15 Cara Menghilangkan Ngantuk di Kantor Paling Efektif

cara menghilangkan ngantuk

Mengantuk di kantor adalah hal yang sering dialami karyawan. Karena bisa menganggu produktivitas kerja di kantor, karyawan biasanya akan mencari cara menghilangkan ngantuk di kantor.

Apakah Anda sering mengalami ngantuk di kantor ini? Bagaimana cara Anda menghilangkan ngantuk di kantor ini?

Karena tidak boleh dibiarkan terus menerus, Anda harus menemukan cara menghilangkan rasa kantuk agar bisa berkonsentrasi saat bekerja. Yuk baca 15 cara menghilangkan ngantuk di kantor yang ada di bawah ini:

Penyebab Ngantuk di Kantor

cara menghilangkan ngantuk

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi rasa kantuk di kantor, Anda wajib mengetahui penyabab Anda mengantuk di kantor. Apa saja penyebab mengantuk di kantor ini? Simak jawabannya di bawah ini:

1. Kurang Tidur

Penyebab Anda merasa mengantuk di kantor adalah karena kurang tidur. Tidur merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi seseorang agar bisa beraktivitas dengan baik.

Seseorang membutuhkan tidur selama 7 hingga 8 jam setiap hari. Jadi, jika Anda tidur kurang dari kebutuhan tersebut Anda akan merasa mengantuk saat di kantor.

Kurang tidur memang menjadi permasalahan yang sering dialami oleh pada pekerja atau karyawan. Bekerja dari pagi hingga sore (bahkan malam) dan masih ada aktivitas lainnya di malam hari membuat banuak karyawan merasa kurang tidur.

Jika penyebab Anda mengantuk di kantor karena kurang tidur ini, pastikan Anda memperbaiki pola tidur Anda mulai dari sekarang. Pola tidur yang baik akan membuat pola hidup Anda menjadi lebih baik.

2. Mengalami Stres dan Depresi

Penyabab kedua mengantuk saat bekerja adalah karena mengalami stres dan depresi. Stres dan depresi sangat berpengaruh terhadap pola tidur seseorang.

Ketika seseorang mengalami stres dan depresi, ia akan mengalami kesulitan tidur di malam hari dan alhasil merasa mengantuk di siang hari. Gejala dari stres dan depresi ini antara lain Anda mengalami insomnia hingga sindrom kaki gelisah.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Anda

3. Dehidrasi

Cairan tubuh jadi bagian penting yang harus dipenuhi untuk bisa hidup sehat. Dehidrasi adalah keadaan dimana Anda mengalami kekurang cairan tubuh atau bahasa sederhananya Anda kurang minum.

Selain akan mengganggu kesehatan Anda, dehidrasi juga bisa menyebabkan Anda merasa mengantuk ketika di kantor. Jadi, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda dengan minum yang cukup 2 liter per hari ya!

4. Konsumsi Kafein secara Berlebihan

Memang kandungan kafein yang ada dalam kopi bisa membantu mengatasi rasa kantuk, namun jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan justru bisa membuat Anda semakin mengantuk, lho.

Selain kafein, mengonsumsi alkohol juga bisa mengakibatkan Anda mengantuk di siang hari. Jadi, agar Anda bisa produktif dan efektif dalam bekerja, hidari minuman-minuman berkafein dan beralkohol.

Anda bisa menggantinya dengan makanan dan minuman yang lebih sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan minum air putih.

5. Kurang Gerak

Salah satu masalah yang sering dialami pekerja kantoran adalah kurangnya gerak. Tidak hanya berpengaruh ke kesehatan tubuh, kurang gerak juga bisa mengakibatkan Anda merasa ngantuk di kantor.

Lalu bagaimana cara menyiasati kurang gerak ini? Anda bisa melakukan stretching setiap pagi dan olahraga ringan setiap hari. Dengan begitu sirkulasi darah dalam tubuh bisa lancar dan Anda bisa merasa segar saat bekerja.

gajihub 4

Baca Juga: Manfaat Pemantauan Produktivitas Karyawan dan Caranya

Cara Menghilangkan Ngantuk di Kantor

Berikut 15 cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan ngantuk di kantor:

1. Jalan Kaki Sebelum Bekerja

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa mengantuk di kantor adalah dengan berjalan kaki sebelum bekerja. Anda bisa melakukannya dengan jalan kaki mengelilingi area tempat tinggal Anda sebelum berangkat kerja.

Cara ini bisa membantu Anda menghilangkan rasa mengantuk Anda, khususnya buat Anda yang mengantur karena kurang gerak. Jalan kaki sebelum memulai kerja akan membuat Anda merasa lebih segar.

Jika Anda bekerja tidak terlalu jauh dari rumah, Anda bisa jalan kaki saat berangkat ke kantor.

2. Lakukan Istirahat di Sela Pekerjaan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan istirahat di sela-sela pekerjaan. Istirahat ini bisa Anda lakukan untuk jalan-jalan di dalam kantor, mengobrol bersama teman kerja, mengecek media sosial, hingga mendengarkan musik.

Anda bisa melakukannya selama beberapa waktu dan jangan kelebihan ya! Ini adalah cara yang lumayan ampuh untuk menghilangkan kantuk Anda, terlebih jika Anda mengantuk karena bosan dengan pekerjaan Anda.

Baca Juga: Mengetahui Pentingnya Six Sigma dalam Proses HR

3. Minum Kopi

Cara selanjutnya menghilangkan ngantuk di kantor yang bisa Anda lakukan adalah dengan minum kopi. Kopi mengandung kafein yang bisa membuat Anda terjaga dan menghilangkan rasa kantuk.

Meski begitu, mengonsumsi kopi secara berlebihan akan berdampak buruk untuk kesehatan Anda, seperti bisa meningkatkan irama detak jantung dan menaikan asam lambung.

Jadi, konsumsi kopi secara wajar.

4. Minum Air Putih

Minum air putih bisa menjadi solusi buat Anda yang mengantuk di kantor. Cara ini sangat tepat buat Anda yang mengantuk karena dehidrasi.

Selain bisa menghilangkan rasa kantuk, minum air putih juga baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan minum, Anda bisa lebih segar dan bugar saat bekerja di kantor.

5. Kerja di Ruangan yang Lebih Terang

Tahukah Anda bahwa bekerja di ruangan yang gelap atau redup bisa membuat Anda mengantuk? Jika Anda merasa mengantuk karena ruangan tempat Anda bekerja gelap atau redup, Anda bisa membuat ruangan Anda lebih terang agar bisa mengurangi rasa kantuk tersebut.

Jika Anda bekerja di siang hari, Anda bisa bekerja di dekat jendela yang bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung. Bekerja di ruangan yang terang juga bisa membantu mata Anda lebih sehat karena ketika bekerja di ruangan redup atau gelap membuat mata Anda bekerja lebih berat.

Baca Juga: Pengertian Kaizen, Manfaat, dan Penerapan di Dunia Kerja

6. Makan Makanan Ringan yang Sehat

Gula yang terkandung pada makanan ringan bisa menyebabkan rasa kantuk saat bekerja. Jadi, buat Anda yang memiliki kebiasaan nyemil saat kerja, Anda bisa menggantinya dengan makanan ringan yang lebih sehat.

Hindari makanan-makanan manis yang mengandung banyak gula atau junk food karena selain bisa menyebabkan kantuk saat bekerja, makanan-makanan ini juga tidak baik untuk kesehatan.

Anda bisa mengganti cemilan Anda dengan buah-buahan, yogurt, atau kacang-kacangan.

7. Dengarkan Musik Ceria

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa mengantuk ketika bekerja di kantor adalah mendengarkan musik ceria. Ketika Anda bekerja di kantor Anda bisa menggunakan earphone atau headset untuk mendengarkan musik.

Hindari musik-musik melow dan ganti dengan musik ceria. Musik ceria dipercaya bisa menghadirkan suasana ceria dan dari situ kantuk Anda bisa berkurang.

8. Tidur yang Cukup dan Tepat Waktu

Sebagian besar penyebab rasa kantuk saat bekerja adalah karena kurangnya jam tidur di malam hari. Pola tidur yang buruk masih menjadi permasalahan karyawan yang bekerja kantoran, apalagi yang bekerja hingga lembur.

Jadi, jika Anda tidak ingin mengantuk saat bekerja, Anda harus mengatur pola tidur Anda dengan baik sehingga Anda bisa tidur yang cukup dan tepat waktu. Penuhi kebutuhan tidur Anda yakni selama 7 hingga 8 jam per hari.

Baca Juga: Cara Melakukan Job Design untuk Para HR Manager

9. Cuci Muka

Cuci muka bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan ngantuk di kantor. Ketika wajah Anda terkena air, Anda bisa menjadi lebih segar.

Anda bisa meninggalkan meja kerja Anda beberapa menit dan setelah cuci muka Anda bisa meluangkan waktu menikmati udara segar. Ini juga bisa membantu Anda menghilangkan rasa mengantuk di kantor.

10. Jangan Lupa Stretching

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan stretching atau peregangan. Ini bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan Anda.

Anda yang bekerja di kantor biasanya akan duduk selama berjam-jam. Ini pastinya tidak baik untuk kesehatan dan juga mengakibatkan terus merasa mengantuk.

Oleh karenanya stretching dilakukan agar rasa kantuk yang Anda rasakan bisa menghilang.

11. Tidur Siang

Jika memungkinkan, Anda bisa tidur siang untuk menghilangkan rasa mengantuk Anda. Ambilah waktu sekitar 10 hingga 20 menit saat jam istirahat untuk tidur siang.

Dengan tidur siang ini, Anda bisa mengatur ulang otak Anda dan bisa mengurangi rasa kantuk yang Anda rasakan.

Baca Juga: Pembahasan Lengkap Employee Life Cycle

12. Lakukan Pekerjaan Lain

Bisa jadi Anda merasa mengantuk karena bosan dengan pekerjaan yang saat ini Anda pegang. Jika karena ini, Anda bisa melakukan pekerjaan lain.

Melakukan pekerjaan lain bisa memberikan suasana dan tantangan baru. Anda juga bisa lebih semangat, terlebih setelah berhari-hari memegang pekerjaan yang sama.

13. Lakukan Meditasi

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi sangat baik untuk kesehatan pernapasan dan melatih fokus.

Anda bisa melakukannya dengan duduk tegap dan atur napas dengan baik. Jika Anda harus melakukan meditasi dengan musik, gunakan earphone agar tidak mengganggu rekan kerja Anda.

gajihub 1

14. Bergerak atau Berjalan

Kurang gerak bisa menjadi salah satu penyebab Anda merasa mengantuk saat bekerja. Solusinya adalah dengan bergerak atau berjalan.

Karyawan yang bekerja kantoran disarankan memberikan waktu untuk berjalan di sela-sela waktu kerja. Anda bisa berjalan ke kamar mandi atau naik-turun tangga dan dijamin rasa kantuk Anda bisa berkurang.

15. Istirahat dari Layar Komputer

Sinar radiasi yang dihasilkan oleh layar komputer bisa menyebabkan mata Anda lelah dan Anda merasa mengantuk saat bekerja. Ketika hal ini terjadi, solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan istirahat dari layar komputer.

Tidak hanya layar komputer, Anda juga menjauhkan mata Anda dari layar HP dan gadget lainnya. Lakukan selama beberapa menit dan ganti lihat pemandangan yang hijau atau objek berwarna putih.

Cara ini bisa membantu Anda menghilangkan ngantuk karena pengaruh layar komputer.

Baca Juga: Gap Year: Pengertian, Alasan, dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menghilangkan ngantuk di kantor yang bisa Anda lakukan. Mengantuk adalah salah satu keadaan yang wajar terjadi ketika Anda sedang bekerja, terlebih jika Anda memang memiliki kebiasaan tidur siang.

Tapi jika hal itu terjadi secara terus menerus, ini menandakan ada yang salah dengan pola tidur Anda. Tidurlah dengan cukup untuk mengurangi rasa kantuk yang Anda rasakan di kantor. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar Anda bisa lebih segar dan bertenaga saat bekerja.

Selain cara di atas, perusahaan juga bisa meningkatkan semangat kerja karyawan dengan cara memberikan fasilitas terbaik untuk karyawan. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan.

GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan. Salah satunya adalah fitur absensi online. Di fitur ini karyawan bisa langsung melakukan absensi dari smartphone.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *