15 Cara Memotivasi Karyawan dan Keuntungannya

cara memotivasi karyawan

Memotivasi karyawan jadi salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Ada cara-cara yang bisa dilakukan seperti memberikan apreasiasi hingga memberikan work life balance kepada karyawan.

Dengan memberikan motivasi ini juga dilakukan untuk mengurangi turnover karyawan. Lalu apa saja cara memotivasi karyawan yang bisa dilakukan perusahaan?

Buat Anda yang ingin mengetahuinya, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini:

Mengapa penting untuk memotivasi karyawan?

Motivasi karyawan adalah salah satu komponen utama untuk mencapai kesuksesan perusahaan. Memastikan karyawan secara konsisten merasa bahagia, puas dan termotivasi dapat meningkatkan kinerja yang lebih baik, kualitas kerja yang lebih tinggi dan kemungkinan lebih besar bahwa mereka ingin bertahan lebih lama di perusahaan.

Ketika mereka bertahan di perusahaan lebih lama, perusahaan dapat mengurangi tingkat pergantian karyawan (turnover) dan pada akhirnya menghemat biaya. Selain itu, tingkat motivasi dan produktivitas yang lebih tinggi berarti bisnis yang lebih cepat dan lebih menguntungkan.

Berikut beberapa alasan mengapa memotivasi karyawan jadi bagian penting yang harus dilakukan perusahaan:

1. Meningkatkan kinerja karyawan

Alasan pertama pentingnys motivasi karyawan adalah karena dengan memotivasi karyawan dapat meningkatkan kinerja karyawan. Karyawan memiliki motivasi sehingga kinerja bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

Jika kinerja karyawan semakin meningkat, maka perusahaan bisa turut meningkatkan pendapatan yang akhirnya akan meningkatkan profit perusahaan.

2. Meningkatkan loyalitas karyawan

Kedua, dengan memotivasi karyawan, perusahaan juga bisa meningkatkan loyalitas karyawan. Karyawan akan merasa dihargai sehingga ia ingin terus bekerja di perusahaan Anda.

Dengan peningkatan loyalitas ini juga karyawan akan bekerja sebaik mungkin hingga bisa membantu memajukan perusahaan.

Baca Juga: 10 Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview

3. Meningkatkan kreativitas karyawan

Karyawan mana sih yang tidak ingin mendapatkan motivasi bekerja dari perusahaan? Ketika motivasi karyawan meningkat, dengan sendirinya kreativitas karyawan akan meningkat.

Ini dikarenakan karyawan merasa senang saat bekerja. Perasaan senang inilah yang akhirnya menciptakan kreativitas dalam diri karyawan tersebut.

4. Branding perusahaan

Terakhir, dengan memberikan motivasi kepada karyawan, perusahaan juga telah membantu branding perusahaan. Karyawan yang merasa kerja kerasnya dihargai akan memberikan penilaian yang baik kepada perusahaan.

Mereka juga tidak segan untuk membagikan pengalaman menyenangkan bekerja di perusahaan kepada teman-teman atau di media sosial. Ini bisa menjadi bagian branding perusahaan.

cara memotivasi karyawan

Baca Juga: 15 Tips Meningkatkan Motivasi Karyawan dan Strateginya

15 strategi untuk memotivasi karyawan

Mulai dari menetapkan tujuan yang dapat dicapai hingga memberikan kesempatan berkelanjutan untuk kemajuan dan pertumbuhan karier,berikut 14 cara memotivasi karyawan yang dapat Anda lakukan:

1. Tetapkan tujuan yang ingin dicapai

Menciptakan tujuan yang SMART (spesifik, terukur, dapat ditindaklanjuti, relevan, dan terikat waktu) untuk karyawan adalah teknik motivasi yang sangat baik. Tujuan ini menguraikan kriteria yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan, hingga memberikan karyawan sesuatu yang spesifik untuk diperjuangkan.

Saat membuat tujuan SMART berbasis tim, Anda bisa melakukan identifikasi peran setiap karyawan dalam tujuan tersebut sehingga mereka tahu persis bagaimana dan apa yang dapat mereka kontribusikan.

2. Berikan pujian langsung untuk pencapaian karyawan

Meskipun tinjauan formal berguna untuk memberikan umpan balik yang mendetail, Anda bisa meningkatkan semangat kerja secara keseluruhan dengan memberikan pujian positif kepada karyawan. Ini bisa dilakukan saat mereka melakukan pekerjaan dengan baik dalam sebuah proyek atau menyelesaikan tugas lebih cepat.

Karyawan sering kali merespons pujian dengan baik, yang akhirnya memotivasi mereka untuk terus bekerja keras.

Meluangkan waktu untuk memberikan pujian atau pengakuan kepada karyawan atas pencapaian mereka akan membuat mereka tahu bahwa mereka berharga bagi perusahaan. Hal ini juga memberi mereka penguatan positif bahwa apa yang mereka lakukan berhasil, membuat mereka merasa diberdayakan.

3. Buat program insentif karyawan

sistem insentif 2

Strategi lain yang berguna untuk meningkatkan motivasi karyawan adalah membuat program insentif yang secara langsung memberi penghargaan kepada anggota tim atas pencapaian mereka.

Janji insentif tidak hanya mendorong karyawan untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka, namun juga memberi mereka sesuatu untuk diperjuangkan. Kenaikan gaji adalah motivator besar bagi banyak orang, namun karyawan juga menghargai insentif lain, seperti bonus, cuti berbayar, piala, kartu hadiah, dan pengakuan verbal.

Memberikan insentif karyawan bisa menjadi bukti bahwa perusahaan mengapresiasi pekerjaan karyawan, tidak hanya melalui ucapan, tetapi juga dalam bentuk insentif. Jadi, perusahaan wajib untuk mempertimbangkannya.

Baca Juga: 7 Indikator Motivasi Kerja dan Cara Meningkatkannya

4. Memastikan work life balance karyawan

Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi atau work life balance bisa menjadi cara memotivasi karyawan selanjutnya yang akan membantu karyawan merasa lebih bahagia dan termotivasi dalam peran mereka. Beberapa cara untuk memastikan keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi yang sehat antara lain:

  • Memberikan waktu istirahat: Memberikan waktu istirahat singkat sepanjang hari kerja memungkinkan karyawan untuk beristirahat. Dengan adanya istirahat ini karyawan akan merasa segar dapat sangat mengurangi kemungkinan kelelahan dan meningkatkan kepuasan dan motivasi karyawan.
  • Menawarkan penjadwalan yang fleksibel: Mengizinkan karyawan mengambil cuti untuk janji rutin, seperti kunjungan dokter, keadaan darurat di menit-menit terakhir, dan hari perawatan diri membantu karyawan merasa lebih aman dalam peran mereka dan juga lebih produktif.
  • Menyediakan opsi bekerja dari rumah: Karyawan yang memiliki pilihan untuk bekerja dari rumah, bahkan hanya satu atau dua hari dalam seminggu, dapat merasa lebih baik dengan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan mereka. Bekerja dari rumah menghilangkan waktu perjalanan dan memungkinkan karyawan untuk bekerja di lingkungan yang meningkatkan produktivitas mereka.

5. Ciptakan lingkungan kerja yang positif

Lingkungan kerja yang positif mendukung antusiasme, kolaborasi, dan motivasi-yang semuanya sangat penting bagi kesuksesan perusahaan. Ketika menciptakan lingkungan yang ideal bagi karyawan, ada baiknya untuk berusaha menjadi seseorang yang ingin bekerja di tempat tersebut.

Selain memulai setiap hari dengan sikap yang baik, ada beberapa teknik yang bisa Anda terapkan untuk memastikan lingkungan kerja yang sehat bagi karyawan, antara lain:

  • Mendorong otonomi: Sebagian besar karyawan mampu mengatur jadwal dan menyelesaikan tugas mereka. Ketika Anda memberi mereka kebebasan untuk menggunakan waktu mereka sesuai keinginan mereka, mereka cenderung merasa lebih bahagia dan termotivasi.
  • Menginspirasi kreativitas dan inovasi: Memberdayakan karyawan untuk menciptakan solusi inovatif sering kali memberikan mereka rasa pencapaian yang lebih besar daripada jika mereka mengikuti proses standar. Mendorong intrapreneurship di tempat kerja memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah peningkatan motivasi.
  • Merayakan pencapaian profesional dan pribadi: Apakah seorang karyawan baru saja menyelesaikan proyek yang sulit atau merayakan ulang tahun, mengakui peristiwa-peristiwa ini adalah praktik yang baik.

6. Komunikasi terbuka

Cara Anda berinteraksi dan merespons anggota tim Anda sehari-hari memiliki pengaruh langsung terhadap motivasi dan tingkat produktivitas. Menyediakan jalur komunikasi yang terbuka bagi anggota tim untuk secara terbuka mengungkapkan pertanyaan, pemikiran, dan kekhawatiran akan membuat mereka merasa lebih nyaman dan aman dalam peran mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pendapat mereka dan berinvestasi pada masukan mereka.

Baca Juga: 10 Jawaban Apa Motivasi Anda Melamar Kerja dan Tips Menjawabnya

7. Berikan kesempatan untuk pengembangan karier

karier stagnan 2

Karyawan yang tahu bahwa mereka mendapatkan kesempatan pengembangan karier  ccenderung merasa produktif. Memastikan bahwa pertumbuhan karyawan dan pembelajaran berkelanjutan merupakan prioritas dalam organisasi tempat Anda bekerja dapat menciptakan budaya kerja yang positif.

Menawarkan pelatihan di tempat kerja dan kursus sertifikasi gratis adalah cara yang bagus untuk membuat karyawan merasa termotivasi, bersemangat, dan senang dengan pekerjaan mereka.

8. Promosikan kolaborasi tim

Sangat bermanfaat bagi karyawan untuk merasakan kerja sama tim dan kolaborasi karena karyawan biasanya menghabiskan sekitar 40 jam seminggu untuk berinteraksi satu sama lain. Beberapa metode untuk mendorong kolaborasi tim adalah:

  • Merencanakan aktivitas yang membangun ikatan tim: Kegiatan membangun tim tidak hanya menawarkan istirahat yang menyenangkan dari rutinitas sehari-hari, namun juga merupakan cara terbaik untuk memotivasi karyawan.
  • Apakah Anda memilih happy hour mingguan atau sesekali mengadakan game, kegiatan ini dapat membantu memperkuat kemampuan komunikasi, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan meningkatkan semangat kerja secara keseluruhan.
  • Mengajarkan keterampilan manajemen konflik: Menawarkan pelatihan tentang manajemen konflik dapat membantu karyawan menyelesaikan tantangan di dalam tim mereka secara efektif. Hal ini dapat membantu anggota tim berkomunikasi secara lebih terbuka, meningkatkan kolaborasi dan produktivitas kelompok.

cara memotivasi karyawan

9. Menawarkan kesempatan bimbingan

Memberikan kesempatan bimbingan dapat memotivasi karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka di tingkat yang lebih tinggi. Menawarkan kesempatan seperti pelatihan dan bimbingan empat mata dalam kelompok kecil dapat menginspirasi karyawan untuk mengajukan pertanyaan dan menetapkan tujuan yang lebih tinggi.

bimbingan ini dapat mendorong mereka untuk bekerja lebih keras dan terus belajar serta berkembang dalam karier mereka.

Baca Juga: 15 Contoh Pertanyaan untuk Mengetahui Karakter Seseorang

10. Membangun kepercayaan di dalam tim

Menunjukkan kepada anggota tim Anda bahwa Anda mempercayai mereka untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik dapat membantu menumbuhkan rasa tanggung jawab yang lebih baik.

Memberikan kepercayaan ini kepada rekan kerja Anda dapat mendorong mereka untuk memberikan rasa hormat yang sama kepada Anda dan dapat memotivasi mereka untuk memenuhi harapan Anda. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan sebagai manajer adalah dengan menawarkan lebih banyak kebebasan kepada anggota tim.

11. Kenali lebih dalam karyawan Anda

Mempelajari lebih lanjut tentang setiap individu dalam tim dapat membantu Anda memahami tantangan yang mungkin mereka hadapi dan kekuatan mereka. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang anggota tim, pertimbangkan untuk memainkan permainan pencair suasana dan berdiskusi empat mata untuk mengetahui tujuan dan kepribadian mereka.

12. Tawarkan bantuan dengan tujuan individu

Alih-alih hanya berfokus pada tujuan tim, akan sangat membantu jika Anda juga mendorong kolega Anda untuk mengejar tujuan profesional mereka sendiri. Menunjukkan kepada anggota tim yang Anda pimpin bahwa Anda peduli dengan tujuan pribadi mereka dapat membantu memberdayakan mereka untuk sukses.

Mereka juga dapat menjadi lebih produktif dan efektif dalam peran mereka saat bekerja untuk mencapai tujuan mereka.

Baca Juga: Behavioral Event Interview: Arti, Cara, Hingga Tips untuk Kandidat

13. Menginformasikan kepada anggota tim tentang kejadian-kejadian perusahaan

Memastikan bahwa tim tempat Anda bekerja memahami kejadian dan situasi di dalam perusahaan, seperti kuartal fiskal, sasaran kinerja, dan aspek pasar yang memengaruhi produksi, dapat membantu mereka merasa lebih diinvestasikan dalam perusahaan.

Memberikan transparansi ini sangat membantu untuk memotivasi kolega Anda agar lebih memahami perusahaan. Mereka yang memahami bagaimana perusahaan tempat mereka bekerja dapat lebih cenderung bertahan dalam peran mereka, sehingga meningkatkan retensi karyawan.

14. Berikan umpan balik

peer-to-peer feedback 2

Memberikan umpan balik yang sering dapat memungkinkan individu menyusun strategi untuk perbaikan. Menawarkan pujian dan kritik yang membangun dapat membantu karyawan merasa dihargai dan dihormati.

Jika perusahaan tempat Anda bekerja memiliki jadwal umpan balik dan tinjauan yang konsisten, hal ini dapat memotivasi anggota tim untuk berusaha mencapai kinerja yang luar biasa sehingga mereka dapat menerima pujian selama tinjauan.

15. Menetapkan beban kerja yang dapat dikelola

Menugaskan beban kerja yang dapat dikelola kepada anggota tim dapat membantu memastikan mereka dapat menyelesaikan semua pekerjaan mereka tanpa merasa stres. Memiliki beban kerja yang lebih kecil dapat membantu individu merasa lebih bahagia di tempat kerja dan memastikan mereka memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka.

Pertimbangkan untuk sering melakukan pemeriksaan dengan orang-orang di tim Anda untuk memastikan bahwa mereka senang dengan beban kerja mereka.

gajihub 1

Baca Juga: Self Management, Apa itu dan Bagaimana Tips Meningkatkannya?

Kesimpulan

Dari penjelasan yang ada di atas dapat diketahui bahwa cara memotivasi karyawan dapat memberikan manfaat untuk perusahaan, mulai dari dapat meningkatkan kinerja karyawan hingga sebagai bagian dari branding perusahaan. Jadi, wajib bagi perusahaan untuk melakukan ini dan menjadikannya bagian dari program yang ada di perusahaan.

Selain memotivasi karyawan, pengelolaan karyawan yang baik juga jadi hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh perusahaan. Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *