Berapa Gaji Konsultan Keuangan di Indonesia? Berikut Kisarannya

berapa gaji konsultan keuangan banner

Konsultan keuangan merupakan seseorang yang dapat membantu klien atau perusahaan mengembangkan strategi keuangan secara keseluruhan dan menangani bebragai kebutuhan khusus lainnya. Dengan beragam tanggung jawab yang mereka emban, kira-kira berapa kisaran gaji untuk posisi konsultan keuangan?

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas hal tersebut, tugas, hingga kualifikasi yang perlu dipenuhi untuk berkarier di bidang konsultasi keuangan.

Apa yang Dimaksud dengan Konsultan Keuangan?

Konsultan keuangan adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam pembuatan rencana keuangan yang mencakup segala hal, seperti perencanaan pensiun, warisan, strategi pajak, pengelolaan utang, dan lainnya.

Konsultan keuangan hampir sama dengan pensihat keuangan dan kedua istilah tersebut sering digunakan secara bergantian.

Profesi ini juga bisa merujuk pada konsultasi manajemen, di mana konsultan dipekerjakan oleh perusahaan atau organisasi untuk bekerja pada proyek-proyek tertentu atau mengembangkan solusi untuk masalah yang berkaitan dengan keuangan.

Konsultan keuangan sendiri dapat bekerja untuk perusahaan besar atau sebagai kontraktor yang dipekerjakan oleh klien, misalnya untuk membantu pengisian formulir pajak tahunan, meningkatkan nilai saham, atau menghemat pengeluaran dengan lebih efisien.

Baca Juga: Berapa Gaji Back End di Indonesia? Berikut Kisarannya

berapa gaji konsultan keuangan 1

Apa Saja Tugas Seorang Konsultan Keuangan?

Berikut adalah beberapa tugas seorang konsultan keuangan secara umum:

1. Mencari Klien

Tugas pertama dari seorang konsultan keuangan adalah mengembangkan strategi pemasaran dan jaringan profesional untuk membangun portofolio klien, yang melibatkan partisipasti dalam acara industri, networking dengan profesional lainnya, dan mungkin menggunakan media sosial atau strategi digital marketing. 

2. Melakukan Riset Pasar

Sebagi konsultan keuangan, Anda juga perlu menganalisis pasar dan riset untuk mengidentifikasi peluang investasi yang potensial dan tren pasar yang relevan.

Hal ini termasuk menganalisis data keuangan, membaca laporan industri, dan memantau perkembangan ekonomi global.

3. Mengelola dan Memantau Investasi Klien

Selanjutnya, Anda juga perlu memberikan saran tentang struktur portofolio investasi yang sesuai dengan tujuan klien. Untuk memaksimalkan hasil, Anda juga harus memantau kinerja investasi secara berkala dan membuat penyesuaian jika diperlukan.

Baca Juga: Jobdesk Konsultan Keuangan, Skill, Pendidikan, dan Gajinya

gajihub 1

4. Menyiapkan Dokumen terkait Saran

Jobdesk konsultan keuangan lainnya adalah menyusun laporan dan proposal investasi yang menyajikan analisis mendalam tentang situasi keuangan klien, saran investasi, dan rekomendasi strategi keuangan yang sesuai.

5. Melakukan Penilaian Risiko

Mengevaluasi dan memperkirakan dampak potensial dari risiko investasi tertentu juga menjadi tanggung jawab seorang konsultan keuangan.

Pekerjaan ini melibatkan analisis statistik, penilaian pasar, dan pemahaman mendalam tentang berbagai instrumen keuangan.

6. Menilai Tujuan dan Keadaan Keuangan Klien

Anda juga harus melakukan wawancara dan analisis mendalam untuk memahami kebutuhan, tujuan, dan situasi keuangan klien atau perusahaan.

Hal ini termasuk menilai aset, liabilitas, pendapatan, dan pengeluaran klien untuk merancang rencana keuangan yang sesuai.

7. Membantu dalam Perencanana Pensiun

Terakhir, Anda juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang strategi pensiun yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan klien, termasuk mempertimbangkan rencana pensiun, tabungan pensiun, investasi, hingga manajemen risiko pensiun.

Dengan melihat berbagai tugas konsultan keuangan di atas, dapat dipahami bahwa profesi ini membutuhkan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip keuangan, investasi, perencanaan pajak, dan regulasi keuangan yang relevan.

Baca Juga: Jobdesk CFO, Skill Penting, dan Kisaran Gajinya

berapa gaji konsultan keuangan 2

Berapa Kisaran Gaji Seorang Konsultan Keuangan?

Mengutip Jobstreet, kisaran gaji seorang konsultan keuangan di Indonesia mencapai Rp6.250.000 hingga Rp9.250.000 setiap bulannya.

Namun, gaji seorang konsultan dapat berbeda-beda tergantung pada beberapa hal seperti tingkat pengalaman, jumlah klien yang dilayani, dan di mana mereka bekerja.

Biasanya, semakin tinggi tingkat pengalaman dan semakin banyak klien yang dimiliki, gaji yang diperoleh akan semakin tinggi.

Selain itu, dengan berbagai peran pentingnya, beberapa perusahaan juga bersedia memberikan gaji tinggi untuk posisi konsultan keuangan.

Sebagai gambaran, berikut gaji konsultan keuangan di beberapa perusahaan di Indonesia:

  1. Astra Life: Rp4.975.186
  2. PT Prudential Life Assurance: Rp5.750.000
  3. PT Asuransi Jiwa BCA: Rp3.049.000.
  4. PT Asuransi Jiwasraya: Rp15.300.000.
  5. PT Asuransi Allianz Life Indonesia: Rp6.600.000 – Rp9.600.000.
  6. PT AXA Mandiri Financial Services: Rp3.200.069.
  7. BRI Life: Rp5.522.877
  8. Bank Woori Saudara: Rp3.700.000.

Baca Juga: Berapa Gaji Data Analysis? Intip Kisarannya Berikut Ini

berapa gaji konsultan keuangan 3

Apa Saja Kualifikasi untuk Menjadi Konsultan Keuangan?

Untuk menjadi seorang konsultan keuangan, ada beberapa kualifikasi umum yang wajib Anda penuhi, di antaranya adalah:

Kualifikasi untuk Konsultan Keuangan:

  1. Gelar Sarjana di bidang keuangan atau akuntansi
  2. Kemampuan matematika yang luar biasa
  3. Kemampuan untuk berhubungan dengan klien
  4. Perhatian detail yang sangat baik
  5. Kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang luar biasa
  6. Kemampuan untuk memprediksi tren pasar dengan akurat
  7. Pengetahuan mendalam tentang industri keuangan dan regulasinya
  8. Pengetahuan mendalam tentang investasi
  9. Kemampuan untuk menganalisis situasi keuangan klien

Selain kualifikasi di atas, biasanya perusahaan juga memiliki kualifikasi tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Sebagai contoh, berikut kualifikasi untuk posisi Professional Financial Consulant di Astra Life sesuai yang tercantum pada situs lowongan kerja Jobstreet:

  • Pendidikan minimal D3 dari semua jurusan
  • Fresh graduate dari universitas terkemuka atau memiliki pengalaman Sales di Industri Financial lebih diutamakan ( minimal 1 tahun )
  • Usia maksimal 35 tahun
  • Memiliki penampilan professional dan komunikasi yang baik
  • Mampu menjaga hubungan yang baik dengan customers
  • Berorientasi terhadap target
  • Bersedia ditempatkan di kantor cabang Bank mitra pemasar Astra Life

Berdasarkan contoh-contoh kualifikasi di atas, dapat diketahui bahwa untuk berkarier di bidang konsultasi keuangan, Anda membutuhkan pengetahuan mendalam tentang industri keuangan dan regulasinya, mampu membangun hubungan dengan klien atau customer, serta memiliki problem solving skill yang kuat.

Selain itu, meskipun beberapa perusahaan mungkin tidak memiliki syarat khusus terkait bidang pendidikan yang ditempuh, namun Anda dapat mengambil jurusan yang relevan seperti keuangan, ekonomi, dan statistik.

Gelar dalam keuangan memberikan pemahaman mendalam tentang manajemen uang dan investasi, sementara dalam ekonomi, Anda akan mempelajari konsep makroekonomi dan mikroekonomi yang memengaruhi pasar.

Di sisi lain, jurusan statistik memberikan dasar matematika keuangan yang kuat dan keterampilan dalam analisis kuantitatif yang penting dalam menilai harga dan instrumen keuangan.

Baca Juga: Berapa Gaji Business Development? Cek Kisarannya Berikut Ini

Kesimpulan

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa berapa kisaran gaji untuk seorang konsultan keuangan di Indonesia bervariasi, namun umumnya berkisar antara Rp6.250.000 hingga Rp9.250.000 per bulan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaji termasuk tingkat pengalaman, jumlah klien yang dilayani, dan lokasi tempat bekerja.

Semakin tinggi tingkat pengalaman dan semakin banyak klien yang dilayani, maka kemungkinan gaji yang diperoleh akan semakin tinggi.

Beberapa perusahaan juga bersedia memberikan gaji tinggi untuk posisi konsultan keuangan yang memiliki peran penting dalam memastikan kesehatan keuangan perusahaan.

Nah, untuk memudahkan tim HR melakukan proses payroll untuk tim konsultan keuangan, perusahaan dapat mempertimbangkan penggunaan software payroll dan HR dari Gajihub.

Melalui software ini, tim HR dapat menghitung seluruh komponen gaji, mulai dari tunjangan, bonus, hingga potongan.

Selain itu, para konsultan juga bisa mencatat jumlah kunjungan klien lebih mudah melalui smartphone masing-masing, yang nantinya catatan tersebut akan terintegrasi dengan sistem payroll.

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *