Menarik! Ini 6 Manfaat Bayar Invoice Pakai Kartu Kredit

Kartu kredit

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar “kartu kredit”? Meski memang terkesan negatif karena banyak yang memakai untuk kebutuhan konsumtif, ternyata kartu kredit juga bisa digunakan untuk kegiatan produktif sehingga menghasilkan profit bagi bisnis, lho.

Seiring perkembangan zaman, pandangan terhadap kartu kredit semakin luas, tidak hanya sebagai alat pembayaran untuk kebutuhan pribadi, tetapi juga sebagai alat strategis dalam mengelola keuangan bisnis.

Dalam konteks ini, termasuk untuk membayar invoice ke supplier, vendor, dan mitra bisnis lainnya. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya sampai bawah!

1. Mendapatkan Tambahan Tempo Pembayaran

Dalam menghadapi pasang surutnya dalam berbisnis, apakah Anda pernah mengalami keterlambatan dalam melakukan pembayaran invoice karena tempo pembayaran yang diberikan sangat pendek? Sudahi itu, Anda bisa mendapatkan tambahan tempo dengan kartu kredit, lho.

Misalnya, Anda punya invoice yang harus dibayar ke supplier dalam waktu 30 hari setelah invoice dikirim. Nah, kartu kredit akan memberikan Anda tambahan waktu, bervariasi antara 40 hingga 60 hari tergantung jenis kartu yang Anda gunakan.

Dengan begitu, secara total, tempo yang Anda miliki berjumlah 30 hari dari supplier + 60 hari dari kartu kredit, jadi total 90 hari. Hal ini bisa terjadi dengan asumsi Anda punya kartu kredit dengan tempo di 60 hari, ya.

Bagaimana, sangat membantu kan? Dengan tambahan tempo ini, seperti memberikan Anda ruang bernafas lebih untuk mengelola cash flow jadi lebih lancar, apalagi jika keadaan keuangan bisnis Anda sedang tidak baik-baik saja.

Baca juga: Medical Reimbursement: Pengertian, Ketentuan, Hingga Prosedurnya

2. Lebih Mudah Dilacak Karena Sudah Tercatat Otomatis

Perbandingan Pembayaran Pakai Kartu Kredit vs Debit
Perbedaan Pembayaran Pakai Kartu Kredit vs Debit (Sumber: BigPay)

Ketika Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar invoice, semua transaksi akan langsung tercatat otomatis dalam satu laporan credit card bulanan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot lagi memeriksa banyak sumber data atau mencari bukti pembayaran secara terpisah.

Nah, hal ini bisa memudahkan Anda dalam melacak dan mencatat laporan pengeluaran bisnis. Anda bisa lebih praktis melihat rincian pembelian, tanggal, hingga jumlah pembayaran di pernyataan kartu kredit. Selain itu, jadi lebih hemat waktu dan usaha juga kan?

Baca juga: 10 Tips Mengoptimalkan Sistem Insentif untuk Tingkatkan Kinerja

3. Meminimalisir Fraud

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Menggunakan kartu kredit untuk pembayaran invoice dapat memberikan lapisan keamanan tambahan untuk meminimalisir risiko fraud.

Kartu kredit umumnya memiliki kebijakan proteksi konsumen yang lebih baik dibandingkan dengan kartu debit, seperti chip dan PIN atau verifikasi dua faktor. Jika terjadi transaksi yang tidak sah, konsumen biasanya dapat melaporkan dan mendapatkan pengembalian dana.

Meskipun demikian, tetaplah penting untuk menjaga keamanan informasi kartu kredit Anda dan mengikuti praktik keamanan yang disarankan.

4. Mengelola Anggaran Anda Lebih Efektif

Dengan menggunakan metode pembayaran credit card untuk pembayaran invoice dan melacak pengeluaran, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang anggaran Anda dan cara mengelolanya secara efektif.

Untuk menggunakan credit card sebagai alat bantu penganggaran, penting untuk melacak pengeluaran Anda dan menetapkan batas pengeluaran yang sesuai dengan anggaran Anda.

Katakanlah Anda sedang berusaha mengurangi pengeluaran dan ingin melacak pengeluaran Anda dengan lebih cermat. Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit Anda untuk melakukan semua pembelian Anda selama sebulan dan kemudian meninjau laporan keuangan bisnis di akhir bulan untuk melihat ke mana saja dalam bisnis dihabiskan.

Anda mungkin menyadari bahwa Anda menghabiskan terlalu banyak uang untuk pos pengeluaran terterntu dan memutuskan untuk mengurangi pengeluaran tersebut untuk bulan berikutnya. Bank-bank terkemuka bahkan menyediakan dasbor yang berisi kategori pengeluaran sehingga Anda dapat mengendalikan kebiasaan belanja Anda.

Baca juga: 25 Contoh KPI Departemen Keuangan dan Cara Meningkatkannya

5. Benefit Tambahan Berupa Point & Miles

Pihak penerbit credit card biasanya menawarkan program penghargaan berupa point & miles yang bisa Anda kumpulkan setiap kali transaksi. Nah, point & miles ini bisa Anda tukarkan dengan diskon, hadiah, atau bahkan perjalanan bisnis secara gratis.

Termasuk untuk bayar invoice, Anda bisa mengumpulkan poin jadi lebih banyak. Semisal bisnis Anda seringkali membutuhkan perjalanan jauh, tentu ini sangat bermanfaat karena bisa menghemat biaya yang dibutuhkan. 

gajihub 3

6. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Pembayaran invoice menggunakan kartu kredit bisa membantu meningkatkan reputasi bisnis. Kok bisa? Jawabannya, karena Anda bisa bayar invoice lebih cepat dengan credit card. Dengan begitu, Anda akan dianggap kredibel atau profesional di mata supplier atau mitra bisnis lainnya.

Selain itu, hal ini juga mencerminkan bahwa keuangan Anda sehat. Oleh karena itu, supplier atau mitra bisnis akan melihat bahwa Anda memiliki keandalan dalam pembayaran, sehingga mungkin mereka lebih tertarik untuk menjalin kerja sama jangka panjang. Sangat penting kan kerja sama jangka panjang dengan mitra bisnis?

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Karyawan

Kesimpulan

Itu dia keuntungan bayar invoice pakai kartu kredit yang wajib Anda ketahui sebagai pebisnis. Jadi, pemilihan credit card untuk membayar invoice adalah langkah cerdas untuk meningkatkan efisiensi keuangan bisnis Anda. 

Dengan berbagai keuntungan yang tersedia, Anda bisa mengoptimalkan operasional keuangan bisnismu dan sepenuhnya fokus pada pertumbuhan. Jadi, jangan perlu ragu lagi, pilihlah opsi pembayaran dengan kartu kredit sekarang juga dan nikmati segala keuntungannya!

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Gajihub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *