Farewell Message: Arti, Cara Menulis, Tips, Hingga Contohnya

farewell message 1

Farewell message atau pesan perpisahan memiliki peran penting dalam konteks profesional, karena tidak hanya menyampaikan penghargaan terhadap kontribusi dan kerjasama rekan kerja yang resign, tetapi juga menciptakan momen terakhir yang berkesan.

Keterlibatan emosional ini dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif dan terbuka, di mana setiap individu merasa dihargai dan diakui. Oleh karena itu, farewell message bukan hanya formalitas, tetapi juga menjadi salah satu cara untuk memupuk hubungan sehat di tempat kerja.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa itu farewell message, manfaat, hingga contohnya.

Apa yang Dimaksud dengan Farewell Message?

Secara sederhana, farewell message atau pesan perpisahan adalah bentuk komunikasi yang melibatkan emosional antara atasan atau rekan kerja dengan karyawan yang akan meninggalkan perusahaan. Tujuannya adalah mengakui dan merayakan kontribusi mereka selama bekerja di perusahaan.

Dengan menyampaikan pesan yang relevan sambil tetap menjaga ketenangan dan profesionalisme, pesan perusahaan dapat dapat membuat mereka merasa dihargai dan menunjukkan bahwa perusahaan peduli dengan karyawan tersebut.

Baca Juga: Halo Effect, Apa itu dan Bagaimana Dampaknya di Tempat Kerja?

farewell message 1

Apakah Farewell Message itu Penting?

Ya, farewell message sangat penting, sebab semua orang ingin merasa dihargai dan meninggalkan kesan yang baik di tempat kerja sebelum melanjutkan ke pekerjaan baru.

Selain menjaga hubungan profesional, menulis pesan perpisahan kepada rekan kerja memberikan akhir penutupan, baik untuk Anda maupun rekan kerja yang akan pergi.

Dengan menulis pesan tersebut, Anda berkesempatan untuk mengucapkan terima kasih atas segala pencapaian orang tersebut. Hal ini menjadi kesempatan terakhir Anda untuk menunjukkan terima kasih Anda atas konteribusinya kepada tim atau kepada Anda secara pribadi.

Penelitian menunjukkan bahwa pesan perpisahan yang baik dapat menjadi motivasi untuk kesuksesan lebih lanjut. Sebab, orang yang mendapatkan perpisahan secara baik dari rekan kerja memiliki transisi yang lebih mudah ke pekerjaan berikutnya.

Dengan demikian, mengucapkan farewell message kepada rekan kerja menjadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka memulai pekerjaan baru dengan baik.

Jika Anda tidak sempat memberikan selamat tinggal yang layak kepada rekan kerja pada hari terakhir mereka, Anda dapat mengirimkan pesan ke alamat email pribadi mereka.

Baca Juga: Life Skill, Apa itu dan Bagaimana Tips Mengembangkannya?

Bagaimana Cara Terbaik Menyampaikan Farewell Message?

Berikut adalah empat cara untuk menyampaikan pesan perpisahan yang sepenuh hati namun tetap profesional:

1. Kirim Kartu atau Hadiah

Sebuah kartu ucapan selamat tinggal atau hadiah sederhana dapat menyampaikan banyak hal. Di sini, Anda memiliki kesempatan untuk menulis catatan selamat tinggal secara mandiri atau melibatkan rekan kerja lain.

Kartu ucapan juga dapat menjadi kenang-kenangan yang baik bagi rekan kerja yang akan pergi. Mereka dapat membawanya ke mana pun mereka pergi selanjutnya, dan itu akan mengingatkan mereka pada perusahaan.

2. Berbicara Langsung

Jika rekan kerja Anda sangat berarti bagi Anda, sebaiknya ucapkan selamat tinggal secara langsung. Membagikan pesan perpisahan secara pribadi dapat mencerminkan hubungan pribadi Anda. Jadi, jangan takut untuk menjadi jujur dan menyampaikan perasaan Anda tentang kepergian mereka.

Namun, hindari membahas obrolan yang berfokus pada diri sendiri, sebab situasi ini mungkin menjadi momen sulit bagi mereka, sehingga pastikan untuk tidak membiarkan Anda mengambil alih momen tersebut.

3. Mengadakan Pesta Perpisahan

Siapkan dekorasid an pesan kue atau camilan lainnya. Undang rekan kerja Anda untuk bersama-sama tertawa dan mengenang waktu mereka saat bekerja di perusahaan ini. Kemudian, nikmatilah waktu kebersamaan yang akan menjadi momen-momen yang dirindukan ketika mereka sudah berhenti bekerja.

4. Mengirim Email atau Pesan

Dalam lingkungan kerja jarak jauh, Anda perlu menjadi seseorang yang kreatif. Mungkin Anda tidak bisa berkumpul secara langsung, tetapi Anda masih bisa menyampaikan harapan terbaik untuk mereka melalui email, pesan di platform seperti Slack, ataupun mengatur panggilan video.

Mengirim email pribadi juga bisa menjadi opsi. Tidak ada yang salah dengan mengirimkan beberapa paragraf ke email rekan kerja yang akan resign untuk menjelaskan apa yang Anda nikmati selama bekerja bersama.

Ini juga menjadi cara yang baik untuk bertukar informasi kontak agar tetap dapat berkomunikasi.

Baca Juga: 15 Alasan Resign Terbaik dan Tetap Profesional

Apa yang Harus Ada dalam Farewell Message?

Menulis pesan perpisahan bisa menjadi cara tulus untuk menyatakan apresiasi, ucapan terbaik, dan rasa terima kasih kepada seseorang yang akan pergi, baik itu rekan kerja, teman, atau anggota keluarga.

Berikut adalah beberapa elemen yang mungkin ingin Anda sertakan dalam pesan perpisahan Anda:

1. Salam

Mulailah dengan sapaan hangat dan ramah, menyebutkan nama orang tersebut.

2. Ucapkan Terima Kasih

Mulailah dengan menyatakan rasa terima kasih dan apresiasi atas waktu yang telah Anda habiskan bersama atau atas kontribusi yang telah diberikan orang tersebut. Sebutkan secara spesifik hal-hal yang membuat Anda berterima kasih.

3. Sebutkan Kualitas Positif

Soroti kualitas positif, keterampilan, atau karakteristik positif dari orang tersebut yang Anda kagumi atau yang akan Anda rindukan.

4. Bagikan Kenangan

Ceritakan satu atau dua kenangan yang menyenangkan yang telah Anda bagikan dengan orang tersebut. Bisa berupa kisah lucu atau menyentuh yang mencerminkan esensi hubungan Anda.

5. Akui Prestasinya

Jika ini adalah perpisahan dalam konteks profesional, akui prestasi dan kontribusi orang tersebut terhadap tim atau organisasi.

gajihub 1

Baca Juga: 15 Alasan Berhenti Kerja Terbaik dan Masuk Akal

6. Berikan Ucapan Terbaik

Berikan ucapan terbaik untuk masa depan orang tersebut, baik itu dalam pekerjaan baru, masa pensiun, atau perubahan hidup lain yang mereka alami.

7. Berikan Informasi Kontak

Jika Anda ingin tetap berhubungan, sampaikan keinginan Anda untuk melakukannya dan berikan informasi kontak Anda.

8. Gunakan Bahasa Positif dan Optimis

Pertahankan nada yang positif dan optimis, meskipun Anda merasa sedih tentang kepergian orang tersebut. Pesan Anda seharusnya membuat mereka tersenyum.

9. Personalisasi Pesan

Jadikan pesan pribadi dan sesuaikan dengan hubungan Anda dengan individu tersebut. Hindari menggunakan frasa general.

10. Penutup

Akhiri pesan Anda dengan penutup hangat, seperti “Salam hormat,” “Semoga yang terbaik,” atau sesuatu yang serupa, diikuti dengan nama Anda.

Berikut adalah contoh template pesan perpisahan:

Halo [Nama],

Saya ingin menyampaikan pesan perpisahan dengan penuh apresiasi dan ucapan terbaik untuk Anda. Sebagai langkah awal, ijinkan saya mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam atas kontribusi dan waktu yang berharga yang telah Anda berikan selama kita bersama di [Perusahaan/Tempat].

Selama ini, saya sangat menghargai kualitas positif yang Anda bawa, seperti [sebutkan kualitas positif], yang telah menjadi inspirasi bagi kita semua. Kenangan indah yang telah kita bagikan, seperti [sebutkan kenangan], akan tetap terpatri dalam ingatan saya.

Di sisi profesional, pengakuan atas prestasi dan dedikasi Anda terhadap tim atau organisasi tidak terbantahkan. Prestasi Anda telah meninggalkan jejak yang berharga.

Dalam menghadapi perjalanan baru Anda, saya dengan tulus memberikan ucapan terbaik untuk kesuksesan dan kebahagiaan di masa mendatang, baik itu dalam pekerjaan baru, masa pensiun, atau perubahan hidup lainnya yang Anda alami. Jika Anda merasa nyaman, saya harap kita tetap bisa menjaga hubungan di masa yang akan datang.

Terima kasih sekali lagi, dan semoga langkah Anda selanjutnya penuh dengan prestasi dan kebahagiaan. Semoga kita bisa tetap terhubung.

Salam hormat,

[Nama Anda]

Baca Juga: Pahami Aturan Uang Pisah untuk Karyawan yang Resign

farewell message 2

Bagaimana Tips Menulis Farewell Messages?

Pesan perpisahan yang terbaik untuk manajer dan rekan kerja sebaiknya mencerminkan rasa terima kasih atas waktu yang dihabiskan bersama.

Pesan tersebut sebaiknya merenungkan momen terbaik dan paling menantang sambil menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa hormat.

Berikut adalah beberapa tips bagus untuk menulis pesan perpisahan yang sempurna:

1. Ungkapkan Rasa Terima Kasih

Sampaikan rasa terima kasih kepada karyawan atas dedikasinya dan komitmennya terhadap budaya perusahaan. Tunjukkan rasa hormat atas kontribusi berharga yang diberikannya terhadap pencapaian perusahaan.

Dengan begitu, Anda memastikan bahwa perusahaan menghargai karyawan untuk komitmen kerjanya dan menciptakan budaya kerja sama.

2. Tetap Bersikap Positif

Pastikan konten dan nada pesan bersifat positif dan sesuai dengan budaya perusahaan serta hubungan penerima dengan Anda. Anda bisa menyisipkan sedikit humor selama itu tetap sesuai dengan konteks profesional.

3. Berikan Apresiasi kepada Orang-orang Penting

Pekerjaan Anda tidak akan mudah tanpa dukungan dari tim atau rekan kerja. Jadi, luangkan waktu untuk berterima kasih kepada mereka atas kontribusi dan komitmen sebagai tim.

Bagian dari kesuksesan profesional Anda juga berkat dukungan rekan kerja.

4. Sertakan Informasi Kontak

Jangan lupa menyertakan informasi kontak Anda, bukan hanya kartu bisnis. Sampaikan nomor handphone atau alamat email pribadi jika Anda berharap tetap terhubung dengan seseorang yang tidak lagi bekerja bersama Anda.

5. Tinggalkan Pesan untuk Seluruh Karyawan Saat Ini

Mengingat kembali kenangan indah adalah cara alernatif untuk mengucapkan selamat tinggal. Anda bisa mengutip momen-momen tertentu jika memiliki hubungan dekat dengan rekan kerja Anda.

Baca Juga: Download Exit Interview Template dan Tips Memaksimalkannya

Bagaimana Contoh Farewell Messages?

Pesan perpisahan untuk rekan kerja dapat disampaikan dengan sederhana dan tulus, berikut contohnya:

  1. “Aku akan merindukan kehadiranmu di kantor. Semoga sukses dengan pekerjaan baru dan segala usaha di masa depan!”
  2. “Sukses untuk pekerjaan baru kamu! Kamu selalu menjadi anggota tim yang hebat dan menyenangkan untuk bekerja bersama. Aku akan merindukan sikap positifmu dan cerita lucumu.”
  3. “Terima kasih telah menjadi bagian penting dari tim kami selama beberapa tahun terakhir. Kami tidak bisa mencapai apa yang kami capai tanpa kehadiranmu!”
  4. “Pekerja keras seperti kamu sangat beruntung memiliki pekerjaan baru. Kemampuanmu dalam memecahkan masalah mengajari saya banyak tentang industri ini dan menginspirasi saya untuk meningkatkan diri. Kami akan merindukanmu!”
  5. “Pemimpin hebat seperti kamu memberikan dampak pada tempat kerja, dan jelas kamu telah menyentuh banyak orang. Terima kasih atas dedikasi dan kerjamu yang keras.”
  6. “Aku tidak akan pernah melupakan kesabaran dan pengertianmu saat aku pertama kali bekerja di sini. Aku menghargai kebaikanmu selama bertahun-tahun dan dedikasimu terhadap kesejahteraan karyawan. Kami akan merindukanmu!”
  7. “Bekerja dengan anggota tim seperti kamu sangat memberikan wawasan—aku belajar banyak. Sukses untuk posisi baru kamu. Aku tahu kamu akan mengajarkan kepada mereka banyak hal penting seperti yang kamu lakukan di sini!”
  8. “Aku akan selalu memikirkanmu saat kami memiliki masalah dengan Zoom karena kamu selalu orang yang dipanggil untuk bantuan teknis! Terima kasih karena menjadi kehadiran yang luar biasa. Semoga sukses ke depan.”
  9. “Anggota tim hebat seperti kamu membuat pekerjaan shift malam menjadi lebih mudah! Terima kasih atas semua bantuanmu.”
  10. “Aku akan merindukanmu saat istirahat makan siang. Kamu selalu tahu cara membuatku ceria dan menjaga semangat tinggi.”
  11. “Kamu telah menjadi mentor yang luar biasa bagi saya tahun ini, dan aku akan selalu menghargai waktu yang kamu luangkan untuk membantu saya memahami hal-hal dan tumbuh. Aku akan merindukanmu.”
  12. “Menjadi teman meja kerja dengan kamu telah mengajarkan saya banyak hal! Aku bersyukur atas etika kerjamu yang kuat dan inspirasimu. Terima kasih untuk semua saat-saat hebat.”
  13. “Tetaplah memberikan pekerjaan luar biasa di pekerjaan baru kamu! Aku tahu kamu akan terus memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan mereka dan menjadi contoh positif. Kami akan merindukan kebaikanmu.”
  14. “Pemimpin tanpa takut seperti kamu membimbing kami melalui momen-momen sulit, dan kamu selalu memastikan bahwa semua orang menjaga diri dengan baik di dalam dan di luar pekerjaan. Terima kasih, dan aku akan sangat merindukanmu.”
  15. “Sulit untuk mengucapkan selamat tinggal pada rekan kerja yang telah menjadi bagian penting dari tim kami. Semoga rekan kerjamu yang baru tahu seberapa beruntungnya mereka memiliki kamu. Kami akan merindukanmu!”
  16. “Semoga segala yang terbaik dalam petualangan baru kamu. Terima kasih karena menjadi rekan kerja dan teman yang luar biasa.”
  17. “Aku akan merindukan energi dan sikap ‘bisa’ yang kamu miliki. Senang bekerja berdampingan denganmu selama beberapa tahun terakhir ini. Terima kasih atas segalanya.”
  18. “Aku tahu kamu akan berhasil melewati babak baru dalam hidupmu ini. Kamu pantas mendapatkan yang terbaik! Terima kasih atas kerjamu dan selalu ada untuk tim.”
  19. “Kamu telah menjadi teman dan teman curhat yang hebat. Kami semua akan merindukanmu dan kehadiranmu yang luar biasa.”
  20. “Meskipun kita tidak selalu sependapat, aku selalu menghargai komitmenmu terhadap kerja tim. Sukses untuk pekerjaan baru kamu.”
  21. “Sulit untuk mengungkapkan seberapa banyak tim akan merindukanmu. Terima kasih karena selalu membawa yang terbaik!”
  22. “Aku sangat senang dengan peluang baru ini. Kamu telah mengusahakannya! Terima kasih karena menjadi inspirasi, dan sukses dalam petualanganmu yang selanjutnya.”
  23. “Aku harap kamu tahu bahwa kamu telah meninggalkan dampak luar biasa pada tim kami yang akan kita rasakan jauh setelah kamu pergi. Terima kasih atas kerjamu, kebaikan, dan kehangatanmu.”
  24. “Kamu benar-benar orang yang istimewa. Dukungan dan doronganmu membantu saya dengan cara yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata. Terima kasih atas segalanya.”
  25. “Aku berharap kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk bekerja bersama. Semoga sukses dengan perusahaan baru kamu!”
  26. “Berbagi meja kerja dengan kamu membuat setiap hari berharga! Terima kasih karena selalu membuatku tersenyum. Kami akan merindukanmu.”
  27. “Bekerja dengan pemimpin yang hebat seperti kamu telah mengubah cara saya melihat pekerjaan saya. Terima kasih telah menunjukkan jalan. Sukses dengan kesempatan baru ini.”
  28. “Kamu telah menjadi rekan kerja dan teman terbaik yang bisa saya minta. Aku akan selalu menghargai kebaikan dan kemurahan hatimu padaku.”
  29. “Semoga kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk bekerja bersama. Semua yang terbaik untuk pekerjaan baru kamu!”
  30. “Meskipun kita tidak bisa bekerja bersama sebanyak yang aku inginkan, aku menghargai waktu kita bersama. Semoga sukses dalam segala usaha di masa depan.”

Semoga contoh farewell message ini membantu Anda menyampaikan perasaan Anda dengan tulus kepada rekan kerja yang akan pergi.

Kesimpulan

Dalam konteks profesional, farewell message memainkan peran krusial dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif. Selain sebagai bentuk komunikasi emosional, pesan perpisahan juga menunjukkan rasa syukur terhadap kontribusi rekan kerja yang akan resign, serta menciptakan momen terakhir yang berkesan.

Anda dapat menyampaikan pesan ini melalu berbagai cara, seperti kartu ucapan, berbicara langsung, pesta perpisahan, atau email untuk menciptakan hubungan yang positif dan terbuka di tempat kerja.

Selain mengoptimalkan penggunaan farewell message, Anda juga perlu mengelola segala aspek terkait urusan karyawan yang reisgn, seperti pengaturan pembayaran gaji terakhir. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Melalui software ini, Anda dapat mengelola seluruh komponen penggajian, mulai dari gaji bulanan, bonus, hingga potongan. Anda juga bisa mengirimkan slip gaji kepada karyawan untuk meningkatkan transparansi dalam proses penggajian.

Tertarik untuk mencobanya? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *