Berapa Gaji Sales Representative? Intip Rata-Ratanya Berikut Ini

Seiring pertumbuhan dan kompleksitas pasar saat ini, perusahaan semakin membutuhkan sales representative yang yang berperan dalam menjalin hubungan kuat dengan pelanggan hingga mencapai target yang telah ditetapkan.

Dengan tanggung jawab yang begitu tinggi, kira-kira berapa gaji seorang sales representative? Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas hal tersebut, tugas dan tanggung jawab, hingga kualifikasinya.

Apa yang Disebut dengan Sales Representative?

Seorang sales representative adalah orang yang mempromosikan dan menjual produk kepada pelanggan atas nama perusahaan dan organisasi.

Mereka biasanya menawarkan produk kepada calon pelanggan, menunjukkan produk baru kepada pelanggan yang sudah ada, menjaga akun pelanggan yang sudah ada, dan memastikan semua proses penjualan berjalan lancar serta membuat pelanggan merasa puas.

Biasanya, sales representative harus mencapai target penjualan dan melaporkannya kepada atasan mereka.

Pekerjaan sebagai sales representative dapat ditemukan di berbagai industri, mulai dari teknologi hingga manufaktur. Dengan demikian, banyak perusahaan yang membutuhkan posisi ini dan bersedia untuk memberikan gaji tinggi agar bisnisnya dapat berkembang.

Bagi orang yang suka berinteraksi dengan orang lain, menjadi sales representative bisa menjadi pilihan karier yang bagus.

Baca Juga: Berapa Gaji Back End di Indonesia? Berikut Kisarannya

berapa gaji sales representative 1

Apa Saja Tugas Sales Representative?

Berikut sejumlah tugas yang umumnya dilakukan oleh sales representative:

1. Mencari Prospek

Sales representative bertanggung jawab untuk mengidentifikasi calon pelanggan atau prospek dengan menggunakan berbagai metode, seperti melakukan riset di basis data online, menggunakan platform media sosial, menghadiri acara industri untuk menemukan individu atau bisnis yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan perusahaan.

2. Membangun Hubungan

Sebagai sales representative, Anda juga perlu membangun hubungan baik dan kepercayaan dengan calon pelanggan untuk menciptakan dasar bagi peluang bisnis di masa depan.

3. Presentasi Produk/ Layanan

Setelah mengidentifikasi calon pelanggan, Anda perlu secara efektif memperkenalkan produk atau layanan ditawarkan oleh perusahaan.

Hal ini termasuk menjelaskan manfaat dan proposisi penjualan unik dari produk dengan meyakinkan. Oleh karena itu, Anda harus memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang produk yang dlaiijual.

4. Penilaian Kebutuhan

Selama proses penjualan, Anda juga perlu melakukan penilaian kebutuhan yang mendalam untuk memahami kebutuhan spesifik pelanggan dan titik-titik masalah calon pelanggan.

Baca Juga: Berapa Gaji SEO Specialist? Cek Rata-Ratanya Berikut Ini

gajihub 1

5. Solusi yang Disesuaikan

Berdasarkan penilaian kebutuhan, selanjutnya Anda perlu membuat pitching dengan menyesuaikan produk atau layanan dengan solusi yang dibutuhkan pelanggan.

Anda harus menekankan bagaimana penawaran tersebut dapat memberikan nilai dan menyelesaikan tantangan pelanggan.

6. Penanganan atas Penolakan

Contoh pelanggan mungkin mengajukan atau kekhawatiran selama proses penjualan. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki keterampilan dalam menangani masalah tersebut dengan baik dan memberikan tanggapan yang sesuai.

7. Negosasi

Sebagai sales representative, Anda juga terlibat dalam negosiasi untuk membahas harga, syarat, dan kondisi sambil tetap memperhatikan kepentingan dan batasan anggaran pelanggan.

8. Melakukan closing

Bagian penting dari peran seorang sales representative adalah melakukan closing atau melakukan kesepakatan penjualan dengan sukses, yang artinya mendorong pelanggan untuk membuat keputusan terkait pembelian.

9. Dukungan Pascapenjual

Setelah berhasil melakukan penjualan, Anda juga perlu memberikan dukungan pascapenjualan dan mengatasi kekhawatiran pelanggan.

10. Pelaporan Penjualan

Terakhir, Anda harus memelihara catatan terkait aktivitas penjualan, prospek, dan hasil untuk disusun ke dalam laporan dan dibagikan dengan tim.

Baca Juga: Jobdesk Sales Representative, Skill, Pendidikan, dan Gajinya

berapa gaji sales representative 2

Berapa Kisaran Gaji Seorang Sales Representative di Indonesia?

Berapa gaji sales representative di Indonesia bisa berbeda-beda tergantung dari beberapa hal, seperti jenis produk atau layanan yang dijual, di mana mereka bekerja, seberapa besar perusahaan, dan bagaimana pengalaman mereka.

Berdasarkan data yang ditemukan dari situs lowongan kerja Indeed, gaji yang biasanya diberikan untuk posisi sales representative berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp6.000.000 per bulan.

Gaji tersebut tidak hanya mencakup gaji pokok, tetapi juga mungkin termasuk tunjangan seperti tunjangan transportasi, makan, kesehatan, hari raya, dan bonus penjualan.

Selain itu, setiap perusahaan juga memiliki kebijakan masing-masing dalam mempertimbangkan besaran gaji sales representative. 

Sebagai gambaran, berikut daftar gaji untuk posisi ini di beberapa perusahaan ternama di Indonesia:

1. PT Novell Pharmaceutical Lab

Kisaran gaji untuk posisi medical sales representative di perusahaan ini dapat mencapai Rp3.800.000 – Rp6.000.000.

2. PT Pertamina 

Mengutip Indeed, gaji sales promotion representative di PT Pertamina setiap bulannya adalah sekitar Rp14.599.928.

3. Indomaret Group

Rata-rata gaji untuk posisi sales di Indomaret Group mencapai Rp4.743.435.

4. J&T Cargo

Rata-rata gaji sales J&T CARGO per bulan di Indonesia adalah sekitar Rp5.691.134, 52.

5. Garudafood

Menurut data dari Jobstreet, kisaran gaji untuk sales representative di PT GarudaFood sekitar Rp3.500.000 hingga Rp5.000.000 setiap bulannya.

6. XL Axiata

Sementara itu, XL Axiata diperkirakan memberikan gaji untuk posisi sales sebesar Rp4.678.259 setiap bulannya.

7. PT HM Sampoerna

Gaji sales representative di HM Sampoerna diperkirakan mulai dari Rp2.846.050 per bulan.

8. Bank BNI

Kisaran gaji untuk posisi sales representative di Bank BNI mulai dari Rp2.500.000 setiap bulannya.

9. PT Penerbit Erlangga

Rata-rata gaji sales representative di PT Penerbit Erlangga mencapai Rp4.997.500 – Rp5.075.000 setiap bulan.

10. Bank Mandiri

Indeed mengungkapkan, rata-rata gaji staf sales dan marketing di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk per bulan di Indonesia adalah sekitar Rp4.790.438.

Baca Juga: Sales Advisor: Arti, Tugas, dan Keterampilan yang Dibutuhkan

berapa gaji sales representative 3

Apa Saja Kualifikasi untuk Menjadi Seorang Sales Representative?

Sebelum memutuskan untuk berkarier di bidang sales, ada beberapa kualifikasi tertentu yang harus Anda penuhi agar dapat melaksanakan peran ini secara lancar.

Secara umum, berikut adalah kualifikasi sales representative:

  1. Pengalaman kerja sebagai Sales Representative.
  2. Penguasaan yang baik dalam menggunakan MS Office.
  3. Mengenal praktik-praktik BRM dan CRM serta mampu membangun hubungan bisnis yang produktif.
  4. Motivasi tinggi dan dapat mencapai target penjualan.
  5. Kemampuan menjual, bernegosiasi, dan berkomunikasi dengan baik.
  6. Kemampuan mengatur waktu dan prioritas, serta memiliki keterampilan organisasi yang baik.
  7. Mampu membuat dan menyampaikan presentasi sesuai dengan kebutuhan pendengar.
  8. Kemampuan dalam mengelola hubungan dan menerima feedback.
  9. Gelar Sarjana di bidang bisnis atau bidang terkait.

Selain kualifikasi di atas, terkadang beberapa perusahaan juga memiliki syarat lain sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebagai contoh, berikut adalah kualifikasi sales representative di PT Prima Aktif Nusantara sesuai yang tercantum pada job portal Glints:

  1. Usia maksimal 30 tahun
  2. Pendidikan minimal SMA atau setara
  3. Bersemangat dalam industri
  4. Setidaknya memiliki pengalaman 2 tahun di Industri Makanan & Minuman
  5. Mampu mengoperasikan Ms. Office (Word, Excel, dan Power Point)
  6. Kemampuan manajemen waktu yang efektif & kemampuan untuk memprioritaskan tugas
  7. Mampu bekerja dengan baik di bawah tekanan untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat
  8. Mampu bekerja dalam jam kerja yang panjang dan kadang-kadang pada akhir pekan
  9. Individu yang sangat termotivasi yang bersedia mengambil inisiatif & mengikuti detail
  10. Tim yang baik & memiliki pola pikir positif saat menghadapi rintangan
  11. Kemampuan komunikasi & negosiasi yang baik

Berdasarkan beberapa kualifikasi di atas, dapat dipahami bahwa untuk menjadi seorang sales representative sebagian perusahaan mungkin membutuhkan gelar sarjana di bidang tertentu dan sebagian lagi memberikan syarat pendidikan minimal SMA.

Selain itu, kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi ini juga lebih berfokus pada berbagai soft skill, seperti mampu bekerja di bawah tekanan, kemampuan menjual, negosiasi, dan komunikasi, serta memiliki motivasi tinggi dan dapat menghadapi rintangan.

Baca Juga: 9 Jenis Struktur Komisi Penjualan dan Cara Memilihnya

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, diketahui bahwa berapa gaji untuk posisi sales representative di Indonesia adalah Rp2.500.000 hingga Rp6.000.000 setiap bulannya, dengan tambahan tunjangan transportasi, makan, kesehatan, hari raya, dan tentunya komisi penjualan.

Dalam bekarier sebagai sales representative, penting bagi Anda untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan menjual dan negosiasi, hingga motivasi tinggi untuk mencapai target penjualan.

Dengan berbekal kemampuan tersebut, Anda pun dapat memperoleh gaji tinggi dan bahkan mendapatkan komisi penjualan dari hasil kerja keras Anda.

Nah, untuk mempermudah perusahaan dalam mengelola komisi sales representative, Anda dapat menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Dengan fitur payroll yang dimilikinya, Anda bisa dengan menghitung seluruh komponen penghasilan, mulai dari gaji bulanan, bonus, hingga potongan.

Melalui software ini, Anda juga dapat meningkatkan transparansi dalam proses penggajian tim sales ataupun tim lainnya dengan mengirimkan slip gaji dalam format PDF kepada karyawan.

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *