangun hubungan dengan rekan kerja, Anda juga dapat mengembangkan keterampilan interpersonal Anda.

Keterampilan interpersonal pada akhirnya dapat membantu Anda mencapai kesuksesan sosial di kantor, karena Anda dapat belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerja dan atasan.

Selain itu, hubungan profesional Anda dapat terus berkembang berdasarkan keterampilan interpersonal yang efektif, sehingga membangun jaringan dan mengembangkan keterampilan ini dapat menjadi siklus pengembangan keterampilan dan membangun pertemanan.

6. Tingkatkan kepercayaan diri Anda

Ketika Anda belajar menavigasi di kantor politik, Anda mungkin juga menemukan bahwa cara Anda berperilaku, cara Anda mempertahankan nilai-nilai Anda dan cara Anda berinteraksi dengan orang lain pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan diri Anda secara keseluruhan.

Memiliki kepercayaan diri di kantor dapat menjadi hal yang penting dalam mengelola tidak hanya tugas pekerjaan Anda, tetapi juga suasana politik organisasi Anda, jika memang ada.

Baca juga: 15 Cara Menghilangkan Ngantuk di Kantor Paling Efektif

7. Tetap netral dalam situasi negatif

Jika politik di kantor dalam organisasi Anda meningkat intensitasnya, Anda selalu dapat memilih untuk tetap netral.

Mengulangi dan menyatakan kembali nilai-nilai inti dan tujuan pekerjaan Anda dapat membantu menempatkan Anda di sisi yang berlawanan dengan konflik apa pun, sekecil apa pun.

Selain itu, memilih untuk menjauh dari diskusi, sosialisasi, atau keberpihakan yang terlalu politis dapat membantu menekankan keinginan Anda untuk tetap tidak terlibat dan netral dalam situasi tersebut.

8. Membantu mendorong perubahan positif

Jika Anda menyadari bahwa organisasi Anda memiliki tingkat politik kantor yang berpotensi berdampak negatif pada perusahaan, Anda dapat memilih untuk bertindak mendukung perubahan untuk menghindari tingkat politik yang lebih tinggi.

Misalnya, Anda dapat menawarkan untuk berkolaborasi dengan beberapa kolega untuk membuat aktivitas pembangunan tim guna membantu tim atau departemen yang berbeda bekerja dan berinteraksi bersama ketika mereka mungkin belum melakukannya.

Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menawarkan dukungan saat konflik muncul dalam bentuk dokumentasi, nasihat atau bimbingan untuk mengatasi pelanggaran kecil.

Jika Anda dapat menunjukkan bahwa Anda bermotivasi untuk membuat perubahan positif di kantor, rekan kerja Anda dapat melihatnya dan bahkan mungkin termotivasi untuk terlibat.

Baca juga: 15 Alasan Resign Terbaik dan Tetap Profesional

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa konflik politik di kantor adalah masalah yang sering terjadi dan dapat memberikan dampak positif dan juga negatif terhadap produktivitas dan kerja sama antar pegawai.

Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengelola menangani konflik politik di kantor, seperti dengan membuat aturan main yang jelas, meningkatkan komunikasi antar pegawai, memperkuat kebersamaan dan kerja sama, serta mengimplementasikan prinsip meritokrasi.

Melalui artikel dari kasus yang telah dijelaskan di atas, dapat dilihat bahwa penanganan politik di kantor yang tepat dapat memberikan hasil yang positif dan meningkatkan kinerja kantor secara keseluruhan.

Oleh karena itu, perlu diingat bahwa menyelesaikan konflik politik di kantor bukanlah hal yang sepele dan membutuhkan perhatian serius dari seluruh pegawai.

Jika Anda adalah pemilik bisnis atau HR manager, pastikan juga Anda menggunakan tools yang tepat untuk mengelola seluruh data karyawan Anda dengan lebih mudah dan lebih baik menggunakan software payroll dan HR online seperti Gajihub.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda tidak hanya mendapatkan kemudahan dalam mengelola manajemen data karyawan, namun juga mengelola payroll, tunjangan, dan membuat karyawan Anda menjadi lebih mudah dalam melakukan pencatatan kehadiran dan pengajuan cuti hanya melalui smartphone.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

2 thoughts on “Pengertian Politik Kantor dan Cara Menghadapinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *